Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 41 terdapat sebuah petikan sebagai berikut :
“Andaikata ayahbunda, suami isteri, pria wanita dan sanak saudara menasehati orang ini agar memutuskan lingkaran tumimbal lahir, namun karena pikiran sesat, diskriminasi dan kemelekatannya begitu berat, menguasai dan mengendalikan dirinya, sehingga tak mampu melepaskan diri. Maka itu terus berputar di lingkaran tumimbal lahir, dan tak terbebaskan”.
“Pikiran sesat, diskriminasi dan kemelekatannya begitu berat, menguasai dan mengendalikan dirinya”, merupakan akar dari enam alam tumimbal lahir, yang juga berarti benih sebab dari enam alam tumimbal lahir.
Di dalam ajaran sutra sering disinggung tentang “Kekotoran batin pandangan dan pemikiran”. Kekotoran batin pandangan adalah pandangan yang keliru, anda memandang segala sesuatu di dunia ini sebagai nyata adanya, padahal sesungguhnya adalah semu. Kekotoran batin pemikiran adalah cara berpikir anda telah keliru, ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan dan kecurigaan, ini adalah pemikiran anda yang keliru, di dalam jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) tidak ada hal sedemikian rupa, di dalam Dharmakaya juga tidak ada hal sedemikian rupa, lima racun tersebut merupakan pemikiran yang keliru.
Pandangan yang menganggap tubuh ini adalah aku, Pandangan Dualisme, Opini atau prasangka sendiri, semua ini merupakan pandangan salah, anda telah memandang secara keliru. Di dalam Dharmakaya tidak ada hal begini, semua ini merupakan kekeliruan anda sendiri, sungguh merupakan apa yang ditabur itulah yang dituai, tidak ada kaitannya dengan orang lain.
Oleh karena di dalam hati sejati tidak ada hal sedemikian rupa, pandangan keliru tersebut adalah khayalan semu, namun oleh karena kemelekatan sehingga dia timbul, terpisah dari diskriminasi dan kemelekatan, pandangan salah tersebut takkan ada, selama anda tidak bersedia melepaskan (menyingkirkan)-nya, anda takkan berdaya melampaui enam alam tumimbal lahir.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011
Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas :
http://sutrausiatanpabatas.blogspot.com/
「邪見業王未能捨離」,這八個字就是六道輪迴的根,六道輪迴的因。經教裡面常講的見思煩惱,見是見解錯誤,也就是說你看錯了,你把世間一切法看得當真,錯了,不是真的,思惑是你想錯了,貪瞋痴慢疑是你想錯了,自性裡頭根本沒有這個東西,法性裡頭沒有,法相裡頭也沒有,完全是錯誤的思想。身見,邊見,見取見、戒取見這是成見,也是錯誤的,你看錯了,也是法性、法相裡頭都找不到,完全是你自己搞錯了,真叫自作自受,與什麼人都不相干。為什麼?心性、法相裡頭統統沒有,徹底的虛妄,就是因為你分別執著,它出來的,離開分別執著它沒有,這叫邪見業王,你只要沒有把它放下,你就沒有辦法超越六道輪迴。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五五八集) 2011/8/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0558
“Dikarenakan pandangan sesat sehingga tidak mampu membangkitkan keyakinan benar”, apa yang disebut sebagai tidak mampu membangkitkan keyakinan benar? Yakni segala kebenaran yang terjalin dengan kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati), anda tidak memercayainya. Maka itu pandangan sesat adalah raja dari segala karma buruk”.
Ini merupakan masalah besar! Pandangan salah lebih parah daripada pemikiran salah, tetapi lebih gampang dipatahkan, sedangkan niat pikiran yang salah, ibarat kata pepatah “Akar Teratai yang dipatahkan masih menyisakan benang halus”, sungguh sulit diputuskan, yakni ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, keraguan, sungguh sulit diputuskan, ini adalah “Pandangan yang menganggap tubuh ini adalah aku”, sedangkan “Pandangan Dualisme” lebih gampang diputuskan. (Pandangan Dualisme adalah membeda-bedakan kaya miskin, cantik jelek, pintar bodoh dsb).
Maka itu ketika “Kekotoran Batin Pandangan” berhasil dilenyapkan tercapailah Srotapanna (tingkat kesucian pertama dari empat tingkatan kesucian dalam Mazhab Theravada), maka itu Srotapanna dalam Buddha Dharma diakui memiliki pandangan benar, terhadap seluruh ajaran sutra yang dibabarkan Sang Buddha, dia mampu membangkitkan keyakinan benar.
Kita masih belum mencapai kondisi batin sedemikian rupa, makanya keyakinan kita terhadap Buddha Dharma masih belum dapat disebut sebagai keyakinan benar. Apa alasannya? Belum mencapai standar keyakinan benar, keyakinan benar adalah tanpa keraguan sama sekali.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011
Tiga Kelompok Kekotoran Batin :
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2011 (Bgn 1)
https://keseimbanganbatin2.blogspot.com/2020/07/kutipan-ceramah-master-chin-kung-17-mei.html
「以邪見故」,邪見是見惑,「不生正信」,什麼是不生正信?與性德相應的一切法,你不相信它。「故此邪見實為諸惡業之王」,稱它為「邪見業王」。這個事情麻煩!錯誤的見解比錯誤的思想嚴重,但是它比較好斷,那個錯誤的念頭,叫藕斷絲連,很不好斷,那就是貪瞋痴慢疑,不好斷,這個身見、邊見比較容易斷。所以見惑斷了就證須陀洹果,須陀洹才是佛法裡承認的正見,對於佛的經教他真信,叫正信。我們還沒有證到這個境界,我們對佛教的信都不能叫正信。為什麼?達不到正信的標準,正信是不懷疑。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五五八集) 2011/8/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0558
Kita sekarang memiliki keyakinan namun di dalam keyakinan kita masih mengandung keraguan, dalam waktu keseharian, menghadapi beragam cobaan dan godaan, keraguan dan kekhawatiran kita masih berlapis-lapis, tidak tahu bagaimana cara menghadapinya, di satu sisi memohon bimbingan pada Buddha dan Bodhisattva, namun di pihak lainnya juga meminta petunjuk dari setan dan malaikat, perilaku beginilah yang disebut sebagai tidak yakin!
Kalau sudah benar-benar yakin, buat apa lagi anda pergi mencari-cari hal begini? Tidak perlu lagi. Insan yang memiliki keyakinan benar, hatinya adalah teguh tak tergoyahkan, kesucian hatinya muncul ke permukaan, inilah keyakinan benar, tiada keraguan sama sekali.
Hari ini kita bahkan tidak yakin pada diri sendiri, setengah percaya setengah tidak, terhadap Buddha dan Bodhisattva juga setengah percaya setengah tidak, sehingga hidup dengan begitu merana.
Kita tidak dapat mencicipi kebahagiaan Dharma. Saat mendengar ceramah dapat memahami satu bagian lalu merasa amat bersukacita, namun usai itu kembali lagi seperti semula, murung dan pesimis, sukacita tersebut tidak sanggup dipertahankan. Apa sebabnya?
Oleh karena tidak memperoleh sukacita yang sesungguhnya, hanya dapat mencicipinya sesaat. Jika benar-benar telah memperoleh sukacita Dharma, takkan kehilangan lagi, senantiasa dapat membangkitkan perasaan sukacita; khayalan, perbedaan dan kemelekatan takkan ada lagi, hal ini dapat tampak dari penampilanmu sehari-hari. Apa alasannya?
Tempo dulu masih hobi berperhitungan dengan orang lain, sekarang sudah tidak lagi, namun menuruti jodoh apa adanya, bersikap harmonis dan akur. Tempo dulu ketika bertemu orang lain, masih suka membeda-bedakan, orang ini saya suka, orang itu saya benci; sekarang sudah bersikap setara, tidak ada perasaan suka dan benci lagi.
Orangnya berubah, kondisi batin juga berubah, sikap mental juga berubah, ucapan dan tindakannya juga berubah, perlahan-lahan jaraknya semakin dekat dengan Buddha dan Bodhisattva.
Sebaliknya orang yang hobi berperhitungan, akan semakin dekat dengan siluman, mara dan setan jahat lainnya, semakin menjauh dari Buddha dan Bodhisattva.
Maka itu selama pandangan sesat itu masih ada, anda akan senantiasa berputar di dalam enam alam tumimbal lahir dan tidak dapat terbebaskan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011
我們現在的信裡頭有疑惑,日常生活當中,面對著內外的境界,疑慮重重,不知道怎麼去對付,求佛菩薩指教,求鬼神指教,這些舉動都是不信!如果正信了,你還去找外頭這些事情?不需要了。正信的人,心是定的,清淨心現前,正信,一點懷疑都沒有。所以我們今天對自己不相信,半信半疑,對佛菩薩也是半信半疑,所以活得很痛苦,那個法喜我們沒有享受到。聽經偶然聽了一點明白了,好像很歡喜,但是幾分鐘過後就沒有了,這種喜悅不能常常保持。這是什麼原因?沒有真的得到,只是碰一下,接觸到,沾了一點邊。真正要是得到,你就不會失掉,真是常生歡喜心,你的妄想分別執著真沒有了,在你日常生活中能看見。為什麼?過去什麼都計較,斤斤計較,現在怎麼樣?不計較了,很隨和;以前見到人,這個喜歡,那個討厭,現在沒有了,討厭的人也喜歡了,他就變了,境界就變了,心態、言語、動作全變了,逐漸逐漸跟佛菩薩接近了。斤斤兩兩計較的,那是跟妖魔鬼怪接近,那不是跟佛菩薩。所以只要邪見業王在,你就『常處輪迴,而不自在』,出不了六道輪迴。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五五八集) 2011/8/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0558