Wednesday, December 30, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2011 (Bgn 2)

 

 

Membantu orang lain belajar Ajaran Buddha, membantu orang lain menanam akar kebajikan, membantu orang lain sehingga tercerahkan, hal ini bagus sekali!

 

Saya sendiri belum tercerahkan, tetapi dia duluan yang tercerahkan, ini juga merupakan hal yang bagus, kelak dia akan datang menyelamatkan diriku, dia akan membantuku.

 

Mengapa harus menghalangi orang lain? Begitu gampangnya memercayai rumor, bertindak gegabah, sejak dulu hingga sekarang ada banyak kejadian begini. Juga karena alasan inilah, kenyataan ini, Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) semasa hidupnya mengajari murid-muridnya, menekankan pentingnya menjalin jodoh Dharma dengan para makhluk, menjalin jodoh baik, pastinya tidak boleh menjalin jodoh buruk.

 

Jika hobi menjalin jodoh buruk, maka ini sama artinya dengan membangun rintangan di atas Jalan KeBodhian yang ditempuh diri sendiri. Sebaliknya dengan menjalin jodoh baik dan jodoh Dharma, maka anda telah memuluskan Jalan KeBodhian anda, tidak ada orang yang merintangimu.

 

Kita sudah melatih diri sesuai dengan Dharma, melindungi Dharma dan memberi manfaat bagi semua makhluk, tetapi kenapa masih bertemu dengan banyak rintangan? Kita perlu menjernihkan pikiran dan melakukan introspeksi diri, barulah kita mengerti, baik sengaja maupun tidak disengaja, setiap saat kita bermaksud menghalangi orang lain.

 

Pada masa kehidupan sekarang ini ada niat begini, ada tindakan begini, pada masa kehidupan lampau pasti juga ada hal yang serupa, karma buruk yang diciptakan dari kehidupan demi kehidupan, masalah pun bermunculan.

 

Maka itu harus bertobat menghapus rintangan karma, bagaimana caranya? Dengan melapangkan hati, memperlakukan semua makhluk dengan Maitri karuna, menyayangi dan melindungi semua makhluk, memiliki tekad hati untuk membantu semua makhluk supaya meraih keberhasilan (terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan), barulah rintangan karma ini dapat terurai.

 

Diri sendiri mesti memahami cara melatih diri, bagaimana cara untuk memperbaiki kesalahan yang pernah diperbuat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2011

 

  幫助別人學佛,幫助別人種善根,幫助別人開悟,好事!我自己沒有開悟,他開悟了,好事情,他來度我,他幫助我。為什麼要障礙別人?輕易聽信謠言,誤事,古今中外不知道有多少。也正因為這個原因、這個事實,李老師當年在世教學生,他特別重視跟眾生結法緣、結善緣,決定不能結惡緣。結惡緣,就是你自己跟自己菩提道上設立了障礙。都是善緣,都是法緣,你菩提道上一帆風順,沒人障礙你。我們如理如法的修學,護法利生,為什麼還有那麼多障礙?值得我們自己冷靜去反省,照理說是不應該的,為什麼有這麼多?我們反省就明白了,有意無意時時刻刻障礙別人。今生宿世,今生有這個現象、有這種行為,過去生中肯定有,生生世世所造的業,麻煩就來了。所以,要懺除業障。業障怎麼懺除?要擴大心量,要慈悲一切眾生,愛護一切眾生,真有成就一切眾生的心願,這個業障才能解開。自己要懂得怎麼修行,怎樣去彌補自己的過失。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八七集)  2011/9/10  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0587

 

 

 

 

Bagaimana Buddha mengajari kita maka bagaimana pula kita mengamalkannya, sebaliknya apa yang tidak diperbolehkan maka kita jangan melakukannya. Buddha mengajarkan kita mengakhiri samsara, maka kita harus keluar dari lingkaran tumimbal lahir.

 

Proses tumimbal lahir adalah sungguh mengerikan, terlampau sengsara, tiap kelahiran demi kelahiran melakoni adegan demikian. Setelah meninggal dunia, alayavijnana atau bahasa awamnya adalah arwah, akan memasuki periode Antarabhava (Periode peralihan antara selesainya satu masa kehidupan ke masa kehidupan berikutnya), umumnya adalah 49 hari.

 

Setelah 49 hari, alayavijnana akan mencari tubuh kasar yang baru, tak peduli sengaja atau tidak disengaja, arwah adalah sangat tidak stabil, bahkan kecepatannya adalah tidak berdaya kita bayangkan.

 

Ketika arwah melihat ada sosok yang berjodoh dengannya, maka dia akan menaruh perhatian, begitu perhatiannya tertuju pada sosok tersebut, dia pun bertumimbal lahir.

 

Apabila dia dungu, tidak memiliki kebijaksanaan, maka jatuh ke dalam Alam Setan Kelaparan, atau jatuh ke Alam Binatang, tak peduli alam manapun, dia telah bertumimbal lahir, sungguh mengerikan.

 

Kita melihat semut, itu juga adalah manusia yang setelah meninggal dunia bertumimbal lahir jadi semut, dikarenakan kedunguannya, melekat pada wujudnya, sehingga setiap kelahiran demi kelahiran bertumimbal lahir menjadi semut. Sampai kapan dia dapat tercerahkan, barulah dia dapat mengerti, jangan jadi semut lagi, gantilah dengan wujud yang lebih baik!

 

Maka itu insan zaman dulu berkata, “Begitu kehilangan wujud manusia, sepuluh ribu kalpa sulit memperolehnya kembali”, selama sepuluh ribu kalpa anda sulit terlahir kembali jadi manusia, hal ini menjelaskan bahwa begitu sulitnya memperoleh kesempatan terlahir jadi manusia.

 

Pada era begini, dimana karma dan jalinan jodoh para makhluk yang terlampau rumit, terlampau banyak sekali. Setelah memahami kebenaran ini, jangan lagi bertumimbal lahir, bangkitkan niat hati, memiliki keyakinan mendalam dan tekad menyeluruh, melafal Amituofo, satu tujuan yakni terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2011

 

後面這五句,「如佛訓誨」,佛教我們怎麼做,我們就去做,佛不准我們做的我們就不去做,一定是真為生死。生死太可怕,太苦,生生世世都搞這樁事情。死了以後,道跟佛都說中陰身,一般都是四十九天,四十九天他又去找一個身體,無論是有意還是無意,遊魂是非常不穩定的,而且速度之快我們無法想像。遊魂在遊蕩的時候,遇到跟自己有緣的,他就注意,這一注意他就會投胎。他愚痴,沒智慧,餓鬼裡面去了,畜生裡頭去了,不論是哪一道,他就去了,很可怕。我們看到小螞蟻,那也是個人死了之後投胎的,他會墮到那一道去,那一道特別愚痴,迷戀在這一道,生生世世做螞蟻,什麼時候牠才能覺悟、牠才能明瞭,換個身體吧!所以經教上說,古人也說,「一失人身,萬劫難復」,一萬劫的時間你都不容易再去做一個人身,說明得人身這麼難。在這個大時節裡頭,業緣太複雜,太多了。所以明白了,不再想搞生死輪迴,這樣發心,深信切願,執持名號,目的是求生淨土。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八七集)  2011/9/10  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0587

 

 

 

 

Ketika Buddha Amitabha datang menjemput, terlebih dulu memancarkan cahaya, cahaya Buddha memberkati dirimu, kualitas batin pun meningkat. Setibanya di Alam Sukhavati, bunga bermekar bertemu dengan Buddha Amitabha, menyempurnakan Jalan KeBuddhaan, berapa lama waktunya? Terus terang saja, tidak pasti berapa lama waktunya, semuanya kembali pada kualitas batin diri sendiri.

 

Yang pastinya di Alam Sukhavati takkan ada kemunduran, yang ada hanyalah kemajuan batin, cepat atau lamban tergantung pada upaya masing-masing individu. Pada akhirnya setiap insan mencapai KeBuddhaan.

 

Kebenaran ini bukan dapat dipahami oleh semua orang, oleh karena akar kebajikan setiap makhluk itu berbeda-beda. Mereka yang memiliki akar kebajikan yang tebal lebih mudah memahaminya, setelah memahaminya dengan jelas, bertekad menghapus kejahatan memupuk kebajikan, giat mengejar kemajuan batin.

 

Bagi mereka yang memiliki akar kebajikan yang tipis, ketika kesempatan ini muncul di hadapannya, dia hanya bisa melewatinya dengan sia-sia. Maka itu leluhur mengatakan bahwa bodoh sedikit tidak apa-apa, asalkan giat berusaha, anda mengamalkan dengan serius, maka juga dapat meraih keberhasilan sempurna, poin ini sungguh tak terbayangkan.

 

Maka itu saat menjelang ajal, Buddha Amitabha datang menjemput, dengan Maitri Karuna melindungi sehingga hati si praktisi tetap terfokus tak tergoyahkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2011

 

佛來接引,先是放光,佛沒有接觸到你,佛光接觸到了,這個佛光是加持的,慈悲加佑。我們的功夫沒有念到事一心不亂,只念到功夫成片,但是佛光一照,功夫提升一倍,從功夫成片就提升到事一心不亂。隨著你功夫的淺深,品位不一樣,三輩九品是大分,細分那不可說不可說,太多了。到極樂世界,花開見佛,圓成佛道,時間多長?實在說,不一定,真的佛無有定法可說,完全在自己靈性的厚薄。靈性厚的人成就快,靈性根鈍的人成就就慢,無論是快是慢,極樂世界永遠不退轉,只是向上提升、向前進的速度大家不相同,人人最後都到如來地,都能證得妙覺果位。這個道理很深,也很複雜,所以真正聽得懂也不是容易事,聽得懂的人,我們知道宿世善根深厚,這一生當中他才有這種能力受持。宿世善根薄,這一世就困難,雖有困難,真聽明白了,真搞清楚了,下定決心斷惡修善勇猛精進,能把過去生中的缺失彌補過來,這個很難得,但是做得到,不是做不到。機會遇到,如果善根太薄,空過不是可惜了嗎?這個事情我們想到了,佛菩薩早也想到,所以中國老祖宗說一句話,「勤能補拙」,拙是笨拙,笨拙不怕,只要你勤奮,你真肯幹,能彌補你的拙處,你還是會得到圓滿的成就,這一點不可思議。所以臨命終時,佛來接引,慈悲加佑,令心不亂。  

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八七集)  2011/9/10  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0587