Tuesday, December 8, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 September 2011

 

 

Sutra Usia Tanpa Batas Bab 29 menyebutkan : “Mereka yang beralih menjadi pengajar dan penyelamat para makhluk, jumlah Mereka ini telah tak terhitung lagi. Semua makhluk yang terlahir ke Alam Sukhavati juga tak terhitung”.

 

Setelah kita mempelajarinya harus sanggup mengamalkannya, selain itu juga harus menyampaikannya kepada orang lain, meskipun cuma kepada satu orang atau dua orang saja, maupun banyak orang, kita membimbing mereka dengan penuh sukacita.

 

Maksud dari membimbing adalah dia sedang membimbing para makhluk yang berjodoh (yang meyakini Ajaran Sukhavati), agar Dharma ini dapat lestari dan berlangsung dari satu generasi ke generasi selanjutnya, alangkah besarnya jasa kebajikan ini!

 

Setiap bersua dengan siapa saja, asalkan dia bersedia menerima saran atau usulan kita, maka kita boleh menyampaikan padanya Ajaran Sukhavati. Sedangkan terhadap orang yang tidak kita kenal, kita cukup beranjali dan mengucapkan Amituofo kepada dirinya, hanya dengan sepatah Amituofo ini saja, sudah menyelamatkannya, sudah mewariskan Dharma ini kepada dirinya.

 

Begitu sepatah Amituofo melintasi indra penglihatan atau pendengarannya, tak peduli dia mau menerimanya atau tidak, namun di Alayavijnana (gudang kesadaran)-nya telah tertanam benih vajra yang selamanya takkan rusak.

 

Di depan pintu ditempel stiker Namo Amituofo, orang-orang yang melewati pintu rumah kita dapat membacanya, inilah yang dimaksud dengan menyampaikan Dharma kepada orang lain, inilah yang disebut dengan beralih menjadi penyelamat para makhluk, merupakan upaya kausalya dalam kehidupan keseharian.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 September 2011

 

Enam jenis kemampuan gaib :

http://daunbodhi.blogspot.com/2016/10/abhinna.html

 

 

「如《願力宏深品》」,這是前面二十九品,裡面有四句經文,「轉相教授,轉相度脫,如是輾轉,不可復計」。我們自己學了,學了要做,要教人,一個人也教,兩個人也教,多數人也教,歡喜教授。教是教導他,授是給他,把這個道理教給他,方法教給他。轉相度脫,他再教他的有緣人,世世代代傳下去,這個功德就大!我們自己沒有開悟,沒有天眼,我們也不認識哪個人可以傳,哪個人不可以傳,那就用平等心,只要見面,只要談得上話,就教給他。陌生人,合掌阿彌陀佛,這阿彌陀佛一句就教給他,就傳給他了。他聽見了,不管他願不願意聽,阿賴耶識裡種子種上了,金剛種子永遠不壞,我們都用這個方法。大門貼上南無阿彌陀佛,從這裡經過的人全都看到了,這是什麼意思?這就是為人演說,這就是轉相度脫,都在生活當中善巧方便。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七0集)  2011/9/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0570

 

 

 


“Ketahuilah bahwa menasehati semua makhluk untuk bersama-sama memasuki lautan tekad Ekayana Buddha Amitabha, barulah disebut sebagai tahu budi dan balas budi”.

 

Bagaimana upaya kita membimbing orang lain, bersukacita menyampaikannya kepada orang lain, menasehati semua makhluk supaya melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, oleh karena kita sangat jelas bahwa satu Jalan ini merupakan Jalan terdekat bagi para makhluk memperoleh penyelamatan.

 

Jalan ini mudah dan praktis serta aman dan cepat, bahkan pencapaiannya merupakan yang terunggul tiada bandignnya, terlahir ke Alam Sukhavati semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, sungguh istimewa.

 

Setelah memahami hal ini barulah kita tahu budi, ini merupakan budi kebajikan besar Buddha Amitabha kepada diri kita, sehingga diri kita yang selama kalpa tak terhingga berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, dalam sekejab mengetahui adanya penyelamatan Buddha Amitabha, sehingga berhasil melampauinya.

 

Lantas bagaimana cara kita membalas budi Buddha Amitabha? Dengan cara membawa (menuntun) lebih banyak orang ke Alam Sukhavati, inilah yang disebut sebagai balas budi.

 

Semakin banyak yang dibawa semakin bagus, dengan demikian barulah disebut sebagai membalas budi Buddha. Oleh karena tekad Buddha Amitabha adalah menyelamatkan semua makhluk, jasa kebajikan tak terhingga dari Buddha Amitabha telah mewujudkan Alam Sukhavati di penjuru barat, tujuannya adalah menjemput semua makhluk di seluruh jagat raya.

 

Setelah kita mengerti dan menerimanya serta memperoleh manfaatnya, hendaknya juga menyampaikan manfaat ini kepada orang banyak, sehingga mereka ikut belajar, membangkitkan keyakinan benar dan tekad menyeluruh, berniat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, menyempurnakan tekad Buddha Amitabha, inilah yang disebut sebagai membalas budi Buddha.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 September 2011

 

Catatan :

Ekayana berarti ajaran yang membimbing para makhluk dalam satu kehidupan mencapai KeBuddhaan

 

  「故知樂為人說,勸導一切眾生,同入彌陀一乘願海,方是知恩報恩之正行」。怎樣培養一個,喜歡跟人說、喜歡勸導一切眾生念佛求生淨土,因為我們很清楚、很明白,這一條路是一切眾生得度的捷徑。這一條路容易,簡單容易,穩當快速,而且成就無比殊勝,生到極樂世界皆作阿惟越致菩薩,太殊勝了。我們明白了,明白了才知恩,這是阿彌陀佛對我們的大恩大德,讓我們無量劫來,在六道裡搞生死輪迴無有出期,這一下知道阿彌陀佛,就能出來了。怎樣報阿彌陀佛的恩?多帶一些人去,這叫報恩。你帶去的人愈多愈好,只有這樣子真正能報佛恩。因為佛的本願是普度一切眾生,阿彌陀佛無量功德成就了西方極樂世界,是接引遍法界虛空界一切諸佛剎土裡的六道眾生,這是彌陀的本願。我們明白,我們接受,我們得到好處了,要把這個利益普遍告訴大家,讓大家一起來學習,真信真願,求生淨土,滿阿彌陀佛的本願,這叫真正報佛恩。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七0集)  2011/9/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0570

 

 

 

 

Hendaknya menyampaikan Dharma ini kepada orang lain, saya mengerti satu kalimat, maka saya sampaikan satu kalimat; saya mengerti dua kalimat maka saya sampaikan dua kalimat, bersukacita memberikan teladan dengan pengamalan nyata, hal ini sangat penting adanya. Mengapa demikian?

 

Maitri Karuna Buddha kepada semua makhluk adalah tanpa syarat. Membantu orang lain agar keluar dari enam alam tumimbal lahir, terbebas dari lautan penderitaan, terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha, harus memiliki niat hati sedemikian rupa.

 

Terutama terhadap musuh kerabat penagih utang, dia datang mencelakai diriku, saya mesti membantunya mencapai KeBuddhaan, begini barulah betul. Dia mencelakai-ku, saya juga balas mencelakainya, begini sudah salah. Kalau memiliki niat pikiran begini, maka nantinya sama-sama berputar di dalam enam alam tumimbal lahir, tiap kelahiran demi kelahiran saling balas membalas tiada usainya, sikap begini sudah salah, Buddha tidak mengajari kita demikian.

 

“Sutra Altar” menyebutkan “Seorang praktisi sejati takkan menemukan kekurangan atau kelemahan orang lain”. Mengapa manusia berbuat jahat? Oleh karena tidak ada yang mendidik-nya, ini sungguh memprihatinkan, sepanjang hayatnya tidak punya kesempatan bersua dengan Kalyanamitra Sejati, tidak bertemu dengan insan baik yang mendidiknya, sehingga dia jadi jahat, ini adalah tabiat dan bukan sifat aslinya.

 

Harus diingat bahwa sifat dasar semua makhluk adalah baik, meskipun jatuh ke Neraka Avici, namun sifat aslinya adalah baik; ular berbisa dan hewan buas juga sifat aslinya adalah baik, hendaknya memahami kebenaran ini, barulah hati Maitri Karuna dapat muncul ke permukaan, perasaan iba barulah bisa bangkit keluar.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 September 2011

 

「為他人說者」,一定要為別人說,我知道一句,就說一句;知道兩句,就說兩句,歡喜為人演說,這個很重要。為什麼?無緣大慈,同體大悲。幫助別人脫離三界六道,脫離苦海,往生極樂,親近彌陀,要有這樣的心願。特別是對自己的冤親債主,他來害我,我要幫助他成佛,這是對的。他害我,我也害他,錯了。這個念頭以後就是六道輪迴,冤冤相報沒完沒了,這錯了,佛不是這樣教我們的。大乘經上講得很好,《六祖壇經》上也說,「若真修道人,不見世間過」。世間人為什麼會造罪孽?會有那麼多過失?他是沒有人教他,這就很可憐,一生沒有遇到真正善知識,沒有遇到好人教他,他學壞了,那是習性,不是本性。一定要記住,一切眾生本性本善,阿鼻地獄眾生本性還是本善,毒蛇猛獸牠的本性也是本善,要明白這個道理,慈悲心才能夠生得起來,憐憫心也生起來。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七0集)  2011/9/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0570

  


 

 

Terhadap orang yang berbuat jahat, hendaknya kita merasa iba melihat dirinya, Buddha dan Bodhisattva juga memaafkan dirinya. Tetapi masalahnya terletak di mana? Hukum Karma tidak bisa mengampuni dirinya.

 

Melihat benih karma yang diciptakannya sekarang, kita tahu pasti ada akibat yang akan diterimanya kelak, timbul rasa iba di hati kita. Memikirkan cara bagaimana menyelamatkan dirinya, semoga siksaan yang akan dijalaninya, masa hukumannya dapat diringankan, lebih dini lahir ke alam baik dan bersua dengan Buddha Dharma.

 

Hendaknya kita menggunakan hati begini dalam memperlakukan semua makhluk. Jika dapat berpikir demikian, maka Tathagata pasti memberkatimu. Bukan hanya Buddha Amitabha yang memberkatimu, namun semua Buddha yang tersebar di sepuluh penjuru juga ikut memberkatimu.

 

Oleh karena praktisi ini memiliki kekuatan keyakinan yang besar, apa yang diyakini-nya? Dia yakin pada ajaran para Buddha Tathagata, dia yakin pada “Sutra Usia Tanpa Batas”, dia dapat memahami ajaran para Buddha, menerima, meyakini dan mengamalkannya sesuai dengan ajaran, maka itu dia memiliki kekuatan keyakinan yang besar.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 September 2011

 

對於一切造作不善的,要生憐憫心看他,佛菩薩原諒他,我們當然原諒他。可是麻煩在哪裡?因果不會原諒。看到他現前將來受因果報應,我們的憐憫心就生起來。要想方設法去幫助他,去超度他,希望他受苦受難的時間縮短,減輕,早生善道,遇佛聞法。我們要用這樣的心態對待一切眾生。能如是行,那就是像這經上所說的,「如來則為以衣覆之」,如來穿的衣蓋在你身上,對你的護念,對你的加持。「又為他方現在諸佛之所護念」,不但阿彌陀佛護念你,十方一切諸佛都護念你。「是人有大信力」,他真有大信力。他信什麼?他信諸佛如來的教誨,他信《無量壽經》,他能夠理解佛陀教誨,依教奉行,所以他有大信力。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七0集)  2011/9/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0570