Thursday, June 25, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011 (Bgn 4)


Hendaknya membantu para makhluk, kini di dalam masyarakat ada dua jenis orang yang mendesak yang butuh bantuan, yang pertama adalah anak-anak, yang kedua adalah orang tua.

Para manula yang hidup pada era ini sungguh kasihan, kita sendiri harus menyadari bahwa walaupun sekarang masih muda, namun cepat lambat pasti jadi tua!

Saat lagi muda belumlah menyadarinya, setelah tua bagaimana? Zaman dulu, putra-putri memiliki kewajiban untuk menjaga dan merawat orang tua, masih tahu balas budi.

Sekarang di dalam masyarakat sudah tidak ada pendidikan begini lagi, bahkan di Negeri Tirai Bambu sekarang juga meniru orang barat, tidak sudi menghidupi orang tua lagi.

Anak-anak muda di negara barat, usia 16 tahun sudah jadi orang dewasa, saya pernah menetap di Amerika buat satu kurun waktu yang sangat lama, masyarakat di sana, anak usia 16 tahun sudah dewasa.

Usia 16 tahun sudah tidak boleh diatur Ayahbunda lagi, jika dia ingin kabur dari rumah, orang tua tidak boleh melarangnya, karena sudah dewasa.

Ketika saya berada di Amerika, ada seorang umat Buddha yang merupakan keturunan Tionghoa, anaknya minggat dari rumah, dia pergi lapor polisi untuk mencari anaknya, polisi bertanya berapa usia anaknya? Dia menjawab, 18 tahun, polisi bilang, orang tua tidak berhak mengatur anaknya lagi. Usia 16 tahun saja, anda sudah tidak boleh mengaturnya! Beginilah kondisi masyarakat barat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011


要幫助眾生,現在社會兩種人迫切需要幫助,一個是兒童,一個是老人。這個時代的老人非常可憐,我們自己要知道,自己現在雖然是年輕,會老!年輕不覺悟,老的時候怎麼辦?在過去,兒女有養老的義務、有養老的責任,不能不養老,養老報恩。現在社會沒有這個教育,中國現在也學外國,不養老人了。外國的年輕人,十六歲算成年,我在美國住了很久,美國的社會,小孩十六歲就成年了。十六歲就是說你父母可以不要管他了,他要離家出走,不要去找他,十六歲成年了。我在美國,我們佛門一個同修,中國人,小孩離家出走,他就報警。警察問他,你小孩多大了?十八歲。十八歲你還管他?十六歲就不管了,十八歲還要管他!這是外國社會。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九九集)  2011/5/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0399

 


 

Ketika saya berada di Amerika, ada seorang umat Buddha yang merupakan keturunan Tionghoa, anaknya minggat dari rumah, dia pergi lapor polisi untuk mencari anaknya, polisi bertanya berapa usia anaknya? Dia menjawab, 18 tahun, polisi bilang, orang tua tidak berhak mengatur anaknya lagi. Usia 16 tahun saja, anda sudah tidak boleh mengaturnya! Beginilah kondisi masyarakat barat.

Alhasil banyak putra putri yang meninggalkan rumahnya, setelah itu sepanjang hayat tidak bersua lagi dengan Ayahbunda. Saat perayaan tahun baru, cuma mengirim selembar kartu pos saja, itu pun orang tua akan merasa begitu bahagianya, lihatlah anakku tidak melupakan diriku.

Orang Amerika sungguh kasihan, orang tua mana yang tidak menyayangi anak-anaknya? Tetapi anak-anak tidak pernah paham menyayangi Ayahbunda, tidak tahu balas budi dan menghidupi orang tua-nya.

Orang Tiongkok zaman dulu berkata, ketika tiba giliran anda menjadi orang tua, membesarkan anak-mu sendiri, barulah anda memahami budi Ayahbunda.

Tetapi orang barat setelah mempunyai anak sendiri, dia juga tetap tidak menyadari budi Ayahbunda kepada dirinya, tetap saja mati rasa.

Tata susila, etika moral, Hukum Sebab Akibat, semuanya ini dianggap tidak ada, beginilah kondisi masyarakat sekarang ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011


我在美國,我們佛門一個同修,中國人,小孩離家出走,他就報警。警察問他,你小孩多大了?十八歲。十八歲你還管他?十六歲就不管了,十八歲還要管他!這是外國社會。

確實許許多多兒女離家出走以後,一輩子跟父母不再見面。如果一年,過年時候小孩給他寄個賀年卡來,就喜歡得不得了,你看我的小孩沒有忘記我。美國老人可憐,哪一個做父母的不愛兒女?可是兒女不懂得愛父母,不懂得有養育之恩,不懂。中國古人講,到你自己養兒女的時候,你才曉得父母對你的恩。可是外國人自己養兒女,他也不知道父母對他的養育之恩,也不知道。倫理、道德、因果全沒有了,這是今天的社會。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九九集)  2011/5/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0399


 

 

Tata susila, etika moral, Hukum Sebab Akibat, semuanya ini dianggap tidak ada, beginilah kondisi masyarakat sekarang ini. Maka itu kekacauan masyarakat hari ini, kita telah mengetahui akar permasalahannya, segala bencana yang ada di permukaan Bumi sekarang ini, kita telah mengetahui akar penyebabnya.

Bagaimana cara mengatasinya, kita juga telah mengetahuinya. Tetapi umumnya orang-orang tidak memercayainya, dia tidak mau menerimanya.

Para ilmuwan meneliti tentang material, tidak memahami tentang spiritual. Hanya sebagian kecil ilmuwan yang benar-benar menemukan bahwa fenomena fisik sesungguhnya muncul dari niat pikiran, orang yang memahaminya hanyalah sedikit, bukan semua orang mengetahuinya.

Niat pikiran merupakan dasar dari segala benda materi, maka itu Buddha berkata bahwa kondisi berubah menuruti perubahan niat pikiran, sungguh beralasan, hal ini telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah.

Selain membantu para makhluk menjauhi penderitaan, bersamaan itu pula kita harus membantu para makhluk memperoleh kebahagiaan. Tadi saya telah mengemukakan ada dua jenis orang yang mendesak perlu dibantu, yakni yang pertama adalah anak-anak, yang kedua adalah orang tua.

Anak-anak membutuhkan pendidikan kesusilaan, kelak dia akan menjadi insan berbakat yang berguna di dalam masyarakat. Anak muda dapat tercerahkan, masyarakat ini dapat tertolong; sebaliknya bila anak muda tersesat, maka masyarakat ini tak tertolong lagi.

Kondisi manula sangatlah memprihatinkan, membesarkan putra-putrinya, namun putra-putri malah tidak berbakti, tidak menjaga Ayahbunda, bahkan juga tidak menghidupinya, orang begini di dalam masyarakat sekarang ini, jumlahnya terlampau banyak.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2011


倫理、道德、因果全沒有了,這是今天的社會。所以今天社會動亂的因我們知道,今天地球上種種災難的因我們也知道,如何應對,我們懂得。但是一般人他不相信,他不接受。科學家研究的是物理,他不懂心理。難得極少數尖端的科學家,真正發現了物質現象是意念變現出來的,知道的人並不多,不是人人都知道。意念是所有一切物質的基礎,所以佛講境隨心轉就有道理,有了科學家的依據,境界真是隨心轉,不是假的。

我們幫助眾生離苦,還得要幫助眾生得樂。我剛才提出,一個是兒童,兒童好好的教他,他在將來是社會有用的人才。年輕人覺悟了,這社會有救;年輕人要是迷惑,這個社會就沒救了。老人可憐,養兒育女,兒女不孝,不照顧老人,甚至於連生活都不照顧,這樣的人在今天的社會太多太多了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九九集)  2011/5/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0399