Tuesday, August 18, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juni 2011

 

 

Hari ini kita belajar dan melatih diri harus memulainya dari sini, beralih dari jahat menjadi bajik, beralih dari sesat menjadi benar, beralih dari pengetahuan sesat dan pandangan sesat menjadi pengetahuan benar dan pandangan benar. Barulah anda dapat membimbing semua makhluk.

 

Bagaimana cara membimbing para makhluk? Pertama-tama adalah membantu mereka membangun keyakinan hati, jika dia tidak memiliki keyakinan hati pada Buddha Dharma, bagaimana dia dapat mempelajarinya?

 

Sebelum menasehati orang lain belajar Ajaran Buddha, terlebih dulu membantunya membangkitkan keyakinan hati, “Keyakinan hati adalah akar dari Jalan KeBuddhaan, induk dari segala jasa kebajikan, yakni keyakinan hati dapat menumbuhkan segala jasa kebajikan”.

 

Jika dia tidak memahami Ajaran Buddha, bagaimana bisa membangkitkan keyakinan hati? Keyakinan tanpa disertai pemahaman yang benar, inilah yang disebut kepercayaan takhayul, kepercayaan takhayul takkan sanggup bertahan menghadapi cobaan, makanya gampang mundur hatinya, lalu mengubah keyakinannya. Mengapa demikian?

 

Dia tidak memahami dengan jelas, terlebih dulu dia harus mengenali apa itu Ajaran Buddha, ini sangat penting, anda harus membantunya.

 

Belajar Ajaran Buddha terlebih dulu mengambil Visudhi Trisarana, apa yang dimaksud dengan Buddha? Apa yang dimaksud dengan Dharma? Apa yang dimaksud dengan Sangha?

 

Jika dia sudah mengerti dengan jelas, dia bersedia membangkitkan keyakinan, maka keyakinannya ini disebut sebagai keyakinan benar, bukan lagi kepercayaan takhayul.

 

Tri Ratna atau Tiga Mustika yakni Buddha, Dharma dan Sangha bukanlah berada di luar, namun di dalam batin, jiwa sejati sejak semula telah tercerahkan adalah Buddha, jiwa sejati sejak semula telah sempurna akan kebenaran adalah Dharma, jiwa sejati sejak semula telah sempurna akan kesucian adalah Sangha.

 

Jadi berlindung pada jiwa sejati yang sejak semula telah tercerahkan, berlindung pada jiwa sejati yang sejak semula sempurna akan kebenaran, berlindung pada jiwa sejati yang sejak semula telah sempurna akan kesucian, begini barulah disebut sebagai Visudhi Trisarana yang sesungguhnya. Dengan demikian barulah anda benar-benar telah mengambil Visudhi Trisarana.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juni 2011

 

我們今天修學要從這裡下功夫,要把惡轉成善,要把邪轉成正,邪知邪見轉為正知正見。這是被弘誓鎧,你才能教化一切有情眾生。

 

怎麼個教法?首先幫助他建立信心,他對佛法沒信心,他怎麼學?你要勸人學佛,頭一個要幫助他起信,「信為道元功德母」。他對佛教要不認識,信心怎麼生得起來?不認識那種信叫迷信,迷信禁不起考驗,所以常常退心,常常會改變信仰。為什麼?他沒有搞清楚。必須先讓他認識佛教,這個重要,你要幫助他認識。學佛皈依三寶,什麼叫佛?什麼叫法?什麼叫僧?他都清楚、都明白了,他肯相信這叫正信,這就不是迷信。三寶都在自性,不在外頭,外頭沒有,外頭要有三寶那就是魔了,不是佛。佛法記住,心外無法,法外無心。法是心生的,佛法僧都是法。佛是心生的,是自性覺;法也是自性生的,是自性正;僧也是自性生的,僧是自性淨,清淨。就是我們《無量壽經》的經題,清淨是僧寶,平等是法寶,覺是佛寶,經題上就三寶具足,不在外頭。自性覺是佛,皈依自性覺,皈依自性正,皈依自性清淨,真皈依。我們今天受皈依,念個皈依的誓詞行嗎?假的不是真的。如果你念這個誓詞的時候,你這個意念上就轉到自性上去,恭喜你,你真皈依了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四五二集)  2011/6/13  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0452

 

 

 

 

Tri Ratna atau Tiga Mustika yakni Buddha, Dharma dan Sangha bukanlah berada di luar, namun di dalam batin, jiwa sejati sejak semula telah tercerahkan adalah Buddha, jiwa sejati sejak semula telah sempurna akan kebenaran adalah Dharma, jiwa sejati sejak semula telah sempurna akan kesucian adalah Sangha.

 

Jadi berlindung pada jiwa sejati yang sejak semula telah tercerahkan, berlindung pada jiwa sejati yang sejak semula sempurna akan kebenaran, berlindung pada jiwa sejati yang sejak semula telah sempurna akan kesucian, begini barulah disebut sebagai Visudhi Trisarana yang sesungguhnya. Dengan demikian barulah anda benar-benar telah mengambil Visudhi Trisarana.

 

Di dalam “Jie Jing” atau Sutra Sila disebutkan bahwa insan yang mengambil Visudhi Trisarana secara benar, akan memperoleh perlindungan siang malam dari 36 Dewa Pelindung Dharma. Hal ini nyata adanya karena Dewa Pelindung Dharma salut padamu, hormat padamu, dengan sendirinya datang melindungimu.

 

Tetapi jika anda timbul sebutir niat pikiran buruk, Dewa Pelindung Dharma segera beranjak pergi, takkan sudi melindungimu. Begitu anda membuang niat pikiran buruk tersebut dan membangkitkan niat pikiran baik, maka Dewa Pelindung Dharma segera kembali melindungimu.

 

Jadi Dewa Pelindung Dharma melindungimu bukan karena perasaan emosional, namun berdasarkan kebenaran. Ketika anda membangkitkan niat pikiran benar, dirimu akan memancarkan cahaya, melihat hal ini, Dewa Pelindung Dharma segera datang melindungimu.

 

Begitu niat pikiran buruk timbul, cahaya ini segera meredup dan padam, Dewa Pelindung pun segera beranjak pergi.

 

Makanya yang namanya Dewa Pelindung itu, kita tidak perlu memohon-mohon padanya, dia tidak menerima sogokan darimu, anda juga takkan bisa menjilat padanya.

 

Selama dirimu memiliki etika moral, dengan sendirinya dia akan datang melindungimu, tanpa disertai etika moral, anda berharap bisa menjilat padanya, menyogoknya, takkan ada gunanya, dia takkan menghiraukanmu.

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juni 2011

 

佛是心生的,是自性覺;法也是自性生的,是自性正;僧也是自性生的,僧是自性淨,清淨。就是我們《無量壽經》的經題,清淨是僧寶,平等是法寶,覺是佛寶,經題上就三寶具足,不在外頭。自性覺是佛,皈依自性覺,皈依自性正,皈依自性清淨,真皈依。我們今天受皈依,念個皈依的誓詞行嗎?假的不是真的。如果你念這個誓詞的時候,你這個意念上就轉到自性上去,恭喜你,你真皈依了。

 

戒經上說,真皈依,你就獲得三十六位護法神日夜保護你。這是真的,這不是假的,護法神佩服你、尊重你,自動的來保護你。你要有一個邪念生起來,護法神就走了,不再保護你。你一個正念回頭了他又來了,一個惡念生他又走了。他不是用情的,不是用情來用事的,他是用法。因為你一念正的時候你放光,他見到你放光他就來了,一念邪你光就沒有了。所以護法神用不著去求他,他不受賄賂的,你巴結不上的。你自己真有德行他真來,忠心擁護,沒有德想巴結他、賄賂他、討好他,那完全沒用,他不會理會的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四五二集)  2011/6/13  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0452

 

 

 

 

Dalam membantu orang lain, yang pertama-tama adalah membangun keyakinan hatinya, setelah memiliki keyakinan hati barulah menasehatinya melatih diri.

 

Mesti di dalam pengamalan membangun keyakinan hati, keyakinan hati begini barulah yang sejati. Jika di dalam teori membangun keyakinan hati, maka ini tidak bisa diandalkan, hendaknya di dalam pengamalan membangun keyakinan hati, barulah dia takkan berubah dan gampang mundur hatinya.

 

Melatih Jalan Bodhisattva, yakni Enam Paramita, Dana Paramita (murah hati), Sila Paramita (menjalankan sila), Ksanti Paramita (melatih kesabaran), Virya Paramita (melatih ketekunan), Dhyana Paramita (melatih konsentrasi) dan Prajna Paramita (mengembangkan kebijaksanaan), harus dilakukan dengan serius!

 

Hidup berdampingan dengan orang lain harus menerapkan “Enam Prinsip Keharmonisan”. Saya selalu menyampaikan bahwa “Enam Prinsip Keharmonisan” dan “Enam Paramita”, hendaknya dijalankan atas dasar kesadaran sendiri, jangan memaksakan agar orang lain mengamalkannya.

 

Selama dia memiliki pemahaman yang benar terhadap Buddha Dharma, dia akan mengamalkannya atas kesadaran diri sendiri, anda tidak perlu sengaja pergi menasehatinya panjang lebar. Mengapa demikian? Oleh karena ada manfaat yang bisa dipetik.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juni 2011

 

Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati :

http://daunbodhi.blogspot.com/2018/01/lima-mata-pelajaran-aliran-sukhavati.html

 

幫助人,頭一個建立信心,有了信心之後叫他修行、叫他發心。必須在行裡面建立信心,這個信心是真的,解裡頭建立的信心都不可靠,要在行裡頭建立信心他才會不變,才不會退轉。

 

修菩提行,菩提行總的來說修六度,布施、持戒、忍辱、禪定、精進、般若,這真幹!與一切大眾相處修六和敬。我說得很多,六和、六度我們自己發心去做,不要求別人去做,要求別人去做是錯的。他對佛法真的深入、真的了解了,他會自動去做,不必去勸他。為什麼?真有好處。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四五二集)  2011/6/13  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0452

 

 

 

 

Kami tidak ingin menjadi kaya, yang penting cukup sandang dan pangan, tiap hari bisa mengenyangkan perut dan tidak kedinginan, maka sudah puas. Orang yang tahu merasa cukup adalah insan yang berbahagia, takkan berhati loba, standar kehidupan diupayakan seminimal mungkin.

 

Kami datang menjadi tamu di sini (Negeri Sakura), setiap hari tiba waktu makan, ada sekitar belasan jenis hidangan, mirip dengan jamuan makan malam Imlek. Sedangkan kehidupan kami sendiri amatlah sederhana, tiap waktu makan tiba cuma satu jenis lauk saja sudah cukup, buat apa banyak-banyak?

 

Saya berguru pada Upasaka Li Bing-nan selama 10 tahun, beliau makan dengan nasi dan lauk yang dimasak secara sekaligus, satu panci kecil. Beliau orang Shandong, suka makan mie.

 

Makanya nasi (mie) dimasak sekaligus dengan lauknya, praktis dan mudah, sejak mulai masak sampai selesai makan dan cuci piring, cuma butuh waktu 30 menit saja, takkan melampaui setengah jam, hemat waktu.

 

Sehari cuma makan satu kali saja, yakni pada siang hari, demikianlah beliau melewati kehidupannya. Ketika saya berguru padanya, beliau telah berusia 70 tahun.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juni 2011

Bertempat di : Pure Land Learning Society, Mobara, Chiba, Jepang

 

 

我們不想發財,但是我們只想衣食足,每天能吃飽穿暖我就滿足了。知足常樂,沒有貪心,生活水平盡量降低。我們到這邊來做客,你看每天吃飯十多個菜,像過年一樣,宴會。我們自己生活簡單,每餐飯幾個菜?一個菜。要那麼多幹什麼?

 

  我跟李炳南老居士十年,我對他很清楚,他老人家吃飯,飯跟菜煮在一起,就是一小鍋。他是山東人,喜歡吃麵食。所以飯菜在一起很簡單,從開始生火到吃完,統統洗乾淨了,給諸位說頂多半個小時,不超過半個小時的,多省時間、多簡單。一天吃一餐,老師一天日中一食,幾十年如一日。我跟他的那一年他七十歲,我跟他十年。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四五二集)  2011/6/13  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0452