Tempo dulu ketika saya berada di Taiwan, ada seorang dosen yang mengajar di Universitas Nasional Taiwan, juga sedikit terkenal, ahli purbakala, sekarang telah meninggal dunia.
Dia pernah membaca “Sutra Intan”, dia memberitahukan padaku, Buddha Sakyamuni itu bicaranya tidak sesuai logika, satu “Sutra Intan” mirip dengan dua ember air yang dituang ke sana kemari, satu kalimat saja diulang hingga berkali-kali. Inilah ucapan yang dilontarkan seorang dosen.
Begitu mendengar perkataannya, kami langsung menyadari bahwa si dosen ini tidak memahami secara menyeluruh tetapi berani melontarkan kritikan, nyalinya cukup besar!
Tidak terpikir olehnya bahwa “Sutra Intan” di Tiongkok memiliki kewibawaan yang sedemikian besarnya, setiap generasi demi generasi berapa banyak orang yang mendalaminya, berapa banyak orang yang mempelajarinya, kalau ada orang seperti dirimu berani melontarkan kritikan, siapa lagi yang berminat membaca sutra ini? Anda tidak memahaminya, namun orang lain telah memahaminya.
Untuk memahami “Prajna Sutra” (sutra yang tergolong dalam kelompok Prajna Sutra contohnya Sutra Intan, Sutra Hati dsb) harus melenyapkan keakuan terlebih dulu barulah dapat memahaminya, si dosen masih belum mewujudkan tanpa aku, sebaliknya kemelekatannya pada keakuan justru begitu kentalnya.
Menekuni profesi sebagai dosen, pemasukannya tidaklah banyak, seharian dia sibuk berpikir bagaimana supaya memiliki penghasilan tambahan, akhirnya mengundurkan diri dari profesinya sebagai dosen, lalu membuka toko buku.
Dia sangat pintar, mencari beberapa orang dosen terkemuka, apa alasannya? Dosen hobi baca buku, banyak karya tulis sendiri yang ingin dipublikasikan, anda membuka toko buku, jadi saya publikasikan saja lewat toko bukumu, makanya dia menjadi bos toko buku. Ternyata hasilnya cukup lumayan, saya masih ingat setelah 7-8 tahun dia mengelola toko buku tersebut, berhasil meraup keuntungan yang banyak.
Lalu berinvestasi di bidang properti, saat itu kehidupan masyarakat Taiwan telah memasuki era modern, banyak apartemen berdiri di tengah kota, dia mampu membelinya satu unit demi satu unit, saya dengar dia sampai berhasil membeli lebih dari 50 unit, menyewakannya kepada orang lain, dari uang sewa itulah dia mulai jadi kaya raya.
Sepertinya tidak lama kemudian dia meninggal dunia. Hidup ini sungguh tidak kekal, hidup dan mati telah digariskan, kaya dan miskin juga telah digariskan.
Sungguh patut disayangkan, bukannya tidak punya kesempatan bersua dengan Buddha Dharma, dia telah berhasil bersua dengan Buddha Dharma, hanya saja tidak percaya; terhadap ajaran sutra bukan saja berhati semu, bahkan sangat angkuh, berani mengkritik, sikap begini sungguh patut disayangkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 September 2011
早年我在台灣,台大一位教授,也是小有名氣,考古學家,現在都不在了。他讀過《金剛經》,他告訴我,佛說話不合邏輯,一部《金剛經》就像兩桶水一樣倒過來倒過去,一句話重複好多遍。這是一個大學教授說的。我們一聽,他完全沒懂就敢批評,膽子真不小!都沒有想到《金剛經》在中國這樣大的權威,世世代代多少人研究,多少人學習,要像你這種批評那還得了,這個經還有誰會看?好在你沒有看懂,別人看懂了。《般若經》無我才能看得懂,他沒有做到無我,他那個我執非常非常之濃。當一個教授收入不多,一天到晚就想賺錢,教授不幹了,去開書店。他很聰明,找幾個名教授,為什麼?教授都喜歡讀書,自己有很多寫的東西要出版,你開書店,我都讓你出版,所以他就做了書店老闆。果然不錯,我記得大概是在七、八年,經營七、八年就賺了不少錢。投資房地產,台灣已經進入現代化的社會,市區裡面蓋的公寓,他就一個單位一個單位買,我聽說他買了五十多個單位,收租賺錢就富起來了。好像沒幾年他就往生,走了。生死有命,富貴在天。非常可惜,不是沒有遇到佛法,遇到了,不相信;經典,不但不虛心,還很傲慢,還批評,非常可惜。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五七八集) 2011/9/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0578
Jika anda benar-benar memercayainya, benar-benar memahaminya, ketika tubuh manusia diserang penyakit, pengobatan apa yang paling mujarab? Yakni dengan memperbaiki niat pikiran, memulihkan sel-sel tubuh yang terinfeksi menjadi normal kembali.
Mengapa sel-sel tubuh dapat terinfeksi? Oleh karena pandangan dan pengetahuan tidak benar. Ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, kecurigaan (faktor internal); dendam, benci, gelisah, marah, jengkel (faktor eksternal), telah merusak tubuh kita.
Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, membunuh, mencuri, berzina, berbohong adalah karma buruk, hal ini tidak ada di dalam jiwa sejati, di dalam kebajikan sejati (kebajikan yang sejak awal telah sempurna di dalam jiwa sejati), juga tidak ada hal buruk begini. Di dalam kebajikan sejati terdapat kemuliaan (welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya.
Di dalam Ilmu Pengobatan Tiongkok disebutkan bahwa kesedihan, kecemasan menyebabkan sakit paru-paru, paru-paru jadi tidak normal, muncul masalah. Emosi, amarah melukai organ hati. Ketakutan, panik, melukai organ ginjal. Atau terlalu gembira, terlalu benci, pilu, melukai organ jantung. Berpikir berlebihan, terlampau membenci, melukai organ limpa dan lambung.
Kita memperbaiki penyakit ini, sehingga organ-organ tubuh kita dapat sehat kembali. Apakah butuh pengobatan? Jika anda tidak berhasil memperbaiki niat pikiran, maka anda butuh obat-obatan.
Lihatlah di Alam Sukhavati, tidak ada dokter yang buka praktek di sana, dengan perkataan lain, penduduk Alam Sukhavati selamanya tidak pernah jatuh sakit.
Mengapa bisa sehat selamanya? Oleh karena sikap mental mereka selamanya adalah bajik, tidak ada yang berpikiran buruk. Mengapa bisa begini? Oleh karena tiap hari Buddha Amitabha membabarkan Dharma kepada penduduk Alam Sukhavati.
Demikian pula dengan diri kita, setibanya di Alam Sukhavati, tiap hari harus belajar, tiap hari bersukacita, tiap hari penuh dengan kebahagiaan Dharma. Tiap hari berkah dan kebijaksanaan bertambah, hingga akhirnya berkah dan kebijaksanaan jadi sempurna, anda pun mencapai KeBuddhaan.
Maka itu Alam Sukhavati merupakan sekolah, setelah kita memahami kebenaran ini, manfaat kecil yang diperoleh adalah tubuh jadi sehat baik secara lahiriah maupun batiniah, penuh dengan kebahagiaan Dharma. Manfaat besar yang diperoleh adalah kita dapat menyelamatkan Planet Bumi dari bencana alam, kita memiliki kemampuan ini (dengan cara memperbaiki niat pikiran).
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 September 2011
你真正相信、真正懂得,我們這個人身體,身體有了毛病,最高的醫療是什麼?念頭轉過來,我把我所有細胞重新整理一下。為什麼?細胞出了毛病。為什麼出了毛病?知見不正。貪瞋痴慢疑、怨恨惱怒煩這些玩意,把我們身體搞壞了。佛告訴我們,殺盜淫妄這是惡業,自性上沒有的,性德裡頭沒有這個東西。性德裡頭有仁義禮智信,有不殺、不盜、不淫,這是性德。中國醫學裡有說,悲惱、憂慮傷肺,你的肺不正常,出了毛病;發脾氣,怒火傷肝;煩恐、驚嚇,傷腎;或者是過度的歡喜、怨恨,傷心,心臟;思慮過度、有怨恨,傷脾胃。我們把這些毛病改掉,我們五臟六腑就恢復正常。要不要用醫藥?不需要。你轉不過來,你才用醫藥來幫助你,真正能轉過來,你明白這個道理,不需要。我們沒有聽說,釋迦牟尼佛給我們介紹極樂世界,沒有聽說極樂世界有人生病,沒有說極樂世界有醫院、有醫生,沒說;換句話說,極樂世界的人永遠不會生病。他為什麼永遠?他的心態永遠正常,沒有不正常的。為什麼正常?老師阿彌陀佛天天講經說法。到阿彌陀佛極樂世界是去學習的,你參加那邊的學習,你法喜充滿、天天快樂。為什麼?天天有收穫,智慧增長,福德增長。那邊總的科目就是兩門,一個是智慧,一個是福德,這兩樣圓滿,你就成佛、就畢業了。你看我們念「皈依佛,二足尊」,二是什麼?智慧、福德,足是滿足、圓滿,就成佛了。所以極樂世界是學校。我們明白這個道理,小的好處,我們身心健康、幸福快樂;大的好處,我們能夠拯救地球,能夠化解今天講大自然的災難,我們有這個能力。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五七九集) 2011/9/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0579