Saturday, December 26, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011 (Bgn 7)

 

  

Kekuatan dari niat pikiran adalah sungguh tak terbayangkan, sebutir niat pikiran buruk dapat menimbulkan bencana di planet lainnya. Lihatlah di Planet Bumi sekarang ini, berapa banyak orang yang memancarkan niat pikiran buruk?

 

Kita jadi mengerti betapa pentingnya ajaran yang dibabarkan Sang Buddha. Pada era seperti ini, jika dapat mempelajari ajaran Buddha, melatih diri dengan bersungguh-sungguh, maka ini merupakan kebajikan besar, pasti mendapat perlindungan dari para Buddha, Dewa, Naga dan malaikat bajik lainnya.

 

Para Buddha dan Bodhisattva berharap dapat menyelamatkan semua makhluk agar jangan jatuh kembali ke dalam enam alam tumimbal lahir. Enam alam tumimbal lahir, sesungguhnya hanyalah lima alam, tidak termasuk Alam Asura.

 

Menurut “Surangama Sutra”, selain di Alam Neraka tidak ada Asura, empat alam lainnya ada Asura. Di Alam Manusia ada Asura, Di Alam Dewa juga ada Asura, di Alam Setan Kelaparan juga ada Asura, di Alam Binatang juga ada Asura.

 

Asura memiliki pahala yang sangat besar, yang ditimbun di dalam pintu Buddha. Lantas kenapa bisa berubah jadi Asura? Tabiat kebencian dan keangkuhan-nya sangat berat, ambisinya kuat, iri hati-nya juga berat.

 

Dia memang serius melatih diri, juga mengamalkan Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan, makanya dia lahir ke Surga (Alam Dewa). Emosinya tinggi, pahalanya besar, lahir di Alam Dewa, tetapi di Alam Dewa pun masih tetap menciptakan karma buruk.

 

Di Alam Manusia, dia juga memiliki pahala yang besar. Di Alam Binatang juga serupa, bahkan di Alam Setan Kelaparan, dia juga memiliki pahala besar, namun hatinya tidak bajik, tidak punya hati Maitri Karuna.

 

Dengan perkataan lain, dia hanya mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, mengejar ketenaran dan keuntungan, memiliki keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, terutama tabiat pongah dan dengki.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011

 

Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/11/sepuluh-kebajikan_20.html

 

 

意念不可思議,我們的念頭,一個不善的念頭可能影響天上也遭難、也不善。現在這個地球,你想想看,有多少人發射出去的念頭是善的,有多少人是不善的,你這麼想想你就知道了。我們周邊的環境,往下看是三惡道,往上看欲界天、色界天、無色界天,大概色界天跟無色界天干擾少一點,欲界天肯定受干擾。我們就明瞭,佛陀的教育多重要。在這個時候,學習佛陀教育,真正修行,這是大善,這不是小善,這是諸佛特別護念,龍天善神保佑你。這肯定的,人同此心,心同此理,所以能夠想像得到的。

 

諸佛菩薩的用心,就是希望能全心全力幫助各類眾生,這個各類是九法界的眾生,速離生死,在這一生當中了生死出三界,不再墮五趣,五趣就是六道。實際上來講只有五道,六道是加個阿修羅。實際上阿修羅,《楞嚴經》上講得很清楚,除了地獄沒有阿修羅,其他的四道都有阿修羅。人有阿修羅,天有阿修羅,鬼有阿修羅,畜生有阿修羅。阿修羅修的福報很大,都是在佛門修的。為什麼變成阿修羅?瞋恚、傲慢的習氣特重,好勝心強,嫉妒心很強。他真修,他也修五戒十善,所以他生到天上。脾氣大,福報很大,到了天道,但是在天道裡頭也造孽。人間福報也大,在畜生道、餓鬼道都是有大福報的這些人,但是心地不善良,沒有慈悲心。換句話說,他搞自私自利,他搞名聞利養,他有貪瞋痴慢,特別是傲慢,特別是嫉妒。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八五集)  2011/9/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0585