Saturday, April 11, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011 (Bgn 6)


Seorang praktisi sejati yang membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, dalam memperlakukan orang lain mesti menggunakan hati yang tulus, terhadap siapa saja hendaknya berbicara dengan jujur.

Saya jujur pada orang lain, saya juga tidak takut orang lain tidak jujur padaku, hal ini patut dipahami. Bagaimana kalau orang lain tidak jujur padaku? Mengapa saya tidak membalasnya dengan kebohongan juga?

Oleh karena saya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati guna mencapai KeBuddhaan, makanya saya harus mempersiapkan segala persyaratan menjadi penduduk resmi di sana.

Orang lain mengelabuiku, saya takkan menyimpannya di dalam hati, mengapa demikian? Oleh karena dia tidak berencana ke Alam Sukhavati, dia masih hobi berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, setiap orang punya tujuan masing-masing!

Buddha Amitabha menuruti kehendak para makhluk, anda berniat terlahir ke Alam Sukhavati, baguslah, sebaliknya kalau masih hobi menikmati siksaan di enam alam tumimbal lahir, yah silahkan saja.

Tidak perlu mencampuri urusan orang lain, juga tidak perlu mengkritik orang lain, apabila mencampuri dan mengkritik, hati kita pun jadi kalut.

Kita juga tidak punya waktu untuk mencampuri dan mengkritik orang lain, kita harus menggenggam setiap detik dan menitnya untuk segera melafal Amituofo, memfokuskan pikiran melafal Amituofo, jangan sampai ada ada ganjalan di hati kita, begini sudah betul.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


    下面一段,「說誠實言。說至誠無妄、真實不虛之言。」我們真學佛,真求往生,這兩句就要在現前生活當中去學習,無論對什麼人用誠實心,無論跟什麼人說話用真實語。我不欺騙人,不怕別人欺騙我,這個一定要懂。為什麼我不欺騙人?我要到西方極樂世界去作佛,我必須要具備西方極樂世界的條件。別人欺騙我,我不會放在心上,為什麼?他不到西方,他要繼續搞輪迴,人各有志!佛都恆順眾生,想到極樂世界到極樂世界去,好,想搞輪迴,輪迴也好,你去搞去。不必去干涉別人,也不必、用不著去批評別人,要干涉、要批評,我們的心亂了。我們沒有時間去干涉、批評,我們要抓緊時間趕快念佛、一心念佛,不能讓心裡有雜念,這就對了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八三集)  2011/4/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0383



 

Memperlakukan setiap orang dengan hati Maitri Karuna. Hati Maitri Karuna ini berasal dari hati yang suci, setara dan tercerahkan. Jadi tidak boleh mengandung kemelekatan pada perasaan suka dan benci, contohnya saya suka pada orang ini, makanya saya berwelas asih padanya; sebaliknya saya benci pada orang itu, makanya tidak ada welas asihku padanya. Hati begini manalah bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu kita harus teringat pada ucapan Buddha Sakyamuni di dalam “Sutra sila Bodhisattva”, yaitu “Seluruh pria merupakan Ayahanda-ku, seluruh wanita merupakan Ibunda-ku”, mesti menggunakan hati yang berbakti pada Ayahbunda guna berbakti pada semua makhluk, inilah Bodhicitta.

Menghormati semua makhluk, ini merupakan salah satu persyaratan untuk terlahir ke Alam Sukhavati. Janganlah menganggap saya menghormati orang lain, bukankah ini merugikan diriku, orang lain saja tidak tahu menghormati diriku.

Oleh karena orang lain itu tidak berniat ke Alam Sukhavati, sedangkan kita sendiri bertekad ke Alam Sukhavati, penduduk di sana adalah saling hormat menghormati, kalau sekarang saja saya belum mempelajarinya, bagaimana bisa menuju ke sana!

Hendaknya memahami kebenaran ini. Barulah perlahan-lahan anda mengerti bahwa memperlakukan setiap makhluk dengan hormat adalah sudah sepantasnya.

Dia menfitnah diriku, saya tetap menghormatinya, dia mencelakaiku, saya tetap menghormatinya, apa alasannya? Saya sangat jelas, dia sesungguhnya adalah Buddha, hanya saja sekarang sedang tersesat, jadi manalah boleh saya meremehkannya!

Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita, semua makhluk merupakan Ayahbunda-ku di masa lampau, para Buddha di masa mendatang. Kalau sudah memahaminya maka lekaslah mengamalkannya, jangan takut dirugikan.

Insan zaman dulu berkata, menerima kerugian adalah berkah, apakah anda menghendaki berkah? Kalau menghendaki berkah yah harus bersedia dirugikan, insan yang ikhlas menerima kerugian adalah insan berberkah, sebaliknya orang yang mengambil keuntungan dari orang lain (mengakali orang lain) adalah orang yang tidak memiliki berkah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


  對人、對事,這就是對他,慈悲心。這個慈悲心從哪裡來的?從真誠、清淨、平等、正覺裡頭來的,所以這個慈悲是真的不是假的。慈與樂,悲拔苦,幫助一切眾生破迷開悟、離苦得樂,這就是慈悲心。可是這個心一定是從真誠、清淨、平等、覺裡面出來的,這才是真的。如果是自己感情的,裡面夾雜著情識的,我喜歡這個人,我對他慈悲,那個人討厭,就算了,就沒有了,這是假的,這樣的心不能往生。所以我們一定要想到,佛在《菩薩戒經》裡告訴我們,「一切男子是我父,一切女人是我母」,要拿孝順父母的心來孝順一切眾生,這是菩提心。一切恭敬,這是往生淨土的先決條件,你具足這些條件,沒有不往生的。不要以為我對別人恭敬,我吃虧了,人家對我都不恭敬。他不想到極樂世界去,我想到極樂世界去,極樂世界人人都是這麼恭敬,我要不學會,我怎麼能去!要明白這個道理。然後漸漸你才曉得,對一切眾生恭敬是應該的。他毀謗我,我恭敬他,他陷害我,我尊敬他,為什麼?我清楚,我知道他本來是佛,現在不過一時糊塗而已,怎麼敢輕慢!佛講了,一切眾生是我過去父母、未來諸佛,這個話講絕了。我們能不能信?信那就真幹,千萬不要怕吃虧。古人都說得好,吃虧是福,要不要福?要福就得要吃虧,吃虧的人有福,佔便宜的人沒福。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八三集)  2011/4/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0383

 


 

Terhadap kesalahan yang pernah kita lakukan sebelumnya, kita harus bertobat, cara bertobat itu bukanlah mesti diceritakan keluar kepada orang lain, yang disebut dengan istilah pertobatan terbuka. Bukan dengan cara begini kita bertobat.

Jurusku yang satu ini adalah diwariskan oleh Master Zhangjia kepada diriku, bagaimana cara bertobat yang sesungguhnya? Yakni jangan lagi mengulanginya, begini barulah disebut sebagai bertobat.

Kalau anda menceritakan-nya kepada orang lain atau melakukan pertobatan terbuka, usai itu esoknya anda mengulangi lagi melakukannya, maka ini tidak ada gunanya, ini namanya palsu.

Yang penting adalah tidak mengulanginya lagi, barulah disebut pertobatan yang sesungguhnya. Begitu kembali ke jalan yang benar, maka anda telah menjadi orang terbaik diantara orang-orang baik.

Maka itu Buddha Dharma selalu menyerukan kembali ke jalan yang benar, yang ditujukan kepada orang-orang yang pernah melakukan kesalahan.

Setelah belajar Ajaran Buddha selama bertahun-tahun, bukannya tidak tahu kalau itu adalah perbuatan salah, sudah tahu tidak boleh masih juga sengaja melanggarnya, mengapa demikian?

Hal ini serupa dengan ucapan insan zaman dulu, “Mampu mengikhlaskan tapi tidak sanggup menahan diri (dari godaan dan cobaan)”, lantas bagaimana cara mengobati penyakit batin ini?

Teruslah giat berusaha, anda belajarnya masih belum mencukupi, tidak mampu melampaui kekotoran batin. Andaikata memiliki keterampilan yang mencukupi, saat kekotoran batin timbul, maka takkan tergoyahkan, bukankah dengan demikian anda telah berhasil melewatinya?

Praktisi yang memiliki keterampilan yang lebih tinggi, ketika menghadapi kondisi baik suka maupun duka, akan meningkatkan kualitas batinnya sehingga memperoleh manfaat besar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


過去所做錯的要懺悔,懺悔,真正的懺悔不是說給別人聽,我們講發露懺悔,不是的。我這招是章嘉大師傳給我的,什麼叫懺悔?後不再造,你是真懺悔。你說給別人聽,發露懺悔了,明天還幹,那沒用,那不是,那是假的不是真的。最重要是後不再造,真回頭了,這一回頭是好人當中的好人,善人當中的善人。所以,佛法常常標榜著回頭是岸,對哪些人講的?都是對發生過錯誤的人講的。錯誤是迷失本性,隨順貪瞋痴慢、隨順煩惱,前面三聚裡面講邪定聚。學佛多年了,不是不知道,明知故犯,為什麼?這是古人講的,看得破,忍不過,還是犯了。這個毛病如何對治?繼續努力,你學習的功夫不夠,敵不過煩惱。如果有足夠的功夫,煩惱現前能如如不動,你不就通過了嗎?功夫更高的人,在煩惱當中得大利益,提升自己的境界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八三集)  2011/4/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0383