Apa
yang dimaksud dengan meyakini Buddha? Benar-benar mengamalkan sesuai dengan
ajaran, inilah yang disebut sebagai meyakini Buddha. Anda mempelajari ajaran
sutra, apakah anda dapat memahami makna-nya secara benar?
Gatha Pembukaan Sutra ditulis oleh Wu Zetian, dia
berkata :
“Dharma menakjubkan nan mendalam tertinggi tiada
taranya,
meskipun melewati ratusan,
ribuan bahkan puluhan ribu kalpa juga sulit bersua dengannya,
hari ini saya telah
bertemu dan mendengarnya, maka itu harus
menerima dan mengamalkannya,
semoga
memahami makna sebenarnya dari sutra yang dibabarkan Tathagata.”
Wu Ze-tian pintar berteori tetapi dia
sendiri tidak memahami makna sebenarnya dari sutra yang dibabarkan Tathagata. Dia
bersedia memahaminya, namun sayangnya dia tetap tidak memahaminya, andaikata
dia telah memahaminya, dia takkan menciptakan karma buruk, takkan merebut
kekuasaan, dia benar-benar tidak memahaminya.
Dari sini dapat diketahui alangkah
sulitnya membangkitkan keyakinan terhadap Buddha Dharma!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 12 Mei 2011
Gatha Pembukaan Sutra :
什麼叫信佛?真正依教奉行那是信佛,這一核對就是真的,一點不假。你研究經教,你能解如來真實義嗎?這句話說得容易,武則天講的,開經偈是她作的,「無上甚深微妙法,百千萬劫難遭遇,我今見聞得受持,願解如來真實義」。武則天會說,她也不解如來真實義,不過她願解,願是願,她不解,她要解她就不會造孽,就不會去爭權奪利,真的沒解。由此可知,這個信佛好難!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0八集) 2011/5/12 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0408
Praktisi
yang benar-benar meyakini Buddha, setelah membaca Sutra dan mendengar ceramah,
segera sadar dan tercerahkan. Hari ini kita membaca Sutra berulang-ulang hingga
sudah beratus-ratus kali, masih juga tidak tercerahkan, minimal cuma bisa
menghafal di luar kepala saja, juga bisa menceramahkannya dengan fasih. Tetapi
masih juga tidak tercerahkan.
Mengapa
masih juga tidak tercerahkan? Kekotoran batin itu masih ada, masih menganggap
tubuh kasar ini sebagai aku, masih mengutamakan kepentingan dan keuntungan
pribadi, masih mengejar ketenaran dan keuntungan.
Ketika
ada orang lain datang memujiku, hatiku berbunga-bunga, sebaliknya ketika ada
orang datang menfitnahku, saya jadi murka, manalah mirip dengan seorang
praktisi?
Apa
yang Buddha ajarkan, anda tidak mengamalkannya, baca Sutra pun tiada gunanya,
mulut melakukan karma baik namun di hati tidak diperbaiki, lain di mulut lain
pula di hati.
Menjalankan
disiplin sila, dari penampilan luar tampaknya melakukan kebajikan, tetapi niat
pikiran tidak bajik, semuanya adalah palsu belaka.
Barulah
disadari bahwa membangkitkan keyakinan itu adalah sulit, Ajaran Buddha menempatkan
keyakinan di urutan pertama, “Keyakinan hati adalah akar dari Jalan KeBuddhaan,
induk dari segala jasa kebajikan, yakni keyakinan hati dapat menumbuhkan segala
jasa kebajikan.”
Terlebih
dulu harus membangun keyakinan hati, jika keyakinan hati tidak ada, maka
segalanya adalah semu belaka, segalanya takkan ada. Serupa dengan tumbuhan,
keyakinan adalah akarnya, anda tidak memiliki akar.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 12 Mei 2011
真正信佛的人看經聽講,一聽一看就開悟,就契入境界。我們今天看幾百遍都不開悟,頂多什麼?我記得很熟,我也能講得天花亂墜。為什麼沒有開悟?煩惱在,還執著身是我,還有自私自利、還有名聞利養。別人讚歎我,歡喜;別人毀謗我,我會生氣,這哪裡是信佛?佛所教的你根本就沒有執行,讀經沒用,口善而已,心沒改過來,口善心不善。戒持得很好,外表上行善,念頭不善,全是假的,不是真的。所以才曉得信難,佛家把信擺在第一,「信為道元功德母」,首先就是建立信心,信心沒有,全是假的,一切都沒有。像植物一樣,信是根,你根沒有了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0八集) 2011/5/12 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0408
Terlebih
dulu harus membangun keyakinan hati, jika keyakinan hati tidak ada, maka
segalanya adalah semu belaka, segalanya takkan ada. Serupa dengan tumbuhan,
keyakinan adalah akarnya, anda tidak memiliki akar.
Demikian
pula dengan Buddha Dharma, ajaran Konfusius dan Tao juga sama, tanpa adanya
keyakinan hati, ajaran Konfusius yang anda pelajari bukanlah ajaran Konfusius
sejati, ajaran Tao yang anda pelajari juga bukanlah ajaran Tao sejati, anda
belajar hanyalah buat penampilan luar semata, kenyataannya anda tidak paham
sama sekali.
Anda
belajar ajaran Konfusius, meskipun Konfusius datang mengajarimu secara
langsung, anda juga takkan memahaminya; belajar Buddha Dharma, Buddha Sakyamuni
datang mengajarimu secara langsung, anda juga takkan memahaminya. Apa
alasannya?
Guru
memang sosok yang hebat, namun anda takkan sanggup menyelaminya, kondisi
batinmu berbeda dengan kondisi batin Buddha dan Konfusius, takkan terjalin. Makanya
anda sudah belajar setengah mati, menghabiskan waktu bertahun-tahun, hanya bisa
memperoleh secuil pengetahuan semata.
Buddha
adalah kebijaksanaan, Konfusius adalah kebijaksanaan, Tao adalah kebijaksanaan,
jika tidak mengembangkan kebijaksanaan, maka apa yang anda pelajari hanyalah
pengetahuan.
Makanya
hari ini kami mencemaskan budaya warisan leluhur akan musnah. Tampaknya sedang
naik daun, tetapi itu hanyalah penampilan luar, muncul sejenak dan lenyap
seketika, ibarat Bunga Wijayakusuma yang bermekar pada malam hari dan layu
sebelum fajar menyingsing, tidak nyata adanya, mengapa demikian? Pewaris yang
sesungguhnya tidak berhasil ditemukan.
Bagaimanakah
sosok yang disebut sebagai pewaris Dharma? Membangkitkan keyakinan benar. Dia
takkan memiliki keraguan sama sekali, memenuhi syarat yang ditetapkan oleh
insan zaman dulu, yakni tulus, patuh, serius mengamalkan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 12 Mei 2011
首先就是建立信心,信心沒有,全是假的,一切都沒有。像植物一樣,信是根,你根沒有了。
佛法如是,在中國儒道亦如是,如果沒有信心,你學儒不是真儒,你學道不是真道,都是學外表的樣子而已,實質你沒有學到。學儒,孔子來教你,你也得不到;學佛,釋迦牟尼佛來教你,你還是得不到。什麼原因?老師沒錯,你入不進去,你的境界跟佛、跟孔的境界不一樣,格格不入,不相應。所以你學來學去,學再多年,只能學個常識,今天講什麼?知識。佛是智慧,儒是智慧,道是智慧,與智慧不相干,你學到了知識。所以今天我們擔心,擔心什麼?擔心中國傳統文化會消失了。好像很興旺的樣子,那是表面,曇花一現,不是真的,為什麼?真正的傳人沒找到。真正傳人是什麼?真信。他一絲毫懷疑都沒有,就是古人那個標準,古人的標準是老實、聽話、真幹。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0八集) 2011/5/12 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0408