Thursday, October 22, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2011 (Bgn 1)

 

 

Kita harus mengenalinya dengan seksama, barulah anda berhasil mempelajarinya. Ajaran Buddha adalah pendidikan yang sangat bagus, ditinjau dari segi Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, Ajaran Buddha merupakan pendidikan yang paling sempurna, yang paling unggul.

 

Konfusianisme hanya membahas satu bagian dari keseluruhan pendidikan saja, jika ditinjau dari Buddha Dharma Mahayana, ajaran Konfusius hanya menjangkau Alam Dewa (Surga) dan Alam Manusia, sedangkan pencapaian yang lebih tinggi dan lebih rendah dari Alam Dewa dan Alam Manusia, tidak dibahasnya.

 

Taoisme adalah pendidikan yang hanya mencakup enam alam tumimbal lahir, selain membahas tentang Alam Dewa, juga membahas hingga Alam Neraka, cakupannya lebih luas dari Konfusianisme, tetapi masih belum keluar dari enam alam tumimbal lahir.

 

Jadi yang dapat melampaui enam alam tumimbal lahir dan Dasa Dharmadhatu, hanyalah Buddha Dharma Mahayana. Mazhab Theravada hanya melampaui enam alam tumimbal lahir, tidak melampaui Dasa Dharmadhatu, yang dapat melampaui Dasa Dharmadhatu hanyalah Mazhab Mahayana, yang disebut sebagai pendidikan terunggul nan sempurna. Setelah tamat memperoleh gelar Buddha, inilah tingkatan tertinggi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2011

 

Dasa Dharmadhatu baca di :

http://smamituofo.blogspot.co.id/2013/07/poster-dasa-dharmadhatu.html

 

 

我們一定要把它認識清楚,你就真學到東西。它是教育,非常好的教育,世出世間教育它是最圓融的、最究竟的。儒家的教育只講教學的一部分,如果用大乘佛法來說,儒家教育是人天這部分,人天以上的它不講,人天以下的也不講。道家是六道輪迴的教育,它講到天道,它也講到地獄,範圍比儒家廣,但是它沒有出六道。一般宗教跟道家差不多,都在這個範圍。能夠超越六道輪迴,能夠超越十法界,只有大乘佛教。小乘超過六道,不超過十法界,真正超越十法界的只有大乘,叫究竟圓滿的教育。畢業就叫成佛,拿到最高的學位。所以佛陀是學位的名稱,佛菩薩他不是神、不是仙,他在佛教裡面取得的學位,像我們現在在學校念書,博士學位、碩士學位,類似這些。你到某一個層次,你拿這個學位。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九八集)  2011/7/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0498

 

 

 

 

Apa yang merupakan kebajikan dari Bodhisattva Samantabhadra? Yakni 10 butir tekad Bodhisattva Samantabhadra, butir pertama adalah “Bernamaskara menghormati”.

 

Terlebih dulu adalah belajar menghormati diri sendiri, adakah kita menghormati diri sendiri? Mana ada. Apa alasannya? Anda tidak menghormati jiwa sejati diri sendiri, tidak menghormati kebijaksanaan sejati yang terkandung dalam jiwa sejati, tidak menghormati kemampuan kebajikan yang terkandung dalam jiwa sejati, anda juga tidak menghormati rupa sempurna yang terkandung dalam jiwa sejati, tiap hari anda sibuk bakar dupa dan memohon-mohon di luar sana, berbuat sembarangan (tidak menaati sila), inilah yang namanya tidak tahu menghormati diri sendiri.

 

Maka itu terlebih dulu belajar menghormati diri sendiri, bernamaskara menghormati diri sendiri, memuji juga memuji diri sendiri (Jiwa KeBuddhaan diri sendiri), memberi persembahan juga kepada diri sendiri, segalanya dimulai dari diri sendiri, jika diri sendiri saja belum punya pencapaian apa-apa, bagaimana anda bisa membantu orang lain, mana ada aturan begini?

 

Setiap hari kita melakukan kebaktian pagi, bernamaskara pada Buddha Sakyamuni, adalah Nirmanakaya diri sendiri; bernamaskara pada Buddha Amitabha, adalah Sambhogakaya diri sendiri; bernamaskara pada Buddha Vairocana, adalah Dharmakaya diri sendiri, jadi bukan sedang menyembah orang lain, bukan kepercayaan takhayul.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2011

 

Catatan :

 

Para Buddha memiliki 3 jenis tubuh (Trikaya Buddha) yakni :

 

1. Sambhogakaya

“Sambhoga-kaya”, para Buddha menimbun berbagai jasa kebajikan sehingga mewujudkan Sambhogakaya, yang juga merupakan tubuh berkah kebajikan, kebijaksanaan dan kewibawaan. 

 

Contohnya : Ketika Buddha Amitabha mengikrarkan tekadNya lalu mewujudkan Tanah Suci Sukhavati, Dia akan membabarkan Dharma kepada penduduk Alam Sukhavati dengan menggunakan Sambhogakaya, para Bodhisattva dapat melihat dan berinteraksi dengan Sambhogakaya Buddha Amitabha.


2. Dharmakaya

Dharma-kaya dimiliki oleh Benih KeBuddhaan yang sejak semula ada pada diri setiap makhluk. Dharmakaya memenuhi seluruh semesta alam.

 

3. Nirmanakaya (Tubuh Jelmaan)

Nirmanakaya merupakan tubuh jelmaan, contohnya ketika Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, Beliau menggunakan Nirmana-kaya supaya dapat dilihat oleh manusia.

 

Penjelasan Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra :

http://kebahagiaandharma.blogspot.com/search/label/Bodhisattva%20Samantabhadra

 

普賢大士之德是什麼?總結十條,第一個「禮敬」,頭一個對自己有沒有禮敬,有沒有尊重自己,有沒有?沒有。何以見得?你不尊重你的性德,你不尊重你性德裡頭的智慧,你不尊重性德裡面的德能,你不尊重自性的相好,你天天到外頭瞎求,去胡鬧,這是不知道尊重。所以尊重首先是自己,禮敬自己,稱讚是自己,供養是自己,都從自己開始,自己沒有得到你怎麼能幫助別人,哪有這個道理?我們每天早課拜佛,拜本師釋迦牟尼佛,是我們現前的應身;拜阿彌陀佛,是自己的報身;拜毘盧遮那佛,是自己的法身,不是拜別人,不是迷信。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九八集)  2011/7/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0498

 

 

 

Keterangan gambar :

Rupang Buddha Vairocana

 

Orang lain bilang kita menyembah Buddha adalah kepercayaan takhayul, sesungguhnya kita bernamaskara adalah menghormati diri sendiri; kalau anda bilang kami ini percaya takhayul, berarti anda tidak menghormati diri sendiri.

 

Buddha Vairocana, Buddha Amitabha dan Buddha Sakyamuni melambangkan Trikaya kita, ternyata Nirmanakaya saya rupanya adalah begini, Sambhogakaya saya rupanya adalah begini, Dharmakaya saya rupanya adalah begini, tidak ada bedanya dengan yang lainnya, ternyata diriku dengan semua makhluk merupakan satu kesatuan.

 

Dengan berpikir sedemikian rupa, begitu anda melakukan namaskara maka jasa kebajikannya adalah tak terhingga, jasa kebajikan ini telah mewujudkan Alam Sukhavati.

 

Bagaimana cara Buddha Amitabha mewujudkan Alam Sukhavati? Bukankah dengan cara sedemikian rupa, sekarang kita jadi mengerti dengan jelas.

 

Maka itu dia tidak tahu menghormati dirinya sendiri, dia tidak tahu siapa yang sedang disembah. Jika yang kita sembah itu adalah sosok di luar diri, maka tidak ada hubungannya dengan diri sendiri, jadi buat apa anda menyembahnya?

 

Jadi yang kita sembah sesungguhnya adalah diri sendiri (Jiwa KeBuddhaan diri sendiri). Dari sinilah kita belajar, terlebih dulu belajar menghormati diri sendiri, menghormati niat pikiran yang timbul (tidak membangkitkan niat buruk), menghormati tindakan diri sendiri, dengan sikap hormat ini, kita menghormati semua makhluk. Mengapa demikian?

 

Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran, demikian pula semua makhluk juga muncul dari jiwa sejati diri sendiri, inilah yang disebut mencerahkan diri sendiri dan mencerahkan orang lain. Kalau kita sendiri saja belum tercerahkan, bagaimana mungkin bisa mencerahkan orang lain?

 

Maka itu melakukan namaskara harus tahu caranya dengan benar, jika sembarangan menyembah maka sia-sia saja anda melakukan namaskara.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2011

 

Catatan :

 

Para Buddha memiliki 3 jenis tubuh (Trikaya Buddha) yakni :

 

1. Sambhogakaya

“Sambhoga-kaya”, para Buddha menimbun berbagai jasa kebajikan sehingga mewujudkan Sambhogakaya, yang juga merupakan tubuh berkah kebajikan, kebijaksanaan dan kewibawaan. 

 

Contohnya : Ketika Buddha Amitabha mengikrarkan tekadNya lalu mewujudkan Tanah Suci Sukhavati, Dia akan membabarkan Dharma kepada penduduk Alam Sukhavati dengan menggunakan Sambhogakaya, para Bodhisattva dapat melihat dan berinteraksi dengan Sambhogakaya Buddha Amitabha.


2. Dharmakaya

Dharma-kaya dimiliki oleh Benih KeBuddhaan yang sejak semula ada pada diri setiap makhluk. Dharmakaya memenuhi seluruh semesta alam.

 

3. Nirmanakaya (Tubuh Jelmaan)

Nirmanakaya merupakan tubuh jelmaan, contohnya ketika Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, Beliau menggunakan Nirmana-kaya supaya dapat dilihat oleh manusia.

 

 

人家說我們拜佛是迷信,我們拜佛是尊重自己;你說我們迷信,你不尊重自己。現在毘盧遮那、阿彌陀如來、釋迦如來,把我們自性三身顯示出來,模樣在這裡,原來我的應身是這樣的,我的報身是這樣的,我的法身原來是這樣的,自他不二,自他原來是一。你要這樣子效法,那個拜下去有功德,無量功德,這個功德成就了極樂世界。阿彌陀佛世界怎麼成就的?不就這成就的,我們現在搞清楚、搞明白了。所以他不知道尊重,他不曉得拜的是誰。拜的外面,與自己不相干,你拜他幹什麼?錯了,裡外是一不是二,他即是自,自即是他。從這個地方去學,首先尊重自己,然後把尊重自己這個心、這種行為,去尊重一切眾生。為什麼?一切眾生都是一個自性變現的,這叫自覺覺他。我們自己沒覺悟,怎麼覺他?所以拜佛得會拜、會用心,不會用心,白拜了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九八集)  2011/7/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0498