Wednesday, July 8, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2011 (Bgn 1)


Di dalam “Chengzan Jingtu Jing” atau “Sutra Pujian Terhadap Tanah Suci” tercantum : “Putra berbudi atau putri berbudi, saat menjelang ajal, Buddha Usia Tanpa Batas, bersama dengan para siswa Sravaka dan Bodhisattva yang tak terhingga, hadir di hadapan sang praktisi, dengan Maitri Karuna memberkati agar pikirannya tidak goyah. Si praktisi meninggalkan tubuh kasarnya, mengikuti Buddha dan rombongan Suciwan terlahir ke Alam Sukhavati yang merupakan Negeri Buddha Usia Tanpa Batas”.

Bait sutra ini menjelaskan pada kita, putra berbudi, putri berbudi, ini merupakan praktisi pelafal Amituofo yang bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, yang memiliki keyakinan benar, tekad benar, saat menjelang ajal, Buddha Usia Tanpa Batas yakni Buddha Amitabha, datang menjemputmu.

Buddha Amitabha memimpin rombongan para siswaNya yang terdiri dari Sravaka, yakni Arahat, dan ada pula Bodhisattva. Rombongan ini merupakan orang-orang yang berjodoh denganmu, kalau tidak berjodoh, Mereka takkan ikut serta datang menjemputmu.

Siapakah Mereka, lantas apa jodohnya? Selama kalpa tak terhingga, pada masa kehidupan lampau, sanak keluarga dan sanak saudara-mu, guru, teman sekolah, yang memiliki hubungan denganmu, Mereka terlebih dulu melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, hari ini mendengar kabar bahwa kamu juga akan terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu dengan penuh sukacita mengikuti Buddha Amitabha datang menjemputmu.

Maka itu setibanya di Alam Sukhavati, kita takkan kesepian, sampai di Alam Sukhavati orang yang kita kenal malah lebih banyak daripada di dunia fana ini. Selama kalpa tak terhingga, kelahiran demi kelahiran, kehidupan demi kehidupan, teman-temanmu, sanak keluarga, sanak saudara, semuanya datang menjemputmu, sungguh tak terbayangkan, orang yang anda rindukan, kini dapat berkumpul kembali di Alam Sukhavati.

Begitu bersua langsung bisa mengenalinya, takkan merasa asing, apa sebabnya? Ini merupakan pemberkatan kewibawaan tekad agung Buddha Amitabha. Jika anda benar-benar memahami kebenaran, apakah anda masih tak sudi ke sana?

Sanak keluargaku pada satu masa kehidupan yang lampau, dua masa kehidupan lampau, hingga kalpa lampau yang tak terhingga, yang telah terlebih dulu terlahir ke Alam Sukhavati, kini Mereka berduyun-duyun mengikuti Buddha Amitabha datang menjemput, kini status Mereka adalah Arahat dan Bodhisattva, mengelilingi Buddha Amitabha.

Dengan perkataan lain, setelah membaca bait sutra ini, anda hendaknya tercerahkan, terlahir ke Alam Sukhavati ternyata merupakan reuni keluarga besar selama kalpa yang tak terhingga, merupakan sebuah keberhasilan nan sempurna.

Ketika anda bersua dengan para kenalan lama-mu, Mereka akan bertanya padamu, duuuh....kenapa sih sekarang baru datang, kami sudah mencapai tingkatan Bodhisattva lho, atau kami sudah mencapai tingkatan Arahat lho, kenapa kamu baru datang?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2011

Catatan :
Amitabha Sutra diterjemahkan oleh Master Tripitaka Kumarajiva sedangkan "Sutra Pujian Terhadap Tanah Suci" isinya sama dengan Amitabha Sutra, hanya saja diterjemahkan oleh Master Tripitaka Hsuan-tsang.



「彌陀願海所惠真實之利也」,這就是三種真實裡面第三種,惠以真實之利,在無量壽會統統都實現了。「《稱讚淨土經》云:是善男子,或善女人,臨命終時,無量壽佛,與其無量聲聞弟子,菩薩眾俱。前後圍繞,來住其前。慈悲加祐,令心不亂。既捨命已,隨佛眾會,生無量壽極樂世界清淨佛土」。這段經文提供我們的信息,善男子、善女人,這是念佛求往生的人,有正信、有發願,臨命終時,無量壽佛就是阿彌陀佛,阿彌陀佛來接引你。佛帶領大眾裡頭有聲聞弟子、阿羅漢、有菩薩弟子,這些人跟你都有緣,沒有緣的人不會跟佛一起來。這些是什麼人、什麼緣分?都是無量劫來,過去生中你的家親眷屬、老師同學,跟你都有關係,他們早念佛往生了,今天聽說你來了,跟著佛一起來接引你。

  所以到極樂世界不寂寞,到極樂世界熟人比你在這個世界的多,多得太多了。無量劫來生生世世,你的朋友、親戚全都來接引你,真正不可思議,你所思想的人、戀慕的人都見到了。很奇怪,見到之後就認識,不陌生,這是什麼原因?都是阿彌陀佛本願威神加持的。你要真正了解事實真相,你能不去嗎?我前世的家親眷屬,再前世的,一直推到無量劫前。所以跟著佛來接引你的是無量的聲聞弟子、菩薩眾俱,前後圍繞。換句話說,你看到這個經文就知道,往生西方極樂世界原來是無量劫的這些有緣人大團圓,這圓滿的成就。你見到這些人,這些人都會問候你,很可能問你,你怎麼這個時候才來,我們都來到這裡都成了菩薩、都成了聲聞,你怎麼才來?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0六集)  2011/5/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0406