Friday, March 13, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 April 2011 (Bgn 2)


Samadhi adalah memfokuskan pikiran pada satu objek atau satu titik, jadi pikiran itu bukan dikosongkan, tetapi dipusatkan. Praktisi Pelafal Amituofo memusatkan perhatiannya pada sepatah Amituofo, atau Namo Amituofo juga boleh.

Kapan saja dan di mana saja, anda tetap memusatkan perhatian pada sepatah Amituofo, jangan biarkan bentuk pikiran lainnya berbaur ke dalamnya, maka keterampilanmu melafal Amituofo telah berhasil, anda memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.

Pada saat ini melafal Amituofo, setiap lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha, inilah cara melafal Amituofo.

Kebanyakan orang tidak tahu cara melafal Amituofo, mulut melafal Amituofo, tetapi bentuk-bentuk pikirannya banyak sekali, sebentar berpikir tentang ini, sebentar berpikir tentang itu, sehingga merusak keterampilan melafal Amituofo secara keseluruhan, diri sendiri tidak menyadarinya, masih merasa diri sendiri adalah praktisi pelafal Amituofo, tiap hari saya melafal Amituofo, bahkan dalam sehari saya mampu melafal berpuluh-puluh ribu lafalan Amituofo.

Tidak tahunya bahwa di dalam berpuluh-puluh ribu lafalan tersebut bercampur dengan keraguan, pikiran terpencar, seluruh keterampilan jadi rusak, cara melafal Amituofo yang kalut ini bukanlah samadhi.

Terkecuali jika saat melafal Amituofo, si praktisi dapat menfokuskan pikirannya pada lafalan Amituofo, tiada keraguan, tiada bentuk pikiran lainnya yang tercampur di dalamnya, inilah yang dimaksud dengan samadhi, melafal Amituofo dengan cara begini adalah seperti yang disampaikan oleh Buddha Sakyamuni sebagai samadhi menakjubkan nan mendalam dan tertinggi tiada taranya.                                    

Jadi mesti memahami makna dari samadhi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 April 2011


「具曰禪那」,中國人喜歡簡單,把尾音省掉,就用這禪字,意思是「靜慮」,靜是清淨心,制心一處這是靜,所以它是止;慮,它是觀。他的心不是死的、不是空的,他有境界,你就守住這個境界。我們念佛人境界,就是一句名號阿彌陀佛,或者是南無阿彌陀佛都可以。一切時一切處,你念念守住這句名號,不允許任何雜念夾雜在裡頭,你念佛功夫就成就,你往生西方極樂世界就得到保證,決定得生。這個時候念佛,一念相應一念佛,跟阿彌陀佛相應,念念相應念念佛,這叫會念。大多數人不會念,口裡念佛,還有很多很多的雜念在裡頭,一會兒想東,一會兒想西,把念佛的功夫完全破壞了,自己不知道,自己還認為我是念佛人,我天天念佛,我每天念佛多少萬聲。不曉得多少萬聲裡頭有懷疑、有夾雜,破壞了,那種念佛就不是禪。如果念佛專注這一念,沒有懷疑、沒有夾雜那是禪,那種念佛就是世尊所講的無上深妙禪。所以要懂得禪的意思。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六五集)  2011/4/7  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0365



 

Kemampuan gaib tidaklah mengherankan, kemampuan gaib sejak awal telah sempurna dalam jiwa sejati setiap insani, semua orang memilikinya (tidak perlu dicari dari luar), asalkan hatimu suci maka kemampuan gaib akan muncul ke permukaan.

Mengapa sekarang kita kehilangan kemampuan gaib kita? Oleh karena pikiran kita bercabang-cabang, bentuk-bentuk pikiran terlampau banyak, makanya kemampuan gaib tidak bisa muncul ke permukaan.

Terkecuali anda sanggup mewujudkan hati yang murni suci dan murni bajik, bentuk-bentuk pikiran sangat sedikit, sudah tidak ada lagi, barulah kemampuan gaibmu dapat muncul ke permukaan.

Maka itu di dalam Buddha Dharma, kemampuan gaib tidaklah mengherankan, Buddha Sakyamuni menyampaikan bahwa enam jenis kemampuan gaib merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap insan, sejak semula telah sempurna dalam dirimu, hanya saja oleh karena khayalan, perbedaan dan kemelekatan, makanya sekarang anda tidak bisa memperolehnya.

Buddha Sakyamuni membabarkannya kepada kita, “Memfokuskan pikiran pada satu objek”, ini adalah benih sebab. Hari ini kita memusatkan perhatian pada lafalan Amituofo, melepaskan segala kemelekatan, inilah benih sebab. “Dari sinilah kita memperoleh samadhi”.

Memfokuskan pikiran pada lafalan Amituofo, inilah yang disebut sebagai Samadhi Pelafalan Amituofo. Di hati cuma ada Amituofo, selain Amituofo, melepaskan segala kemelekatan, jangan dihiraukan, mengingat dan melafal Amituofo, buah akibat yang diperoleh adalah baik sekarang maupun mendatang pasti bersua dengan Buddha Amitabha.

Saya hanya memikirkan Buddha Amitabha, saya hanya melafal nama Buddha Amitabha, saya hanya merindukan Buddha Amitabha, saya hanya ingin mendekatkan diri dan belajar pada Buddha Amitabha, inilah yang dimaksud dengan melafal Amituofo secara benar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 April 2011

Enam Jenis Kemampuan Gaib :


神通不稀奇,神通是每個人的本能,只要你心清淨它自然現前。一般人的神通為什麼失掉?他心亂了,妄想雜念太多,它不能現前。如果你的心真做到純淨純善,妄念很少,沒有妄念,你的天眼、天耳、他心、宿命通全都現前。所以神通在佛法裡一點都不稀奇,佛說六種神通是一切眾生的本能,你本來是這個樣子的,還是一句,但以妄想分別執著而不能證得。「一心思惟研修」,就是佛在經教裡告訴我們的「止心一處」,把心止在一個地方,或者說制心一處都可以,這是因。我們今天把心止在阿彌陀佛這句上,其他的呢?全都放下,這是因。「從此乃得定」,就得三昧。把心止在阿彌陀佛,這叫念佛三昧。心上真有佛,除佛之外一切放下,別去管它,憶佛念佛,果報是現前當來必定見佛。「故名思惟修」,這個思惟修就是一心不亂,我只思阿彌陀佛,我只念阿彌陀佛,我只想阿彌陀佛,我只願親近阿彌陀佛,這叫真念佛,這叫會念。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六五集)  2011/4/7  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0365


 
 

Kita ini adalah orang awam, memiliki kekotoran batin dan tabiat yang sangat berat, kita tidak sanggup meniru Master Huineng yang mencapai pencerahan seketika.

Ketika saya masih menjadi praktisi pemula, ketiga orang guruku mengingatkan diriku supaya jangan sok pintar, orang zaman dulu bilang terlampau pintar malah bisa disesatkan kepintarannya sendiri, diri sendiri hendaknya mengakuinya, pastinya diri sendiri bukan termasuk insan berkebijaksanaan tertinggi, poin ini sangat penting sekali.

Pencerahan seketika hanya bisa dicapai oleh insan yang memiliki kebijaksanaan tertinggi, orang yang memiliki kecerdasan tertinggi. Kita tidak mungkin bisa mewujudkannya, lantas bagaimana? Kita dapat melatih diri setahap demi setahap, serupa dengan menaiki anak tangga, selangkah demi selangkah menuju ke atas.

Profesor Fang Dong-mei, Master Zhangjia, Upasaka Li Bing-nan, mengajarkan supaya saya menempuh jalan begini (setahap demi setahap) jalan ini sangat aman dan kokoh, melatih berkesinambungan selama jangka panjang, selangkah demi selangkah meningkatkan kemajuan batin.

Jika kita bersikukuh ingin mencapai pencerahan seketika, satu langkah langsung bisa mencapai puncak, maka begitu upaya anda gagal, langsung jatuh terhempas ke permukaan tanah, luluh lantak.

Makanya yang paling ditakutkan adalah orang yang menggantung cita-citanya ketinggian dan kejauhan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 April 2011


我們是凡夫,煩惱習氣非常之重,我們沒有辦法像釋迦、像惠能那樣的頓悟。這是我初學佛的時候,三個老師都提醒我不要自作聰明,古人講的聰明反被聰明誤,自己要承認、肯定自己不是上上根人,這個很重要。頓悟、頓修、頓證的那是上上根人,絕頂聰明的人。我們做不到,做不到怎麼樣?做不到就漸修、漸悟,像爬樓梯一樣,我一級一級的往上爬。方東美先生、章嘉大師、李老師都叫我走這個路子,這個路子很穩當,時間長,很穩當,一步一步往上提升。頓悟頓不了、悟不了,就掉下來,就好像一步登天,登不上去粉身碎骨,就把你毀掉了,所以人最怕的是好高騖遠。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三六五集)  2011/4/7  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0365