Alam Sukhavati merupakan sebuah sekolah, di sana hanya ada dua jenis peranan, yakni Guru dan murid. Guru adalah Buddha Amitabha, murid adalah Bodhisattva. Setiap praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati adalah Bodhisattva.
Maka itu Alam Sukhavati boleh dikatakan sebagai sebuah Kampus Buddhis yang dibangun bersama oleh seluruh Buddha Tathagata, Buddha Amitabha adalah Rektor-nya, para Buddha Tathagata adalah Dosen-nya. Mereka selalu berkunjung ke Alam Sukhavati untuk memberi kuliah, para Bodhisattva Calon Buddha menjadi asisten Dosen.
“Amitabha Sutra” menyebutkan “Tempat berkumpulnya para insan berkebajikan tertinggi”, menurut penjelasan Guru Sesepuh, yang dimaksud insan berkebajikan tertinggi adalah para Bodhisattva Calon Buddha, Mereka menjadi asisten Dosen, membantu para penduduk Alam Sukhavati untuk belajar.
Buddha Amitabha membabarkan Dharma tanpa henti di Aula Tujuh Mustika, oleh karena penduduk Alam Sukhavati tidak butuh makan, juga tidak butuh tidur.
Sementara itu kita di dunia fana ini, gara-gara makan dan tidur telah menghabiskan berapa banyak waktu.
Lain halnya di Alam Sukhavati, siang malam kita dapat mendengar pembabaran Dharma tanpa terputus hingga kita berhasil mencapai KeBuddhaan.
Setelah mencapai KeBuddhaan, kita menuju ke penjuru alam lainnya, tempat yang berjodoh dengan dirimu, anda menjadi Buddha dan membabarkan Dharma di sana.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2011
「今淨土法門能令惡逆凡夫暗契一心,是故彌陀號為願王誠不虛也。」阿彌陀佛這個法門,這淨宗法門,阿彌陀佛這個方法,這個方法沒有別的,就是建立學校,極樂世界就是學校。極樂世界沒有政治組織,你看經論裡沒有說極樂世界有國王、極樂世界有政府,沒有;如果有,一定會告訴我們。極樂世界只有兩種人,一個老師,一個學生,老師是阿彌陀佛,學生是菩薩。凡是去往生極樂世界這都是學生,學生有三輩九品,就像念的班級不同,有人到極樂世界是從最低的慢慢往上念,有人是插班進去,就這麼回事情。所以極樂世界可以說是諸佛如來共同建立的佛學院,阿彌陀佛是院長,諸佛如來是教授,他們都常常到極樂世界去授課,等覺菩薩是助教。《彌陀經》上講的「諸上善人俱會一處」,祖師註解裡說,諸上善人是指等覺菩薩,他們當助教,幫助到極樂世界來的這些人學習。阿彌陀佛在七寶講堂裡面講經沒有中斷,因為極樂世界人不要吃飯,極樂世界人不要睡覺。我們吃飯、睡覺耽誤好多時間,他不要吃飯、不要睡覺。你到極樂世界就聽課,聽到什麼時候為止?聽到你成佛,畢業就成佛了。成佛之後到他方世界,你有緣的地方,你就到那裡去作佛去了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二0集) 2011/5/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0420
Kita harus mengenali dengan jelas bahwa Ajaran Tanah Suci merupakan pendidikan yang paling agung dan paling sempurna. Menjamin dirimu mencapai KeBuddhaan, bahkan sangat cepat, bayangkan, belajar tanpa terputus!
Lain halnya dengan kita di dunia fana ini, selain waktu belajar yang singkat, waktu terputus-nya begitu panjang, sehari 24 jam, meskipun anda mampu mempergunakan 8 jam buat belajar, namun sisanya masih ada 16 jam terputus.
Ada orang yang bertanya untuk apa kita ke Alam Sukhavati? Untuk menuntut ilmu, di sana kita menikmati keberhasilan yang diwujudkan kekuatan tekad agung Buddha Amitabha.
Di sana segalanya muncul sesuai dengan apa yang kita pikirkan, tidak ada istilah persediaan terbatas maupun out of stock, umpamanya sekarang saya menginginkan satu set buku “Tripitaka”, maka permintaanmu segera muncul di hadapanmu, ketika saya tidak ingin membaca lagi, maka dia akan segera lenyap. Anda tidak perlu cari lemari buat menyimpannya.
Ingin makan hidangan apa saja juga tersedia, ingin mengenakan pakaian apa saja juga langsung melekat di tubuh jasmani. Istana hunian penduduk Alam Sukhavati, di dalamnya tidak ada perabot dan perlengkapan lainnya, kalau ada bukankah sangat merepotkan (harus bersih-bersih).
Ketika ada orang yang datang bertamu, tinggal pikirkan sofa model bagaimana yang diinginkan, langsung muncul, ketika tamu pulang, perabot segera lenyap, tidak perlu berberes-beres lagi.
Alam yang sedemikian indah sempurna-nya, mengapa tidak berminat ke sana?
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2011
我們要認識清楚的,淨土宗完全是教育,最偉大的教育、最圓滿的教育。保證你開悟,保證成佛,而且非常快速,你想想看,學習不中斷!
我們這邊學習艱難,就是學習的時間短,中斷的時間長,一天二十四個小時,縱然你能學習八小時,還有十六個小時間斷。所以人家問到極樂世界去幹什麼?去上學去,去念佛學院去。這個世間,乃至諸佛世界的佛學院,都沒有極樂世界好,極樂世界多單純,到那個地方完全享受阿彌陀佛本願的成就。這個成就第一德是什麼?是一切皆是變化所作,第一德。你想要什麼東西,都是現成的,沒有一樣東西缺陷,我要一部《大藏經》,它就擺在你面前,我不想看了,就沒有了,不需要收藏。要什麼東西就擺在面前,想吃的,吃的在面前,想穿的,已經在身上。極樂世界居住的宮殿沒有家具,家具多麻煩,沒有。客人來什麼?客人來就變化師子座,每個人都有座位;客人走了,師子座不見了,不需要去收藏,不需要整理。這樣美好的世界,怎麼能不去?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二0集) 2011/5/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0420
Di dalam “Empat Ajaran Liao-fan” diuraikan dengan jelas, dia menasehati putranya belajar rendah hati, insan yang rendah hati pasti memiliki hati tulus dan rasa hormat. Jika masih ada sedikit saja keangkuhan maka takkan bisa lulus ujian, umpamanya ada orang yang pergi mengikuti ujian negara, dia begitu percaya diri karena artikel yang ditulisnya begitu bagus, sehingga meremehkan peserta ujian lainnya.
Alhasil ketika hasil ujian diumumkan, dia tidak lulus, dalam hatinya tidak bisa menerima kenyataan ini, lalu memaki-maki pejabat penguji tidak punya mata, artikelnya yang begitu bagus kenapa tidak terpilih?
Ketika dia mengamuk dan memaki-maki, ada seorang Pendeta Tao yang tersenyum melihat tingkahnya. Dia jadi semakin murka dan bertanya pada Pendeta Tao, “Kenapa anda menertawai diriku?”
Pendeta Tao menjawab : “Saya tertawa karena artikelmu pasti hasilnya jelek.”
“Anda tidak pernah baca artikel-ku, bagaimana tahu hasilnya jelek?”
“Gampang saja, dari temperamen burukmu sudah bisa menilai anda takkan bisa menghasilkan artikel yang bagus.”
Begitu mendengarnya, pelajar ini langsung tercerahkan, ucapan Pendeta Tao sungguh beralasan, sikapnya langsung berubah jadi rendah hati dan hormat, menyesali kesalahan diri sendiri.
Pendeta Tao mengajarinya untuk memperbaiki diri, tiga tahun mendatang kembali lagi mengikuti ujian, akhirnya dia lulus.
Tuan Liao-fan tidak punya kemampuan khusus untuk menilai orang lain, dia bukan peramal, dia hanya menilai seseorang dari ketulusan dan rasa hormatnya, tutur kata dan perilaku-nya, apakah punya ketulusan dan rasa hormat? Inilah yang dinilainya, berhasil atau gagalnya Dharma duniawi (ajaran insan suci dan bijak), kuncinya terletak di sini, apalagi Dharma non duniawi (Buddha Dharma)? Hal ini penting adanya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2011
Komik Empat Ajaran Liao-fan :
http://ebooksukhavati.blogspot.com/2014/06/empat-ajaran-liao-fan.html
《四訓》裡頭講得清楚,他勸他的兒子要學謙卑,謙卑的人一定誠敬,誠敬的人一定能夠契入心性。有一絲毫驕慢就考不中,《了凡四訓》也舉了一個反的例子,有個人去趕考,自己非常自負,他文章寫得好,他對一些同學也瞧不起。他去考沒考中,心裡很不服,大罵這個考試官沒有眼睛,這麼好的文章為什麼不取?他在那裡發作大罵的時候,旁邊有個老道在旁邊笑笑,笑他。他就很生氣,就對這老道,「你為什麼笑我?」他說:我笑你,你的文章大概不怎麼太好。「你沒有看過我文章,你怎麼知道?」我看你發這個脾氣,就知道你寫不出好文章。這個讀書人難得,一聽之後,老道講的話有道理,所以馬上就謙恭,就在老道面前懺悔,老道就教他,以後他真改過自新,三年之後再去考,考中了。了凡先生看人沒有別的本事,他不是一個命相家,他就看人有沒有誠敬,言行舉止是不是端莊、是不是老成、是不是恭敬,從這裡看,連世間法成敗的關鍵都在此地,又何況是佛法?要緊,不是不要緊。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二0集) 2011/5/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0420
Hal ini berkenaan dengan hati, tidak boleh menggunakan hati semu (munafik penuh kepura-puraan), hendaknya menggunakan hati yang tulus, barulah dapat meraih keberhasilan, baik dalam Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi juga tak terkecuali.
Hari ini kondisi masyarakat sangat kacau, bencana terjadi di mana-mana, apa sebabnya? Oleh karena semua orang menggunakan hati palsu, tidak ada yang menggunakan hati tulus. Bahkan saat melafal Amituofo pun masih menggunakan hati palsu, bagaimana dia bisa berhasil?
Apabila insan yang menggunakan hati tulus itu jumlahnya semakin banyak, maka permasalahan sosial pun jadi teratasi. Mengapa kondisi masyarakat zaman dulu masih begitu aman sentosa?
Oleh karena masyarakat zaman dulu masih ada yang mendidik, orang Tiongkok menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan keluarga. Pendidikan keluarga merupakan fondasi stabilitas masyarakat Tiongkok sepanjang lima ribu tahun, hal ini dilakukan dengan baik, baik oleh Kaisar maupun rakyat sehingga menciptakan dunia yang damai dan sejahtera.
Dinasti yang paling dekat dengan era kita adalah Dinasti Qing, lihatlah Kaisar Kangxi bertahta 61 tahun, Kaisar Yongzheng bertahta 13 tahun, Kaisar Qianlong bertahta 60 tahun, dilanjutkan dengan Kaisar Jiaqing, hampir dua abad lamanya, masyarakat menikmati kesejahteraan, bagaimana asalnya? Yakni pendidikan keluarga.
Kaisar menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan keluarga, menganugerahkan penghargaan kepada keluarga yang menerapkan pendidikan keluarga.
Setiap keluarga mendidik keturunannya dengan begitu bagusnya, sehingga di dalam masyarakat tidak ada orang jahat, setiap orang adalah orang baik, setiap kejadian merupakan kejadian yang baik, dunia damai dan sejahtera.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2011
這個在心,依妄心不行,依實相,實相是真心,依真心就能成就,世出世間法一樣的,沒有例外的。今天社會這麼亂,災難這麼多,原因在哪裡?全都用妄心,沒有用真心的。念佛都是用妄心,他怎麼會有成就?用真心的人多了,社會就沒問題了。為什麼過去社會那麼美好?過去社會有人教,我在前面講過,中國這些教育最重要的是家庭教育,中國人最重視的是家庭教育。家庭教育是中國五千年長治久安的基礎、根本,這個做得好,所以帝王真的垂拱而治,天下太平。距離我們最近的朝代,滿清,你看看滿清入關,康熙六十一年,雍正十三年,乾隆六十年,後面也可以把嘉慶帶著,將近兩百年太平盛世,社會安定,人民生活幸福,怎麼來的?家庭教育好。皇帝重視家庭教育,家庭教育好的都頒獎,送匾額獎勵。每一家都把他的子弟教好了,社會上沒有壞人,人人是好人,事事是好事,天下太平,就是這個道理。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二0集) 2011/5/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0420