Wednesday, October 28, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2011 (Bgn 4)


  

Sutra Usia Tanpa Batas Bab 33 menyebutkan :

Tumimbal lahir di Alam Saha dikarenakan nafsu cinta dan nafsu keinginannya yang begitu kuat, di dalam enam alam tumimbal lahir, karma yang diciptakan diri sendiri buah akibatnya pasti juga akan ditanggung sendiri. Karma yang diperbuat setiap orang berbeda-beda. Karena karma berbeda, maka buah akibat yang diterima juga berbeda. Maka itu walaupun terlahir di alam manapun, tetap lahir sendirian dan mati sendirian, pergi sendirian dan datang sendirian, tiada yang menemani. Bukan hanya ini, karma yang diperbuat sendiri, semua akibat baik suka maupun duka harus ditanggung sendiri, juga tidak ada yang dapat mewakili dirimu.

 

Kemelekatan pada perasaan sulit dipatahkan. Praktisi senior zaman dulu berkata : “Kalau tidak melekat pada nafsu cinta maka takkan jatuh ke alam saha”, “Kalau tidak memfokuskan pikiran pada lafalan Amituofo maka takkan terlahir ke Tanah Suci Sukhavati”.

 

Manusia di dunia ini umumnya terlena dalam nafsu cinta dan nafsu keinginan. Benarkah di dalam cinta itu terdapat kasih sayang? Itu hanyalah semu dan bukan nyata, Buddha Dharma menyebutkan bahwa apa yang tidak berubah selamanya adalah nyata, sebaliknya yang selalu berubah itu adalah semu, di dalam masyarakat hari ini benarkah ada cinta sejati?

 

Itu cuma ecek-ecek, kedua belah pihak saling mengelabui, secuil ketulusan pun tidak ada, masyarakat hari ini tidak seperti dunia manusia lagi, ada orang yang bilang tempat ini adalah neraka dunia, perkataan ini makin dipikir makin beralasan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2011

 

【人在愛欲之中。獨生獨死。獨去獨來。苦樂自當。無有代者。】

  任何人代替不了。

【善惡變化。追逐所生。道路不同。會見無期。何不於強健時。努力修善。欲何待乎。】

 

念老的註解,「右段勸諭世人,捨惡修善」,這是這兩行經文所說的宗旨。『愛欲』,「指情愛與貪欲」,現在所謂的情執,這個很難斷。「愛不重不墮娑婆」,這是古大德講的,「念不一不生淨土」。「世人舉體沉溺於愛欲之中」,這句話是現前可以說是全世界社會的寫照,這不是一個地區,全球性的都沉溺在愛欲之中。情愛、欲望,這個情裡頭真有愛嗎?假的不是真的,佛法說永恆不變是真的,見異思遷是假的,今天這個社會上真有愛情嗎?真正有愛情還情有可原。都是虛情假意,大家互相欺騙,一絲毫真誠都沒有,今天這個社會不像人間,有人說人間地獄,這個話我們愈想愈有道理。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五O八集)  2011/7/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0508

 

 

 

 

Di manakah Alam Neraka berada? Dunia hari ini telah berubah jadi neraka manusia, konsep kesusilaan dan etika moral sudah raib. Bertentangan dengan “Lima Kebajikan”, tidak welas asih, tidak benar, tidak susila, tidak bijaksana dan tidak dapat dipercaya lagi.

 

Masyarakat Tiongkok zaman dulu menjadikan “Lima Kebajikan” sebagai landasan, setiap orang mesti memilikinya, tanpa hal ini, bagaimana anda bisa berdiri di tengah masyarakat? Tidak boleh tidak menekankan pada lima butir ini.

 

Welas asih atau kemuliaan adalah selain memikirkan kepentingan diri sendiri juga memikirkan kepentingan orang lain, dari mana memulainya? Dari memikirkan Ayahbunda terlebih dulu, barulah kemudian istri dan anak-anak, meluas kepada saudara-saudari, setingkat demi setingkat semakin meluas.

 

Harus memenuhi kewajiban diri sendiri, mengasihi, memberi perhatian, menjaga dan membantu mereka. Namun orang masa kini sudah tidak terpikir akan hal ini lagi, hanya tahu menjaga diri sendiri saja, selain diri sendiri, tidak ada lagi yang ditaruhnya di dalam hati.

 

Lantas apa yang ditaruhnya di dalam hatinya? Nafsu keinginan, nafsu cinta. Suami istri saling menjalin hubungan asmara lalu menikah, cobalah bertanya pada mereka, benarkah kalian saling percaya? Mereka pasti menggelengkan kepala : Lihat saja nanti!

 

Sikap ini tidaklah semu, yang namanya nafsu keinginan itu takkan awet. Baru menikah beberapa hari sudah minta cerai, ada yang baru beberapa bulan, 1 atau 2 tahun berpisah, kasus begini ada banyak sekali, menciptakan karma buruk.

 

Dengan siapa mereka menjalin jodoh buruk? Dengan buah hatinya, kalian tidak harmonis, anak yang jadi korban, pada satu masa kehidupan ini dendamnya ini sulit diurai, pada masa kehidupan mendatang, mungkinkah dia tidak balas dendam?

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2011

 

Mengenal Istilah Dalam Ajaran Konfusius :

http://komcit.blogspot.com/2014/10/mengenal-istilah-dalam-ajaran-konfusius.html

 

 

地獄在哪裡?今天人間是地獄,人倫基本的道德觀念都喪失,完全喪失。我們講五常,確實今天不仁、不義、無禮、無智、無信。中國過去社會這五常是底線,任何人都得要有的,沒有你怎麼立足於社會?不能不講究這五個字。仁是推己及人,想自己就要想別人,從哪裡想起?先從父母想起,然後想妻子兒女,然後想兄弟姐妹,一層一層擴大。要盡自己的本分,要愛護這些人,要關懷這些人,要照顧這些人,要幫助這些人。現在沒有了,現在人只想到自己,除自己之外都不放在心上。放在心上是什麼?欲望,情欲。夫妻之間戀愛結婚,你要問這結婚的兩個人,你們兩個當中互相真的相信嗎?他會搖搖頭:走著瞧吧!這個態度是真的不是假的,觀望,不能長保。幾天分手的有,幾個月分手的有,一、二年分手的很多很多,都在造罪業。給誰結了怨?如果他生了小孩,跟這個小孩結了怨,你們不和,他受罪,他的怨恨這一生一世都洗不掉,來生後世有意無意遇到能不報復嗎?

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五O八集)  2011/7/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0508

 

 

 

 

Tempo dulu saya pernah membaca sebuah buku berjudul “Wu You Ru Ci” yang berisi kisah satwa yang terlahir ke Alam Sukhavati. Bulan Maret tahun ini saya berada di Australia, di pekarangan parkir di vihara kami terdapat sebatang pohon besar, sepertinya sudah ada berpuluh-puluh tahun lamanya, Pohon Biwa.

 

Malaikat Pohon memberi mimpi kepadaku, katanya dia telah terlahir ke Alam Sukhavati, datang berterima kasih padaku. Vihara kami telah dibangun di sana selama satu dasawarsa, dia telah mendengar ceramah selama 10 tahun, melafal Amituofo selama 10 tahun, kini telah terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Ini tidaklah semu, karena Malaikat Pohon Biwa memberiku mimpi yang sama sebanyak tiga kali.

 

Beberapa tahun silam kami membeli rumah nomor 61 untuk dijadikan asrama, Upasika Hu yang membelinya, rumah itu sudah terlampau tua, kami bermaksud membongkar dan membangunnya kembali.

 

Di pekarangan rumah terdapat sebatang pohon besar yang harus ditebang, kalau tidak maka mobil tidak bisa masuk, ada empat batang pohon yang harus ditebang di depan gerbang masuk.

 

Kami menuruti tata cara upacara, tiga hari sebelumnya membaca Sutra, melafal mantra, memberi sesajen, memintanya supaya pindah rumah. Kemudian Malaikat Pohon memberitahu kepada kami lewat mimpi, katanya tiga hari tidak cukup, karena pindah rumah sangatlah repot, lain kali tujuh hari sebelumnya sudah harus dikasih tahu.

 

Sutra Buddha menyebutkan tiga hari, makanya kami kasih mereka tenggang waktu tiga hari, ternyata mereka butuh waktu tujuh hari. Pikir-pikir masuk akal juga, orang Australia mengerjakan apa saja begitu santai dan lamban, makanya Malaikat Pohon di Australia juga santai dan lamban.

 

Selanjutnya kami membeli rumah di Australia, sebelum menebang pohon, harus memberitahu 7 hari lebih awal, supaya Malaikat Pohon sempat pindah rumah.

 

Hal ini memang nyata dan tidak semu, serupa dengan kata pepatah, dunia ini luas, tidak ada hal yang mengherankan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2011

 

早年我看到一部書,這個書應該不難找,叫《物猶如此》,物是動物,裡面所講的全是動物往生。今年三月份我在澳洲,我們道場停車場裡有一棵大樹,應該也有幾十年了,枇杷樹。樹神給我們同學託夢,他往生了,來感激我。我們道場在那裡建立十年,他聽了十年經、念了十年的佛,他往生了。這不是假的,因為樹神給我們託夢先後三次,這是第三次,枇杷樹神往生。第一次的時候是早幾年,我們買六十一號房子做宿舍,胡居士買的,房子太破舊了,我們想拆掉重建。澳洲的房子它是挑空的,下面是幾根柱子,所以下面柱子鋸了,那個房子整個房子就抬走了。我們就送給土著,那個房子送給他們,他有個大車子就拉走了,就在這個地基上重建。重建當然門口的樹要砍掉,否則的話車子進不來,門口要砍四棵樹。我們按照規矩,三天之前給他念經、念咒、供養,請他搬家。結果樹神託夢給我們悟字輩的法師們,告訴我們,通知太晚了,他們搬家很辛苦,匆匆忙忙,希望以後有這個事情,七天之前通知。佛在經上告訴我們是三天,我們照三天,他要求七天。想也對,澳洲人幹什麼事情都緩慢,所以澳洲這些鬼神他也很慢。我們以後買的這些房子,要砍樹的時候都是七天以前做。這真有的,不是假的,真的是諺語所謂天下之大,無奇不有。鬼神界、幽冥界跟人道全是通的,我們做不善,到那裡去了,他們行善就又回來了,又到人間來了,或者到天上,也有少數往生淨土的,我們枇杷樹神往生淨土就是很好的例子。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五0九集)  2011/7/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0509