Friday, December 25, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011 (Bgn 4)

 


Insan zaman dulu berkata, “Sepanjang hayat telah ditetapkan di dalam garis hidup, tidak ada kaitannya dengan orang lain”, buat apa anda harus memperebutkannya?

 

Jika anda ingin mengejar dan mendapatkannya, terlebih dulu harus menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, barulah apa yang anda peroleh dapat dinikmati. Apa alasannya?

 

Oleh karena itu adalah balasannya, karma baik memperoleh balasan yang baik, kekayaan dan kejayaan akan bertambah dan meningkat. Itu adalah hasil pengorbananmu, di dalam Buddha Dharma dikatakan sebagai jasa kebajikanmu, sedangkan di dalam Dharma duniawi dikatakan sebagai berkah kebajikan, dengan demikian kekayaan dan kejayaan ini barulah dapat dipertahankan.

 

Sebaliknya kalau memaksakan kehendak, menggunakan cara licik guna mengejar dan memperolehnya, ini juga sejak semula memang ada di dalam garis hidupmu, tetapi gara-gara diperoleh dengan cara curang, maka jumlahnya jadi menyusut drastis. Begitu berkah habis dinikmati, petaka pun segera menyusul.

 

Karma baik mendapat balasan yang baik, karma buruk memperoleh balasan buruk, bukan tidak ada balasannya, hanya saja waktunya belum tiba, kalau sudah terlampau, maka akibat karma pun segera berbuah.

 

Kejadian begini ada di depan mata kita, asalkan anda amati dengan seksama, maka anda akan menyadarinya, jadi buat apa berbuat jahat? Manusia yang telah mengerti kebenaran ini, ada atau tidak memilikinya, adalah sama saja.

 

Justru insan yang tidak banyak keinginan, karakter diri pun jadi meningkat, apalagi dapat menyingkirkan keuntungan dan ketenaran, orang begini sehat dan panjang umur, beban pikirannya berkurang, kebijaksanaan berkembang, hal ini sudah pasti!

 

Dia hidup di dunia ini dengan penuh kebahagiaan dalam Dharma. Dia bahagia bukan karena kejayaan juga bukan karena kekayaan, dia bahagia karena beban pikirannya ringan, hari demi hari kian berkurang, kekhawatiran sedikit, kecemasan juga menyusut, dia telah benar-benar memahaminya, sudah tercerahkan, kehidupan dilewati dengan bebas tanpa beban.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011

 

  古人講的話沒錯,叫「一生皆是命,半點不由人」,你何必要爭?如果你真的想求,你得積功累德,那個得來是真的。為什麼?那是報酬,你的好事做多了,上天報酬你,你的地位往上升,你財富不斷增加。那是你付出代價得來的,在佛法講,你付出的功德得來的,在世法講,你造出的福德得來的,這個地位跟財富你都能保得住。如果不是的,是用非法手段而得來的,那就知道你命裡有很多,為什麼?打了折扣,虧折了,你還有這麼多。可是福享完之後,你的災禍就來了。善有善果,惡有惡報,不是不報,時辰未到,太過分的時候果報立刻就現前。這些事情都在眼前,只要你稍微留意你都能看見,何苦來?人真正明白了,了解事實真相,求可以,不求也可以。不求的有更高,名聞利養都不要的話,這人健康長壽,煩惱輕、智慧長,肯定!他活在這個世間更快樂,法喜充滿。他樂的不是地位高,不是財產多,不是這個。他樂的是什麼?他煩惱少,一天比一天少,憂慮少、牽掛少了,完全明白、覺悟了,這人生過得自在。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八五集)  2011/9/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0585

 

 

 


 

“Ketahuilah bahwa sutra ini memperoleh pujian dan perlindungan dari seluruh Tathagata di sepuluh penjuru”. Buddha mana yang tidak memuji? Buddha mana yang tidak memberikan perlindungan? Apa alasannya?

 

Hanya satu-satunya Dharma ini yang dapat menyelamatkan semua makhluk, dalam satu masa kehidupan meraih keberhasilan. Maka itu para Buddha dalam memberi pujian, sutra ini berada di urutan pertama, para Buddha dalam memberi perlindungan, sutra ini juga berada di urutan pertama.

 

Asalkan dapat menuruti Pintu Dharma ini dalam melatih diri, melindungi Pintu Dharma ini, menyebarluaskan Pintu Dharma ini, jasa kebajikan ini adalah tak terbayangkan. Sutra menyebutkan bahwa jasa kebajikan ini adalah setara dengan Buddha, tidak ada yang lebih tinggi lagi.

 

Sang Buddha menyampaikan Dharma sebagaimana mestinya, namun orang yang percaya tidak banyak jumlahnya, mereka mengira bahwa ini cuma bentuk motivasi kepada kita, bukan nyata adanya, malah meragukannya.

 

“Maka itu Buddha Sakyamuni berpesan pada Bodhisattva Maitreya dan hadirin lainnya”, makna dari kata “hadirin” adalah sangat luas sekali, pastinya mencakup diri kita di dalamnya, asalkan kita bersedia melindungi Pintu Dharma ini.

 

Bagaimana cara melindunginya? Yakni menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011

 

「故知如是經法,實為十方如來所稱讚護念」。哪一尊佛不稱讚?哪一尊佛不護念?為什麼?唯獨這個法能普度一切眾生,當生成就。所以,諸佛稱讚的,這是擺在第一個、第一位,諸佛護念的也是擺在第一位,只要能夠依照這個法門修行,護持這個法門、弘揚這個法門,功德不可思議。經上講的,這個功德跟佛是相等的,這是講到極處,沒有比這個再高了。佛是這麼說法,真正相信的人不多,大家都以為什麼?這是佛勉勵我們的話,它不是真的,都在懷疑。「故釋尊咐囑彌勒等」,這個等字裡面範圍大,一定要曉得等字裡有我們在裡頭,我們只要肯接受,來守護這個法門。怎麼守護?依教奉行。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八五集)  2011/9/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0585

 

 

 

 

“Maka itu Buddha Sakyamuni berpesan pada Bodhisattva Maitreya dan hadirin lainnya”, makna dari kata “hadirin” adalah sangat luas sekali, pastinya mencakup diri kita di dalamnya, asalkan kita bersedia melindungi Pintu Dharma ini.

 

Bagaimana cara melindunginya? Yakni menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran. Di sini Buddha mengajarkan kita untuk “Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, asalkan anda dapat mewujudkannya, maka anda adalah Pelindung Agung.

 

Buddha juga menyampaikan pesan kepada dirimu supaya melindungi Dharma ini, mengundangmu untuk menjadi Pelindung Agung. Kata “Agung” di sini “Menunjukkan bahwa anda adalah sosok istimewa. Oleh karena Pintu Dharma ini adalah metode terunggul, maka itu boleh disebut sebagai Agung”. Ini adalah tentang Pelindung Agung.

 

“Melindungi sutra ini melampaui melindungi kepala dan mata diri sendiri”, ketika kita berhadapan dengan ancaman bahaya, hal pertama yang kita lakukan pasti melindungi kepala dan sepasang mata kita, sedangkan untuk melindungi Pintu Dharma ini adalah melampaui sikap kita melindungi kepala dan mata diri sendiri, inilah yang disebut Agung.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011

 

「故釋尊咐囑彌勒等」,這個等字裡面範圍大,一定要曉得等字裡有我們在裡頭,我們只要肯接受,來守護這個法門。怎麼守護?依教奉行。佛在此地教我們什麼?「發菩提心,一向專念」,你只要把這八個字做到,你就是大守護者。佛也把這個法付託給你,請你來做大守護。『大』,「指超越群倫。以此法門第一希有,可名為大。於此守護」,這是大守護。「又此守護,勝於護持頭目」,我們人在危難的時候,大家都知道,每個人都知道,把頭抱緊,頭要保護好,眼睛保護好,護持這個法門就好像護持頭目一樣,「超越常情」,這叫大。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八五集)  2011/9/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0585