Monday, August 31, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011 (Bgn 1)

 

 

Di dalam masyarakat sekarang ini, dua aksara yakni tulus dan hormat secara umum telah sirna, tidak tahu lagi apa yang dimaksud dengan ketulusan, juga tidak tahu lagi menghormati.

 

Hal ini juga tidak boleh menyalahkan kita, mengapa demikian? Sejak kecil tidak ada yang mendidik, makanya bagaimana anda bisa mengetahuinya! Dua aksara ini di dalam Dharma duniawi merupakan landasan untuk menjadi insan suci dan bijak, sedangkan di dalam Dharma non duniawi, merupakan faktor utama menjadi Buddha dan Bodhisattva.

 

Andaikata kita tidak memiliki ketulusan dan rasa hormat, bagaimana pun giat berusaha, tetap saja tidak mirip, tidak dapat mencicipi aroma Dharma. Oleh karena tidak berhasil mencicipi aroma Dharma, maka tidak sanggup membangkitkan keyakinan terhadap Buddha Dharma.

 

Jika dikatakan meyakini Ajaran Buddha, itupun terpaksa, jadi bukanlah keyakinan benar. Saya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, ucapan ini juga bukan nyata adanya. Mengapa demikian? Kemelekatan pada perasaan suka dan benci masih belum sanggup dilepaskan. Maka itu belajar Ajaran Buddha, kesulitannya terletak di sini.

 

Mengapa melafal Amituofo tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Orang yang melafal Amituofo itu sangatlah banyak, namun yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati itu sangat sedikit, kita amati dengan seksama, kuncinya terletak pada ketulusan dan rasa hormat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

Kisah Bodhisattva Sadaparibhuta :

http://gita-dharma.blogspot.com

 

 

在現前這個社會裡頭,誠敬兩個字普遍的失掉,不知道什麼叫誠,也不知道什麼叫敬。這樁事情不能怪我們,為什麼?從小沒有人教,那你怎麼會知道!這兩個字是世間法裡面成聖成賢、出世間法裡頭成佛成菩薩第一個因素,我們要是沒有,怎樣努力的學都學不像,法味嘗不到。因為嘗不到法味,對佛法的信心就不能建立。說信佛,實在講是很勉強的,不是真信。我願意求往生,這個話也不是真話。為什麼?這個世間一切情執放不下。所以,學佛難就難在這裡。念佛為什麼不能往生?念佛的人很多,往生的人很少,我們細心去觀察,關鍵就在誠敬。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487

 

 

 


Apa yang dimaksud dengan ketulusan? Yakni tidak menggunakan hati semu atau hati yang membeda-bedakan dan melekat. Siapa yang tidak menggunakan hati semu? Para makhluk di enam alam tumimbal lahir semuanya juga menggunakan hati semu.

 

Maka itu sutra mengumpamakan-nya dengan bagus, insan yang melatih diri itu ibarat telur ikan, insan yang mencapai pencerahan itu ibarat bulu Phoenix dan tanduk Unicorn, artinya sosok yang berharga dan langka.

 

Setelah kita memahami kebenaran ini dengan jelas dan dimengerti, memperbaiki tabiat jelek kita, barulah kita memiliki harapan. Hati semu, niat pikiran yang timbul, membeda-bedakan dan melekat adalah hati tumimbal lahir, dengan hati begini menangani urusan, menjalani kehidupan, melakukan pekerjaan, berinteraksi, pasti tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, walaupun melafal Amituofo juga tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir.

 

Hanya boleh dikatakan menjalin jodoh dengan Alam Sukhavati dan Buddha Amitabha, demikianlah adanya. Di dalam alaya-vijnana tertanam benih Alam Sukhavati dan Buddha Amitabha, praktisi senior tempo dulu mengibaratkan benih ini sebagai benih vajra, yang takkan rusak selama-lamanya.

 

Pada satu masa kehidupan ini tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, pada masa kelahiran-kelahiran mendatang ketika benih ini bertemu dengan faktor pendukung atau jodoh, apa yang dimaksud faktor pendukungnya? Ketulusan, kapan ketulusan hati itu muncul ke permukaan berarti jodoh telah masak, memiliki peluang terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Kita belajar ajaran sutra, tak peduli pintu Dharma manapun, juga memiliki kesempatan untuk memperoleh samadhi, mencapai pencerahan, menemukan kembali jiwa sejati. Jika tanpa disertai ketulusan hati maka harus menanti lagi. Maka itu mengapa dikatakan orang awam melatih diri mencapai KeBuddhaan harus melewati kalpa tak terhingga, alasannya terletak di sini.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

什麼是誠?誠跟真是一個意思,真誠!要用真心,不能用妄心。用真心的人跟性德就相應,用妄心的人不相應。妄心是什麼?分別執著、起心動念。想想看,誰不用這個心?六道裡面的有情眾生全都是用的這個心。所以經上的比喻說得好,修道的人像魚子一樣,成道的人鳳毛麟角。我們把這些事情搞清楚搞明白了,把我們的毛病修正過來,我們才有希望。妄心,起心動念、分別執著這是輪迴心,這種心用事,生活、工作、待人接物,決定出不了輪迴,念佛也出不了輪迴。只可以說跟極樂世界、跟阿彌陀佛結了個善緣,這是真的。在阿賴耶裡面,種下極樂世界阿彌陀佛的種子,這個種子古德有說,比喻為金剛種子,永遠不壞。這一生不能往生,來生後世遇到緣了,什麼緣?真誠,還是這個,什麼時候遇到真誠,這個緣就成熟了,往生就有分。我們研究經教,無論是哪個法門,八萬四千法門,哪個宗派,都有得三昧、開悟、明心見性之分,都有。如果沒有真誠心,那就再等。所以為什麼說凡夫修行成佛要經歷無量劫,原因就在此地。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487

 

 

 

 

Terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat, meskipun hanya bisa mencapai tanah suci tingkatan paling rendah sekalipun, juga memperoleh pemberkatan kewibawaan tekad agung Buddha Amitabha, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika.

 

Hal ini begitu unggul, sungguh hebat, siapakah Bodhisattva Avaivartika? Bodhisattva Avaivartika merupakan insan yang telah menemukan kembali jiwa sejati, mencapai KeBuddhaan.  

 

Yang juga berarti bahwa kita ini adalah orang awam, lalu terlahir ke Alam Sukhavati pada tingkatan paling rendah, namun keistimewaan apa saja yang kita nikmati di sana? Yakni menikmati segala keistimewaan Bodhisattva Dharmakaya.

 

Bodhisattva Avaivartika menikmati segala keistimewaan yang dinikmati oleh Mereka yang telah menemukan kembali jiwa sejati, mencapai KeBuddhaan.

 

Begini barulah disebut menikmati pahala, pahala yang sedemikian besarnya! Siapa yang memberimu pahala ini? Ketahuilah ini merupakan anugerah dari Buddha Amitabha kepada kita, dengan perkataan lain, kita menikmati pahala Buddha Amitabha. Keistimewaan ini hanya ada di Alam Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html

 

 

生到西方極樂世界,即使是凡聖同居土,我們去的,下下品往生,都得到阿彌陀佛本願威神加持,皆作阿惟越致菩薩。這個太殊勝了,真了不起,阿惟越致菩薩是什麼人?是明心見性的人,是見性成佛的人。也就是說我們是凡夫,生到極樂世界,凡聖同居土下下品往生,到極樂世界享受的是什麼待遇?是法身菩薩的待遇,阿惟越致菩薩,就是明心見性那些人的待遇。這是享福,那麼大的福報!這福報是誰給你的?要知道,阿彌陀佛賜給我們的,換句話說,是享阿彌陀佛的福報。這是十方世界裡頭沒有的,你查遍《大藏經》沒有這個講法,只有極樂世界有。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487