Niat pikiran kita ini
sangat kalut, betul-betul telah mengacaukan otak kita. Ada sebagian setan dan
malaikat yang lebih cerdas dibandingkan dengan kita, dalam beberapa hal, mereka
malah lebih tahu daripada kita, sementara kita malah tidak tahu apa-apa.
Dengan perkataan lain
manusia masa kini sudah tak sebanding lagi dengan hantu. Otak mereka lebih
jernih, sementara otak manusia zaman now penuh dengan kekalutan, makanya
sekarang setan jadi lebih cerdas daripada manusia.
Kondisi manusia sudah
hingga sedemikian memprihatinkan-nya, kenapa bisa jadi begini? Zaman dulu kemampuan
manusia yang melampaui setan itu jumlahnya lebih banyak, sedangkan zaman
sekarang sudah tak sebanding lagi dengan hantu.
Setan yang melatih diri
sekarang jumlahnya telah melampaui manusia, malah pencapaian mereka juga
melampaui manusia, setan yang melatih diri dan berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati jumlahnya tidaklah sedikit.
Maka itu kita harus
melakukan introspeksi diri dengan serius, apa yang selama ini dilakukan
manusia, kenapa sampai dengan setan pun sudah tak sebanding lagi?
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Mei 2011
我們這個念頭雜亂,真的把腦袋搞糊塗。有些鬼神比我們都靈光,鬼神什麼事都知道,比我們靈光,我們比他都不如,也就是說,現在人都不如鬼。鬼頭鬼腦,現在人頭人腦是比不上鬼頭鬼腦,鬼頭鬼腦都比人腦聰明。這人簡直不像話,怎麼會搞成這個樣子?過去人比鬼強多了,現在不如鬼了。真的鬼修行比人修行得好,鬼修行比人修行的多,成就也比人大,鬼修行往生極樂世界的不少,常常聽說。所以我們要認真反省,人怎麼做的,怎麼連鬼都不如?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九0集) 2011/5/2 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0390
Dalam
kehidupan keseharian, niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakan, hendaknya
selalu mengutamakan kepentingan orang lain, bukankah ini yang dimaksud dengan
berdana?
Mengamalkan
Dana Paramita, ucapan yang dilontarkan keluar hendaknya merupakan ucapan yang
bermanfaat bagi orang lain, membantunya supaya tercerahkan, membantunya memperbaiki
diri, kata-kata bajik ini dan wajah yang ramah tamah merupakan bentuk dari
berdana.
Jadi
berdana itu tidaklah mesti mendonasikan uang atau benda, bukan begitu, kita
menebarkan senyum menyambut kedatangan orang lain, ini juga merupakan berdana.
Melihat
pepohonan, bunga-bunga dan rerumputan di jalanan, kita memancarkan niat pikiran
baik menghormati mereka, dengan hati yang bersyukur memperlakukan mereka,
bukankah ini juga berdana?
Memancarkan
niat pikiran baik kepada lingkungan alam, sehingga permukaan alam takkan jadi
bermasalah dan bencana pun takkan ada.
Sebaliknya
apabila di hati kita selalu timbul ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan
dan keraguan, pancaran gelombang pikiran negatif begini akan mengacaukan
permukaan alam, bencana pun menyusul.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Mei 2011
這日常生活,起心動念、言語造作,布施,要知道我們起心動念都有布施,起心動念不為自己,起心動念都為別人,這不就修布施嗎?心在修布施波羅蜜。言語,說對人有利益的話,幫助他開悟,幫助他改過自新,這些善言善語、和顏悅色全是布施。四德裡面,你看「隨緣妙用」,你想是不是布施?「柔和質直」是不是布施?「威儀有則」就是做好榜樣給人看,不全都在布施嗎?布施不一定是施財、施物,不是,我們笑面迎人對他都是布施。反面的也是布施,布施不善的,板著面孔很難看,叫人看到都害怕,那也是布施。所以布施裡頭有染淨、有善惡不同,我們一天到晚都在幹這個事情,自己不知道,果報不一樣!善因有善果,惡因有惡報,我們每天所造的業對於社會、對於大眾還是布施。所以說布施、持戒、忍辱、精進、禪定、般若,都在日用平常、在生活當中,沒離開生活,沒有離開工作,沒有離開處事待人接物。修學大乘的,慢慢覺悟了。我們走在路上看到樹木花草,我們以尊重的心對它,以感恩的心對它,不都在布施嗎?布施這些樹木花草、山河大地。這種好的布施,山河大地不會出毛病,災難就沒有了。我們處處用貪瞋痴慢疑,來對樹木花草、對山河大地,山河大地就出亂子,災難就發生。菩薩十波羅蜜如是,普賢菩薩十大願王、阿彌陀佛四十八願,何嘗不如是!全在日用平常之中,你要是真會了,這叫行菩薩道。這樣才真正符合大乘經教裡面所講的四種遍施,它的名字叫四悉檀,悉檀是梵語,翻成中國的意思,悉就是普遍、平等的,檀就是布施。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九0集) 2011/5/2 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0390
Mengapa manusia di dunia ini
bisa mengalami proses penuaan? Oleh karena adanya bentuk-bentuk pikiran, bentuk
pikiran ini adalah waktu yang telah membelenggu dirimu, anda telah dikelabui
oleh fenomena palsu ini, anda mengira konsep waktu itu nyata adanya, sehingga
tahun demi tahun kian menua dan melemah, anda telah serius menanggapi bahwa
konsep waktu itu nyata adanya.
Mengapa penduduk Alam Sukhavati
tidak mengalami proses penuaan? Oleh karena penduduk Alam Sukhavati tidak
timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat, tidak ada
pemikiran usia tua dan muda, lahir dan mati, tidak ada niat pikiran semacam ini;
oleh karena niat pikiran tidak ada lagi, maka fenomena pun takkan ada.
Dari mana fenomena berasal?
Tercipta dari hati dan pikiran. Maka itu kita perlu memahami kebenaran, setelah
memahami kebenaran, kita pikir-pikir ini memang masuk akal, barulah kita dapat
serupa dengan Buddha dan Bodhisattva, memiliki kemampuan gaib yang diperoleh
dari hasil melatih diri, untuk memperbaiki diri sendiri.
Selamanya penampilan kita
takkan berubah, inilah kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah
sempurna dalam jiwa sejati), jiwa sejati selamanya takkan berubah. Yang berubah
itu adalah penampilan sebelum kita berhasil menemukan kembali jiwa sejati, maka
itu kita harus meluruskan pemikiran kita yang salah, terhadap begitu banyak persoalan,
kita telah berpikir secara keliru, memandang secara keliru, beragam
permasalahan muncul dari sini.
Lantas bagaimana cara untuk
menyingkirkan bentuk pikiran, pemikiran dan pandangan yang keliru? Ketahuilah
bahwa “Di kolong langit sesungguhnya tidak ada masalah, namun manusia cari
kerisauan sendiri”.
Enam tumimbal lahir itu apa?
Hanya sebuah mimpi. Sepuluh Alam Dharma itu juga hanyalah sebuah mimpi, lantas buat
apa anda berperhitungan? Hidup di dunia ini hendaknya serupa dengan Buddha dan
Bodhisattva, ada juga bagus, tidak ada juga bagus, semuanya juga bagus.
Yang pastinya takkan timbul
niat pikiran, takkan merisaukan, maka hati pun jadi normal dan sehat. Begitu
kerisauan muncul maka jantung pun bermasalah, semakin banyak kerisauan maka
jantung pun kian celaka.
Manusia sekarang banyak yang
punya masalah dengan jantung, oleh karena banyak beban pikiran, banyak hal yang
dirisaukannya. Sejak pagi hingga malam banyak hal yang dirisaukannya, bahkan
sampai tidur pun tidak bisa tenang, hatinya risau, sehingga dunia ini kian hari
kian kalut, kian hari kian kacau.
Lihatlah insan zaman dulu, dia
tidak risau, dunia senantiasa stabil, tidak ada satupun hal yang tidak bagus. Andaikata
anda harus merisaukan ini dan merisaukan itu, maka semuanya jadi rusak karena
pemikiranmu itu; sebaliknya bila anda tidak banyak pikiran, tidak memikirkan apapun,
segalanya pulih seperti sedia kala, kembali jadi normal dan sehat.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Mei 2011
Alam Dharma Tunggal Sejati dan Dasa
Dharmadhatu :
我們人在這個世間會衰老,為什麼會衰老?你有妄想,這個妄想就是時間束縛了你,你被這個假相欺騙了,你以為有時間,一年比一年老,你以為有時間。極樂世界為什麼沒有?極樂世界從來沒有起心動念、沒有分別執著,老少的念頭、生死的念頭他沒有了;念頭沒有了,這個現象就沒有了。現象從哪裡來的?意念變現出來的。這給我們講道理,道理搞明白了,我們想想是有道理,於是我們就能像佛菩薩一樣有無量無邊的神通道力來改變自己。真的,永恆不能變,那是性德,本性本善永恆不變的。改變的,是你沒有見性之前的修德,把我們最重要的錯誤思想要修正過來,我們對很多很多問題想錯、看錯了,麻煩全出在這個地方。怎樣才能把這些妄念,錯誤的思想、見解放下?要知道叫天下本無事,庸人自擾之。六道是什麼?一場夢。十法界也是一場夢,六道是夢中之夢,你計較它幹什麼?活在這個世間像佛菩薩一樣,有,好,很好;沒有,好,很好,都很好。絕對不會起心動念,就是不操心,不操心,心就正常,心就健康。心一操的時候,心就出了毛病,心就壞了,操心愈多,心就愈糟糕、就愈壞。唐太宗講現在人心壞了,壞了什麼?他操心太多了。從早操到晚,連晚上睡覺都睡不好,在操心,把這個世界愈操愈亂、愈混亂。古人,你看上古聖賢無為而治,他不操心,天下大治,沒有一樣不好。你要想這樣、想那樣,全都讓你想壞掉了;你要是什麼都不想,一切恢復正常,正常是最健康的。這裡頭有很深的道理,有很大的學問。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九0集) 2011/5/2 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0390