Aksara
Mandarin ditemukan pada era Huangdi atau Kaisar Kuning (2717 SM – 2599 SM), maka
itu sejarah Tiongkok dicatat ke dalam bentuk tulisan adalah dimulai sejak era
Huangdi, hingga sekarang sudah berselang 4500 tahun lamanya, jadi sebelum era
Huangdi, peradaban Tiongkok tidak ada dicatat.
Dari era Kaisar Huangdi sampai
Kaisar Shennong adalah berkisar 500 tahun, dari era Kaisar Shennong sampai Kaisar
Fuxi juga berkisar 500 tahun, jadi jarak waktu antara Kaisar Huangdi dan Kaisar
Fuxi adalah 1000 tahun.
Jadi apakah sebelum
ditemukannya aksara Mandarin, peradaban Tiongkok telah berlangsung? Pasti ada.
Konfusius merupakan insan yang
paling jujur, takkan berdusta sama sekali. Lihatlah pengakuan beliau tentang
sikap belajarnya sendiri, beliau mengatakan bahwa sepanjang hidupnya “Menyampaikan
ajaran para pendahulu, tidak menciptakan teori sendiri”, hal ini menjelaskan
bahwa apa yang beliau pelajari dan apa yang beliau ajarkan, wariskan, bukanlah
teori ciptaannya sendiri, tetapi merupakan ajaran insan zaman dahulu kala, yang
diwariskan secara turun temurun, generasi demi generasi, semua ajaran ini dapat
diterimanya.
“Yakin dan suka pada ajaran
para pendahulu”, Konfusius memiliki keyakinan pada insan zaman dulu, tiada
keraguan sama sekali. Beliau juga sangat bersukacita meneladani para pendahulu,
insan suci dan bijak zaman dahulu.
Makanya generasi selanjutnya
memberikan gelar kepada Konfusius sebagai “Penghimpun Agung”, beliau sendiri
tidak memiliki ciptaan baru, juga tidak punya penemuan baru.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 30 April 2011
中國從黃帝才發明文字,要知道,中國有記載的是從黃帝開始,到現在四千五百年,四千五百年以前沒有記載。黃帝到神農五百年,神農到伏羲五百年,八卦是伏羲畫的,所以伏羲在黃帝之前一千年。這個五千年之前有沒有?肯定有。孔老夫子他老人家是個非常非常忠厚老實人,不說妄語的。你看他講他自己修學的態度,講得真好,我們應當要學。他說他一生「述而不作」,也就是說明,他老人家所學的、所修的、所教的、所傳的,他說不是他自己的,全是古人的,古時候祖祖相傳傳下來的,他完全接受了;「信而好古」,他對古人那個相信,一點懷疑都沒有。好是喜歡,就是此地的樂欲,他喜歡,完全學古人,古聖先賢。所以孔子被後人尊稱為集大成者,他自己沒有創造、沒有發明。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八七集) 2011/4/30 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0387
Di dalam “Lun Yu (Analek Konfusius)” banyak tercantum kalimat “Konfusius
berkata”, saya percaya ucapan beliau berasal dari ajaran para pendahulu.
Konfusius begitu yakin pada ajaran para pendahulu, makanya beliau menerapkannya
dalam kehidupan kesehariannya, memperagakan teladan dengan pengamalan nyata.
Tidak seperti orang zaman
sekarang, sejak kecil sudah berangan-angan melakukan perubahan, penemuan baru,
makin banyak penemuan baru makin timbul banyak permasalahan.
Kemajuan ilmu dan teknologi telah
menghasilkan banyak penemuan muktahir, menurut anda, hal ini bagus atau tidak?
Cobalah amati dengan seksama.
Sisi positifnya adalah dapat
membawa kenyamanan dan kemudahan bagi kehidupan manusia untuk kurun waktu dua abad
lamanya. Sisi negatifnya adalah Bumi menuju pada kemusnahan.
Kemudahan dua abad diganti dengan
kehancuran Planet Bumi, ini namanya keuntungan yang diperoleh tidak dapat
menutupi kerugian yang diderita.
Apakah orang Tiongkok zaman
dahulu kala telah memiliki pola pikir teknologi muktahir? Ada. Lantas kenapa
tidak dikembangkan? Oleh karena mereka menyadari dampak negatif yang akan
ditimbulkan, makanya tidak dikembangkan.
Di dalam literatur kuno, kita
dapat melihat pada era Kaisar Wang Mang (bertahta 9-23 Masehi) ada orang yang
meneliti tentang penerbangan, menciptakan benda seperti pesawat layang.
Contoh lainnya adalah Zhuge Liang
yang menciptakan sapi kayu (gerobak roda tunggal dengan dua pegangan) sebagai
alat transportasi mekanik. Tetapi mengapa baru diciptakan beberapa hari saja
sudah dihancurkan? Mengapa tidak diwariskan kepada generasi berikutnya? Apakah
Zhuge Liang egois? Bukan.
Oleh karena Zhuge Liang menyadari
jika benda ini dikembangkan lagi, akan membawa masalah besar. Orang Tiongkok
memiliki pemikiran etika moral, orang Tiongkok memiliki hati welas asih, tidak
tega membiarkan penemuan yang diciptakannya kelak menimbulkan kekacauan di
dalam masyarakat, tidak tega menghancurkan Planet Bumi.
Lain halnya dengan orang barat
tidak memiliki pemikiran begini, hobi menonjolkan diri, membuat ide-ide baru untuk
mengungkapkan dengan sengaja bahwa dirinya berbeda dengan orang lain, sehingga
pengorbanan yang harus dibayarnya juga terlampau menyakitkan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 30 April 2011
《論語》裡面有很多話,「子曰」孔子說的,我相信很多話都是古人傳下來的,這我們能夠信得過。他能夠相信,古人的話就是他自己的話。他信,他做到了,他證明了沒錯誤,決定有好處,他自己做一個實踐者,做給大家看。
不像現在,從小就要講創造、發明,這創造出來的問題就太多了。科學技術創造,你說好還是不好?你要細心去想想。好,帶給我們兩百年生活的方便;不好是什麼?不好,地球要毀滅。兩百年這種享受把地球毀滅賠上,得不償失。這就曉得中國古人有沒有科學的思想?有。為什麼不發展?他知道弊病,不願意發展。最明顯的,我們在古籍裡頭看到的,王莽時代就有人學滑翔、飛行,造現在像滑翔機一樣飛行;諸葛亮的木牛流馬,機械化的運輸。為什麼搞出來之後,沒有玩幾天就把它毀掉了?諸葛亮死後把這個全部毀掉,不留給後人。是不是自私?不是的,知道這個東西發展下去麻煩很大,他們曉得。這中國人什麼?中國人有道德觀念,中國人有愛心,不忍心造成社會動亂,不忍心毀掉地球。外國人沒有這種德行,愛好表現,所以標新立異,付出的代價太慘痛了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八七集) 2011/4/30 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0387