Friday, November 20, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011 (Bgn 8)

 

  

Kalimat berikutnya dari Sutra Usia Tanpa Batas Bab 41 adalah :

Kalian lihatlah manusia yang diliputi kedunguan ini, tidak menanam akar kebajikan, namun dengan pengetahuan duniawi menambah pandangan dan pemikiran sesatnya. Orang demikian setiap hari menciptakan karma buruk, bagaimana mungkin dapat terbebas dari penderitaan tumimbal lahir?”

 

Bait sutra ini memiliki makna yang sangat mendalam dan luas.  Di sini dikatakan “Kedunguan yang lebih mendalam“, mengapa demikian? “Oleh karena tidak menanam akar kebajikan”.

 

Apa yang dimaksud dengan akar kebajikan? Alobha (tidak tamak), Adosa (tidak benci), Amoha (tidak dungu), inilah yang disebut sebagai tiga akar kebajikan.

 

Jadi apa yang dimaksud dengan tidak menanam akar kebajikan? Tidak menanam akar kebajikan berarti serakah, murka dan dungu, tiada henti-hentinya membangkitkan pikiran lobha, dosa, moha.

 

Dengan menggunakan kepintaran dan pengetahuannya, dia menjadi pongah. Dia memiliki kecerdasan tetapi tidak memiliki kebijaksanaan. Kebijaksanaan (prajna) diperoleh dari melatih sila, samadhi dan prajna.

 

Selain cerdas dia juga ahli debat sehingga merasa pongah dan hebat, merasa diri sendiri lebih berprestasi daripada orang lain, orang lain tak sebanding dengan diriku.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

 

再看底下這一段經文:

  【汝見愚痴之人。不種善根。但以世智聰辯。增益邪心。云何出離生死大難。】

  這一段文的意思很深很廣。念老在這裡註子,「右文所指,更甚前者,前者修善,但求世福,故不能出輪迴」。這個地方講的,「愚痴更甚」。為什麼?「不種善根」。這句話要注意,什麼叫善根?不貪、不痴、不瞋,叫三善根。不種善根是什麼?不種善根就是搞貪瞋痴,無止境的來發展貪瞋痴,這還得了!你看「反恃世智聰辯」,用他的聰明、知識,這個智是知識,沒有智慧,智慧從戒定慧裡產生的,他有世智聰辯,世間的聰明、世間的辯才,「驕慢自大」,驕傲、我慢,自己以為在人之上,別人都不如我。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558

 

 

 

 

“Tidak membangkitkan keyakinan benar”, terhadap ajaran insan suci dan bijak tidak percaya, terhadap nasehat Ayahbunda juga tidak percaya, pongah, bukan hanya memandang rendah pada orang lain, bahkan terhadap Ayahbunda sendiri juga meremehkannya.

 

Orang begini benar-benar ada, kami pernah melihatnya. Ayahbunda-nya tidak banyak mengecap pendidikan, dengan susah payah membesarkan anaknya, hidup berhemat demi menyekolahkannya, syukurlah anak ini pintar sekolah, tamat kuliah dan meraih gelar doktor, usai itu pulang dan apa yang terjadi selanjutnya?

 

Memandang rendah pada Ayahbunda-nya, meremehkan Ayahbunda tidak kaya pengetahuan. Ketika teman-temannya bertamu ke rumahnya, bertanya siapakah dua lansia yang berada di rumahnya, dia menjawab kedua lansia itu adalah pembantu rumah.

 

Dia tidak mengatakan sepasang lansia itu adalah Ayahbunda-nya, seolah-olah kehadiran Ayahbunda-nya memalukan dirinya, dia kehilangan harga diri, makanya dia mengatakan mereka itu adalah pembantu rumahnya, bayangkan betapa sakitnya hati Ayahbunda!

 

Beginilah kondisi masyarakat sekarang, sudah tidak tahu lagi berbakti, tidak tahu lagi berterima kasih. Maka itu sungguh merupakan “Membantu menumbuhkan hati sesat”.

 

Tidak tahu bahwa kecerdasan duniawi dan pintar berdebat merupakan salah satu dari “Delapan kondisi sulit untuk belajar Buddha Dharma” yakni insan yang tidak memiliki kebijaksanaan.

 

Apa yang dimaksud dengan “Delapan kondisi sulit untuk belajar Buddha Dharma”? Yakni anda tidak memiliki kesempatan bersua dengan Buddha Dharma, meskipun telah bersua, anda juga tidak sanggup membangkitkan keyakinan, melihat insan yang belajar Ajaran Buddha, anda malah bilang ini adalah kepercayaan takhayul, menolak mentah-mentah, maka itu ajaran insan suci dan bijak, Tri Ratna (Buddha, Dharma, Sangha) tidak berjodoh denganmu, orang begini merupakan orang yang paling kasihan di dunia ini.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

Delapan kondisi yang tidak menguntungkan untuk menjalani kehidupan suci :

http://daunbodhi.blogspot.com/2016/03/mengenalistilah-dharma.html

 

Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan :

http://sekuntumlotus.blogspot.com/

 

 

「不生正信」,對聖賢教誨不相信,對父母教誨不相信,傲慢,不但瞧不起別人,連父母都瞧不起。這種人真有,我們見到過。父母沒有什麼文化,辛辛苦苦把小孩培養出來,省吃儉用讓他讀書,讀書讀得不錯,大學畢業了,拿到博士學位,回來怎麼樣?瞧不起父母,父母沒知識,瞧不起。朋友到家裡來,問他家裡的人,這家裡的傭人,他不說是他的父母,好像說是他的父母丟他的人,他沒有面子,說是家裡的傭人,你說父母多傷心!這現在的社會,完全不懂得孝順、不懂得感恩。所以,真的是「助長邪心」。「不知世智辯聰,正是八難之一」。這個難是什麼?難是你遭難了。八難,佛法裡頭常講的三途八難,這個八難是什麼意思?你接觸不到聖賢教誨,你遇不到三寶,縱然遇到也等於沒有遇到,為什麼?你不相信,遇到了佛菩薩,那是迷信,兩個字就把它排斥、拒絕了,所以聖賢教育、三寶的教育跟你就沒有緣了,這是世間最可憐的人。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558