Monday, April 6, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011 (Bgn 5)


Mengapa praktisi senior zaman dulu menasehati kita supaya memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang? Mengapa tidak mengajarkan kita belajar sekaligus beraneka ragam dan memperkaya ilmu, tetapi menghendaki kita memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya?

Memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya adalah melatih samadhi, guna menemukan kembali hati suci kita, setelah menemukan kembali hati sejati barulah anda boleh memperkaya ilmu, saat itu barulah jadi gampang.

Nagarjuna berhasil menemukan kembali hati sejati, mencapai Bodhisattva tingkatan Bhumi pertama, dia memiliki kemampuan hanya dalam kurun waktu tiga bulan, menguasai seluruh sutra yang dibabarkan Buddha Sakyamuni selama 49 tahun.

Di Negeri Tirai Bambu, pada masa Dinasti Tang hiduplah Sesepuh ke-6 Aliran Zen, Master Huineng yang memperlihatkan kesaksian bagi kita, beliau tuna aksara, tidak pernah bersekolah, dalam waktu keseharian, beliau memberi ceramah, murid-muridnya mencatat dan mengumpulnya menjadi sebuah buku berjudul “Sutra Altar”.

Di dalam “Sutra Altar” terdapat rekam jejak Master Huineng, sejak belajar Ajaran Buddha sampai meraih keberhasilan, tidak pernah tampak dia mengikuti Kelas Dharma satu kali pun, juga tidak pernah tercantum bahwa dia pernah mengikuti kegiatan meditasi, apalagi kegiatan lainnya.

Yang tercantum adalah Sesepuh ke-5 menyuruhnya datang menemuinya pada tengah malam. Sesepuh ke-5 menjelaskan padanya tentang “Sutra Intan”, ketika sampai pada kalimat “Hendaknya mengembangkan hati yang tidak melekat”, Huineng mencapai pencerahan seketika, setelah mencapai pencerahan, maka tidak perlu dilanjutkan lagi penjelasannya, dia sudah dapat memahami secara keseluruhannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011

Tingkatan Bodhisattva :


為什麼古聖先賢祖師大德教導我們要一門深入,長時薰修?為什麼不教我們同時廣學多聞,要我們一門深入?一門深入是修定,不是修別的,就是把我們的真心找回來,真心找回來之後你再廣學多聞,那就方便了。龍樹菩薩把真心找到,他證到初地,別教的初地就是圓教初住,他有能力用三個月的時間把釋迦牟尼佛四十九年所說的一切經全部貫通,那就廣學多聞。能嗎?真的嗎?

在中國唐朝禪宗六祖惠能大師給我們做見證,能大師不認識字,沒念過書,平常他講經說法,後人把它記錄下來,編成一本書《六祖壇經》,裡面有他的行誼,也就是他一段的歷史。我們看了之後,他從學佛到成就,弘法利生,沒有看到他在哪個講堂去聽一次經,沒有這個記錄,也沒有記錄他在哪個禪堂去坐一支香,沒有這個記錄,那其他就更不必說了。唯一記錄他聽經聞法的,就是五祖忍和尚召見他,半夜三更,讓他在方丈室,對他一個人講《金剛經》大意,應該是講到四分之一,「應無所住,而生其心」,他就豁然開悟,開悟之後就不要講了,他全都明白了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八0集)  2011/4/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0380




 

Ada seorang Bhiksu yang bernama Fada, membaca “Sutra Lotus” selama satu dasawarsa, telah mengulang membaca Sutra Lotus sebanyak lebih dari tiga ribu kali. Isi dari Sutra Lotus sangatlah tebal, sehari cuma bisa menyelesaikan satu buku saja, jadi untuk mengulang hingga lebih dari tiga ribu kali, butuh waktu sepuluh tahun, tetapi dia masih tidak mampu memahami makna inti dari Sutra Lotus.

Kemudian Bhiksu Fada menuju ke Vihara Nanhua, guna mengunjungi Sesepuh ke-6. Saat bernamaskara, kepala Bhiksu Fada tidak menyentuh permukaan lantai. Sesepuh ke-6 melihatnya dengan jelas.

Setelah Bhiksu Fada bangkit dan berdiri, Sesepuh ke-6 bertanya padanya, apa yang membuatmu merasa bangga pada diri sendiri, saat bernamaskara kepala anda tidak menyentuh permukaan lantai? Apa yang dapat anda banggakan sehingga begitu pongah?

Bhiksu Fada berkata, saya telah menyelesaikan membaca “Sutra Lotus” sebanyak lebih dari tiga ribu kali. Lalu Sesepuh ke-6 bertanya padanya makna inti dari Sutra Lotus, dia tidak dapat menjawabnya, malah sebaliknya memohon bimbingan pada Sesepuh ke-6.

Sesepuh ke-6 berkata pada Bhiksu Fada, saya tidak pernah mendengar sutra ini, anda telah membaca sebanyak lebih dari tiga ribu kali, harusnya sudah bisa menghafal di luar kepala, tolong bacakan se-kali buat diperdengarkan padaku.

“Sutra Lotus” terdiri dari 28 bab, tetapi Bhiksu Fada baru membaca sampai Bab kedua saja, Sesepuh ke-6 sudah menghentikannya, tidak perlu meneruskan membaca lagi, saya sudah memahaminya. Lalu menyampaikan makna inti “Sutra Lotus” kepada Bhiksu Fada, Bhiksu Fada mencapai pencerahan, kali ini dia bernamaskara hingga kepala menyentuh permukaan lantai, hal ini tercatat di dalam “Sutra Altar”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011


法達念《法華經》念了十年,他念《法華經》三千多遍,《法華經》的分量很大,一天只能念一部,三千多部就是十年,不知道《法華經》的義趣,到南華寺去參拜六祖,禮拜的時候頭沒著地,六祖看得很清楚。等他起來就問他,你有什麼值得驕傲的地方,你禮拜的時候頭沒著地,你有傲慢,有什麼值得驕傲?他就說了,他讀了三千多部《法華經》。六祖問他《法華經》的大意,他答不出來,他反過來向六祖請教,六祖說這個經我沒聽過,你念三千多遍,應該背得很熟,你念一段我聽聽。《法華經》二十八品,他念到第二品,六祖說:行了,別念了,我全知道了。跟他講《法華經》大意,他開悟了,再拜就頭著地了,這《壇經》上記載的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八0集)  2011/4/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0380

 


 

Baik di Alam Saha maupun di penjuru alam lainnya, semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, juga menempuh jalur sedemikian rupa, dengan mengamalkan sila barulah mencapai samadhi (konsentrasi), dengan tercapainya samadhi barulah prajna (kebijaksanaan) berkembang.

Demikian pula dengan metode Pelafalan Amituofo juga menempuh jalur yang serupa, menasehatimu supaya membangkitkan ketulusan melafal Amituofo adalah mengamalkan sila.

Sepatah Amituofo dilafal berkesinambungan tak terputus, ajaran Sutra ada dipelajari atau tidak, bukanlah masalah, kelak ketika pencerahan tercapai, ajaran Sutra akan dipahami dengan sendirinya.

Selain menggunakan metode Pelafalan Amituofo guna melatih samadhi (pikiran terfokus) dan mengembangkan prajna (kebijaksanaan), kita juga boleh menggunakan metode membaca Sutra.

Saya memusatkan perhatian dalam membaca Sutra, seperti yang disampaikan Buddha Sakyamuni di dalam “Yijiao Jing (Sutra yang berisi esensi ajaran Buddha Sakyamuni sebelum memasuki Parinirvana)” sebagai “Memfokuskan pikiran pada satu objek, tidak ada hal yang tidak teratasi”, anda harus memfokuskan pikiran pada Pelafalan Amituofo.

Pikiran yang berpencar ibarat sinar mentari yang menyinari sepuluh penjuru, tidak menyatu, tidak terfokus, sehingga selembar kertas saja tidak mampu ditembusinya.

Tetapi bila sinar ini terkumpul jadi satu, maka akan berubah jadi sinar laser, bahkan pelat baja pun dapat ditembusinya, alangkah hebatnya, terfokus pada satu titik, makanya disebut sebagai “Memfokuskan pikiran pada satu objek, tidak ada hal yang tidak teratasi”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011


在娑婆世界如是,在他方世界亦如是,十方三世一切諸佛全走的是這條路,因戒得定,因定開慧。我們念佛還是這條路,叫你老實念佛就是持戒。這一句佛號念到底,經學不學沒關係,等你開悟的時候你經就自然通了。我們今天不是用念佛來修定慧,我們是用讀誦來修定慧,行,一樣道理。你把整個意念集中在這一點,就是佛講的,《遺教經》上說的,「制心一處,無事不辦」,你要把心集中在一點上。心是智慧,心是光明,光明不能夠照十方,照十方那是起作用的,像陽光普照射十方,隔一張紙它就透不過,如果這個光要是集中在一點,變成激光,鋼板都穿透,多厲害,集中在一點,所以制心一處,無事不辦。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八0集)  2011/4/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0380