Pintu Dharma Pelafalan
Amituofo, Master Shandao berkata, “Puluhan ribu praktisi yang melatihnya,
puluhan ribu pula yang terlahir ke Alam Sukhavati”, tidak ada seorang pun yang
tidak berhasil, keunggulan dari Pintu Dharma ini, 84 ribu pintu Dharma lainnya
tidak dapat sebanding dengannya.
Lantas dimana letak
permasalahannya hari ini? Persoalannya adalah kita tidak bersedia melepaskan
kemelekatan, Bodhisattva Mahasthamaprapta mengajarkan kita untuk mengendalikan
enam akar indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh, pikiran), tetapi kita
tidak sudi melakukannya, maka juga tak berdaya.
Hendaknya melepaskan segala
kemelekatan, jangan dirisaukan lagi, bahkan niat pikiran untuk menyelamatkan
para makhluk, juga mesti dilepaskan, mengapa demikian? Anda tidak dapat
menyelamatkannya!
Anda membangkitkan niat untuk
menyelamatkan para makhluk, namun maksud hati memeluk gunung apa daya tangan
tak sampai, diri sendiri saja tidak sanggup menyelamatkan diri sendiri,
bagaimana mungkin bisa menyelamatkan orang lain?
Maka itu sebagai orang awam,
kita mesti mengakui sampai di mana kemampuan diri sendiri, menyelamatkan diri
sendiri terlebih dulu merupakan hal yang paling pokok, sedangkan menyelamatkan
orang lain hanyalah merupakan usaha sambilan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 April 2011
這個法門,善導大師給我們說叫「萬修萬人去」,沒有一個不成就,法門的殊勝,是八萬四千法門都不能跟它相比。那今天問題在哪裡?問題是我們不肯放下,菩薩教我們都攝六根,偏偏不肯都攝六根,那你就沒有法子了。所以真修行的人,什麼都放下,別去管它了,連度眾生這個念頭都要放下,為什麼?你度不了!你發的度眾生的心,所謂是心有餘而力不足,自己度自己都度不了,你怎麼能度人?所以我們是凡夫一定要承認,凡夫是以自度為第一,度眾生附帶的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五八集) 2011/4/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0358
Buddha takkan menyelamatkan
orang yang tidak berjodoh, apa yang dimaksud dengan berjodoh? Yakni dia dapat
meyakini, dapat memahami, dapat melepaskan kemelekatan, bersedia melafal
Amituofo, orang begini memiliki akar kebajikan, dapat diselamatkan.
Insan yang memiliki akar
kebajikan, berkah kebajikan dan jodoh sedemikian rupa, jumlahnya tidaklah
banyak, dari sekian banyak orang juga sulit ditemukan 1 atau 2 orang saja.
Kebanyakan umat Buddha hanya
datang menghadiri acara keramaian saja, bukan serius, andaikata anda menekankan
sedikit saja kedisiplinan, mereka takkan datang lagi.
Hal ini sering disampaikan oleh
Guru Li tempo dulu tentang para praktisi pelafal Amituofo, mereka
berduyun-duyun datang ke Vihara, apa tujuannya? Mereka datang untuk menghabiskan
waktu, di rumah tidak ada kerjaan dan tidak ada tempat yang bisa dituju, makanya
datang ke Vihara guna menghabiskan waktu, jadi dia bukan serius.
Meskipun dia bukan serius, kita
juga menyambutnya dengan hangat, apa alasannya? Supaya dia dapat menanam sedikit
akar kebajikan, daripada dia ke tempat hiburan, lebih baik dia datang ke
Vihara.
Jangan menaruh harapan besar
pada dirinya, apakah dalam satu masa kehidupan ini dia dapat terlahir ke Alam
Sukhavati, tidak bisa diandalkan. Maka itu orang yang melafal Amituofo itu
jumlahnya banyak, tetapi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati jumlahnya
sedikit.
Setelah kita memahami kebenaran
ini dengan jelas, kita harus mematahkan segala jodoh yang merintangi upaya kita
terlahir ke Alam Sukhavati, sebaliknya jodoh yang mendukung kita terlahir ke
Alam Sukhavati mesti digenggam dengan seerat-eratnya, barulah kita memiliki
kepastian terlahir ke Alam Sukhavati!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 April 2011
Catatan :
Akar kebajikan = dapat
meyakini dan dapat memahami
Berkah kebajikan = dapat
bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh = dapat bersua
dengan Ajaran Sukhavati
佛不度無緣之人,什麼叫有緣?這人我認識他,他能信、他能理解、他能放下、他肯念佛,這個人有善根,度一個是一個。這樣的善根福德因緣的人不是多,不是很多,確確實實千萬人當中,難得有一、二個;大多數學佛的人都是來玩的,不是真的,你要搞真的,他就不來了。這從前我跟李老師學教,老師常常說現在的這些念佛人,他來幹什麼的?他來消遣的,在家裡待著無聊沒地方去,到寺廟、到道場來消遣,他不是真幹。消遣的人我們也讓他來,為什麼?給他種一點善根,比到一般娛樂場所消遣總還要好一點,給他種點善根,不要指望他,他這一生能往生,那是靠不住的。所以念佛的人多,往生的人少。我們對於這些事實真相了解清楚,我們要避免,障礙往生的緣要斷掉,成就往生的緣我們要掌握住,我們才決定得生!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五八集) 2011/4/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0358
Di dalam buku berjudul “Jingtu
Shengxian Lu” dan “Wang Sheng Zhuan”, yang berisi kisah para praktisi yang
berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, namun tidak seluruhnya tercatat ke
dalamnya, masih banyak kisah praktisi yang tidak diketahui.
Menyadari bahwa Pintu Dharma
ini begitu agungnya, untuk meraih keberhasilan juga tidak sulit, oleh karena
metode ini tidak mewajibkan kita memutuskan kekotoran batin hingga tuntas.
Jika disuruh memutuskan
kekotoran batin hingga ke akar-akarnya, tentunya kita tidak memiliki kemampuan
begini. Ajaran Sukhavati mengajarkan kita untuk meredam kekotoran batin dengan
menggunakan sepatah Amituofo, ketika sepatah Amituofo dilafal hingga efektif,
maka kekotoran batin sudah mampu diredam.
Saat pikiran terfokus pada
lafalan Amituofo, kekotoran batin tidak memiliki celah lagi untuk mnyusup ke
dalam, inilah yang disebut meredam kekotoran batin.
Jika masih ada bentuk-bentuk
pikiran bercampur dengan lafalan Amituofo, inilah yang disebut sebagai
keterampilan masih belum efektif, anda masih belum mampu meredamnya, kekotoran
batin masih memiliki celah untuk menyusup ke dalam, bentuk-bentuk pikiran masih
berkeliaran.
Setelah kita memahami kebenaran
ini, senantiasa menggunakan standar ini guna menilai keterampilan diri sendiri,
dengan sendirinya segalanya jadi jelas dan dimengerti, tidak perlu memohon
petunjuk pada orang lain, tidak perlu bertanya pada orang lain.
Anda pergi bertanya pada orang
lain, dia juga takkan jujur padamu, dia hanya bisa memujimu, daripada membuatmu
tersinggung, makanya melatih diri pada masa kini harus mengandalkan diri
sendiri.
Tempo dulu guru masih berterus
terang padamu, sahabat Dharma juga jujur padamu, demikian pula Ayahbunda dan
senior juga berkata apa adanya. Lain halnya dengan zaman now, tidak ada yang
berani lagi mengatakan sejujurnya, takut membuatmu tersinggung, buat apa mengikat
permusuhan denganmu bukan?
Ikatan permusuhan lebih baik
diurai dan jangan dijalin, makanya dia melontarkan kata-kata yang enak didengar
daripada jujur padamu. Beginilah kondisi melatih diri pada masa kini, orang
yang dapat membantu kita jumlahnya makin sedikit, harus mengandalkan diri
sendiri, mengandalkan ajaran sutra, tiap hari tak terpisahkan dari ajaran
sutra.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 April 2011
《淨土聖賢錄》裡面、《往生傳》裡面,所記載的不是完全的,許許多多真正往生的人沒人知道,所記載的那是一般人曉得的。知道這個法門廣大,真正要修、要成就不是難事情,因為它沒有叫我們斷煩惱。斷那就真難了,可以說我們沒有這個本事。它的方法是叫伏煩惱,用這句佛號,佛號念得很得力把煩惱伏住了,煩惱沒有空隙夾雜進來,這就叫伏煩惱。還有妄想雜念夾進來,就是你功夫不得力、你伏不住,煩惱還是跑進來了,雜念還是跑進來了。我們懂得這個道理,常常用這個來勘驗自己的功夫,自己就清清楚楚、明明白白,不需要去請教人、去問人。問人,人家也不會告訴你,人家告訴你都是恭維你、讚歎你,不會說你不是的,所以現在修學要靠自己。從前老師給你說真話,同參道友給你說真話,你的父母長輩給你說真話。現在沒有了,現在不敢講了,怕你不高興,跟你結冤仇那何必?所以冤家宜解不宜結,喜歡聽什麼讚歎幾句,反正都不是真話。這是這個時代修行,幫助你的人少了,要靠自己、要靠經教,天天不離經教。經教要用真誠、恭敬心去對待,你才能得利益;沒有真誠心、沒有恭敬心,你得不到利益。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五八集) 2011/4/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0358