Di
sepuluh penjuru alam, bila ada orang yang setelah mendengar nama Buddha
Amitabha, mendengar “Sutra Usia Tanpa Batas” atau “Amitayurdhyana Sutra”, atau “Amitabha
Sutra”, lalu timbul niatnya terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan
berguru pada Buddha Amitabha, maka di Kolam Tujuh Mustika akan tumbuh sekuntum
Bunga Teratai.
Bunga
Teratai ini masih belum bermekar. Semakin kuat keinginannya terlahir ke Alam
Sukhavati, semakin kokoh keyakinan dan semakin bulat tekadnya, semakin tekun
dia melafal Amituofo, maka Bunga Teratai ini kian hari kian bertambah besar.
Maka
itu kuntum-kuntum Bunga Lotus di permukaan Kolam Tujuh Mustika ada yang
berukuran besar dan ada yang kecil, warnanya juga tidak serupa. Apabila si
praktisi jadi mundur hatinya, beralih mempelajari pintu Dharma lainnya, maka
Bunga Lotus ini akan mengerut dan layu.
Satu-satunya
fenomena di Alam Sukhavati yang mengalami muncul dan lenyap, hanyalah di Kolam
Tujuh Mustika. Oleh karena Bunga Teratai merupakan niat hati para makhluk di
sepuluh penjuru alam, bukanlah niat hati Buddha Amitabha.
Buddha
Amitabha hanya menyediakan Kolam Tujuh Mustika, kuntum-kuntum Bunga Lotus
merupakan wujud dari niat pikiran para makhluk itu sendiri.
Bahkan
di dalam Sutra juga disebutkan dengan jelas bahwa pada setiap kuntum Bunga
Lotus terukir nama si praktisi, jadi takkan terjadi kesilapan, meskipun
terdapat marga yang sama dan nama yang sama juga takkan terjadi kesilapan.
Di
sepuluh penjuru alam, para makhluk yang bertekad terlahir ke Alam Sukhavati,
jumlahnya terlampau banyak, tiap menit dan detiknya takkan terputus.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 8 April 2011
十方世界有一個人聽到彌陀名號、聽到《無量壽經》,或者是《觀無量壽佛經》、小本《彌陀經》,心嚮往之,心裡面想往生極樂世界,想親近阿彌陀佛,寶池裡就生一朵蓮花,這蓮花沒開。他求生的心愈懇切,真信切願,念佛念得很勤,這個花就一天比一天大。所以,蓮池的花大小不一樣,顏色不一樣。如果這個念佛的人退心,改學別的法門,這花就枯掉。所以這個花有落,怎麼會落掉?退心,不想來了,花就謝了。
這是在極樂世界,只有七寶池的蓮花看到好像有生有滅,其他的一切萬物看不到生滅,沒有生滅相。因為蓮花是十方世界眾生他們的心念,不是阿彌陀佛的心念。阿彌陀佛只提供七寶池,蓮花是每個眾生自己的意念,意念的成就。而且經上跟我們講得很清楚,蓮花上都有自己的名字,絕對不會錯誤,同名同姓也不會錯誤,決定對得上號,不會搞錯。十方世界往生西方淨土的人太多太多了,分分秒秒都不間斷。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六七集) 2011/4/8 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0367
Para
makhluk era kini sulit diselamatkan, makna kata diselamatkan ini, dengan
perkataan sekarang adalah membantu, zaman sekarang para makhluk sulit dibantu.
Mengapa demikian?
Mereka
takkan menerimanya, takkan memercayainya, apa daya kita; terkecuali kalau dia
bersedia menerimanya, dia dapat memercayainya, barulah kita dapat membantunya.
Makanya
kita bilang menuruti jodoh membantu apa adanya. Jangan terlampau serius dan menganggap
bahwa saya sedang membantu orang lain, mengapa demikian? Diri sendiri saja
belum berhasil, bagaimana bisa membantu orang lain!
Sang
Buddha mengungkapkannya dengan jelas di dalam Sutra, diri sendiri belum
berhasil tetapi ingin membantu orang lain, manalah mungkin, tidak ada aturan
begini; pastinya adalah menyelamatkan diri sendiri terlebih dulu, barulah
kemudian menyelamatkan orang lain.
Zaman
sekarang dimana bencana merajalela, baik di dunia maya maupun media informasi
lainnya beredar banyak ramalan, kita tidak boleh memandang berat padanya, yang
penting adalah bagaimana cara kita menghadapi jika bencana tersebut benar
terjadi.
Umumnya
mereka hanya merekomendasikan seperti yang diusulkan oleh Gregg Braden (penulis
Amerika) yakni menghapus kejahatan menimbun kebajikan, mengubah kesesatan
menjadi kebenaran, meluruskan niat pikiran.
Aliran
Sukhavati mengajarkan kita untuk melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah
Suci Sukhavati. Asalkan anda membangkitkan keyakinan benar, tekad benar,
mengerahkan segenap hati guna melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci
Sukhavati, maka bencana apapun akan terurai.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 8 April 2011
現在眾生難度,這個度是什麼意思?我們用現代的話來說,就是幫助、協助,現在眾生很難幫助他。為什麼?他不接受、他不相信,這就沒法子;他肯接受、他能相信,這就幫上了。所以說度一個算一個。不要有心,我去幫助人,為什麼?自己沒成就,自己沒有成就怎麼能成就別人!佛在經上講得很好,自己沒有成就而想幫助別人成就,是無有是處,沒這個道理;決定是自度,然後你真正能度人。在災難現前,網路、靈媒、預言、科學家透給我們許許多多的信息,我們接應不暇。預言不要重視它,重視什麼?重視他用什麼方法應對,也就是用什麼方法對付這些災難。我們看了很多,絕大多數主張,就是美國布萊登所說的,斷惡修善、改邪歸正、端正心念。在佛法裡面都教我們念佛,念阿彌陀佛求生淨土。你真信、真願,一心一意念佛求生淨土,什麼災難都化解了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六七集) 2011/4/8 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0367
Aliran
Sukhavati mengajarkan kita untuk melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah
Suci Sukhavati. Asalkan anda membangkitkan keyakinan benar, tekad benar,
mengerahkan segenap hati guna melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci
Sukhavati, maka bencana apapun akan terurai.
Andaikata
dalam sebuah bencana, kita ternyata memiliki karma kolektif dengan para makhluk
lainnya, maka kita juga tidak dapat lolos dari bencana tersebut, anda akan
melihat Buddha Amitabha datang menjemputmu, dan terlahir di Alam Sukhavati.
Tiap
hari anda berharap dapat terlahir ke Alam Sukhavati, kini jadi kenyataan,
bukankah hal ini sungguh menggembirakan? Akhirnya saya dapat terbebas dari
lingkaran enam alam tumimbal lahir.
Selama
kalpa tak terhingga tak berdaya mengakhiri tumimbal lahir, kini bebaslah sudah,
sungguh merupakan hal yang paling membahagiakan!
Apabila
ternyata anda masih hidup, selamat dari bencana, berarti anda masih memiliki
misi yang harus diselesaikan, anda mesti menuntun para makhluk untuk kembali ke
jalan yang benar.
Setelah
kejadian bencana berlalu, umumnya manusia akan menjadi orang baik, mereka akan
mulai membangkitkan keyakinan, memahami dan mengamalkan, setiap orang merupakan
insan bajik.
Makanya
setelah bencana berlalu dan anda masih menetap di dunia ini, juga merupakan hal
yang bagus, namun lebih bagusnya lagi tentu saja dapat terlahir ke Alam
Sukhavati.
Lantas
apakah kita perlu mencari tahu kapan terjadinya bencana itu? Tidak perlu, kalau
ada orang yang menyampaikan padamu tentang ramalan bencana, cukup anggukkan
kepala saja (jangan langsung percaya, jangan pula disebarluaskan).
Yang
penting adalah melafal Amituofo dengan setulus hati, membulatkan tekad terlahir
ke Tanah Suci Sukhavati, maka segala masalah tuntas sudah. Pendirian itu harus
teguh, jangan mudah goyah, jangan mengetahui terlampau banyak, ini adalah
rintangan.
“Semakin
sedikit yang diketahui semakin sedikit kerisauan; semakin banyak kenalan
semakin banyak gunjingan”, tidak perlu mengenal banyak orang, juga jangan tahu
banyak hal, tidak perlulah.
Melafal
Amituofo dengan setulus hati, tiap hari mendengar ceramah Dharma, alangkah
bahagianya dapat melafal Amituofo, begini barulah betul.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 8 April 2011
在佛法裡面都教我們念佛,念阿彌陀佛求生淨土。你真信、真願,一心一意念佛求生淨土,什麼災難都化解了。
如果這個災難我們跟它有共業,災難臨到我們身上了,你就會看到阿彌陀佛在空中接引你,到極樂世界去了。每天夢寐所希求的,真求到了,你不開心嗎?生大歡喜,終於我脫離六道輪迴了。無始劫以來都沒辦法脫離,這個時候脫離,大喜事!如果你還有壽命,你在這個災難平安度過,還活在這個世間,一定有你的任務、有你的使命,你要幫助眾生回頭是岸。災難過後的眾生都是善人,他都會信,都能信、能解、能行,全是好人。所以災難來了,我們留下來是好事,往生更是好事。災難我們要不要知道?不需要,有人來說,點點頭,我知道。老實念佛,求生淨土,這問題就解決了。心要定,不要知道太多,知道太多就是障礙。知事少時煩惱少,識人多處是非多,不要認識很多人,也不要知道很多事,不需要。老實念佛,每天聽經、念佛多麼快樂,這就對了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六七集) 2011/4/8 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0367