Sunday, November 1, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Agustus 2011 (Bgn 3)

 

 

Dia melakukan kejahatan tetapi sekarang belum tampak balasannya, mengapa demikian? Buddha membabarkannya di dalam Sutra dengan jelas, oleh karena kebajikan yang dilakukan orang itu pada masa kelahiran lampaunya terlalu besar, berkah yang dia nikmati sekarang adalah hasil dari perbuatan baiknya pada masa kehidupan lampaunya, yang belum habis dinikmati.

 

Pahala dari perbuatan baiknya telah habis dinikmati, maka balasan karma buruk segera muncul ke permukaan, jadi bukan tidak ada balasannya, hanya saja waktunya belum tiba.

 

Pada satu masa kehidupan ini menimbun berkah, tetapi mengapa sepanjang hayat menjalani kehidupan yang begitu susah dan ditimpa musibah, apa sebabnya?

 

Karma buruk yang diciptakan pada masa kehidupan lampau sudah terlalu banyak, karma buruknya masih belum tereliminasi seluruhnya, sekarang masih harus menerima balasannya.

 

Meskipun dia berbuat baik, namun masih menerima balasan buruk. Menanti hingga balasan buruknya tuntas, pahalanya segera berbuah. Maka itu Hukum Sebab Akibat mencakup tiga masa kehidupan, jika anda bisa mengamati masa kehidupan lampau, sekarang dan yang akan datang, maka anda akan tercerahkan, barulah menyadari bahwa Hukum Karma tidak pernah meleset.

 

Ada orang yang berbuat baik malah ditimpa musibah, melihat hal begini dalam hati kita bisa memahaminya, dia sedang mengeliminasi rintangan karmanya, merupakan hal yang bagus! Saat menghadapi kondisi susah, dapat ikhlas menerima dan menjalaninya.

 

Terhadap Hukum Sebab Akibat pasti takkan meragukannya, memiliki keyakinan hati yang kokoh, memahami bahwa bukan tidak ada balasannya, hanya saja waktunya belum tiba.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Agustus 2011

 

 『暴應』,「暴」是猛、急、突然,有這三個意思,「應」就是指報應。「善人行善,惡人作惡,應受之果報」,這是自然的,「或不當時立即顯示,但因果不虛,於其後世,必受其報」。他造惡,現在沒有看到他的惡報,為什麼?這佛在大乘經上講得很清楚,他過去生中修的善太大了,他現在享的福是過去生中修善的福,沒有享完。善的福報享完了,他這個惡的就現前,就起來了,不是不報,是時辰未到。現在這一生修福,可是一生非常的受苦受難,那是什麼原因?過去生中造的惡太多了,惡業沒消了,現在在受罪。雖然行善積德,他還是在受罪。等到他罪受完了,福報就現前。所以,果報通三世,你要能看到過去現在未來,就恍然大悟,才曉得絲毫不爽。現在一生修福,修善積德,但是遇到的災難都非常多,我們自己心裡就明白,這在消業障,好事!逆來順受。對於因果報應絕對不迷惑,有堅定的信心,知道不是不報,時辰未到。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五二一集)  2011/8/3  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0521

 

 

 

 

Suatu kali saya sedang berada di Beijing, setelah Upasaka Huang Nian-zu meninggal dunia, saya pernah berkunjung ke Beijing sebanyak dua kali. Murid Upasaka Huang datang mengunjungiku, lalu bercerita padaku, katanya Upasaka Huang semasa hidup pernah bilang pada murid-muridnya, kalau Master Chin Kung tidak bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka pahalanya akan besar sekali!

 

Upasaka Huang begitu memujiku, apakah benar saya akan memilih mendambakan pahala besar masa mendatang tersebut? Saya takkan memilih melakukan hal bodoh sedemikian rupa.

 

Jangankan jadi raja di Alam Manusia, bahkan diangkat jadi Raja Dewa pun, saya takkan berminat! Apa alasannya? Tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, makanya hal begini tidak boleh dilakukan.

 

Bila anda tidak percaya, cobalah buka buku sejarah, para kaisar yang bertahta di sepanjang sejarah Tiongkok, adakah yang memiliki akhir yang baik! Bukankah dengan demikian jelas sudah!

 

Begitu meninggal dunia, kaisar-kaisar ini bertumimbal lahir bukannya lebih baik, namun keadaannya malah terpuruk. Kalau bisa lahir kembali jadi manusia biasa, maka sudah sangat lumayan, kesempatan yang sungguh sulit diperoleh!

 

Maka itu kebenaran ini tidak boleh tidak dipahami, setelah jelas barulah hatimu dapat terfokus, saya pasti membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, saya harus melangkah di Jalan ini.

 

Saya pasti pergi berguru pada Buddha Amitabha, sesampainya di Alam Sukhavati nanti mencapai KeBodhian yang terunggul nan sempurna.

 

Barulah kemudian kembali ke dunia ini dengan status seorang Bodhisattva, hal ini sangat bagus, takkan lagi menjadi manusia yang kebingungan dan gampang mengalami kemerosotan batin.

 

Pada satu masa kehidupan ini kita telah bersua dengan kesempatan yang sedemikian bagusnya, andaikata kita tidak berkeinginan terlahir ke Alam Sukhavati, malah ingin menukarnya dengan kekayaan dan kedudukan tinggi di masa kehidupan mendatang, maka ini adalah kekeliruan besar, anda mengambil sebongkah emas buat ditukar dengan sebutir permen, beginilah maksudnya. Hal begini manalah boleh dilakukan!

 

Ucapan Upasaka Huang Nian-zu ini, setelah saya dengar, juga memberi peringatan keras bagi diriku, jangan sampai melakukan hal bodoh.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Agustus 2011

 

  我有一次在北京,黃老居士往生之後,我到北京去過兩次。他老人家的學生來看我,告訴我,他老師說的,就是黃念老說的,跟他們講的。他說淨空法師,如果要不往生極樂世界,來生的福報他說不得了,不得了!他這樣的讚歎。我要不要來生福報?才不幹那個傻事。別說是人間,你要我做地球上的王我也不幹!你叫我去做天王,做摩醯首羅天王,我都不幹!為什麼?不出六道輪迴,這幹不得。你要不相信,打開歷史看看,歷代帝王,哪個帝王有好下場!你不就清楚了嗎!這些帝王一投胎再轉世,統統都墮落了。能夠再到人間變一個普通的人,那就算不得了,很難得了!所以這事實真相不能不清楚,清楚之後你的心就定了,我決定求生淨土,我要走這個路。我決定去親近阿彌陀佛,到極樂世界證得究竟圓滿的菩提。再到這個世間來,那就是佛菩薩乘願再來,這個好,不迷惑不顛倒,不會幹壞事,不會墮落。我們這一生遇到這麼好的一個機會,要換取來生大富大貴,錯了,你拿黃金買一塊糖吃,就這個意思。這個事情怎麼能幹!黃老說這個話,傳到我耳朵裡,也是提醒我,不能幹傻事。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五二一集)  2011/8/3  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0521