Buddha
Sakyamuni menjalani delapan tahapan yang dilalui oleh setiap Buddha, salah
satunya adalah menaklukkan Mara, cara apa yang digunakan Bhagava dalam
menaklukkan Mara? Mara itu terlampau banyak, tak terhingga dan tanpa batas!
Jurus
yang digunakan Mara tak lain adalah menggertak dan memikat, begitu hatimu goyah
maka anda telah masuk ke dalam perangkapnya.
Cara
yang digunakan oleh Buddha Sakyamuni adalah tetap teguh tak tergoyahkan, sehingga
gertakan dan godaan Mara tidak berpengaruh sama sekali pada diriNya, segala
sesuatu yang berwujud merupakan khayalan semu, bukan nyata adanya.
Meskipun
beraneka ragam godaan terpampang di depan mata, juga takkan membuat diriku
terjebak, apa alasannya? Segalanya adalah khayalan semu dan bukan nyata adanya.
Ketika
anda ditawarkan menjadi Kaisar, apakah hatimu akan goyah? Harta kekayaan yang
berlimpah terpampang di depan matamu, apakah hatimu terpikat? Batu-batu permata
yang berkilauan banyaknya sampai menyilaukan matamu, apakah akan membuatmu
ngiler?
Bodhisattva
mengetahui bahwa segala sesuatu yang berwujud adalah khayalan semu, makanya
hatiNya tak tergoyahkan. Mara yang melihat dirimu tetap teguh tak tergoyahkan,
dia pun menyerah dan beranjak pergi, takkan cari masalah denganmu lagi, oleh
karena anda tidak dapat dijebaknya.
Demikian
pula dalam menghadapi lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan,
tidur), begitu hatimu goyah, anda pun jatuh ke dalam perangkap Mara, anda
berhasil dikendalikannya, anda pun kehilangan kebebasan, ingin meraih kemajuan
batin sudah sangat sulit, sebaliknya kemerosotan batin lebih cepat lajunya.
Kutipan Ceramah Master
Chin Kung 6 April 2011
Delapan tahapan kehidupan
yang dilalui oleh setiap Buddha adalah :
1.
Turun dari Surga Tusita
2.
Memasuki kandungan ibunda
3.
Keluar dari kandungan (lahir ke dunia)
4.
Meninggalkan keduniawian
5.
Menaklukkan Mara
6.
Mencapai KeBuddhaan
7.
Membabarkan Dharma
8.
Memasuki Parinirvana
釋迦牟尼佛八相成道,裡面有降魔,世尊用什麼方法降魔?魔太多了,無量無邊!他對你無非是威脅利誘,你在他境界裡面一動心,你就上當了。釋迦牟尼佛降魔的方法,如如不動,威脅不了我,假的,不是真的。利誘來誘惑我也不上你的當,為什麼?那是假的不是真的,高明。這個世間給皇帝給你做,來誘惑你,動不動心?財富你動不動心?億萬的珍寶,動不動心?菩薩確實,凡所有相皆是虛妄,如如不動。魔看到你不動心,他就走了,再不找你麻煩,你不會上當。財色名食睡,只要你動心,你就上當,你就落在魔掌,你就被他控制,你就失掉自由,再想往前進可難了,大幅度的倒退。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六三集) 2011/4/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0363
Masyarakat
Tiongkok zaman dulu masih mengecap ajaran insan suci dan bijak, di segala
bidang pekerjaan, tidak ada yang tidak mengajarkan pendidikan etika moral, menjunjung
tinggi kesusilaan, kebenaran, kejujuran dan tahu malu, mengajarkan orang
meminimalkan nafsu keinginan dan menjalani kehidupan bersahaja, rendah hati dan
menghormati, inilah yang diajarkan. Dengan perkataan lain memperkokoh akar
kebajikan-mu.
Masyarakat
sekarang sudah terbalik, seakan-akan takut kalau manusia tidak jadi jahat,
makin jahat makin bagus, suka pada sanjungan; jika anda belajar tata susila,
masyarakat akan menilaimu ketinggalan zaman, kuno dan takhayul.
Mereka
akan bertanya padamu, kenapa sih anda tidak suka pada duit, kenapa sih anda
tidak menikmati kesenangan, kenapa sih mau bersusah payah melatih diri?
Melihat
kita ini Veggie, mereka akan berkata kita ini bodoh, tidak tahu menikmati
hidup, tidak tahu menikmati berkah, cari sengsara sendiri, beginilah orang-orang
dungu di dunia ini menilai keberadaan kita.
Kita
sangat jelas, orang baik kelak akan menuju ke tiga alam baik; orang jahat jatuh
ke tiga alam rendah. Orang serakah jatuh ke Alam Setan Kelaparan, orang yang
dipenuhi kebencian jatuh ke Neraka, orang yang diliputi kedunguan jatuh ke Alam
Binatang.
Ketamakan,
kebencian dan kedunguan, Buddha Sakyamuni menamakannya sebagai “Tiga Racun”.
Kutipan Ceramah Master
Chin Kung 6 April 2011
中國古代的社會,接受聖賢的教誨,士農工商無論在哪個階層,無不是教人崇尚仁義道德、崇尚禮義廉恥,教人寡欲節儉、謙虛恭敬,他教這些;換句話說,對你都是增上善根。現在社會不是的,現在社會是唯恐你不壞,愈壞愈好,受人讚歎;你要學仁義道德,社會大眾說你落伍了,說你迷惑了。你為什麼不要錢,你為什麼不要享受,你還去修苦行?看到我們吃素,這異類,愚痴,不懂得享受,有福不知道享,去找苦吃,自討苦吃,這世間的愚人。現在社會是惡增上緣,不是善增上緣。我們很清楚,善人果報在三善道,不善的果報在三惡道,清清楚楚。人要造惡業,什麼是惡業?貪瞋痴。大小乘經典裡佛常說,貪心是餓鬼道的業因,第一個因素;瞋恚,地獄道;愚痴,畜生道。貪瞋痴是三惡道第一個業因,佛稱它為三毒。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六三集) 2011/4/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0363
Masyarakat
sekarang adalah membantumu meningkatkan ketamakan, kebencian dan kedunguan, seakan-akan
takut kalau anda tidak jadi serakah, tidak murka dan tidak dungu. Inilah sebab
mengapa masyarakat dunia sekarang diliputi kekacauan, mengapa hati manusia jadi
jahat, mengapa Bumi dilanda bencana bertubi-tubi.
Bukan
hanya Planet Bumi, bahkan sistem Tata Surya dan Galaksi Bima Sakti juga muncul
masalah. Maka itu di dalam ajaran sutra tercantum bahwa praktisi yang meyakini
Ajaran Mahayana merupakan insan yang berpahala.
Kita
harus menggunakan ketenangan hati dan ketulusan serta perasaan hormat untuk
mempelajarinya, seberapa yang mampu dipelajari, itulah yang diterapkan dalam
kehidupan keseharian, dengan demikian anda akan memperoleh manfaat yang sesungguhnya.
Setelah
dipelajari jika tidak mau diamalkan, maka anda takkan memperoleh manfaat yang sesungguhnya.
Hanya dengan menerima, meyakini dan mengamalkan, barulah dapat memperoleh
manfaat yang sesungguhnya.
Lihatlah
pada setiap bagian penutup Sutra, setelah Buddha Sakyamuni selesai membabarkan
sebuah Sutra, Y.A.Ananda mengulangi dan menghimpun Sutra Pitaka, pada bagian
akhir Sutra selalu dicantumkan satu kalimat yakni “Semua hadirin membangkitkan
perasaan sukacita, menerima, meyakini dan mengamalkannya”.
Membangkitkan
perasaan sukacita artinya telah memahaminya; menerima, meyakini dan
mengamalkannya artinya menerapkan dalam kehidupan keseharian, sehingga
memperoleh manfaat yang sesungguhnya.
Kutipan Ceramah Master
Chin Kung 6 April 2011
現在社會是幫助人提升貪瞋痴,增長貪瞋痴,唯恐你不貪、不瞋、不痴。這是今天社會為什麼會混亂,今天人心為什麼壞了,今天地球為什麼有這麼多的災難。不但地球,太陽系、銀河系都出現災難現象。大乘經上的解釋我們要相信,就像宗教裡頭說的,信主的人有福了,你相信大乘經教的人就有福報。我們要很冷靜,用真誠恭敬心來學習,學多少就做多少,你就真得受用。如果學了不肯去做,真正的受用你就得不到。解,解了以後要行,解了之後不行,不得受用,唯有依教奉行才真正得受用。你看世尊每一部經講完之後,阿難尊者的結集,最後一句話總是「皆大歡喜,信受奉行」,皆大歡喜是明白了、聽懂了,信受奉行是真幹。佛這個經沒有白講,受益的人多,惠以真實利益。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六三集) 2011/4/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0363
Karma apa yang diciptakan,
demikianlah balasan yang diperoleh, utang nyawa dibayar nyawa, utang uang
dibayar uang. Manusia di dunia ini selalu ingin mengejar laba, sesungguhnya
tidak ada keuntungan yang bisa diperoleh.
Demikian pula dengan kerugian
yang diderita, tidak ada orang yang diuntungkan maupun dirugikan di dunia ini,
tidak ada keuntungan dan kerugian yang bisa diperoleh.
Setiap kelahiran demi
kelahiran, kehidupan demi kehidupan, saling melunasi dan menagih utang piutang!
Semakin banyak anda berutang, semakin banyak pula tagihan yang harus dilunasi,
sungguh menyengsarakan!
Makanya mengapa Buddha
Sakyamuni menasehati manusia untuk menjadikan penderitaan sebagai guru? Supaya
sedikit berutang; sedikit beban utang, sedikit pula tagihan yang harus
dilunasi, hidup lebih santai dan tanpa beban.
Jika anda ingin menikmati hidup
senang dan nyaman, maka utangmu bisa menumpuk, kelak anda mesti melunasinya,
saat melunasi utang akan sungguh menyengsarakan.
Orang sekarang bilang menikmati
hidup senang, sesungguhnya bila diamati dengan akal sehat, lebih cocok dibilang
menikmati kesenangan dalam kepahitan hidup.
Setelah anda memahami Hukum
Sebab Akibat, anda akan mengerti dengan jelas, takkan melakukan hal bodoh lagi.
Kutipan Ceramah Master
Chin Kung 6 April 2011
造什麼樣的業你就得受什麼樣果報,殺人決定要償命,欠債一定要還錢。世間人想佔人一點便宜,佔不到,你說某人吃虧了,不可能,沒有佔便宜的,也沒有吃虧的,生生世世互相酬償,得還債!你愈欠得多你要還得多,很辛苦!所以為什麼世尊教人以苦為師?少欠債,你少還債,輕鬆。你要多享受,你欠的債就多,你將來還得多,還債的時候很辛苦。現在享受不是真享受,你冷靜去觀察,苦中作樂。你把因果看透了,你就真的明白了,不再幹這種傻事。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三六三集) 2011/4/6 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0363