Bagaimana saya bisa harmonis dengan orang lain? Dia melekat, saya tidak melekat, saya dapat menuruti kehendaknya; dia tidak dapat menuruti kehendakku, jika dia dapat menuruti kehendakku, maka dia sudah mencapai KeBuddhaan.
Saya dapat menuruti kehendaknya, tidak ada jejak dalam hati, apa alasannya? Tidak menaruh hal ini di dalam hati, hati bersih dan jernih, setitik debu pun tidak dapat mencemarinya.
Seperti judul lengkap sutra ini, “Buddha membabarkan Mahayana Sutra Usia Tanpa Batas nan berwibawa, suci, setara dan tercerahkan”, hati kita selamanya adalah suci, setara dan tercerahkan, dapat menuruti kehendak orang lain, namun takkan dipengaruhi dan dicemari olehnya, inilah yang disebut sebagai keterampilan.
Lama kelamaan kita dapat memengaruhinya, sebaliknya dia tidak dapat memengaruhi diri kita; andaikata dia dapat memengaruhi diriku, maka batinku telah merosot.
Saya tidak terpengaruh olehnya, kualitas batinku jadi meningkat, tahun demi tahun kian maju, bulan demi bulan kian meningkat, hari demi hari kian membaik, bukankah ini merupakan hal yang bagus?
Dalam hal begini, siapapun tidak berdaya memengaruhi dirimu. Maka itu praktisi sekalian hendaknya mengetahui bahwa seorang praktisi sejati dalam menempuh Jalan KeBodhian adalah datang dan pergi sendirian, siapapun tidak berdaya memengaruhi dirinya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2011
為什麼能和睦?他執著,我不執著,我不執著的人我能隨順他;他不能隨順我,他隨順我他就成佛了。我一切都隨順他,心裡頭不落印象,為什麼?不把這個東西往心上放,心乾乾淨淨一塵不染。經題上所說的「清淨平等覺」,我們的心永遠是清淨平等覺,能夠隨順別人,隨順別人又不染污,就是不受他的感染,這叫功夫。久而久之我們會影響他,他不會影響我們;他影響我,我就退轉了,我就又回去了。我不受污染,我就提升了,年年提升,月月提升,天天提升,這還得了嗎?這樁事情,什麼人都沒有辦法干擾你。所以諸位一定要知道,一個真正修行人在菩提道上是獨來獨往,誰都不能干擾。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五六0集) 2011/8/26 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0560
Apa artinya menaklukkan mara? Menyingkirkan gangguan, yakni ketenaran dan keuntungan, lima nafsu keinginan dan enam objek. Ketika lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan dan tidur), muncul di hadapanmu, apakah anda akan tergoda? Jika tergoda maka inilah bentuk gangguan.
Selama anda tidak tergoda maka meraih kemajuan batin, jika tidak tergoda maka anda adalah Buddha dan Bodhisattva, jika tergoda berarti masih orang awam.
Jika tidak tergoda, bukan hanya mampu melampaui enam alam tumimbal lahir, bahkan berhasil melampaui Dasa Dharmadhatu. Sebaliknya jika tergoda, bukan saja tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, bahkan Kamaloka saja, anda tidak berhasil keluar dari alam nafsu ini.
Triloka terdiri dari Kamaloka, Rupaloka dan Arupaloka. Anda hanya mampu mondar-mandir di Kamaloka saja. Mengapa demikian? Oleh karena tidak sanggup mengikhlaskan, tidak memahami kebenaran yang sesungguhnya.
Maka itu, memahami kebenaran yang sesungguhnya lebih penting dari segala-galanya, barulah dapat membantumu melepaskan kemelekatan. Setelah melepaskan kemelekatan, terhadap ajaran sutra, anda barulah dapat memahami dengan jelas dan dimengerti.
Selama masih ada kemelekatan, maka ini menghalangimu memahami ceramah Dharma secara jelas dan benar, hanya dapat menanam benih Buddha Dharma di dalam Alayavijnana (gudang kesadaran), cuma segini manfaat yang bisa dipetik.
Kapan waktunya anda dapat terselamatkan, kapan jodohmu bisa masak? Harus menanti hingga masa-masa kelahiran mendatang, entah masih berapa panjang waktu yang bakal ditempuh.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2011
Delapan Tahapan Kehidupan Buddha :
http://daunbodhi.blogspot.com/2017/11/delapan-tahapan-kehidupan-buddha.html
Dasa Dharmadhatu baca di :
http://smamituofo.blogspot.co.id/2013/07/poster-dasa-dharmadhatu.html
Triloka dan 31 Alam Kehidupan :
http://daunbodhi.blogspot.com/2015/10/31-alam-kehidupan.html
一個真正修行人在菩提道上是獨來獨往,誰都不能干擾。釋迦牟尼佛八相成道,小乘有降魔,降魔是什麼意思?就是不受干擾。干擾的什麼東西?名聞利養、五欲六塵、財色名食睡都在你面前示現,你動不動心?動心就干擾了。你不動心你就成就,你不動心你就是佛菩薩,你動心你還是凡夫。你不動心,不但脫離六道,十法界都脫離了;你要是動心的話,不但你出不了六道輪迴,你出不了欲界。六道裡頭三界,欲界、色界、無色界,上面兩界你沒分,你只能在欲界打滾。為什麼?他沒有看破,沒有了解事實真相。所以了解事實真相比什麼都重要,才能幫助你真正放下。放下,對於佛菩薩的經教,你才真正能看得明白,真正能聽得懂。你不能放下,那就障礙,障礙什麼?障礙你看不明白,障礙你聽不清楚,只能在阿賴耶識裡面種一個佛法種子,利益就這麼多。什麼時候你能得度、你能成熟?那是來生後世,不知道有多長的時間。所以《金剛經》這四句話,對修學大乘的人來講,太重要了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五六0集) 2011/8/26 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0560
Apa yang dimaksud dengan keterampilan melatih diri? Tidak terpengaruh oleh kondisi luar, inilah yang disebut sebagai keterampilan melatih diri. Ketika kondisi luar muncul di hadapan, apa respon yang ditimbulkan olehnya? Tujuh Perasaan Emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan), inilah responnya, anda telah dipengaruhi olehnya.
Hati yang semula bagaikan permukaan air yang tenang dan jernih, kenapa sekarang timbul riak? Anda mulai membeda-bedakan, saya suka yang ini, saya benci yang itu, lagi-lagi anda mulai terpengaruh.
Ketika anda mulai terpengaruh, pasti timbul tujuh perasaan emosional, suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan; asalkan muncul respon begini, maka anda telah melekat, inilah fenomena enam alam tumimbal lahir.
Maka itu selama anda memiliki tujuh perasaan emosional dan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur), anda tidak berdaya keluar dari enam alam tumimbal lahir.
Saat menjelang ajal, sebersit niat pikiran terakhir tidak boleh terjalin dengan tujuh perasaan emosional dan lima nafsu keinginan, barulah anda dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Sebaliknya bila sebersit niat pikiran terakhir, meskipun dalam hati melafal Amituofo, namun masih ada yang dikhawatirkan, maka anda tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, hal ini tidak boleh tidak dipahami.
Tujuan dari melafal Amituofo tak lain adalah berharap dapat terlahir ke Alam Sukhavati, sekarang terhadap segala fenomena, kita harus memandangnya dengan tawar atau hambar, hal ini sangat penting sekali, kemelekatan itu kian hari kian berkurang dan menipis, sehingga saat menjelang ajal barulah kita sanggup mengikhlaskan.
Sebaliknya bila kemelekatan tersebut masih begitu kental, saat menjelang ajal, Buddha Amitabha takkan datang menjemput, mengapa demikian? Kemelekatan pada perasaan begitu beratnya, kemelekatan pada perasaan (suka dan benci) adalah rintangan.
Setelah kemelekatan pada perasaan disingkirkan, barulah dapat terjalin dengan Buddha, oleh karena ketika Buddha datang menjemput, sebersit niat pikiran adalah hati yang suci, maka anda pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati; sebaliknya bila sebersit niat pikiran terakhir adalah hati yang tercemarkan, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Atas dasar alasan inilah, makanya mengapa praktisi pelafal Amituofo itu jumlahnya banyak, tetapi yang berhasil terlahir ke Tanah Suci Sukhavati jumlahnya malah sedikit.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Agustus 2011
那我們的修行你就知道,什麼叫功夫?不受外面境界干擾叫功夫。外面境界現前,干擾產生的反應是什麼?喜怒哀樂愛惡欲,這是反應,你受它干擾了。這境界現在你面前你很喜歡,被干擾了,本來心像清水一樣如如不動,你怎麼起波動了?你起了喜歡,或者討厭它,又受干擾。喜怒哀樂叫七情,就是你受干擾的時候,肯定起這七種作用,喜怒;哀是悲哀,憐憫他,傷心了;樂,感到快樂,或者是憂,憂慮。喜怒哀樂愛惡欲,只要起這種反應,你就取相執著了,這是什麼現象?這是六道的現象。所以你有七情五欲,你出不了六道輪迴。往生西方極樂世界在最後那一剎那,念佛往生那一剎那你沒有七情五欲,你真去了;如果在那一剎那,雖然心裡念佛,還有牽掛,你就去不了,這是念佛人不能不知道的。我們念佛人唯一的目標就是希望往生,現在我們對於一切諸相要把它淡化,這個很重要,就是對它的取相執著愈來愈淡薄,我們走的時候真能放下。如果對於這些諸相還很濃厚的情執,到臨終時候佛不會來,為什麼?情執太重,情執是障礙。情執斷了跟佛才有感應,因為佛來接引,那一念是清淨心你就去了;那一念是染污的心就去不了,這就是念佛人多,往生人少。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五六0集) 2011/8/26 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0560