Diantara rekan praktisi kami, banyak yang tidak berminat terlahir ke Alam Sukhavati, mereka ingin menuju ke Surga Tusita, berguru pada Bodhisattva Maitreya.
Kelak ketika Bodhisattva Maitreya datang dan mencapai KeBuddhaan di dunia ini, mereka dapat menjadi siswa Buddha Maitreya, mereka suka-nya kayak yang begini, tidak sedikit jumlahnya!
Namun persyaratan untuk lahir ke Surga Tusita tidaklah gampang. Master Xuyun merupakan salah seorang praktisi yang berhasil mencapai Surga Tusita, kita dapat membaca dari buku biografi-nya, suatu kali beliau sedang memasuki samadhi, dalam samadhi-nya dia tiba di Surga Tusita, bersua dengan Bodhisattva Maitreya, bahkan ikut mendengarkan pembabaran Dharma, Bodhisattva Maitreya memberitahukan padanya, jodohmu belum masak, anda harus pulang kembali ke Alam Manusia.
Ketika berada di Surga Tusita, Master Xuyun juga melihat banyak rekan praktisi yang dikenalnya, yang telah terlebih dulu meninggal dunia dan lahir di Surga Tusita.
Untuk terlahir ke Surga Tusita adalah sulit sekali, bahkan lebih sulit daripada upaya terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Mengapa demikian? Untuk terlahir ke Surga Tusita harus melatih samadhi yang disebut “Wei Xin Shi Ding”, setelah berhasil barulah dapat menuju ke Surga Tusita, jika tidak berhasil maka tidak berdaya ke sana.
Tempo dulu Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) menyampaikan persoalan ini dengan cukup jelas, samadhi “Wei Xin Shi Ding”, bagi orang-orang seperti kita ini, butuh seorang guru yang khusus membimbing kita, butuh waktu berapa lama untuk melatihnya? Diperkirakan harus melatih selama 150 tahun. Mana mungkin kita memiliki usia sepanjang begini? Samadhi jenis ini juga setahap demi setahap meraih kemajuan batin, hingga akhirnya mencapai standar Surga Tusita.
Maka itu kembali pada Pintu Dharma Tanah Suci adalah lebih baik, saat menjelang ajal baik satu lafalan maupun sepuluh lafalan juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, setiap orang sanggup mewujudkannya.
Lain halnya dengan 84 ribu pintu Dharma yang wajib melenyapkan kekotoran batin hingga tuntas, wajib melatih samadhi hingga berhasil, tanpa memenuhi persyaratan ini, maka tidak berdaya mencapai tempat tujuan.
Maka itu mengapa para Buddha Tathagata, para Bodhisattvaya Mahasattvaya, menasehati kita supaya melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, alasannya terletak di sini.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2011
我們學佛同學當中,我們見到很多,他們不想到極樂世界,他們想到兜率天,想去親近彌勒菩薩,彌勒菩薩將來到這個世間來作佛,他們做彌勒菩薩的弟子,菩薩弟子、聲聞弟子,他喜歡這些,不少人!依照方法去修行,四緣具足,他能成就。像虛雲老和尚就在兜率天,我們從他年譜裡面去看,他曾經有一次入定,定中到兜率天,見到彌勒菩薩,還聽了一座經,彌勒菩薩告訴他,你的緣還沒成熟,你還得下去。他在兜率天上看到幾個老同參,都是熟人,這是先往生到那邊去的,這不是假的,他在兜率天上看到的,那真的是往生兜率天了。往生兜率天不容易!比往生淨土可難多了。為什麼?他要修定,修唯心識定,這個修成功你才能去,修不成功是沒有辦法去的。早年李老師把這個事情講得很清楚,唯心識定,像我們這樣的,要有好老師來教,大概要修多少年?估計要修一百五十年。我們哪有那麼長的壽命?它也是一層一層向上提升,提升到兜率天的水平。所以還是這個法門好,臨終十念、一念都能往生,這個我們相信可以做得到。那個八萬四千法門要斷煩惱、要修定,沒有戒定,沒有具足這些條件,是沒有法子去的。這也是諸佛如來、諸大菩薩都為我們示現,勸導我們往生淨土,道理都在此地。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五六七集) 2011/8/30 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0567
Saat melafal Amituofo kita memikirkan hal-hal lainnya, inilah yang disebut sebagai terputus. Maka itu niat pikiran orang awam sangatlah rumit, melatih metode apapun sulit berhasil. Apa penyebab kegagalannya? Yakni terlampau banyak bentuk-bentuk pikirannya.
Serupa dengan kita yang melafal Amituofo, mengapa sudah belajar bertahun-tahun lamanya, masih juga belum mencapai Samadhi Pelafalan Amituofo, bukankah ini juga dikarenakan bentuk-bentuk pikiran yang terlampau banyak? Saat melafal Amituofo bercampur baur dengan khayalan.
Master Yin Guang mengajarkan tiga langkah supaya lafalan Amituofo kita dapat berkesinambungan tanpa disusupi bentuk-bentuk pikiran, caranya adalah lafalan Amituofo dibangkitkan dari dalam hati, lalu dilafal keluar dari mulut, lafalannya harus jelas; lalu masuk kembali ke hati melalui telinga, juga harus terdengar secara jelas; lafalan ini sudah sampai berapa kali, dapat diingat dengan jelas.
Dia menghitung dari angka 1 sampai 10, lalu diulang lagi dari angka 1 sampai 10, jangan ingat angkanya, juga jangan pakai tasbih, oleh karena kalau memakai tasbih bisa memecah perhatian, hal ini sungguh beralasan.
Sepanjang hayatnya, beginilah cara yang digunakan Master Yin Guang, sangat efektif, lalu mengajarkan kepada orang lain, orang lain menggunakan cara ini dan hasilnya juga efektif.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2011
「等無間緣」,這個「等」字要簡單的說一說。等是平等,譬如我們念佛,念阿彌陀佛,前一念是阿彌陀佛,後一念也是阿彌陀佛,但是有的時候斷了、忘掉了,忘了幾個鐘點,想起來又是念阿彌陀佛、阿彌陀佛,還是阿彌陀佛,這個叫等。但是不一定是它有間隔,有間隔的時候它還是一樁事情,這叫平等的。我們念阿彌陀佛,當中又想別的事情,這個就斷掉,這不是無間。所以我們凡夫念頭非常複雜,修什麼法門都不容易成就。不容易成就真正的原因在哪裡?就是等無間緣出了問題,我們講雜念太多、妄想太多,這個就是等無間緣這個緣沒有了,雖有所緣緣,還是不能成就。像我們念佛,為什麼學了這麼多年,念佛三昧沒有得到,還不就是妄想雜念太多嗎?念佛當中夾雜著妄想,那個等就沒有了,無間雖然有,沒有等,你前念跟後念不是一個念頭,你當中有雜念。所以這個字是個關鍵的字眼。念念都是阿彌陀佛,沒有雜念在其中,這叫等無間緣。印光大師教我們三個清楚,這是希望我們真正能夠念念都有等無間緣,用意在此地。佛號從心裡生出來,從口裡念出來,念得清清楚楚;耳朵聽進去,也聽得清清楚楚;這句佛號是第幾聲,記得清清楚楚。他記數只是記一到十,一到十、一到十就這樣記法,不要記數字,也不要用念珠,用念珠分心,說得都很有道理。他老人家一生就用這個功夫,用得很得力,教別人,別人學他這個方法功夫也能得力。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五六七集) 2011/8/30 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0567
Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 43 tercantum, “Ketahuilah bahwa praktisi ini bukanlah Hinayana”, praktisi pelafal Amituofo bukanlah Hinayana, Aliran Sukhavati juga bukanlah Hinayana.
“Di dunia ini banyak orang yang menganggap praktisi pelafal Amituofo hanya tahu menyelamatkan dirinya sendiri, bahkan memandang rendah, ini dikarenakan belum memahami makna ajaran yang dibabarkan Buddha.”
Banyak orang yang salah paham pada Ajaran Sukhavati, saat usia muda masih menjadi praktisi pemula, saya juga begitu, menganggap metode pelafalan Amituofo sebagai apa?
Mungkin sebagai bentuk Maitri Karuna Buddha Sakyamuni terhadap para Oma-oma yang tidak punya pengetahuan, sehingga menggunakan metode ini guna menghibur mereka, lihatlah alangkah besarnya kekeliruan ini.
Mengapa ada orang yang ingin lahir di Tanah Suci Bodhisattva Maitreya (Surga Tusita) dan tidak berminat terlahir ke Tanah Suci Buddha Amitabha (Alam Sukhavati)?
Bodhisattva Maitreya adalah Guru Sesepuh Aliran Yogacara, dengan bahasa umum dapat diuraikan sebagai kaum intelek superior, apa yang mereka pelajari sesungguhnya adalah ilmu filsafat tingkatan tinggi.
Saat permulaan saya berguru pada Profesor Fang Dongmei, beliau menyampaikan filsafat sutra Buddha kepada diriku, waktu itu Guru Fang berusia sekitar 40-50 tahun, sementara itu saya berusia 26 tahun.
Guru Fang memberitahukan padaku, di dalam sutra Buddha terdapat ilmu filsafat, benar-benar merupakan ilmu filsafat tertinggi tiada taranya. Beliau mengatakan hanya sebagian, yang mana saja? Diantaranya adalah Aliran Zen dan Aliran Yogacara.
Guru Fang menunjukkan jalur yang sedang saya tempuh kala itu adalah Aliran Yogacara. Namun setelah kami dalami akhirnya barulah menyadari, ternyata Yogacara ini serupa dengan ilmu psikologi-nya Ajaran Buddha.
Kami membaca sutra-sutra Aliran Yogacara lalu membandingkannya dengan buku-buku materi perkuliahan ilmu psikologi, hampir mirip, hanya saja di dalam Ajaran Buddha dijelaskan lebih mendalam dan terperinci.
Jadi praktisi yang mempelajari Aliran Yogacara, kelak akan lahir di Surga Tusita, ada berapa orang saja yang berhasil? Terlampau sedikit sekali, anda harus memiliki keterampilan melatih diri yang nyata!
Setelah memahami dengan jelas akan kebenaran ini, hendaknya melepaskan metode Yogacara ini, jika anda tidak sanggup melepaskannya, maka akan menjadi rintangan pengetahuan (pemikiran intelektual yang malah menghalangi tercapainya pencerahan).
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2011
下面這句經文,『當知此人非是小乘』,念佛的人不是小乘,淨宗不是小乘。「此人,即如上一心念佛之人」,專修專念。「世多譏念佛為自了,甚至鄙視,是則未了佛意。」世間人,這個誤會的人太多了,我們年輕的時候剛學佛也是這樣的,認為念佛是什麼?大概是釋迦牟尼佛慈悲,一些沒有知識的老太婆,用這個方法去安慰安慰她,完全想錯了。為什麼人家嚮往彌勒淨土而不生彌陀淨土?彌勒菩薩是法相宗的祖師,用現在的話說,高級知識分子,他們所研究的,名符其實的高等哲學。我在初聽方老師跟我講佛經哲學,他告訴我,那個時候的方老師就跟照片上一樣,大概四十多歲,將近五十,應該是這樣的年齡,我二十六歲。他告訴我,佛經裡頭有哲學,真正是世界哲學的最高峰。他說只有一部分,哪一部分?性相二宗。性宗是三論、禪宗,相宗就是法相唯識。他指我的路子是法相唯識。法相唯識我們接觸到之後發現,這是佛教講的心理學,這些經典我們拿來看看,大學心理學系的一些教科書、課本,一比較,那真的是不如它,它講得微細,講得透徹。所以學習這個東西都走兜率天的路子。兜率天幾個人能成就?太少太少了,你要真功夫!搞清楚之後,相宗搞清楚之後,要放下,你要放不下就變成所知障。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五六七集) 2011/8/30 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0567