Kami pernah dengar dari paranormal, mereka pernah melihat ada orang yang di belakangnya terdapat sejumlah besar musuh kerabat penagih utang yang mengikutinya, orang ini hidup dengan begitu susah dan tampak kelelahan.
Dia tidak tahu mengapa dia begitu keletihan, ternyata di belakangnya ada sejumlah musuh kerabat penagih utang sedang mengikutinya. Bekerja itu walaupun melelahkan, apabila dilakukan dengan perasaan sukacita pasti tidak terasa capek, tetapi jika di belakang ada sejumlah musuh kerabat penagih utang sedang membuntuti, apakah masih bisa gembira?
Bila dibuntuti oleh sejumlah besar musuh kerabat penagih utang, pasti akan memengaruhi suasana hati jadi jelek. Maka itu kita perlu bertobat, terhadap karma yang dilakukan saat kini, diri sendiri pasti mengetahuinya, dalam hati memahaminya, harus bertobat.
Sedangkan karma yang dilakukan pada masa kehidupan lampau, walaupun kita tidak mengetahuinya, namun pasti ada, bahkan banyak sekali, bila kita senantiasa dapat berpikir sedemikian rupa adalah hal yang bagus, apa alasannya?
Setiap hari melafal Amituofo, membaca Sutra, melakukan kebajikan, semua jasa kebajikan ini dilimpahkan kepada semua makhluk, berdoa semoga semuanya kembali ke jalan yang benar, bersama-sama melafal Amituofo dan bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, bagus!
Dendam yang tidak terurai, bukan hanya merintangi kita mencapai pencerahan, namun juga dapat menghalangi upaya kita terlahir ke Alam Sukhavati. Makanya kedua belah pihak juga sangat sengsara, jadi buat apa harus bermusuhan?
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Agustus 2011
我們遇到有通靈的人,他們有這個特異功能能看到,看到有人後頭冤親債主一大堆跟著,這個人活得很辛苦,好像很累。他不知道為什麼會這麼累,後頭一大堆冤親債主跟著他。工作固然累,如果歡喜心做工作不累,後面跟著一大堆還能歡喜得了嗎?這一大堆跟著我們肯定影響情緒,你心情不好。所以我們懺悔,現前造的業,自己知道,心裡有數,要懺悔。過去生中造的不知道,但是自己想想,雖然不知道,肯定有,不但有而且很多,我們常常能做這樣想是好事情,為什麼?每天念佛、誦經、做好事,都能迴向跟大家分享,以這個功德供養大家,希望大家都能回心轉意,大家一同念佛求生淨土,好!怨恨不能化解,不但障礙我們開悟,它會障礙我們往生。所以,彼此雙方都痛苦,何必?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五二四集) 2011/8/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0524
Dendam yang tidak terurai, bukan hanya merintangi kita mencapai pencerahan, namun juga dapat menghalangi upaya kita terlahir ke Alam Sukhavati. Makanya kedua belah pihak juga sangat sengsara, jadi buat apa harus bermusuhan?
Setelah memahami kebenaran ini, semakin orang itu tidak suka padaku, semakin saya menghormatinya. Orang yang menfitnah diriku, mengkritik diriku, mencelakai diriku, tak peduli siapa yang benar, siapa yang salah, saya tetap memperlakukan semua orang dengan hati yang tulus, barulah simpul ini dapat terurai.
Jika tidak berani menghadapi kenyataan, merasa malu, tidak berani mengakui kesalahan diri sendiri, ini masalah harga diri. Baiklah, kalau lebih mementingkan harga diri, maka kelak jatuh ke tiga alam penderitaan menjalani siksaan, mengapa bisa jatuh ke tiga alam rendah? Harga diri lebih penting, makanya kerugian yang diderita alangkah besarnya.
Musuh kerabat penagih utang tidak sanggup melepaskan (menghapus) kebenciannya, namun kami dapat melepaskannya, setiap hari melimpahkan jasa kebajikan kepada mereka.
Ketika bersua dengan mereka, kita harus bersikap ramah, rendah hati, menghormati, tak peduli bagaimana pun sikapnya, kita tetap menunjukkan ketulusan hati, beginilah yang disebut melatih diri.
Memperbaiki tindakan kita yang salah, memperbaiki pemikiran kita yang salah, inilah yang disebut sebagai melatih diri.
Setiap hari melakukan namaskara seribu kali, mengulang membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” sebanyak 10 buku, melafal Amituofo sebanyak 10 ribu kali, tidak ada gunanya, hatimu tidak suci, di dalam hatimu masih ada kebencian, batin tidak seimbang, masih terdapat kekotoran batin dan tabiat, mana boleh?
Tempo dulu Master Zhangjia memberitahukan padaku, “Buddha Dharma menekankan pada spiritual dan bukan pada ritual”. Apa yang dimaksud dengan spiritual? Hati yang suci, setara, tulus, hormat, inilah spiritual, ditampilkan keluar pasti sikapnya juga sama.
Ada orang yang tidak tahu tentang tata krama, namun dia selalu bersikap hormat kepada siapapun, dia tidak pernah belajar tata susila, namun dalam hatinya selalu timbul rasa hormat, makanya ditampilkan keluar hasilnya adalah sikap hormat.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Agustus 2011
怨恨不能化解,不但障礙我們開悟,它會障礙我們往生。所以,彼此雙方都痛苦,何必?
明白這個道理,愈是跟我過不去的人,我對他愈要恭敬。毀謗我的人、批評我的人、陷害我的人,不管是非對錯,他錯、我對,不管這些,統統要以真誠心來對待,這個結才能解得開。如果迴避,不好意思,自己曉得錯也不敢承認,面子問題。那好了,面子問題將來你就到三惡道去受罪,為什麼墮三惡道?面子放不下,這虧吃大了。這些冤親債主他放不下,我們放下,他沒有放下,我們每天給他迴向,我們在佛前給他供長生牌位,我們能盡心做到的統統做到,這就對了。見面我們一定很客氣,謙虛、恭敬,不管他什麼態度,我們表達自己的誠意,這叫修行。修正我們自己錯誤的行為,修正我們自己錯誤的觀念,叫真修行。每天拜一千拜,念十部《無量壽經》,念一萬聲佛號,不管用,你心不清淨,心裡還有怨恨、還有不平、還有煩惱習氣,這怎麼行?早年章嘉大師告訴我,「佛法重實質不重形式」。什麼叫實質?內心的清淨、平等、真誠、恭敬,這實質。果然誠於中必定就形於外,不懂禮節,他也是很恭恭敬敬,他沒有學過,因為他內心真的誠敬自然表現在外面。經上講善惡因、禍福果,追命所生,這跟著你;將來果報,或在樂處,這三善道,或入苦毒就三惡道,全都在眼前。佛在經上提醒我們,讓我們細心觀察,統統在眼前,看清楚、看明白了,回光反照,想想自己有沒有?有則改之,無則嘉勉,這叫修行。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五二四集) 2011/8/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0524
Melihat orang lain memiliki keunggulan, perasaan iri hati langsung muncul, hati yang pongah juga timbul, kebencian dan menfitnah. “Dia melakukannya lebih baik daripada diriku, saya tidak sebanding dengannya, saya tidak sudi mengalah, apa hebatnya dia itu?” Makanya dengan niat buruk melemparkan fitnahan. Berharap dapat merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri. Niat pikiran yang timbul, tidak pernah memikirkan kepentingan orang lain.
Masa lalu-ku cukup memprihatinkan, tidak punya pahala, hanya memiliki sedikit niat pikiran yang baik, sepanjang hayatku tidak pernah iri hati pada orang lain. Ketika melihat orang lain kondisinya lebih bagus daripada diriku, saya memuji dan ikut bersukacita.
Orang ini memiliki kebijaksanaan yang melampaui diriku, lebih berbakat dan lebih berprestasi, dia menimbun berkah dan menciptakan berkah di dunia ini, saya ikut bersukacita, turut menikmati berkahnya. Dalam benakku timbul perasaan berterima kasih padanya, takkan timbul iri hati.
Demikianlah secuil berkah yang saya miliki mengantarku mengenal Buddha Dharma, sehingga memahami kebenaran. Dari secuil berkah ini, perlahan-lahan tumbuh berkembang, kami memiliki sedikit kemampuan guna menimbun berkah.
Kemudian kami jadi tercerahkan, ternyata cara terunggul untuk menimbun berkah adalah membantu para makhluk supaya ikut tercerahkan, yakni karir yang digeluti oleh para Buddha dan Bodhisattva.
Sebelum mencerahkan orang lain, terlebih dulu diri sendiri mesti tercerahkan. Jika diri sendiri belum tercerahkan, bagaimana bisa mencerahkan orang lain? Lantas bagaimana caranya supaya tercerahkan? Melepaskan kemelekatan maka tercerahkan, inilah yang disampaikan Master Zhangjia kepada diriku.
Mesti melepaskan (menyingkirkan) kekotoran batin, melepaskan segala kekhawatiran, melepaskan segala kecemasan, melepaskan segala tabiat jelek.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Agustus 2011
以下正明盜惡。『見善憎謗,不思慕及』。看到別人的好處,嫉妒心生起來,傲慢心生起來,憎恨、毀謗。不是不知道那個事情好、人好,知道,他做得比我好,我不如他,我不服氣:他有什麼了不起?於是就惡意毀謗。所以「見人之善,無敬慕之心反生憎惡,妄加誹謗,如是之人則無善念與善行」。「胸懷之中,常是侵奪之心」。悕望「唯思損人利己」,故云『悕望他利,用自供給』。起心動念都是這樣的,沒有想到別人。我這個一生來到世間確實是很可憐,一點福報都沒有,只有一點點這些善念,我一生不嫉妒人。我看到人家比我好,我讚歎、我歡喜,我的想法跟別人不一樣。這個人有智慧,多才多藝,他在這個世間造福,修福造福,我們在享他的福。我們對他有感恩的心,不會生嫉妒。就這麼一點點小福,小福報遇到佛法,這才真的明白了。從這一點點小福,慢慢讓它增長,我們自己也有點能力去修福。然後真正覺悟,修福裡頭第一殊勝的,就是幫助眾生覺悟,諸佛菩薩幹的事情,不是別的福,幫助人覺悟。幫助人覺悟,首先自己覺悟。自己沒有覺悟,怎麼能幫助別人?怎樣才能覺悟?放下就覺悟,這是章嘉大師教給我的。要放下煩惱、要放下牽掛、要放下憂慮、要放下一切不善的習氣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五二四集) 2011/8/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0524