Wednesday, December 2, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2011 (Bgn 6)

 

 

Inilah yang diajarkan oleh Guru Li, untuk menempatkan Buddha Amitabha di dalam hati kita, mengganti hati. Di dalam hati hanya boleh ditaruh Buddha Amitabha saja, selain Buddha Amitabha tidak boleh ada hal lainnya.

 

Buddha dan Bodhisattva mengajarkan kita hal serupa, Guru Sesepuh dan praktisi senior juga mengajarkan hal yang sama, saya pribadi juga selalu menggunakan kalimat tersebut guna menasehati orang lain, tetapi apakah saya sendiri telah mengganti hatiku? Tidak ada.

 

Masih mendambakan “Avatamsaka Sutra”, ada begitu banyak umat yang meminta diriku menceramahkan “Surangama Sutra”, umat Buddha di Jepang meminta padaku supaya menceramahkan “Ksitigarbha Sutra”.

 

Inilah yang disebut tidak mengganti hati, di hati masih ada begitu banyak barang-barang ditaruh di dalamnya. Kini saya telah mengerti, usiaku sudah lanjut, tidak boleh belajar beraneka ragam lagi.

 

Maka itu, setelah ceramah sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) selesai, saya akan kembali mengulanginya lagi dari awal. Dalam hatiku cuma ada satu judul sutra ini saja, “Sutra Usia Tanpa Batas”, dan sepatah Amituofo, hidup sehari mengamalkan sehari, hal-hal bajik lainnya biarlah orang lain yang mewujudkannya!

 

Master Lianchi saat berusia lanjut, memfokuskan diri pada satu judul sutra yakni “Amitabha Sutra”, dan sepatah Amituofo. Beliau mengatakan, “12 bagian isi Tripitaka, biarlah orang lain yang tercerahkan darinya”, saya tidak berminat mempelajarinya lagi, 84 ribu metode pelatihan diri, biarlah orang lain yang melatihnya, saya hanya memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan dan satu judul sutra yakni “Sutra Usia Tanpa Batas”.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2011

 

這就是李老師講把阿彌陀佛放在我們心上,換心,就這個意思。我們心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼也沒有。

 

佛菩薩這樣教我們,祖師大德也是這樣教我們,我也是拿這句話常常勸別人,可是自己有沒有換過來?沒換過來。還想著《華嚴經》,很多人在要求,還有人要求我講《楞嚴經》,有人要求我講觀音三經,這過去都講過。日本那邊還要求我講《地藏經》。這是什麼?這就沒有換過來,還有這麼多拉雜東西在裡頭。現在我想通了,年歲大了,不能再亂七八糟搞了。所以,我這部經講完,從頭再講。我們心裡只有一部經《無量壽經》,只有一句阿彌陀佛,活一天幹一天,其他的東西很多,別人去幹吧!蓮池大師到晚年,就是一部《彌陀經》,一句佛號。他老人家提到的,「三藏十二部,讓給別人悟」,我不搞了,「八萬四千行」,八萬四千法門,「饒與別人行」,給你們大家去修去,我就死心塌地念阿彌陀佛,一部《無量壽經》。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五六一集)  2011/8/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0561

 

 

 

 

Sebagian besar waktuku digunakan untuk menceramahkan sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas), rata-rata sehari 2 jam, selanjutnya sehari 4 jam, 300 hari sudah bisa menyelesaikannya.

 

Saya menetapkan waktu 1200 jam sudah bisa menyelesaikan ceramah satu sutra ini dari awal sampai akhir, 300 hari, 10 bulan, selesai, bagus! Cara ini bagus sekali, saya tidak berminat bepergian ke mana-mana lagi, hidup sehari memberi ceramah sehari, hingga Buddha Amitabha datang menjemputku, begini barulah mempunyai pahala.

 

Lain halnya kalau bepergian ke sana kemari, sungguh sengsara, ini namanya tidak punya pahala. Tempo dulu Guru Li pernah menasehatiku, oleh karena waktu itu saya sering bepergian ke luar negeri memberi ceramah, Guru Li bilang, kamu ini tidak boleh begitu, meskipun hal ini guna menjalin jodoh Dharma yang luas, namun terhadap pelatihan diri sendiri tidak membawa manfaat baik.

 

Saya menjawab kekhawatiran Guru Li : Saya adalah insan yang kurang beruntung! Saya tidak punya vihara, makanya di mana ada orang yang mengundangku memberi ceramah, maka saya berangkat ke sana.

 

Namun demikian saya tidak pernah menghendaki uang sepeser pun dari orang lain, mereka mengundangku memberi ceramah, saya hanya butuh tiket pesawat pulang pergi, setibanya di tempat tujuan, saya minta dijemput.

 

Selama berpuluh-puluh tahun beginilah caraku, saya tidak menerima persembahan dana. Seluruh keperluan hidupku, sudah kalian persiapkan buat diriku, jadi apa lagi yang saya hendaki?

 

Maka itu jodoh Dharma jadi begitu unggul, mengapa demikian? Orang lain tidak menanggung beban biaya yang berat. Makanan dan tempat tinggal-ku juga apa adanya, menuruti jodoh, saya tidak memiliki permintaan atau syarat apapun, bagiku semuanya juga bagus.

 

Sekarang pemerintah Hong Kong menerbitkan izin tinggal tetap buat diriku, saya juga memiliki tempat hunian mungil, tidak perlu berkelana lagi. Semoga Tri Ratna memberkati wilayah Hong Kong bebas bencana, setiap tahunnya kita dapat membahas dan mengulangi penjelasan “Sutra Usia Tanpa Batas”.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2011

 

  這次講到,因為大部分的時間是一天講兩個小時,用了兩年的時間。往後,像現在一天四個小時,三百天就講完。這部經,我就把它定在一千二百個小時,三百天講完,十個月,好!這個辦法好。哪裡都不去了,活一天講一天,講到往生為止,這是真正有福報。到處跑很辛苦,沒福報。從前李老師曾經問過我,因為常常出國,他說,你這不是辦法,雖然是廣結法緣,對你自己沒有好處。我給老師講,我說:命苦啊!我沒有道場。沒有道場,哪裡請就哪裡去。以前是這樣的。我不要人家的錢,人家請我講經,只給我買機票就行了,就交通費用。我不要錢,機票送過來,到時候你們到飛機場去接我。我幾十年都是這個方式,我不收供養。生活所需你們都替我預備好了,我還要什麼?所以這樣法緣挺勝,為什麼?別人負擔很輕。我的衣食住行很隨便,很隨緣,沒有任何講求,什麼都好。現在難得,香港給我一個永久居留,我們有這麼個小地方可以落腳,不再走了。希望三寶加持,香港這個地區沒有災難。我們一年一部,《大經解》一年一部,都在這邊圓滿。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五六一集)  2011/8/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0561