Praktisi
Aliran Sukhavati, tidak mengetahui banyak hal bukanlah masalah, yang penting
adalah memfokuskan pikiran pada pelafalan Amituofo, persoalan apapun takkan
ada, hal apapun boleh tidak perlu diketahui, tidak merisaukannya, sehingga hati
kita yang suci, setara dan tercerahkan segera muncul ke permukaan, tidak ada
keharusan untuk mengetahui banyak hal.
Seperti
masyarakat sekarang ini, banyak prediksi tentang kejadian bencana, apakah kita
perlu mengetahuinya? Tidak perlu. Saya hanya tahu ada satu hal yang perlu saya
ketahui, yakni bagaimana solusi untuk mengatasi bencana tersebut, hal lainnya
tidak perlu dirisaukan lagi.
Beragam ramalan
bencana yang datang dari berbagai pelosok, hampir serupa cara untuk
menuntaskannya, yakni dengan melafal Amituofo. Kita hanya perlu memfokuskan
pikiran melafal Amituofo, begini sudah boleh, hal lainnya kita boleh tidak
mendengar dan juga tidak bertanya, buat apa merisaukannya?
Master Yin
Guang berkata dengan bagus, “Melafal Amituofo dapat mengeliminasi rintangan
karma masa kelahiran lampau”, hanya dengan melafal Amituofo.
Tetapi
melafal Amituofo harus tahu caranya, harus melafal hingga menghapus kekotoran
batin dan tabiat diri sendiri, begini barulah disebut sebagai melafal Amituofo
dengan benar.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
修學淨宗的人,這些東西知不知道沒關係,你只要把心定在阿彌陀佛上,什麼事都沒有了,什麼都可以不必知道,不操心,讓我們的清淨平等心趕快現前,沒有知道那些必要。像現在這個社會,方方面面傳來災難的信息太多,我們需不需要知道?不需要。我只需要一樁事情,這個災難用什麼方法來解決,其他的我不需要知道。方方面面傳來的,幾乎共同的,解決的方法是共同的,念佛。那就行了,我們一心專念阿彌陀佛就可以了,這方面的信息我們就可以不聞不問,操這些心幹什麼?印光大師講得很好,「念佛可以消宿業」,只要念佛。念佛得會念,要把自己煩惱習氣統統念掉,這叫真念佛。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382
Apa yang
bisa diperoleh dari melafal Amituofo? Melafal Amituofo memperoleh kesucian
hati. Inilah hasilnya. Mungkin anda sudah melafal Amituofo selama
bertahun-tahun, tetapi apakah anda telah memperoleh kesucian hati? Apakah anda
telah sanggup melepaskan kemelekatan? Apakah anda telah merasakan kebahagiaan
Dharma?
Jika semua
ini telah anda peroleh, tentunya bersukacita! Sutra dan Sastra sering
mengatakannya sebagai “Beban pikiran berkurang, kebijaksanaan bertambah”, ini
berarti anda melafal Amituofo ada hasilnya.
Kalau beban
pikiran masih saja seperti dulu, tidak berkurang, kebijaksanaan juga tidak berkembang,
maka harus melakukan introspeksi diri dengan serius, yang pastinya bukanlah
teorinya yang salah, juga bukanlah caranya yang salah, tetapi problemanya ada
pada diri sendiri. Harus menemukan akar permasalahannya, kemudian
melenyapkannya, barulah keterampilan melatih diri bisa efektif.
Teori, cara,
pengalaman, semua ini tercantum di dalam Sutra, apabila kita tidak memahami
makna yang terkandung di dalam Sutra, kita boleh membaca Penjelasan Sutra yang
ditulis oleh praktisi senior tempo dulu, kalau Penjelasan Sutra juga tidak bisa
dipahami, maka bacalah secara berulang kali.
Guru Sesepuh
dan praktisi senior mengajarkan kita “Mengulang membaca buku ribuan kali,
maknanya dapat dipahami dengan sendirinya”, kalau sudah membaca hingga seribu
kali masih juga belum paham, maka lanjutkan membaca hingga dua ribu kali, dua
ribu kali masih juga belum paham, maka lanjutkan lagi membaca hingga tiga ribu
kali, empat ribu kali, ulangi membacanya terus menerus, melepaskan segala
kemelekatan, memfokuskan diri membaca berkesinambungan, suatu hari pasti
tercerahkan, masalah anda pun jadi teratasi.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
念佛得什麼?念佛得清淨心。我們的清淨心是不是得到?那是效果。我念了多少年佛,現在心有沒有清淨?有沒有放下?世緣有沒有放下?清淨心有沒有現前?法喜有沒有現前?真的得受用,歡喜!經論上常講「煩惱輕,智慧長」,這就是你念佛有效果。如果煩惱還是很重,智慧不生,那就得認真去思考,絕對不是理論錯誤,也不是方法錯誤,而是我們自己修行有了問題,出了問題。要把問題找出來,把問題消除,我們功夫就得力了。
這些理論、方法、經驗,全都在經典裡頭,經典我們看不懂,看古人的註解,古人註解看不懂,多看。祖師大德教導我們「讀書千遍,其義自見」,我想我們還沒有念到千遍的,千遍還不懂,那就二千遍、三千遍、四千遍,你一直念下去,萬緣放得下,一心專念,決定有一天豁然大悟,你問題解決了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382
Praktisi Pelafal Amituofo yang tidak
memusatkan perhatiannya pada Alam Sukhavati di penjuru barat, yang tidak
memusatkan perhatiannya untuk bersua dengan Buddha Amitabha, maka pada satu
masa kehidupan ini, anda takkan berhasil.
Praktisi
yang tidak memiliki ketetapan hati, sebentar ingin belajar ini, sebentar ingin
belajar itu, diri sendiri tidak punya pendirian, orang begini sulit bisa
berhasil.
Pikirannya
tidak terfokus, nafsu keinginannya terlampau banyak, arahnya juga terlampau
banyak, tujuannya juga terlampau banyak, alhasil satu pun tidak tercapai.
Praktisi
yang tidak memiliki pendirian, “Tidak dapat mengakhiri samsara”, masih
hobi berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, tidak dapat
membangkitkan Bodhicitta, tidak dapat membangkitkan keyakinan mendalam, tidak
dapat membulatkan tekad, tidak mampu melafal Amituofo, empat poin ini tidak
sanggup diwujudkannya.
Ketika
masih menjadi praktisi pemula, saya berguru pada Upasaka Li Bing-nan. Guru Li
membentuk Asosiasi Lotus di Taichung, memberi ceramah dan memimpin kebaktian
umum pelafalan Amituofo, saat itu sahabat Dharma jumlahnya sangat banyak.
Guru Li
selalu berkata, dari 10 ribu sahabat Dharma, yang benar-benar dapat terlahir ke
Alam Sukhavati cuma berkisar 3-5 orang saja.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
明心見性,見性成佛,到極樂世界肯定不是凡聖同居土,真正開悟的人,生到極樂世界就直接到實報土去了。所以邪定不行,換句話說,目標不是定在西方極樂世界,不是定在見阿彌陀佛,都叫邪定,為什麼?你這一生不能成就。不定性的也不行,他搖擺不定,一會想學這個,一會想學那個,自己沒有主宰,很難成就。他心不專,欲望太多、方向太多、目標太多,結果一事無成。念老這個地方說得好,邪定、不定的人,「不能真為生死」,還想搞六道輪迴,這個生死就是六道輪迴,不能發菩提心,不能深信願,深信切願他不能,不能念佛持佛名號,這四樁事情他都做不到。
不說別人,說修淨土的同學,我們在年輕的時候親近李老師,老師在台中創辦台中佛教蓮社,講經教學領導大家一起念佛,蓮友很多。老師常說,蓮社的蓮友們一萬個人當中,真正能往生的大概只有三、五個。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382
Ketika masih menjadi praktisi pemula, saya berguru pada Upasaka Li Bing-nan. Guru Li membentuk Asosiasi Lotus di Taichung, memberi ceramah dan memimpin kebaktian umum pelafalan Amituofo, saat itu sahabat Dharma jumlahnya sangat banyak.
Guru Li
selalu berkata, dari 10 ribu sahabat Dharma, yang benar-benar dapat terlahir ke
Alam Sukhavati cuma berkisar 3-5 orang saja.
Master
Shandao berkata, Pintu Dharma Pelafalan Amituofo “Sepuluh ribu orang yang
melatihnya, sepuluh ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”, tetapi
sekarang diantara sepuluh ribu orang cuma ada 3-5 orang saja yang berhasil, apa
alasannya?
Meskipun
melafal Amituofo, meskipun mendengar ceramah, tetapi tidak dapat mengakhiri
samsara. Yang juga berarti dia masih belum bermaksud terbebas dari enam alam
tumimbal lahir, tidak punya niat pikiran begini.
Dia
merasa enam alam tumimbal lahir masih terasa lumayan, melewati petualangan dan
kisah indah di dalamnya, makanya tidak ingin keluar dari lingkaran samsara,
masalah ini sangat parah adanya.
Tidak
bisa membangkitkan Bodhicitta; hati yang tulus, suci, setara, tercerahkan,
Maitri Karuna tidak sanggup dibangkitkan keluar; niat pikiran yang timbul masih
mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, mengejar ketenaran dan
keuntungan, mendambakan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas,
makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan,
bentuk-bentuk pikiran), ini sungguh celaka.
Ketika
anda sampaikan padanya tentang Tanah Suci Sukhavati, dia percaya tidak?
Percaya. Apakah dia percaya pada pelafalan Amituofo? Percaya, tapi tidak mau
mengamalkannya.
Keyakinannya
tidak benar, tekadnya tidak bulat, keterampilan melafal Amituofo-nya tidak bisa
efektif. Inilah seperti yang disebutkan dalam Sutra Usia Tanpa Batas, Bab 22,
pada kalimat “Karena
mereka tidak dapat memahami dengan sepenuhnya tentang metode pelafalan nama
Buddha mencapai KeBuddhaan.”
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
我們在年輕的時候親近李老師,老師在台中創辦台中佛教蓮社,講經教學領導大家一起念佛,蓮友很多。老師常說,蓮社的蓮友們一萬個人當中,真正能往生的大概只有三、五個。一萬人當中三、五個,不講別人,自己蓮社的蓮友。善導大師告訴我們,這個法門「萬修萬人去」,現在一萬人當中只有三、五個,什麼原因?雖念佛、雖聽經,不能真為生死。就是還沒有意思想脫離六道輪迴,沒有這個念頭;六道還不錯,還挺好玩的,還捨不得離開,這個麻煩大了。不能發菩提心,真誠、清淨、平等、正覺、慈悲發不出來,起心動念還是自私自利,還是名聞利養,還是貪戀五欲六塵,這個糟糕了。你說淨土相不相信?相信;念佛往生相不相信?相信,不真幹。信不真,願不切,持名功夫不得力,「故云不能了知」,了是明瞭,知是覺知,「建立彼因故」,彼因是往生西方極樂世界的正因,他不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382