Friday, March 27, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011 (Bgn 1)


Kita harus memahami makna kata berikut dengan jelas, yang dimaksud dengan karir Buddha bukanlah menyelenggarakan upacara-upacara ritual, kebaktian pembacaan Sutra, upacara pertobatan dan sebagainya, semua ini tidak ada kaitannya dengan makna dari karir Buddha.

Buddha adalah tercerahkan, pekerjaan yang membantu semua makhluk supaya tercerahkan disebut sebagai karir Buddha.

Jadi apakah yang dimaksud dengan karir Buddha? Karir Buddha adalah mengajar, Buddha Sakyamuni semasa hidupNya membabarkan Dharma sebanyak lebih dari 300 kali persamuan, selama 49 tahun, inilah yang dimaksud dengan karir Buddha.  

Hal ini mesti kita ketahui, jangan sampai salah paham. Maka itu karir Buddha adalah mengajar, bahkan pengajaran ini harus dapat membantu-mu   supaya tercerahkan, membantu-mu menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, segala bentuk pengajaran sedemikian rupa disebut karir Buddha, di dalamnya takkan ada kepercayaan takhayul.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011


佛事這兩個字的本意我們要清楚,不是現在社會上所說的誦經拜懺這個叫佛事,佛事的本意跟這個完全不相干。佛是覺悟,幫助一切眾生覺悟的這個事叫佛事。所以佛事是什麼?佛事是教學,釋迦牟尼佛當年在世,講經三百餘會,說法四十九年,那叫做佛事。這個我們一定要知道,不能夠產生誤會。所以佛事是教學,而且教學特殊的,佛是覺悟,這個教學一定是幫助你覺悟,幫助你破迷開悟,這樣的教學統統叫佛事,這個裡頭沒有迷信。「自然增上,不可思議」,幫助你破迷,幫助你開悟。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七七集)  2011/4/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0377




 

Jiwa sejati dapat disebut dengan istilah Jiwa KeBuddhaan, juga dapat disebut sebagai Bhuta-tathata, juga dapat disebut sebagai Tathata, juga dapat disebut sebagai Dharmata.

Di dalam Sutra Mahayana, untuk menyebut satu perkataan saja bisa menggunakan begitu banyak istilah, ini merupakan upaya kausalya yang digunakan Buddha Sakyamuni dalam menyampaikan ajaran.

Mengapa satu kata saja bisa memiliki banyak nama atau alias? Supaya anda jangan melekat pada nama dan istilah, menghancurkan kemelekatanmu, menghancurkan hati yang membeda-bedakan, yang penting anda memahami maknanya maka sudah boleh, pastinya tidak boleh melekat.  

Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma, tidak memperbolehkan pendengarnya melekat pada bahasa lisan, kata dan kalimat, oleh karena semua ini adalah semu dan bukan nyata adanya; tidak boleh melekat pada nama dan istilah, oleh karena istilah itu hanyalah sebuah perumpamaan.

Tidak boleh ada penafsiran atau opini sendiri, setelah mendengar ceramah, diri sendiri mencoba menerka-nerka kira-kira artinya begini-begini, tidak boleh. Apa alasannya?

Di dalam jiwa sejati tidak ada makna, kenapa anda setelah mendengar ceramah bisa membuat penafsiran sendiri? Kalau anda merasa menurut gue artinya adalah begini-begini, maka kebijaksanaan itu tidak ada lagi.

Lantas bagaimana sikap kita dalam mendengar ceramah? Cuma fokus pada  mendengar saja, jangan timbul niat pikiran, jangan ada perbedaan dan jangan ada kemelekatan, dengan demikian barulah anda bisa tercerahkan, barulah anda bisa mencapai KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011


性,哲學裡面所講的本體,在佛法稱為自性、稱為真性、稱為法性。大乘經裡的名詞,就是稱這一樁事情,幾十個名詞,這是佛教學的善巧。為什麼說那麼多名詞?教你不要執著名字相,破你的執著,破你的分別,你懂它的意思就行了,決定不要著相。佛講經,不許人執著言說相,言語不是真的;不能執著名字相,名詞術語是假設的;不能執著心緣相,聽了之後自己以為是什麼意思,不可以。為什麼?自性裡頭沒有意思,你怎麼會聽出意思出來?聽出意思,智慧就不見了。你只管聽,別起心、別動念,不分別、不執著,你聽了會開悟,聽了會成佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七七集)  2011/4/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0377

 


 

Setelah mendengar ceramah, lantas anda jadi punya pemikiran sendiri, maka itu adalah penafsiran-mu sendiri. Maka itu kita harus tahu bahwa para Buddha dan Bodhisattva termasuk Arahat, apa yang Mereka sampaikan tidak ada maknanya.

Inilah sisi yang sulit dipahami dari Buddha Dharma, setiap kata dan kalimatnya tidaklah bermakna, tetapi ketika anda menjelaskan pada orang lain, dapat menyampaikan makna tak terhingga, menyesuaikan diri dengan pendengarnya dan masalah yang terjadi pada waktu tersebut, sehingga semua orang yang mendengarnya jadi bersukacita.

Oleh karena tidak memiliki makna makanya mengandung makna tak terhingga, sebaliknya jika punya makna tertentu, maka akan jadi terbatas. Setiap kata dan kalimat yang tercantum di dalam Sutra mengalir keluar dari jiwa sejati, makanya membaca Sutra tidak pernah membuat orang merasa jenuh, makin dibaca makin terasa sukacita.

Bagaimana bisa mengetahui kualitas batin diri sendiri mengalami kemajuan atau tidak? Yakni tiap tahun kian berubah jadi baik. Maka itu apakah boleh melekat pada isi ceramah? Tidak boleh! Tahun ini penjelasannya begini, tahun depan kualitas batin sudah meningkat, penjelasan yang disampaikan juga sudah berbeda, hari ini beda dengan hari kemarin, hari ini bukan lagi hari kemarin, tahun ini bukan lagi tahun silam.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011


聽了覺得怎麼想法,那是你自己的意思。所以我們要曉得,諸佛菩薩包括阿羅漢,他們講東西都沒有意思。世間聖人的東西有意思,他沒轉識成智。所以佛法難懂難在這個地方,它字字句句沒有意思,但是你要講解的時候能講無量義,真的叫對人說人話,對鬼說鬼話,說到大家都歡喜。因為沒有意思它就是無量義,有意思就有限制了。這叫什麼?自性的流露,字字句句圓明具德。所以經典讀不厭,愈讀愈歡喜。沒有意思,有無量義,你自己心裡有數。為什麼?年年境界不一樣,月月境界不一樣,人間有。天天境界不一樣,那已經契入境界,我們講修行證果的人,境界天天不一樣、念念不一樣。所以這個經怎麼能講?不能講!今天講是今天的意思,昨天講是昨天的意思,昨天不是今天,去年不是今年的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七七集)  2011/4/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0377