Saturday, October 24, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2011 (Bgn 2)

 

 

Ketika di benak kita timbul niat pikiran, diri sendiri merasa tidak apa-apa, sesungguhnya ada buah akibatnya. Niat baik yang timbul akan berakibat baik, sebaliknya niat jelek yang timbul akan membawa akibat yang buruk.

 

Jika pikiran blank, tidak memikirkan baik maupun jahat, ini dinamakan tanpa memori atau ingatan buruk. Pikiran kosong ini juga mempunyai buah akibatnya, yakni Avidya (kegelapan batin / ketidaktahuan), kekotoran batin ini juga disebut sebagai kedunguan, atau kedengarannya lebih buruk lagi disebut sebagai idiot. Buah akibat dari pikiran kosong ini adalah tidak baik dan tidak buruk, tetapi dia tidak mempunyai kebijaksanaan.

 

Jadi tidak sama dengan Buddha dan Bodhisattva, Buddha dan Bodhisattva tidak tahu apa-apa, namun tidak ada satu pun hal yang tidak diketahuiNya; sedangkan orang yang tanpa memori, dia tidak mengetahui apa-apa, segala sesuatu juga tidak diketahuinya, inilah yang disebut Avidya (ketidaktahuan).

 

Di dalam enam alam tumimbal lahir, pada Empat Tingkatan Alam Jhana, yakni Alam Asannasatta (yang terletak pada Alam Jhana tingkatan keempat), para Dewa di sini tidak memiliki niat pikiran apapun, apapun tidak diketahuinya.

 

Alam Asannasatta dicapai oleh mereka yang melatih samadhi “Asanna samapatti”, tidak memikirkan apa-apa, apakah itu pikiran baik atau buruk, segalanya tidak dipikirkan lagi.

 

Apakah terkadang kita juga pernah mengalami momen begini? Ada, tidak bisa dibilang tidak pernah sama sekali. Dengan perkataan lain, ketika pikiran kita blank, kita terjalin dengan Alam Asannasatta.

 

Jadi niat pikiran mana yang paling kuat, maka buah akibatnya yang masak duluan. Kapankah merupakan detik penentuannya? Saat menjelang ajal, niat pikiran mana yang paling kuat, maka anda akan menuju ke tempat yang mana.

 

Jika niat pikiran baik yang paling kuat maka anda akan bertumimbal lahir di alam yang baik; jika niat pikiran buruk yang paling kuat maka anda akan jatuh ke alam sengsara.

 

Praktisi yang dalam waktu keseharian terbiasa melafal Amituofo, saat menjelang ajal, niat pikiran yang melafal Amituofo itu paling kuat, maka dia terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Jika sepanjang hayatnya melafal Amituofo, tetapi saat menjelang ajal yang dipikirkan adalah ketamakan, kebencian, kedunguan, maka niat pikiran yang paling kuat ini mengantarnya jatuh ke tiga alam penderitaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2011

 

我們起個心動個念,自己覺得沒有什麼,其實都有果報。起個善心就有善的果報,起個惡念就有惡的果報,沒有善惡叫無記性。無記性也有果報,無記性的果報是無明,這個煩惱佛法講愚痴,或者我們說個不太好聽的話,叫白痴。無記果報,沒有善惡,他沒有智慧。他跟佛菩薩不一樣,佛菩薩無知無所不知,他是真的無知,他什麼都不知道,叫無明。

 

我們六道裡頭,四禪天裡頭有一層天叫外道天,無想天,他什麼念頭都沒有,他什麼也不知道。無想天就是修無想定所得的果報,什麼都不想,染淨善惡統統不想。我們有沒有這個時候?有,不能說沒有。有,換句話說,與無想天就有感應。我們哪個念頭強,哪個果就先報,所以誰先誰後?不一定。什麼時候決定?臨命終時,臨命終時善念強,善道去了;惡念強,惡道去了;淨念強,就四聖法界去了。念佛的人臨命終時,如果念佛的這個念頭強,他到極樂世界去了。念了一生佛,到最後一念如果是貪瞋痴,他還是墮三惡道。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五0一集)  2011/7/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0501

 

 

 

 

Apakah belajar ajaran sutra juga adalah melatih samadhi? Benar, oleh karena perhatianmu terpusat pada ajaran sutra, di benakmu takkan timbul bentuk-bentuk pikiran.

 

Ruang lingkup berpikirmu jadi menyempit (tidak berpencar), menyatu dan terpusat pada ajaran sutra, tidak berpikir sembarangan, inilah samadhi, perlahan-lahan hati menjadi suci.

 

Apa yang dibabarkan Sang Buddha di dalam ajaran sutra, setelah kita memahaminya, meyakininya, tidak meragukannya lagi, dari sinilah kita membangun keyakinan hati.

 

Melihat tekad karuna Buddha dan Bodhisattva, kekuatan tekad kita bangkit ke permukaan, dengan sendirinya muncul keluar, bukan sengaja dibuat-buat, namun mengalir secara alami.

 

Setiap hal yang sengaja dibuat-buat, memaksakan diri supaya mirip dengan Buddha, ini adalah perilaku praktisi pemula, mereka memang begini adanya.

 

Setelah menyelami ajaran Buddha barulah tidak memaksakan diri lagi, namun membiarkan segala sesuatu terjadi secara alamiah, hingga akhirnya tiada lagi niat pikiran memaksakan kehendak.

 

Tidak ada niat pikiran memaksakan kehendak, juga tidak ada tindakan memaksakan kehendak, segala sesuatu mengalir secara alamiah. Pada saat ini, semakin dekat dengan pencerahan seketika, entah kapan waktunya tiba-tiba pencerahan telah terbuka, alamiah!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2011

 

研究經教是不是修定?是的,因為你心專在經教裡面,你的念頭就沒有妄想。你想的範圍就縮小了,收在經教裡頭,不胡思亂想,這就是定,心地慢慢就清淨了。佛所在經教教導我們的,我們明白了,我們相信,不懷疑了,從這裡建立信心。看到佛菩薩的悲願,我們的願力生起來,自自然然生起來,也不是有意造作,自然的。凡是造作的,佛你怎麼做我就跟你怎麼做,那是初學,初學是這樣的。契入之後就自自然然,從造作到不造作,到沒有造作的念頭。沒有造作的念頭,也沒有造作的行為,一切都是自然的。這個時候一念頓悟的緣就愈來愈接近,不定什麼一個時候突然就開悟了,自然!開悟是自然,換句話說,不是勉強,不是你想得到的,不想就開悟,想就不能開悟。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五0一集)  2011/7/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0501

 

 

 


 

Di dunia ini ada orang yang menua dengan sangat cepat, ada pula orang yang menua dengan sangat lambat, apa sebabnya? Pepatah berkata “Kecemasan membuat orang cepat tua”.

 

Kecemasan adalah beban pikiran, orang yang suka cemas, yang memiliki kekhawatiran, yang banyak masalah di hatinya, yang mengejar nafsu keinginan, orang begini menua dengan cepat.

 

Jika anda membuang segala sampah batin ini, barulah panjang umur, penampilan pun jadi awet muda. Apa sebabnya? Anda tidak memikirkan usia tua, setiap niat pikiran yang timbul tidak berkaitan dengan aksara tua, maka anda takkan menua.

 

Seterusnya, anda tidak mengoleksi sampah batin, sampah batin merupakan Katalis (zat yang mempercepat laju reaksi) penua-an, anda tidak memiliki koleksi barang begini, makanya tidak mengalami fenomena penuaan.

 

Dari mana kesehatan berasal? Kesehatan bersumber dari niat pikiran, apa yang dikatakan orang sekarang sebagai kesehatan mental. Anda jatuh sakit lalu cepat atau lambatnya proses penyembuhan, adalah berkaitan erat dengan niat pikiranmu.

 

Terus terang saja, pengaruh obat-obatan dalam membantu proses penyembuhan, paling tidak cuma berkisar 30 persen saja, sisanya 70 persen adalah bergantung pada niat pikiran sendiri.

 

Jika anda berpikir penyakit ini sudah tidak bisa disembuhkan lagi, maka penyakit anda selamanya takkan bisa sembuh; sebaliknya jika anda menganggap penyakit ini biasa-biasa saja, tidak merisaukannya, maka penyakit akan sembuh dalam waktu singkat, tidak harus bergantung pada obat-obatan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2011

 

在這個世間,有人衰老得很快,有人衰老得很慢,什麼原因?古人有句話說「憂能使人老」。憂慮就是煩惱,有憂慮的人、有牽掛的人、有心事的人、有欲望的人,這人老化很快;你要把這些東西統統丟掉,壽命長,沒看到你衰老。什麼原因?你沒有想到老,你起心動念裡頭沒有這個老字,他就不老。再一個,你沒有這些拉拉雜雜東西,那是老的催化劑,你沒有這些東西,所以你不會有衰老的現象。所以,健康從哪裡來的?健康的根本是意念,現在人所講的心理健康。你有疾病,你這個病能夠恢復得快、恢復得慢,與你念頭有關係。實實在在講,醫藥對你健康的幫助頂多三分不得了,另外七分是你的意念。你要常常想到這個病不行了,不會好了,你肯定不會好;如果你把這個病看作若無其事,根本沒放在心上,你很快自然就好了,不用醫藥也好。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五0一集)  2011/7/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0501

 

 

 

 

Kini para ilmuwan telah memastikan bahwa niat pikiran dapat mengubah fisik, jika di dalam tubuh kita terdapat virus, namun niat pikiranmu suci, maka dapat melenyapkan virus penyakit yang menginfeksi sel-sel tubuh, sehingga pulih seperti sedia kala. Inilah yang disebut sebagai kondisi berubah menuruti perubahan hati, segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran.

 

Setiap hari kita mengulang membaca kalimat ini, namun tidak ada orang yang percaya, saat jatuh sakit panik mencari dokter, menganggap perkataan dokter lebih bisa diandalkan daripada ucapan Buddha. Jika anda meyakini ucapan Buddha, maka anda akan senantiasa berada dalam kondisi selamat.

 

Untuk meluruskan niat pikiran, cara apa yang harus digunakan? Melafal Amituofo adalah cara terunggul untuk meluruskan niat pikiran, tidak ada yang lebih baik lagi daripada hati yang melafal Amituofo, dalam hati hanya ada lafalan Amituofo, selain lafalan Amituofo apapun tidak ada.

 

Buddha Amitabha memiliki usia tanpa batas, Buddha Amitabha takkan jatuh sakit, Buddha Amitabha tidak mempunyai kerisauan, Buddha Amitabha tidak mengalami musibah, apakah anda menghendakinya?

 

Jika anda menghendakinya maka tepuk dada tanya ke hati sendiri, apakah anda yakin atau tidak? Setelah anda sanggup membangkitkan keyakinan, maka masalah pun teratasi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2011

 

Catatan :

Membaca artikel tidak boleh melekat pada kata-kata, harus menggunakan akal sehat, jadi praktisi Buddhis bukanlah jatuh sakit lantas tidak mau ke dokter dan minum obat lagi, oleh karena kita masih melekat pada tubuh jasmani ini dan belum mencapai kondisi batin yang tinggi, namun seperti artikel sebelumnya, obat hanya membantu 30 persen saja, 70 persen adalah bergantung pada niat pikiran diri sendiri.

 

 

現在科學家肯定,念頭能改變物質,物質裡頭有病毒,你的念頭清淨,就可以把細胞裡頭那些病毒消除,恢復正常。這就是境隨心轉,一切法從心想生。我們天天念,沒人相信,生病還是得找醫生,認為醫生可靠,佛這個話不可靠。佛這個話你要是真相信,決定是有,佛的話決定是真的,你能夠相信,你就保平安,什麼事都沒有了。端正心念,用什麼方法?老實念佛就是上上乘的端正心念,你的心沒有比這個更好的了,心裡頭只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有。阿彌陀佛無量壽,阿彌陀佛不生病,阿彌陀佛無煩惱,阿彌陀佛無災難,你要不要?先要問你,你信不信?像這個經上,先要問你,你有沒有?你如果能肯定,決定是有,你就真相信;真相信,你的問題就解決了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五0一集)  2011/7/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0501