Insan
yang tercerahkan pasti akan serupa dengan Buddha dan Bodhisattva, “Belajar tak
kenal jenuh, mengajar tak kenal lelah”, Konfusius sepanjang hayatnya juga
demikian.
Ini
merupakan bentuk dana terunggul (Dharma Dana), merupakan dana yang paling
sempurna, membantu para makhluk supaya tercerahkan, membantunya menjauhi
penderitaan memperoleh kebahagiaan.
Dari mana
penderitaan berasal? Penderitaan berasal dari kesesatan. Dari mana kebahagiaan
berasal? Kebahagiaan berasal dari pencerahan. Anda membantunya menghancurkan
kesesatan berarti telah membantunya menjauhi penderitaan; anda membantunya
tercerahkan berarti telah membantunya memperoleh kebahagiaan.
Dengan
menggunakan tubuh jasmani kita, dengan menggunakan kebijaksanaan kita, dengan
menggunakan semangat kita, dengan menggunakan waktu kita, melakukan hal yang
bermanfaat bagi semua makhluk.
Dengan
cara yang bagaimana? Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma selama 49 tahun, cara
inilah yang kita gunakan. Perkembangan teknologi secara pesat telah banyak
membantu upaya kita, kita menggunakan jaringan internet dan televisi satelit
untuk mengantarkan Buddha Dharma kepada setiap insani di seluruh pelosok dunia.
Dengan
cara ini, kita mengerahkan segenap hati guna mewujudkannya, hal lainnya
hendaknya dilepaskan. Apa alasannya? Jika anda tidak memfokuskan diri maka akan
sulit mewujudkannya, anda takkan bisa melakukannya secara sempurna.
Jika ingin
mewujudkannya secara sempurna maka lepaskanlah segala kemelekatan, memusatkan
perhatian pada satu judul sutra saja dan sepatah Amituofo, selain hal ini,
dalam hati adalah bersih dan jernih. Segala hal lainnya menuruti jodoh. Kapan
saja dan di mana saja tak terpisahkan dari lafalan Amituofo.
Master
Yin Guang berkata, sebuah Vihara cukup memuat 20 orang saja sudah cukup. Kita
memiliki sebuah Vihara mungil yang dapat memuat tidak sampai 20 orang, anggota
Sangha kita tidak sampai 20 orang.
Tiap hari
kita belajar bersama “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas”, tiap hari melafal
Amituofo, bukan saja menyelamatkan diri sendiri namun juga menyelamatkan
makhluk lainnya.
Di
manapun Vihara ini berada, tempat tersebut disebut sebagai lahan berberkah,
praktisi sejati adalah insan berberkah, insan berberkah menempati lahan
berberkah, lahan berberkah ditempati oleh insan berberkah.
Masyarakat
setempat akan hidup dalam keharmonisan dan kedamaian, bencana jadi terurai dan
berkurang.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 April 2011
真正覺了的人,肯定像佛菩薩一樣,「學不倦,教不厭」,孔子一生,孔孟一生亦如是。這在布施裡面,是最大的布施,最圓滿的布施,幫助眾生破迷開悟,破迷開悟就是幫助他離苦得樂。苦從哪裡來的?苦從迷惑來的。樂從哪裡來?樂從覺悟來的。你幫助他破迷就是幫助他離苦,你幫助他覺悟就是幫助他得樂。用我們的身體、用我們的智慧、用我們的精神、用我們的時間,為一切大眾做這個事情。用什麼方法、用什麼手段?釋迦牟尼佛四十九年講經教學,就用這個方法、就用這個手段。現在高科技還在從當中幫忙,我們用網路、我們用衛星,這個地球上每個角落都能收看得到,用這個方法,一心一意在做,其他萬緣放下。為什麼?你不專心你做不好、你做不圓滿。真正要做圓滿的時候,萬緣放下,心裡面只有一部經,只有一句阿彌陀佛,除這個之外什麼都沒有,乾乾淨淨,其餘什麼?隨緣。無論在什麼地方是極樂世界,無論在什麼時候沒離開阿彌陀佛。有這麼一個小道場,不要大,印光大師老人家說的,道場住二十個人夠了。我們這個小道場,大概二十人還不到,我們這出家人不到二十個人。真的天天學習《大經解》,天天念阿彌陀佛,不但自度也度他了。這個道場所在之處,這個地方叫福地,真正修行人是有福之人,福人居福地,福地福人居。社會和諧安寧,災變就化解、就減少了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三七八集) 2011/4/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0378
Mari kita
lihat kalimat berikutnya, “Mengenai istilah siang dan malam di Alam Sukhavati
yang tercantum di dalam Sutra, hanyalah untuk mengikuti kebiasaan di dunia
ini”.
Hal ini
mesti dipahami, di Alam Sukhavati mana ada perbedaan siang dan malam? Tidak
ada. Seperti yang disebutkan di dalam “Penjelasan Amitabha Sutra karya Master
Ouyi” : “Kewibawaan Alam Sukhavati beserta seluruh isinya, memancarkan cahaya
masing-masing, tidak butuh bantuan sinar mentari dan rembulan”.
Maka itu
di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, di
Alam Sukhavati siang malam enam periode waktu, yang juga berarti sehari itu ada
enam periode waktu.
Ketika
Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, orang India membagi waktu
sehari menjadi enam periode waktu, makanya Sang Buddha mengatakan pada kita
bahwa di Alam Sukhavati sehari itu juga ada enam periode waktu.
Andaikata
Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di Tiongkok, maka Sang Buddha akan
mengatakan bahwa sehari ada 12 periode waktu, andaikata pula Buddha Sakyamuni
hidup pada saat sekarang ini, maka Sang Buddha akan mengatakan sehari ada 24
jam, jadi istilah waktu itu bukanlah absolut, tidak bersifat tetap.
Bukan
saja istilah waktu itu tidaklah tetap, bahkan ruang juga sama, tidak tetap,
tiap menit dan detiknya ruang yang kita tempati itu terus mengalami perubahan,
apakah anda menyadarinya? Tidak tahu.
Bagaimana
kita bisa mengetahui bahwa tiap menit dan detiknya ruang itu terus mengalami
perubahan? Lihatlah Sistem Tata Surya di ruang angkasa tiada hentinya bergerak,
dia tidak diam di sana, bahkan lajunya juga cepat.
Para
ilmuwan sangat jelas, ruang kita tidaklah tetap, Tata Surya membawa mentari dan
planet-planetnya mengitari Galaksi Bima Sakti, Galaksi Bima Sakti berputar
mengelilingi Galaksi yang lebih besar lagi, jika anda ingin mencari tempat
tumpuan yang tetap, jelas mustahil. Apa yang mengalami perubahan adalah semu
belaka.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 April 2011
我們看下面,下面講的,慢慢要講極樂世界真實的狀況,四六四第二行最後這一句,「至於極樂國土而言晝夜者,只是順此方之習俗」。這個一定要懂得,極樂世界哪有晝夜?沒有。「如《要解》云:彼土依正各有光明,不假日月」,不需要日月,「安分晝夜?且順此方,假說分際耳。」所以釋迦牟尼佛跟我們講那裡六時,一天六時,世尊當年在世,印度人一天分為六時,所以也說極樂世界一天六時。釋迦牟尼佛如果生在中國,就一天十二個時辰,要是生在現在一定講二十四小時,時間不是確定的、不定的。不但時間不是一定的,空間也不是一定的,我們的空間分分秒秒都在生變化,知不知道?不知道。怎麼知道分分秒秒在變化?你看太陽系在太空當中運行,動的,它不是停在那裡的,而且速度很快。科學家非常清楚,我們的空間不確定,太陽系太陽帶著這麼多星球圍繞銀河系一周,銀河系又繞著一個更大的星系,你找一個確定的空間找不到,假的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三七八集) 2011/4/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0378