Monday, March 23, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 April 2011 (Bgn 1)


Para Dewa penghuni Rupaloka sudah tidak membutuhkan makanan dan minuman lagi, tetapi mengapa penduduk Alam Sukhavati masih membutuhkannya? Kalau masih butuh makan minum, manalah bisa dikatakan sebagai “Keistimewaan Melampaui Sepuluh Penjuru Alam”?

Kita tahu bahwa setibanya di Alam Sukhavati, pasti tidak butuh lagi, oleh karena fisik penduduk Alam Sukhavati tidak serupa dengan manusia Planet Bumi.

Lantas mengapa di dalam Sutra disebutkan bahwa penduduk Alam Sukhavati masih butuh makanan? Kita dapat memastikan bahwa praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati dengan membawa serta rintangan karmanya, semasa hidup di dunia fana memiliki tabiat makan dan minum yang sangat kental, setibanya di Alam Sukhavati, yang dipikirkannya adalah makanan dan minuman.

Begitu niat pikiran ini timbul, beraneka ragam hidangan langsung muncul di hadapannya. Namun mendadak dia teringat, “Saya kan sudah terlahir di Alam Sukhavati, tidak butuh makan lagi”, hidangan tersebut segera lenyap.

Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran, begitu niat pikiran timbul, apa yang dipikirkan langsung muncul di hadapan, begitu tidak dihendaki lagi, langsung lenyap.

Penduduk Alam Sukhavati menikmati keistimewaan yang melampaui sepuluh penjuru alam, baik makanan dan minumannya, bahkan kewibawaan dan kemampuan gaib yang dimilikinya juga merupakan keistimewaan yang melampaui sepuluh penjuru alam.

Kebijaksanaan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati muncul ke permukaan, ini juga merupakan pemberkatan kekuatan kewibawaan dari Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 April 2011

Triloka dan 31 Alam Kehidupan :


在我們這個世間,色界天人不需要飲食了,極樂世界還需要飲食嗎?如果需要飲食,怎麼能夠說超世希有?我們知道,到極樂世界肯定不需要了,因為他的體質跟我們不一樣。我們是血肉之軀,需要飲食來養活它,西方極樂世界是法性身、法性土,永遠離開這些七情五欲,這用不上了。為什麼經上還有這個話?那我們就肯定,帶業往生的這些人,在娑婆世界,我們地球上生活習慣習氣很濃,到極樂世界很久了,怎麼好像沒吃飯?這個念頭一動,飯菜飲食都現前,就好像化樂天對第六天王的供養,就出現了。再一想,我在極樂世界,不需要了,它就沒有了。應該是這種現象。六道凡夫帶業往生,這個念頭非常可能現前,一切法從心想生,念頭一想,那個境界就現前,就出來了;念頭滅了,境界就滅了。這是飲食,生活方面的,飲食。至於威德、品位也是超世希有,神智洞達,自性智慧現前,這也是得阿彌陀佛威神的加持,威力自在。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七五集)  2011/4/14  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0375




 

Setiap praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati memiliki rupa yang sama, baik wajah maupun penampilan fisik adalah sama wibawa-nya, “Berkah kebajikan tak terhingga”.

Dari mana berkah ini berasal? Buddha Amitabha yang memberkatinya. Mengapa Buddha Amitabha dapat memberkatimu? Oleh karena anda memfokuskan pikiran melafal Amituofo, perhatikan kalimat “Memfokuskan pikiran melafal Amituofo”, sehingga dirimu dapat terjalin dengan Buddha Amitabha.

Telah kita bahas sebelumnya bahwa menjadikan kebijaksanaan dan jasa kebajikan Buddha Amitabha sebagai kebijaksanaan dan jasa kebajikan diri sendiri.

Buddha Amitabha ber-Maitri Karuna, Buddha Amitabha mengikrarkan tekad, bersedia menganugerahkan kebijaksanaan-Nya, kemampuan gaib-Nya, jasa kebajikan-Nya, kepada semua makhluk di jagat raya, untuk dinikmati bersama-sama!

Kita jadi terpikir, mengapa para Buddha di sepuluh penjuru memuji Buddha Amitabha sebagai “CahayaNya yang paling terunggul, rajanya para Buddha”, lihatlah betapa lapangnya Hati Buddha Amitabha.

Kebijaksanaan yang cemerlang dan kemampuan gaib yang bebas tanpa rintangan”, asalkan terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda akan memperoleh seluruhnya. Rupa yang bagus, selamanya takkan jatuh sakit, selamanya tidak butuh makan dan minum, selamanya penuh semangat dan berenergi.

Selain itu juga memiliki berkah kebajikan yang tak terhingga, setiap saat anda dapat memberi persembahan kepada semua Buddha Tathagata di sepuluh penjuru.

Memberi persembahan adalah menimbun berkah, mendengar pembabaran Dharma adalah mengembangkan kebijaksanaan, berkah kebajikan tak terhingga, kebijaksanaan yang cemerlang.

Hal ini tidak dapat kita pelajari di dunia ini, Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, di alam para Buddha di sepuluh penjuru juga tidak dapat mempelajarinya, hanya satu-satunya di Alam Sukhavati barulah dapat terwujud.

Apalagi memperoleh kemampuan gaib yang bebas tanpa rintangan, serupa dengan para Buddha Tathagata, tiada bedanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 April 2011


我們看念老為我們介紹這個品題。「本品名受用具足,故所有國人」,凡是往生到西方極樂世界的人都一樣,「皆形貌端嚴」,形是身體,貌是容貌,你的身體、你的容貌端正莊嚴,「福德無量」。這福德從哪來的?阿彌陀佛加持的。阿彌陀佛為什麼會加持你?因為你一心稱念彌陀,注意「一心稱念」,你跟阿彌陀佛感應道交。前面說過,攝阿彌陀佛的智慧功德為自己的智慧功德,這個要攝取。阿彌陀佛慈悲,阿彌陀佛發願,願意將自己智慧、神通、功德跟遍法界虛空界一切眾生共享,這還得了!讓我們想到,十方一切諸佛讚歎彌陀「光中極尊,佛中之王」,他老人家真的是當之無愧,你看那個心量多大。「智慧明了,神通自在」,只要你生到西方,這四句你統統都得到。形貌端嚴,永遠不生病,永遠不需要飲食,永遠精神飽滿。福德無量,除了自性本具之外,你念念供養十方一切諸佛如來,供養得福,聽經聞法得智慧,福德無量,智慧明瞭。這是在我們這個世界學不到的,世尊告訴我們,十方諸佛剎土裡頭也學不到,也沒有這個,只有極樂世界有。又何況得神通自在,就像諸佛如來沒有兩樣。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七五集)  2011/4/14  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0375

 


 

Manusia sulit berpisah dikarenakan melekat pada perasaan (suka dan benci), masalah ini paling merepotkan. Tetapi bila tidak dilepaskan (disingkirkan) maka akan terus berputar dalam lingkaran tumimbal lahir yang tak berujung, kenyang akan siksaan, selama kalpa yang tak terhingga hal  bodoh inilah yang kita lakukan!

Jika ingin belajar melepaskan kemelekatan ini, selama bertahun-tahun saya melakukan perenungan sedemikian rupa, saya juga sudah menceramahkannya berulang kali, pakaian yang dikenakan pada tubuhku adalah milikku, yang di lemari bukanlah milikku; uang yang ada di kantongku adalah milikku, yang tidak berada di kantongku bukanlah milikku; rumahku, selama menetap di dalamnya, masih merupakan kepunyaanku, begitu melangkah keluar, bukan lagi milikku, tidak ada kaitannya lagi dengan diriku.

Praktisi sekalian boleh mencobanya sendiri, saya pikir bisa membantumu perlahan-lahan belajar mengikhlaskan, berangsur-angsur sanggup melepaskan. Satu arah yakni Alam Sukhavati di penjuru barat, satu tujuan yakni mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha.

Siapa yang paling mencintai diriku? Buddha Amitabha. Selain Buddha Amitabha, siapapun orangnya yang bilang cinta padamu, anda harus langsung meningkatkan mawas diri, itu pasti cuma angan-angan. Mengapa dikatakan cuma ecek-ecek? Oleh karena manusia menggunakan hati khayal yang plin-plan. Mana mungkin ada yang sejati?

Hanya Buddha Amitabha dan Bodhisattva Dharmakaya yang menggunakan hati sejati. Maitri Karuna yang mengalir keluar dari hati sejati adalah kasih yang tulus.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 April 2011


凡夫難分難捨無過於情執,這個東西最麻煩。可是,不放下,輪迴太苦了,輪迴沒有盡頭,無量劫的幹這種傻事,錯了!

真正要想學放下,我這些年來常作如是觀,身還捨不掉,所以往生還是同居土,身沒捨掉,身外之物放下了,就輕鬆一大半。我給諸位報告過很多次,衣服,穿在我身上是我的,沒有穿在我身上不是我的;錢財,裝在口袋裡是我的,不是裝在我的口袋裡不是我的;我住的房子,我在這個地方,這就是我的,我出了門這就不是我的,與我毫不相關。諸位可以試試看,我想能幫助你逐漸逐漸看破,逐漸逐漸放下。一個方向,西方極樂世界,一個目標,親近阿彌陀佛。誰最愛我?阿彌陀佛,真的,不是假的。除阿彌陀佛之外,有人說愛你,你要提高警覺,那是假的。為什麼是假的?他用的是三心二意,那哪裡是真的?只有阿彌陀佛、法身菩薩他們用真心,真心流出來的慈悲是真愛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七五集)  2011/4/14  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0375