Thursday, September 3, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011 (Bgn 2)

 

 

Keyakinan hati kita, ketulusan dan rasa hormat tidak mampu dibangkitkan keluar, apa yang harus dilakukan? Pelajarilah Sutra Usia Tanpa Batas.

 

Jika anda benar-benar telah mengenal Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, memahaminya dengan jelas, maka anda pasti membulatkan tekad ke sana, ketulusan hati dan rasa hormatmu akan bangkit keluar.

 

Hati yang tulus dan rasa hormat kita tidak dapat dibangkitkan keluar, oleh karena pemahaman terhadap Alam Sukhavati masih kabur, cuma mendengar adanya Alam Sukhavati, tetapi apakah nyata atau tidak? Maka itu di dalam hati selalu saja timbul keraguan.

 

Sutra Mahayana ada banyak sekali jenisnya, masih ingin belajar yang ini dan yang itu, terlampau banyak! Maka itu keyakinan hati tidak sanggup terfokus, tekad tidak mampu dibulatkan, inilah rintangan melatih diri kita.

 

Para praktisi yang benar-benar melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, tidak ada keterampilan melatih diri yang khusus, dia hanya membangkitkan keyakinan benar, benar-benar meyakini tanpa keraguan sama sekali, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, terjalin dengan tekad agung Buddha Amitabha.

 

Buddha Amitabha bukan saja saat praktisi menjelang ajal datang menjemputnya, namun saat sekarang si praktisi telah memperoleh pemberkatan dari kekuatan Buddha, begitu kekuatan Buddha memberkati, pelatihan dirimu jadi efektif.

 

Banyak praktisi pelafal Amituofo yang keterampilan melatih dirinya tidak efektif, selalu saja kelupaan melafal Amituofo, istilahnya adalah kehilangan pikiran benar (pikiran benar adalah pikiran yang melafal Amituofo).

 

Maka itu, dengan pikiran benar melafal Amituofo berkesinambungan, beginilah caranya, tidak ada jurus rahasia, pikiran benar itu harus berkesinambungan, sambung menyambung tak terputus, yakni melafal Amituofo, begini sudah betul.

 

Kita selalu kelupaan melafal Amituofo, hal ini membuktikan bahwa keyakinan kita tidak benar dan tekad tidak menyeluruh, kita tidak memiliki hati yang tulus dan hormat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

我們的信心、誠敬心起不來,怎麼辦?研究這本經教。你要是真的把極樂世界認識了,搞清楚了,認識阿彌陀佛,認識極樂世界,那你就非去不可,你的誠敬心就生出來了。我們的誠敬心沒有生出來,對極樂世界模糊,聽說有這麼樁事,到底是真是假?所以心裡面總是猶豫不決。大乘經教很多,還想學這個學那個,多了!所以信心不一,往生這個願不懇切,這都是我們修學的障礙。那些真正念佛往生的人,沒有別的什麼功夫,他就是真信,真的相信,一點懷疑都沒有,真正想生極樂世界,跟阿彌陀佛的本願相應。佛不但是臨終來接引他,現前就得佛力加持,佛力一加持,你功夫得力了。我們現在很多人念佛功夫不得力,常常把阿彌陀佛忘掉,這個忘掉在佛家術語叫失念,失掉,念失掉了,常常失念。所以,淨念相繼他沒有辦法,淨念是斷斷續續,他不能相繼。相繼是一個一個接住都是淨念,都是阿彌陀佛,那就對了。我們常常忘掉,這都是證明我們的信不真、願不切,我們沒有誠敬心。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487

 

 

 


Ajaran sutra, terutama “Sutra Usia Tanpa Batas”, Upasaka Xia Lian-ju telah menghasilkan versi rangkuman terbaik buat kita. Murid beliau yakni Upasaka Huang Nian-zu menulis penjelasan sutra, tidak menyia-nyiakan harapan gurunya, menunaikan tugas ini.

 

Bagaimana cara Upasaka Huang Nian-zu menulis penjelasan sutra? Yakni mengutip kalimat dari berbagai judul sutra dan sastra terkait, lalu mengumpulkannya menjadi sebuah buku penjelasan sutra (bukan mengarang sendiri).

 

Demikian pula cara para Guru Sesepuh dan praktisi senior dalam menulis penjelasan sutra, juga dengan cara mengutip lalu mengumpulkannya jadi sebuah buku.

 

Upasaka Huang Nian-zu menulis penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas, menggunakan sumber 193 judul sutra dan sastra, serta penjelasan sutra dari para Guru Sesepuh dan praktisi senior terdahulu, materi-nya sangat lengkap.

 

Dengan membaca satu buku penjelasan sutra ini saja, berarti telah membaca keseluruhan sutra yang dibabarkan Buddha Sakyamuni selama 49 tahun yang berkaitan dengan Ajaran Tanah Suci, Upasaka Huang Nianzu juga menggunakannya, anda telah membacanya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

  經教,特別是這一部《無量壽經》,《無量壽經》夏蓮居老居士為我們做出最好的一個會集本。他的學生黃念祖老居士奉老師之命,為這部經做註解,他不辜負老師,完成這個任務。他這個註解怎麼註的?集經論、歷代中外祖師大德對於《無量壽經》解釋的集大成,它也是會集本,太難得了!我們在古大德所有註解裡頭還沒有這種註法,集大成的註法。這裡面總共用了一百九十三種經論、註解,所以它內容太豐富了。我們讀這部註解,就把世尊四十九年在經教裡面所講到極樂世界的,他都引用,你看到了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487

 

 

 

 

Sebelum menyelamatkan orang lain, terlebih dulu harus dapat menyelamatkan diri sendiri, Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam sutra Mahayana, dan telah menyampaikannya secara berulang kali, “Diri sendiri belum terselamatkan lalu dapat menyelamatkan orang lain, mana mungkin ada hal begini”, tidak ada aturan begini, pastinya adalah diri sendiri terselamatkan dulu, barulah anda memiliki kesanggupan guna menolong orang lain.

 

Hendaknya memfokuskan diri mempelajari satu judul sutra hingga terampil barulah dapat mencapai samadhi. Praktisi yang mendalami “Sutra Usia Tanpa Batas” akan mencapai Samadhi Pelafalan Amituofo, setelah tercapainya samadhi bukan berarti anda sudah boleh bersantai dan malas, anda tidak boleh berhenti, masih harus giat berusaha, anda akan mencapai pencerahan, meskipun bukan penerangan sempurna, minimal pencerahan besar itu pasti ada.

 

Setelah mencapai pencerahan besar, sutra-sutra lainnya yang belum pernah dipelajari dapat dipahami dengan sendirinya, anda akan membuktikan kebenaran yang diucapkan praktisi zaman dulu yakni “Dengan berhasil menguasai satu judul sutra, maka seluruh judul sutra dapat dipahami dengan sendirinya.”

 

Bukan saja semua sutra yang dibabarkan Buddha Sakyamuni dapat anda pahami dengan sendirinya, namun baik Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi juga bukan lagi merupakan rintangan bagi dirimu, mengapa demikian?

 

Segala Dharma tak terpisahkan dari jiwa sejati, anda telah berhasil menemukan sumbernya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

度他一定要先自度,佛在大乘經上講得很好,也講了很多次,「自己未度而能度人,無有是處」,沒這個道理,一定是自己先得度,你才有能力去度別人。我們依這部書就能夠自度,你自己在這部經裡頭第一個要熟,熟透了三昧現前,就是念佛三昧現前。三昧現前之後,你不能懈怠,不能停下來,繼續勇猛精進,你會開悟,縱然不能大徹大悟,一般講的大悟肯定會有。大悟之後,你沒有學過的經教自然能通達,你會證明古人所說,一經通一切經通。不但佛說的一切經你通達了,其他宗教經典你一接觸也通達,妙不可言!世出世間法都沒有障礙,為什麼?一切法不離自性,一切法都是心現識變。你把心識根源找到了,所以心現識變的,你統統都明白了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487