Tubuh
jasmani ini hidup di dunia dengan menuruti jodoh apa adanya, di dalam “Huan
Yuan Guan (Esensi Avatamsaka Sutra karya Guru Negara Xian Shou)”, disebutkan
bahwa “Menuruti jodoh dan memiliki kegunaan menakjubkan”.
Apa yang
dimaksud dengan kegunaan menakjubkan? Yakni menggunakan tubuh jasmani ini untuk
meningkatkan kualitas batin, menggunakannya untuk membantu para makhluk
menjauhi kejahatan dan menimbun kebajikan, menghancurkan kesesatan dan
mengembangkan pencerahan, mengubah awam menjadi suci, menggunakannya untuk
membantu para makhluk yang berjodoh.
Apa yang
dimaksud dengan makhluk yang berjodoh? Dia dapat meyakini makanya disebut
sebagai berjodoh, asalkan dia dapat meyakini maka dapat berjodoh; sebaliknya
jika tidak dapat meyakini, dengan sendirinya tidak dapat berjodoh, kalau tidak
berjodoh janganlah memaksanya.
Baik yang
berjodoh maupun yang tidak berjodoh, asalkan dapat hidup berdampingan secara
harmonis, maka begini sudah bagus. Yang berjodoh, dia telah meningkatkan
kemajuan batinnya, dia dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir; sebaliknya
yang tidak berjodoh, apa daya, masih harus melanjutkan menjalani siksaan di
enam alam tumimbal lahir.
Setelah
kita sendiri meraih keberhasilan, tak peduli dia jatuh di alam manapun, kapan
waktunya dia dapat menerima uluran tanganmu, anda juga dapat mengetahuinya,
saat jodohnya masak, dengan sendirinya anda dapat membantunya, segalanya
berjalan secara alamiah, takkan ada timbul niat pikiran, takkan
membeda-bedakan, takkan melekat, menakjubkan, kegunaan menakjubkan!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 10 April 2011
身體在世間隨緣度日,《還源觀》上講得好,「隨緣妙用」,妙用是什麼?不再執著,那就妙。用什麼?用它提升自己的靈性,用它幫助眾生斷惡修善、破迷開悟、轉凡成聖,用它來幫助眾生,幫助有緣眾生。什麼叫有緣?他能信就有緣,他真信就有緣;他不信就沒緣,沒緣不要勉強。不管有緣、沒有緣,大家相處一團歡喜這就好。有緣的,他提升了,他會出六道輪迴;沒有緣的,讓他繼續再輪迴。自己真的要成就,他無論在哪一道你都知道,什麼時候可以接受你也曉得,到他緣成熟的時候你自自然然去幫助他,一切都是自然的,沒有起心動念,沒有分別執著,妙,妙用!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三七0集) 2011/4/10 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0370
Tubuh kita
apabila memikirkan niat pikiran yang tidak sehat (negatif), maka hari demi hari
tubuh anda akan kian rusak; sebaliknya bila anda memikirkan niat pikiran yang
sehat (positif), maka hari demi hari tubuh anda akan kian membaik.
Anda harus
memiliki keyakinan hati, tanpa keyakinan hati maka gejala penyakit akan mudah
mengganas, dengan keyakinan hati barulah penyakit dapat sembuh.
Tempo dulu
ketika saya berada di Amerika, suatu kali menderita influenza, kebetulan
dokternya adalah orang Tionghoa, lalu kami berdiskusi tentang pengobatan.
Saya
bertanya padanya hal apa yang paling penting bagi seorang dokter dalam
menyembuhkan penyakit pasien? Menurutku, pasien harus memiliki keyakinan hati
terhadap dokter, sebaliknya dokter juga harus memiliki keyakinan hati dapat
menyembuhkan pasien, ini merupakan syarat pertama.
Syarat kedua,
sekitar 70-80 persen kesembuhan pasien adalah bergantung pada kesehatan
mentalnya, pasien harus berpikir positif dan yakin bahwa penyakitnya pasti
sembuh.
Apabila
pasien meragukan kemampuan dokter juga meragukan dirinya sendiri, maka tak
berdaya. Dokter setuju dengan pendapatku. Inilah yang dikatakan di dalam Buddha
Dharma sebagai “Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 10 April 2011
我們身體如果向不健康方面去想,你的身體一天比一天壞;你能向健康方面去想,你的身體一天比一天好。你對你要有信心,沒有信心病痛很容易惡化,有信心就能治好,什麼東西給你治好?是你的信心治好的。我早年在美國,有一次得了感冒,在醫院醫生是中國人,我就給他談治病這個道理,我說醫生把病人治好最重要的,第一個條件是什麼?病人對醫生有信心,醫生對病人有信心,這是第一個條件。第二個,真正治好,應該是百分之七十到八十是心理,病人有健康的心理,我這個病一定會好,不懷疑;如果病人對自己病有懷疑,沒有信心,就沒有法子治。我這個說法他同意,他說這有道理。這就是佛法講的「一切法從心想生」。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三七0集) 2011/4/10 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0370
Banyak hal yang tercantum di
dalam Buddha Dharma, takkan dapat dijumpai di dalam Dharma duniawi, maka itu
mengapa praktisi zaman dulu menyebut Sutra Buddha sebagai mustika.
Apa makna dari mustika? Dengan
adanya mustika maka adanya solusi, yang dapat menyelesaikan permasalahan
kesehatan kita, dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan kita, dapat menyelesaikan
permasalahan kematian kita, dapat menyelesaikan permasalahan ketika kita
dilanda petaka.
Hari ini kekacauan yang terjadi
di dunia, menurut Sutra Buddha, sangat mudah diatasi, namun sayangnya tidak ada
orang yang percaya. Apa yang dikemukakan oleh Gregg Braden (penulis Amerika)
adalah serupa dengan Ajaran Buddha, yakni menjauhi kejahatan menimbun
kebajikan, mengubah kesesatan menjadi kebenaran dan meluruskan niat pikiran, serupa
dengan yang dikatakan di dalam Buddha Dharma sebagai pengetahuan benar dan pandangan
benar, masalah pun segera teratasi.
Tetapi ucapannya ini, siapa
yang bersedia mengamalkannya? Siapa yang bersedia menjauhi kejahatan menimbun
kebajikan? Siapa yang bersedia mengubah kesesatan menjadi kebenaran? Apabila
semua orang tidak bersedia kembali ke jalan yang benar, tidak memercayainya,
maka bencana pun tak terhindarkan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 10 April 2011
經教裡這麼多的好東西,世間法裡頭找不到,天上人間都找不到,十法界裡頭沒有,所以古大德把佛經典稱之為寶。寶是什麼意思?有寶就能解決問題,能解決我們健康的問題、能解決我們生活的問題、能解決我們生死的問題、能解決我們劫難的問題。今天世界這種變亂,要照佛經上講,很容易解決,沒人相信。很難得美國布萊登說出來這三句話,跟佛經上講的一樣,「棄惡揚善」,就是佛法裡講的斷惡修善,「改邪歸正、端正心念」,端正心念是佛法講正知正見,這問題馬上就解決了。可是他話說出來,誰肯去做?什麼人肯棄惡向善?什麼人肯改邪歸正?如果大家不肯回頭、不相信,這個災難就不能避免。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三七0集) 2011/4/10 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0370