Melatih
diri yang paling penting adalah hati, hati yang suci, hati yang setara, hati
yang tercerahkan. Hati yang suci tak tercemarkan sama sekali. Hendaknya
memahami bahwa “Di kolong langit sesungguhnya tidak ada masalah, namun manusia
cari kerisauan sendiri”.
Kerisauan
itu sesungguhnya tidak ada, di manakah kerisauan itu berada? Cobalah
mencarinya, pasti takkan menemukannya. Jadi kerisauan itu hanyalah semu dan
bukan nyata adanya, kalau memang kerisauan itu nyata adanya, pastilah anda
dapat menemukannya.
Hendaknya
memelihara kesucian hati, hati yang tidak merisaukan ini dan merisaukan itu,
sesungguhnya di benakmu tidak ada masalah, sepanjang anda tidak memaksakan
kehendak, jangan pergi cari masalah.
Dengan
hati yang suci melafal Amituofo, maka setiap lafalannya terjalin dengan Buddha
Amitabha, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha, ini barulah merupakan
hal yang paling penting, sedangkan hal lainnya mesti dilepaskan.
Insan
zaman dulu memberitahukan pada kita, “Semakin sedikit yang diketahui semakin
sedikit kerisauan”, menasehati kita supaya jangan banyak ikut campur, kalau
banyak urusan maka hatimu takkan tenang, hati suci pun sirna. Hati yang suci
adalah Hati Buddha, hati yang keruh adalah hati tumimbal lahir.
Juga
tidak perlu mengenal banyak orang, hendaknya memperlakukan semua orang dengan
hati yang setara. Hati yang setara merupakan hati yang tulus, hati yang
selamanya takkan berubah.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung
12 April 2011
修行最重要是心,清淨心、平等心、覺心。清淨是一絲毫都不染著。一定要曉得,「天下本無事,庸人自擾之」。庸人是什麼?迷惑、顛倒,自己找煩惱,自生煩惱。沒有煩惱,煩惱在哪裡?你認真去找,最後肯定是覓煩惱而不可得。所以煩惱是假的,它不是真的,真的你會找到它,假的找不到。一時迷惑而造成的,覺悟就沒有了。保持清淨心,保持本來沒有事情的心,你心裡頭本來沒事,不要去攀緣,不要去攬事。用清淨心念佛,一念相應一念佛,念念相應念念佛,這是大事,這是最重要的事,其他的全都給放下。古人告訴我們,「知事多時煩惱多」,告訴我們別多事,多事你心不清淨,你清淨心失掉了。清淨心是佛心,染污的心是輪迴心。也不必認識很多人,一切人與事用平常心對待。平常心是真心,平是平等,常是永恆不變。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三七二集) 2011/4/12 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0372
Menjalankan
disiplin sila, mempertahankan tata susila dan etika moral, tata susila dan
etika moral Tionghoa tercakup di dalam sila Ajaran Buddha. Hendaknya melatih
kesabaran, apapun mesti dihadapi dengan sabar.
Kesabaran
dapat melindungi berkah kebajikanmu supaya tidak hilang. Praktisi sekalian
pasti pernah mendengar kalimat “Api membakar rimba jasa kebajikan”, apa yang
dimaksud dengan kata “api” di sini? Kekotoran batin, dendam dan kebencian, begitu
niat pikiran ini timbul, jasa kebajikan pun lenyap.
Apa
yang dimaksud dengan jasa kebajikan? Yakni sila, samadhi (konsentrasi) dan
prajna (kebijaksanaan). Jasa kebajikan sulit ditimbun, mengerahkan segenap hati
melatih sila, samadhi dan prajna, jasa kebajikan barulah dapat tumbuh
berkembang.
Kesabaran
itu sulit dilatih, terkecuali anda dapat memahami bahwa segala sesuatu adalah
hampa atau kosong. Serupa yang dikatakan di dalam “Maha-prajnaparamita Sutra” bahwa
“Segala sesuatu adalah semu, kosong (atyanta-sunyata) dan tidak bisa diperoleh”,
barulah anda dapat mewujudkan kesabaran.
Jika
anda menanggapi segala sesuatu dengan serius, maka anda akan diliputi banyak
kerisauan atau beban pikiran, setelah anda menyadari bahwa itu hanyalah berupa
khayalan semu, maka sudahlah, biarkan saja, tidak apa-apa, barulah anda
memperoleh pembebasan agung.
Biarkan
saja apa adanya adalah menuruti jodoh, menuruti kehendak para makhluk,
bersukacita atas kebajikan yang dilakukan orang lain, takkan berperhitungan,
yakni takkan membeda-bedakan dan takkan melekat.
Maka
itu hidup di dunia ini penuh dengan kebahagiaan Dharma, anda telah berhasil
memperolehnya, meskipun masih berada di dunia ini, namun kebahagiaan yang anda
nikmati, hari-hari yang dilalui adalah serupa dengan kehidupan para Buddha dan
Bodhisattva.
Sandang,
pangan dan papan makin sederhana makin bagus, jangan cari kerepotan buat diri
sendiri.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung
12 April 2011
Atyanta-sunyata :
守住戒律,守住倫常道德,中國傳統的倫常道德都在佛法戒律之中。要修忍辱,什麼都要忍。大乘教裡面佛告訴我們布施,這三種布施修福、修德,忍辱能夠保持你的福德而不失去。大家都聽過佛法裡面常說「火燒功德林」,火是什麼?煩惱、怨恨、瞋恚,這個念頭一生起來,功德就沒有了。功德是什麼?是戒定慧,就沒有了。
功德很不容易修,一心常住戒定慧中,功德才能夠增長;戒定慧失去,功德非常非常不容易成就,這樁事情不能不知道。忍真難,可是你要知道萬法皆空那就容易了。《般若經》上所說的,「一切法無所有,畢竟空,不可得」,你忍辱就成就了。前面我們才學過的,我空、法空,我是正報,法是依報。只有自性是常是一,十法界依正莊嚴非常非一,假的,不是真的。你要認真就生煩惱,你曉得是假的,隨它去,沒事,你就得自在。隨它去是隨緣,恆順眾生,隨喜功德。這個眾生是一切現象,眾緣和合而生起的。物質現象、精神現象、自然現象都是眾緣和合而生的,統統隨順,沒有計較,就是沒有分別、沒有執著。計是分別,較量是執著,我們講沒有計較就是佛經上沒有分別執著,你就得自在。所以心開意解,法喜充滿,你就得到,你雖然在世間,你享受的、你過的日子是佛菩薩的生活。飲食起居愈簡單愈自在,不要給自己添麻煩。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三七二集) 2011/4/12 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0372