Apa
yang dimaksud dengan Bodhicitta? Lebih dari 20 tahun yang silam, kami
mengemukakan makna dari Bodhicitta guna memudahkan praktisi sekalian
memahaminya.
Nama
lengkap dari Sutra ini adalah “Buddha membabarkan Mahayana Sutra Usia Tanpa
Batas nan berwibawa, suci, setara dan tercerahkan”, jadi kami mengambil
penggalan kalimat “Suci, setara dan tercerahkan” sebagai makna dari Bodhicitta.
Unsur
utama dari Bodhicitta adalah ketulusan, kita harus belajar menggunakan
ketulusan hati dalam menjalani kehidupan keseharian. Kebalikan dari hati tulus
adalah hati khayal atau hati semu (munafik penuh kepura-puraan). Baik dalam
menangani urusan, memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati,
janganlah ada kepura-puraan.
Apa
yang dimaksud dengan hati khayal? Yakni hati yang membeda-bedakan adalah hati
khayal; hati yang melekat adalah hati khayal, bahkan terhadap diri sendiri saja
tidak sanggup mengendalikannya.
Makanya
harus belajar membangkitkan ketulusan, belajar menggunakan kejujuran, dari mana
memulainya? Dari diri sendiri. Saya berharap bagaimana perlakuan orang lain
kepada diriku, maka terlebih dulu saya harus bersikap bagaimana pada dirinya,
dari sinilah kita memulainya.
Perlakuan
yang tidak saya senangi, orang lain pasti juga tidak suka diperlakukan
demikian. Insan zaman dulu berkata, “Ketika bertemu masalah, jangan salahkan
orang lain, tapi lakukan introspeksi diri”, tiap hari harus melakukan
introspeksi diri, tiap hari harus menemukan kekurangan diri sendiri, poin ini
sangat penting.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
菩提心是什麼?我們在二十多年,二十多年前提出來,為了大家容易明瞭,不至於疑惑,我們用本經的經題「清淨平等覺」,這就是菩提心。菩提心的體是真誠,我們一定要學習用真誠心生活。真誠的反面是虛妄,處事待人接物決定不再用虛情假意,這是我們不能不知道的。我們真能不用嗎?很難。為什麼?妄心就是虛情假意。什麼叫妄心?分別心是妄心,執著心是妄心,它不是真心,自己對自己都控制不了。所以一定要學真誠,就是老實,從哪裡開始?從對自己開始。我希望別人怎麼對我,我一定先這樣對別人,從這裡下手;我不喜歡的,我相信別人也不願意。古人教我們,「行有不得,反求諸己」,天天要反省,天天要發現自己的過失,這個很重要。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382
Insan
zaman dulu berkata, “Ketika bertemu masalah, jangan salahkan orang lain, tapi
lakukan introspeksi diri”, tiap hari harus melakukan introspeksi diri, tiap
hari harus menemukan kekurangan diri sendiri, poin ini sangat penting.
Orang
lain memuji dan menyanjung diriku, belum tentu nyata adanya, orang lain
menunjukkan kesalahanku, melontarkan kritikan padaku, ini nyata adanya, kita
harus melakukan pengamatan ke dalam diri sendiri dengan serius.
Justru
sanjungan dan pujian mungkin saja hanyalah semu belaka, bukan nyata adanya,
cuma basa-basi; sedangkan kritikan pastinya dia memiliki ketidakpuasan terhadap
diri kita, kita harus melakukan introspeksi diri, di mana letak kesalahan diri
sendiri sehingga dia merasa tidak nyaman dengan diri kita.
Harus
belajar memperbaiki diri, belajar mengamati ke dalam diri sendiri, hal ini akan
membawa kemajuan pesat bagi kualitas batin kita. Maka itu kita harus berterima
kasih, terutama kepada orang yang melontarkan kritikan pada kita, tak peduli
sengaja atau tidak, niatnya baik atau buruk, terhadap semuanya ini, kita
berterima kasih, mereka telah berperan membantu meningkatkan kualitas batin
kita.
Para
Buddha dan Bodhisattva berhasil mencapai penerangan sempurna, alasannya tak
lain adalah kebesaran jiwa dan kelapangan hatiNya!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
古人教我們,「行有不得,反求諸己」,天天要反省,天天要發現自己的過失,別人對我們讚歎、恭維未必是真的,別人對我們的指責、批評那不是假的,我們一定要認真反省。恭敬、讚歎,很可能是一種虛假的、不實在的,客套;指責是他對我們一定有所不滿,我們要認真反省,我什麼地方得罪了,什麼地方做錯了。要學會改過,要學會反省、自新,那對我們是很大的幫助。所以我們要感恩,特別是對指責我的人,無論是有意、無意,是善意、惡意的,統統要感恩,這些人對我們的修學會大有幫助。諸佛菩薩之所以能成無上正等正覺,沒有別的,他就是懂得一個事實真相,《還源觀》上三種周遍的第三種,「含容空有」,知道這個事實。這句話說什麼?這句話說我們本來的心量,心量多大!含是包含,包含宇宙、包含太空;容是空納,容納萬有。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382
Ajaran
Buddha mengatakan “Hati selapang ruang angkasa mampu merangkul alam semesta
beserta seluruh isinya”, ini merupakan kelapangan hati kita yang sesungguhnya.
Lantas
kenapa sekarang sedikit masalah saja tidak sanggup berlapang hati? Di sinilah
letak penderitaan kita, demikian pula kesesatan kita juga letaknya di sini,
menciptakan karma buruk juga di sini, memperoleh balasan karma juga dikarenakan
faktor ini.
Mengapa
tidak melapangkan hati? Seperti kelapangan hati para Buddha Tathagata,
Bodhisattva Dharmakaya, yang dapat merangkul alam semesta beserta seluruh
isinya.
Dalam
waktu keseharian mesti melatihnya, saat bekerja juga mesti melatihnya, dalam
menangani urusan, memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati, juga
harus melatihnya, barulah disebut sebagai praktisi sejati.
Maka
itu membangkitkan Bodhicitta adalah ketulusan, serupa dengan yang dikatakan
oleh Master Yin Guang sebagai tulus dan hormat, inilah unsur pokok dari
Bodhicitta. Sekarang apa kesulitannya? Sulitnya tidak ada orang yang bisa
dijadikan teladan, inilah susahnya.
Zaman
dulu mana ada orang yang tidak berbakti pada Ayahbunda, mana ada pula orang
yang berlaku tidak tulus dan tidak hormat pada orang lain, setiap orang masih
tahu bersikap tulus dan hormat pada Ayahbunda.
Tempo
dulu Ayahbunda merupakan panutan buah hatinya, maka itu setiap insan
menggunakan ketulusan dan rasa hormat kepada Ayahbunda-nya, dalam memperlakukan
semua makhluk, sehingga dengan mudah dia telah berhasil membangkitkan
Bodhicitta.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
佛家常講「心包太虛,量周沙界」,這是我們本來的心量。為什麼現在一點點都不能夠包容?我們的苦就吃在這個地方,迷就迷在這個地方,造業也就在此地,受果報還是它。
為什麼不把心量拓開?像諸佛如來、法身大士他們的心量,都是包虛空容納法界的,容法界的。日常生活當中去學,工作裡面去學,處事待人接物裡面去學,這叫真修行,這叫真學佛,這樣的人當然是住正定聚。所以發菩提心是真誠,也就是印光大師常講的誠敬,這是菩提心的體,比什麼都重要。現在難難在什麼?難在沒有榜樣,沒有一個模式,這個最困難。古時候有,古時候沒有人不孝順父母,對別人不誠不敬,對父母沒有不誠敬的。父母就是個好樣子,用對父母的那種真誠對一切眾生,菩提心他很容易就發起來。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382