Monday, November 2, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2011 (Bgn 2)

 

 

Aliran Sukhavati memperbolehkan membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati. Master Ouyi mengatakan asalkan dapat terlahir ke Alam Sukhavati, meskipun pada tingkatan paling rendah sekalipun juga sudah puas, apa alasannya?

 

Meskipun terlahir pada tingkatan paling rendah, juga merupakan Bodhisattva Avaivartika, bagaimana tidak merasa puas? Di dunia fana ini, ingin melatih diri mencapai tingkatan Bodhisattva Avaivartika adalah sangat sulit sekali! Anda boleh mencobanya.

 

Bodhisattva Avaivartika sudah tidak melekat, tidak membeda-bedakan dan tidak timbul niat pikiran. Anda lebih gampang memahami makna tidak melekat dan tidak membeda-bedakan, tetapi tidak timbul niat pikiran, anda mungkin tidak memahaminya.

 

Apa yang dimaksud dengan tidak timbul niat pikiran, hal ini terlampau halus. Ketika di benak timbul niat pikiran, diri sendiri juga tidak menyadarinya. Buddha memberitahukan pada kita, apabila tidak timbul niat pikiran lagi, maka dunia ini sudah tidak ada lagi.

 

Darimana dunia ini berasal? Dari niat pikiran diri sendiri. (Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran). Maka itu selama anda masih melihat kehadiran dunia ini, berarti niat pikiranmu masih bermunculan tiada henti.

 

Hingga suatu saat nanti ketika niat pikiranmu berhenti, dunia ini pun sirna, oleh karena dunia ini hanyalah khayalan semu, bukan nyata adanya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2011

 

  淨宗念佛法門可以帶業往生,記住,那就是凡聖同居土。蕅益大師教導我們,凡聖同居土下下品往生就滿足了,這是蕅益大師說的。人家問他,你老人家往生極樂世界證什麼樣的品位?他說我下下品往生我就滿足了。這是有智慧人講的話。真滿足嗎?真滿足了。為什麼?下下品往生,生到極樂世界,也做阿惟越致菩薩,那怎麼不滿足?在我們這個世界要做阿惟越致菩薩,難!你可以試試看。阿惟越致菩薩是什麼?不執著、不分別、不起心、不動念,才是阿惟越致菩薩。不分別、不執著你容易懂,不起心、不動念你聽不懂。什麼叫不起心、不動念,太細了。我們自己起心動念自己不知道,佛告訴我們,如果不起心、不動念,這個世界就沒有了。這個世界怎麼來的?起心動念來的。所以你只要看到這個世界在,你起心動念沒有停止。起心動念停止,世界沒有了,假的,不是真的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五二三集)  2011/8/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0523

 

 

 


Saya dengar di dalam Negeri Tirai Bambu banyak orang yang mengkritik diriku, katanya Master Chin Kung hanya menceramahkan Ajaran Sukhavati, tidak menghiraukan delapan pintu Dharma lainnya.

 

Saya bukannya tidak peduli, hanya saja saya tidak memiliki kemampuan untuk mempelajarinya. Makanya saya berharap orang lain dapat mempelajarinya, mereka lebih berbakat, aliran Avatamsaka, aliran Tiantai, dan aliran-aliran lainnya, mereka itu orang-orang hebat, saya tidak punya kehebatan serupa mereka.

 

Saya berharap 10 aliran yang berkembang di Tiongkok (8 Mahayana + 2 Hinayana) dapat bangkit dan pulih kembali, berjaya di seluruh pelosok dunia.

 

Kemampuanku hari ini, jujur saja, hanya bisa membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati, saya hanya mampu mewujudkan satu hal ini, yang lainnya saya tak berdaya.

 

Sesungguhnya banyak hal yang ingin saya pelajari, tapi tunggulah nanti sampai di Alam Sukhavati baru belajar, penduduk di sana memiliki usia tanpa batas, jadi saya memiliki banyak waktu, mempunyai Guru Pembimbing yang baik, lingkungan belajar yang mendukung, saya pasti bisa berhasil.

 

Andaikata saya mempelajarinya di sini, maka saya telah keliru, takkan bisa berhasil, jika tidak berhasil maka harus berputar kembali di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, bukankah ini merupakan kesalahan serius?

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2011

 

Delapan Aliran Mahayana Yang Berkembang di Tiongkok Sepanjang Sejarah :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/11/delapan-aliran-mahayana-yang-berkembang.html

 

國內我聽說有人責備我,說淨空法師只提倡淨土法門,其他的八個宗派他都不管了,在罵我。我冤枉!我不是不管,我沒有能力學。我希望責備我的那些人他們去學,他們比我強、比我高,華嚴、天台、三論、法相,他們都有本事,我沒有這個本事。我希望中國大小乘十個宗派都能夠崛起,都能夠回復,都能在這個世界發揚光大。我今天的能力,講老實話,只有帶業往生我還能做得到,其他的我做不到。所以我告訴他,我什麼都想學,什麼時候學?往生極樂世界以後我再學。我到極樂世界學,極樂世界有壽命,就是有時間,有好老師,有好的修學環境,我能學得成功。我要在此地學這些東西,那就錯了,學不成功,學不成功那一定還得搞六道輪迴,那不就錯了嗎?

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五二三集)  2011/8/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0523

 

 

 

 

Hal yang paling berharga bagi manusia adalah dapat mengenali diri sendiri, mengetahui sebatas mana kemampuan diri sendiri, metode pelatihan diri yang melampaui akar kebijaksanaan-ku, saya tidak mungkin bisa mewujudkannya.

 

Saya termasuk orang yang telah berpengalaman, saat usia muda saya juga hobi belajar beragam metode, akhirnya saya sadar tidak boleh begini, sutra-sutra yang tebal-tebal isinya, saya juga sudah pernah menceramahkannya, saya bisa berteori namun tidak sanggup mengamalkannya.

 

Tidak sanggup mengamalkannya, berarti jika saya menuruti metode pelatihan diri yang tercantum di dalam sutra atau pintu Dharma tersebut, saya tidak dapat mengakhiri samsara dan keluar dari Triloka, masih harus berputar kembali di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, kalau begini sudah salah.

 

Apa yang merupakan urusan yang paling penting dalam kehidupan sekarang ini? Yakni keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir, inilah masalah terbesar dalam kehidupan manusia, mengakhiri samsara.

 

Karma tumimbal lahir tidak boleh diciptakan, apalagi karma yang berakibat jatuh ke Neraka, lebih tidak boleh dilakukan. Membunuh, mencuri, berzinah, berbohong, minum arak; ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan, keraguan, semua ini merupakan karma yang berakibat jatuh ke Neraka.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2011

 

Triloka dan 31 Alam Kehidupan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/10/31-alam-kehidupan.html

 

  人最貴的就是有自知之明,我知道自己,知道自己的分量,知道自己的能力,超過我智慧能力的事我做不到。我也算是個過來人,年輕的時候宗門教下都學過,結果想想不行,這些大經大論我都講過,我會講,做不到。做不到,也就是說我依照那些法門,我不能了生死出三界,還得繼續搞六道輪迴,那就錯了。今天什麼是大事?不再搞六道輪迴,這才是第一樁大事,也就是不造輪迴業了。輪迴業不能造,地獄業就更不可以造。什麼叫地獄業?殺盜淫妄酒,貪瞋痴慢疑,這是地獄業。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五二三集)  2011/8/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0523