Saturday, July 11, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2011 (Bgn 3)


Kebenaran, pepatah mengatakan “Kesesatan tidak mungkin bisa menang melawan kebenaran”, pokoknya kita tidak bersedia menerima pengaruh dari luar, bagaimana cara kita melakukannya?

Sepanjang hayatku saya memahami bahwa hanya dengan cara tiap hari memberi ceramah, dengan menggunakan cara ini. Apa alasannya? Oleh karena tiap hari memberi ceramah makanya tiap hari anda harus membaca sutra, oleh karena tiap hari membaca sutra maka tiap hari pula anda tak terpisahkan dari Buddha dan Bodhisattva, menerima ajaran Buddha dan Bodhisattva, kurun waktu yang sudah lama sekali, 60 tahun melatih berkesinambungan, dapat memahami beberapa bagian makna yang sesungguhnya.

Tidak boleh ada niat mengejar ketenaran dan keuntungan, seperti yang tercantum di dalam “Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma” yakni “Boleh melakukan kegiatan duniawi tetapi tidak boleh ada niat duniawi”, prinsip ini harus ditaati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2011

Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma :

正,諺語有所謂「邪不勝正」,只要我們真正不要受外界的感染,我們如何能做到?沒有別的,我這一生當中體會到的,就是天天講經,除講經之外一切都放下了,我就用這個方法。為什麼?天天講經你就要天天讀經,你不讀你講什麼?天天讀經就是天天沒有離開佛菩薩,接受佛菩薩的教誨,時間久了,六十年的薰修,能體會到幾分真實義了。不能有名利心,就像佛在《阿難問事佛吉凶經》裡面,告訴我們「可得為世間事,不可得為世間意」,這個一定要守住。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0八集)  2011/5/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0408

 


 

Saya mengikuti Upasaka Li Bing-nan belajar ajaran sutra, sutra pertama yang saya pelajari adalah “Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma”.

“Boleh melakukan kegiatan duniawi tetapi tidak boleh ada niat duniawi”, apa maksudnya niat duniawi? Yakni keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan.

Anda mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi makanya disebut niat duniawi, anda mengejar ketenaran dan keuntungan makanya disebut niat duniawi, benda beginian tidak boleh disentuh, Buddha Dharma jadi berubah fungsinya.

Apabila benda begini dapat anda lepaskan, barulah anda dapat menaatinya, mempertahankan prinsip ini, takkan berubah dan menghindari kemerosotan batin, hatimu selamanya suci, selamanya takkan sesat, ini sungguh sulit diperoleh.

Tetapi kalau terpisah dari Buddha Dharma, maka takkan bisa mewujudkannya, polusi batin yang paling parah adalah siaran televisi, internet, surat kabar dan majalah, benda-benda beginian telah saya putuskan sejak awal, minimal juga sudah ada 5 dekade saya tidak menyaksikan siaran televisi, tidak membaca surat kabar dan majalah, saya tidak berinteraksi dengan internet.

Seluruh waktu-ku digunakan untuk membaca sutra, buku-buku ajaran insan suci dan bijak, bersahabat dengan insan zaman dulu, hal ini telah saya kemukakan sejak usia 20-an, “Bersahabat dengan insan zaman dulu”, barulah kita dapat melindungi sebutir hati kita yang suci.

Dunia ini ibarat guci besar yang berisikan air keruh, andaikata anda tidak mengenalinya dengan jelas, tidak punya pendirian yang teguh, jika anda katakan anda takkan terpengaruh olehnya, maka anda adalah Suciwan, bukan lagi orang awam, merupakan jelmaan Buddha dan Bodhisattva yang bertekad kembali lagi ke dunia guna menyelamatkan para makhluk, orang awam pasti takkan sanggup melindungi dirinya dari pencemaran batin.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2011


我學經教在老師會下第一部學的,就是《阿難問事佛吉凶經》,世間事可以做,不能有世間意,意是什麼?意是貪瞋痴慢。你有自私自利是世間意,你有名聞利養那是世間意,這個東西沾不得,一沾就壞了,佛法全變質了。這個東西真正能放下,你就能守得住,能夠保住、能夠守穩,不至於變質、不至於墮落,你的心永遠清淨、永遠不迷,這就很難得了。可是離開佛法就不行,染污最嚴重的,我們曉得是電視、網路、報章雜誌,這個東西我斷絕了,我至少有五十年沒看電視,網路是從來沒接觸過,報紙雜誌也斷了五十年,不看這個東西。所有時間都讀經、看聖賢的東西,與古人為友,這是我二十幾歲就提出來,「尚友古人」,我們才能保住自己。這個社會是個大染缸,你沒有這個認知、沒有這種堅持,你要說你不被污染,那是聖人,那不是凡人,那是佛菩薩再來的。凡人決定受不了!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0八集)  2011/5/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0408