Jika ada empat orang yang melatih diri bersama-sama dan mewujudkan enam prinsip keharmonisan, tak peduli empat orang ini adalah praktisi awam maupun non awam, maka jasa kebajikan ini dapat menyelamatkan seluruh dunia, yakni telah menyelamatkan Planet Bumi ini.
Sejak saya mengerti kebenaran ini, mulai mengamati dengan seksama, ingin mencari 4 atau 5 orang untuk melatih diri bersama-sama, sudah 6 dekade lamanya, tidak berhasil menemukannya.
Dua orang berada bersama saja bisa bertengkar, bagaimana bisa harmonis? Apa boleh buat, maksud hati ingin mencari 4 orang sahabat melatih diri yang tidak pernah bertengkar, takkan berbeda pendapat, yang benar-benar memfokuskan diri melafal Amituofo, yang menempatkan Buddha Amitabha di dalam hati, satupun tidak berhasil ditemukan.
Jika tidak menemukannya lantas apa yang harus dilakukan? Hanya bisa mengandalkan diri sendiri, jangan mengharapkan orang lain, saya sendiri yang harus mewujudkannya.
Jika dapat mengamalkannya barulah merasa bahagia, bencana apapun takkan ada lagi. Mengapa demikian? Jika bencana terjadi, diri sendiri menuju ke Alam Sukhavati, Buddha Amitabha pasti datang menjemputmu.
Kita melafal Amituofo, setiap lafalannya terjalin dengan Buddha Amitabha, ini nyata adanya. Kemelekatan pada jalinan keluarga dan kerabat hendaknya dilepaskan, demikian pula kemelekatan pada ketenaran dan keuntungan hendaknya juga dilepaskan, nafsu keinginan juga mesti dienyahkan, semua hal ini akan merintangi upayamu terlahir ke Alam Sukhavati.
Termasuk hobimu belajar beragam metode juga mesti dilepaskan, hal ini juga merupakan rintangan. Setelah memahami kebenaran ini, hendaknya memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, hingga mencapai pencerahan agung barulah boleh memperkaya ilmu.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2011
四個人真正修六和敬,這四個人不管是在家、出家,僧團不一定是出家人,在家學佛四個也一樣,四個人,那個功德就救全世界,就救了地球。
我從明白這個道理,就非常留意,想找四個人,找了五、六十年找不到。兩個人都要吵架,怎麼和合?沒有法子,四個人不能不吵架,不能不鬧意見。真正念阿彌陀佛的,把阿彌陀佛放在自己心上,一個也沒找到。實在找不到怎麼辦?求自己,別求別人,我自己要做到。做到真快樂,什麼災難都沒有了。為什麼?災難現前的時候到極樂世界去了,佛決定到時候他就出現,他就來接引你。我們念阿彌陀佛,句句聲聲都跟阿彌陀佛感應道交,這都是真的不是假的。對這個世間親情要放下,名聞利養要放下,欲望要放下,這東西障礙,還有你學的這些東西也要放下,你不放下是所知障,全是麻煩。這些東西真搞清楚、搞明白了,我們遵守戒律,一門深入、長時薰修,到大徹大悟再廣學多聞,這就對了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八八集) 2011/7/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0488
“Avatamsaka Sutra” menyebutkan, “Semua makhluk memiliki kebijaksanaan Tathagata”. Tathagata adalah jiwa sejati, di dalam jiwa sejati setiap makhluk terdapat kebijaksanaan sempurna, kemampuan sempurna dan rupa yang sempurna, jadi semua makhluk adalah setara.
Kita setara dengan para Buddha Tathagata, juga setara dengan semua makhluk di tiga alam sengsara, hanya saja mereka tersesat lebih mendalam dibandingkan dengan diri kita, mereka tidak mudah tercerahkan.
Buddha Sakyamuni menyampaikan, dari enam alam tumimbal lahir, Alam Manusia lebih mudah tercerahkan. Sedangkan di Alam Surga terlampau banyak menikmati kesenangan, akibatnya tidak berminat melatih diri, para Dewa sibuk menghabiskan berkahnya, inilah yang disebut orang kaya sulit melatih diri, tiap hari sibuk bersenang-senang.
Sebaliknya di tiga alam rendah juga sangat sulit melatih diri, mengapa demikian? Seperti di dunia manusia kita ini, orang miskin juga sulit melatih diri, makan tiga kali sehari saja sudah jadi masalah, mana punya waktu buat melatih diri?
Maka itu Alam Manusia berada di pertengahan, tidak terlampau senang, juga tidak terlampau susah, keluarga menengah, tidak kaya dan tidak miskin, ada suka juga ada duka-nya, keadaan begini lebih mudah tercerahkan.
Maka itu kesempatan untuk dapat terlahir sebagai manusia sungguh berharga, kesempatan ini sulit diperoleh, kesempatan untuk mendengar Dharma juga sulit diperoleh.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2011
這就是《華嚴經》上佛所說的,「一切眾生皆有如來智慧」。如來是自性,每一個人都有自性裡面圓滿的智慧、圓滿的德能、圓滿的相好,一切眾生平等平等。我們跟諸佛如來平等,我們跟蜎飛蠕動平等,我們跟餓鬼、地獄也平等,只是他們迷得比我們還深,他們很不容易覺悟。佛說了,六道裡面人道比較容易覺悟。天道為什麼?天道沒有苦,苦少,樂太多了,他不想修行,他去享受去了,所謂是富貴學道難,他天天享受去了。三惡道學道困難,為什麼?就相當我們所謂是貧窮修道也難,他三餐飯都吃不飽,哪有心思來學道?所以人道在當中,並不很快樂,但是也不是很苦,小康之家,有苦有樂,比較容易覺悟。這就是得人道特別可貴,人身難得,佛道難聞。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八八集) 2011/7/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0488
Kesempatan terlahir jadi manusia sulit diperoleh, yang paling berharga dari terlahir sebagai manusia adalah memperoleh kesempatan mendengarkan Buddha Dharma, mempunyai kesempatan mendalami Ajaran Buddha dan mencapai pencerahan, maka pada satu masa kelahiran ini tidak sia-sia datang ke Alam Manusia.
Jika berjodoh bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci, maka keunggulan ini tiada bandingnya, bertemu dengan Pintu Dharma ini, saat menjelang ajal terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.
Terhadap kenikmatan baik di Alam Dewa maupun Alam Manusia telah dilepaskan-nya, takkan dihendakinya lagi. Andaikata Raja Maha Brahma menawarkan tahta-nya kepada anda, atau Raja Dewa Mahesvara menawarkan tahta-nya kepada dirimu, apakah anda akan terpikat? Kalau anda menerima tawaran ini maka celakalah.
Kesempatan untuk mencapai KeBuddhaan tidak mudah dijumpai, sementara itu kesempatan untuk menjadi Raja Dewa amatlah banyak, pastinya tidak boleh melakukannya.
Maka itu anda harus mengenalinya dengan jelas, semakin anda mengenali dengan jelas maka hatimu akan semakin teguh, takkan berubah pendirian lagi, pasti memilih mencapai KeBuddhaan, pada satu masa kehidupan ini yang anda peroleh adalah kesempurnaan agung, menemukan kembali jiwa sejati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2011
得人身不容易,得人身最可貴的就是有機會聞佛法,有機會悟入佛法,那這一生到人道來就沒有白來。遇到淨土法門,那就無比殊勝,遇到這個法門,來生要脫離輪迴、要脫離十法界,到西方極樂世界去作佛去了,這就對了。這個世間人間天上全部放下了,不要了,大梵天王讓位給我,摩醯首羅天王請我去當天王,幹不幹?不能幹,一幹就錯了。成佛的機會不容易遇到,當天王的機會很多,決定不能幹。所以你要認識清楚,愈認識清楚你的心愈堅定,不會再改變了,決定成佛去,你在這一生在人道得到的是大圓滿,能夠回歸自性。所以這是比喻法鼓,振奮人心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八八集) 2011/7/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0488