Saturday, August 1, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011 (Bgn 3)


Memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati merupakan Bodhicitta tertinggi tiada taranya, perkataan Master Ouyi ini sangat bagus! Master Yin Guang memberikan pujian hingga sedemikian rupanya, Master Ouyi mengutarakannya dengan sangat bagus.

 

Untuk apa anda membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati? Tentu saja demi mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha! Untuk apa berguru pada Buddha Amitabha? Tentu saja untuk mencapai KeBuddhaan! Maka itu sebutir hati begini merupakan Bodhicitta tertinggi tiada taranya.

 

Terhadap segala sesuatu di dunia ini, ada juga bagus, tidak ada juga bagus, yang pastinya takkan menaruhnya di hati, inilah yang disebut dengan membangkitkan Bodhicitta tertinggi tiada taranya.

 

Bertemu dengan insan yang berjodoh, yang bisa dinasehati, cukup sampaikan dua kalimat saja, yakni “Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, begini sudah boleh.

 

Dia dapat menerimanya baguslah, dalam satu masa kehidupan ini dia akan serupa denganku meraih keberhasilan; kalau dia tidak dapat menerimanya, maka “Begitu melintasi indra pendengaran, selamanya tertanam menjadi benih di gudang kesadaran”, benih vajra ini akan tertanam di Alayavijnana-nya, dalam satu masa kehidupan ini tidak dapat berhasil, namun pada masa kehidupan mendatang dia pasti memperoleh penyelamatan.

 

Dapat menyampaikan Ajaran Sukhavati kepada orang lain, menasehati dan menuntun-nya, barulah disebut sebagai mengasihi dan melindungi para makhluk, memberikan kepedulian dan bantuan yang sesungguhnya kepada seluruh insani.

 

“Maka itu ‘Sutra Usia Tanpa Batas’ menempatkan ‘Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan’ sebagai metode pelatihan diri yang terpenting."

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011

 

  一向專念,求生淨土就是發無上菩提心,蕅益大師這句話說得好!印光大師對這句話讚歎備至,他講得太好,古人沒講過。你想求生淨土是為什麼?還不是為親近阿彌陀佛!親近阿彌陀佛為什麼?還不是為成佛!所以這一念心是道道地地的無上菩提心。世出世間的東西統不要了,有好,沒有也好,決定不把它放在心上,這叫發無上菩提心。遇到有緣人,能夠勸導的,跟他講什麼?就跟他講這兩句就好了,「發菩提心,一向專念」就可以了。他能接受好,他這一生跟我一樣成就了;他不能接受,這個金剛種子種在他阿賴耶識裡頭,這一生不能成就,來生後世肯定是他得度的真因。能夠這樣教人、勸導人,這是真正愛護、真正關懷,真實的幫助。「是故本經但以發菩提心,一向專念為宗也」,宗就是修行最重要的方法。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二二集)  2011/5/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0422

 

 

 


 Keterangan Gambar :

Hanya berupa ilustrasi, tidak mewakili isi artikel

 

Penderitaan terbesar manusia adalah enam alam tumimbal lahir, terutama tiga alam rendah, Alam Neraka merupakan yang paling sengsara. Benarkah Neraka itu nyata adanya? Benar-benar ada, sama sekali tidak semu.

 

Menurut Ajaran Mahayana, Neraka itu ada beragam jenis, benarkah? Benar-benar ada. Apa alasannya? Setiap butir niat buruk akan memunculkan satu jenis Neraka.

 

Maka itu enam alam tumimbal lahir, Alam Surga dan Alam Neraka adalah muncul dari hati dan pikiran manusia. Jika anda tidak menciptakan karma buruk, walaupun Neraka berada di hadapanmu, anda juga tidak dapat melihatnya.

 

Jadi Neraka itu bukan diciptakan oleh Raja Yama, juga tidak ada kaitannya dengan orang lain, tetapi dikarenakan anda melakukan karma buruk yang berat sehingga memunculkan Alam Neraka.

 

Serupa dengan malam hari kita bermimpi, tidak ada yang menciptakan mimpi tersebut, orang zaman sekarang mengatakan bahwa mimpi itu muncul dari alam bawah sadar manusia. Sama halnya pula dengan enam alam tumimbal lahir, tiga alam penderitaan, muncul dari pikiran dan perbuatan jahat kita.

 

Dari sini dapat diketahui bahwa kebajikan terbesar membuahkan terlahir ke Alam Sukhavati, kejahatan terberat berakibat jatuh ke Alam Neraka. Neraka yang paling parah adalah Neraka Avici, ini merupakan Neraka yang paling berat siksaannya. Semuanya adalah hasil perbuatan sendiri, tidak ada kaitannya dengan orang lain.

 

Apabila kita masih menuduh dan menyalahkan orang lain, maka ini adalah dosa ditambah dosa, siksaan ditambah siksaan. Kebenaran ini mesti dipahami, Buddha Sakyamuni menyampaikannya di dalam Sutra bahwa segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran.

 

Kebenaran ini telah diungkapkan oleh para ilmuwan modern, mereka telah membuktikan kebenaran ucapan Buddha Sakyamuni di dalam Sutra. Maka itu penderitaan terbesar para makhluk adalah tumimbal lahir. Bagaimana terjadinya tumimbal lahir? Sesat, melakukan karma buruk.

 

Buddha Sakyamuni mengamati para makhluk menjalani siksaan yang sedemikian beratnya, maka itu membabarkan Dharma di dunia ini, membantu para makhluk agar terbebas dari enam alam tumimbal lahir, inilah yang disebut sebagai mengasihi semua makhluk, membantu mereka mencabut akar penderitaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011

 

Artikel terkait :

Teori Mekanika Kuantum

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2011 (Bgn 1 dan Bgn 2)

 

 

「又能滅除眾生大苦」,眾生的大苦就是六道輪迴,特別是三途地獄,地獄是最苦。地獄有沒有?真有,一點都不假。我們修學大乘的人知道,地獄真的那麼多嗎?真的有。為什麼?一念惡就現一個地獄。所以六道輪迴,天堂跟地獄是人心變現出來的。你不造地獄的業,地獄在你面前你看不見。所以地獄不是上帝造的,不是閻羅王造的,與任何人都不相干,是你自己極重罪業變現出來的。就像我們人晚上作夢一樣,夢沒有人製造,這個我們能理解,夢是自己現在人所謂是下意識所變現的。六道輪迴、三途地獄也是這麼個道理,是我們不善的心行,行為,心是念頭,不善的念頭、不善的行為,自然變現出來。由此可知,上善,這極樂世界;上惡,最嚴重的地獄,無間地獄、阿鼻地獄,這是極重的地獄,全都是自作自受,與任何人都不相干。如果怨天尤人,那是罪上再加罪,苦中再加苦。這些道理我們懂,佛在經上常講,一切法從心想生。今天有一些科學家他們明白,他們證實佛在經典裡面講的許多東西,他說這是真的,不是假的。所以眾生最大的苦是輪迴。輪迴是怎麼造成的?迷惑顛倒,造作惡業所感得的。佛看到眾生受這麼大的苦報,來幫助他滅除大苦,也就是幫助他脫離六道輪迴,這是憐憫眾生苦,幫助他拔苦。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四二三集)  2011/5/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0423