Tuesday, April 7, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011 (Bgn 1)


Penduduk Alam Sukhavati merupakan sebuah Persamuan Dharma Agung. Buddha Amitabha dan para makhluk yang berjodoh, yang tak terhingga dan tanpa batas, yang tersebar di alam para Buddha di sepuluh penjuru, apa yang dimaksud dengan makhluk yang berjodoh?

Semua Buddha tidak ada yang tidak membabarkan “Sutra Usia Tanpa Batas”, tidak ada seorang pun Buddha yang tidak menasehati para makhluk supaya melafal Amituofo dan membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Apabila para makhluk setelah mendengarnya, dapat membangkitkan keyakinan, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat, inilah yang disebut sebagai berjodoh dengan Buddha Amitabha, inilah yang disebut sebagai makhluk yang berjodoh.

Ada tipe orang yang meskipun sudah tiap hari dinasehati Guru, tetapi si murid ini memiliki kemelekatan yang begitu berat pada perasaan (suka dan benci), tidak bersedia terlahir ke Alam Sukhavati.

Saya pernah bertemu dengan tipe orang begini, seorang Bhiksu aliran Tiantai, suatu kali dia mengundangku memberi ceramah “Amitabha Sutra”, setelah mendengarnya, dia masih saja belum berminat terlahir ke Alam Sukhavati, tiap hari dia melafal nama Buddha Sakyamuni, dia tidak mau melafal Amituofo.

Inilah yang disebut tidak berjodoh dengan Buddha Amitabha, meskipun sudah mendengar ceramah tentang “Amitabha Sutra”, dia memang percaya tapi tidak berminat ke sana, katanya Buddha Sakyamuni adalah Guruku, makanya dia mau ikut dengan Buddha Sakyamuni saja.

Benar-benar ada orang tipe begini, praktisi senior pula. Setelah kita memahaminya, takkan merasa keheranan lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


  「極樂會眾」,會眾就是居民,極樂世界是個大會、是個法會。阿彌陀佛與十法界無量無邊無盡的諸佛剎土裡面有緣眾生,什麼叫有緣眾生?一切諸佛沒有不講《無量壽經》的,沒有不勸大家念佛求生極樂世界的,如果大家聽了能信,願意往生西方極樂世界,這就是跟阿彌陀佛有緣,這叫有緣眾生。有人,師父天天勸,學生情執很重,不願意去。我就遇到,學天台的法師,他請我講經,講《阿彌陀經》,結果他怎麼?他不想到極樂世界去,他每天念佛,念南無本師釋迦牟尼佛,他不念阿彌陀佛,不想到極樂世界去。這就是什麼?這跟佛沒有緣,聽是聽了,不想去,他也不是不信,他就是不想去,釋迦牟尼佛是我的恩師,他就願意永遠跟釋迦牟尼佛。真有這樣的人,老修行人。我們明瞭,就不覺得稀奇了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八一集)  2011/4/22  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0381



 

Kini pendidikan kesusilaan telah terabaikan, di dalam hati setiap manusia tiada hal lainnya lagi, cuma ada satu saja yakni duit. Mereka hanya memikirkan bagaimana cara jadi kaya, benarkah bisa jadi kaya?

Kalau benar bisa jadi kaya, maka saya bilang pada kalian, Buddha dan Bodhisattva juga mau belajar padamu, Dia juga ingin jadi kaya, para insan suci dan bijak juga ingin belajar padamu bukan?

Lantas kenapa Dia tidak belajar padamu? Oleh karena Dia memahami kebenaran bahwa keinginan ini tak tercapai. Di dalam “Delapan Jenis Penderitaan” terdapat penderitaan akibat keinginan tak tercapai, jadi bukan bisa diperoleh dengan memohon dari luar.   

Apa yang ada di dalam garis hidup, pasti bisa terwujud dengan sendirinya; sebaliknya apa yang tidak ada di dalam garis hidup, bagaimanapun memohonnya juga takkan terkabul. Tempo dulu insan terpelajar memahami kebenaran ini, makanya mereka takkan mengejarnya.

Konfusius memahami kebenaran ini, kehidupan Konfusius sangat bersahaja, bukan berkecukupan, bahkan kategori “keluarga menengah, tidak kaya dan tidak miskin”, juga tidak sanggup diwujudkan-nya, beliau melewati kehidupan rakyat biasa.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011

Delapan Jenis Penderitaan :


今天,教育是被大家普遍疏忽,人心目當中別的東西沒有,只想金錢,你說糟糕不糟糕。只想發財,能發得了嗎?如果想發財真能發得了,我給諸位說,佛菩薩都跟你學了,他也想發財,聖賢君子不就全都跟你學了嗎?他為什麼不跟你學?他了解事實真相,這個東西求不得。八苦裡頭有求不得苦,不是你有求就來了,求不得。那得什麼?命裡有的時候自然就有,命裡無的時候怎麼求都求不到,這個一點都不假。從前念書人都懂這個道理,所以什麼?他不求。

孔子懂這個道理。孔子生活相當艱苦,不是富有,孔子連小康都做不到,他過的是一般平民生活。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八一集)  2011/4/22  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0381




 

Konfusius memahami kebenaran ini, kehidupan Konfusius sangat bersahaja, bukan berkecukupan, bahkan kategori “keluarga menengah, tidak kaya dan tidak miskin”, juga tidak sanggup diwujudkan-nya, beliau melewati kehidupan rakyat biasa.

Salah seorang muridnya yang menjalani kehidupan paling susah adalah Yan Hui, "Dengan keranjang bambu buat mengisi nasi dan belahan labu untuk meneguk air", bahkan mangkok nasi juga tidak dimiliki, sehingga menganyam bambu buat dijadikan mangkok nasi; demikian pula satu gelas pun tidak dimiliki, alhasil menggunakan belahan labu buat mengisi dan meneguk air.

Beginilah kehidupan yang dilalui Yan Hui, tetapi dia begitu bahagia, wajahnya selalu berhiaskan senyuman, tiada sikap prihatin sama sekali. Mengapa demikian? Oleh karena dia memahami Sebab Akibat, dia memahami mengapa seseorang bisa hidup berkecukupan.

Umumnya orang yang melewati kehidupan serupa Yan Hui pasti akan berkeluh kesah, memikirkan segala cara bagaimana merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, bagaimana cara menipu orang lain demi memuaskan nafsu keinginan diri sendiri, inilah yang disebut menciptakan karma buruk.

Anda berhasil menipu sejumlah uang dari tangan orang lain, itu pun karena memang sudah ada di dalam garis hidupmu. Sebaliknya jika tidak ada di dalam garis hidupmu, berapa besar pun kejahatan yang anda lakukan, juga takkan berhasil memperolehnya, bukankah sungguh malang dirimu?

Barulah anda sadari bahwa betapa pentingnya Pendidikan Hukum Karma!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


孔子懂這個道理。孔子生活相當艱苦,不是富有,孔子連小康都做不到,他過的是一般平民生活。學生當中,物質生活最艱難的,顏回,簞食瓢飲,吃飯連飯碗都沒有,用竹子編一個簍子當飯碗;喝水連個杯子都沒有,用葫蘆瓢喝水。過那樣的生活,他快樂,你見到他,他都是滿面笑容,從來沒有憂悲苦惱這種態度出現。為什麼?他懂因果,他明白這個當中的道理。所以他屬於正定聚,他不是邪定。一般人受這種苦難的生活,他就熬不過去,他就想入非非,損人利己,如何竊取別人的,滿足自己的欲望,那就造罪業,這屬於邪定聚。造罪業,你能夠得到的,還是你命裡有的。命裡沒有的,造什麼樣的罪業,得不到,你說你冤不冤枉?所以你就曉得,因果教育多重要!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八一集)  2011/4/22  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0381

 


 

Umumnya masyarakat juga mengetahui bahwa “Di dalam pintu Buddha segala permohonan pasti terkabul”. Saya ingin jadi kaya tetapi di dalam garis hidup tidak ada, lantas memohon kekayaan pada Buddha, maka Buddha akan mengajarkan padamu cara menjadi kaya.

Di dalam garis hidup tidak memiliki kecerdasan dan kebijaksanaan, Buddha mengajarkan padamu bagaimana cara mengembangkan kebijaksanaan. Di dalam garis hidup tidak memiliki usia panjang, Buddha mengajarkan padamu bagaimana cara memperpanjang usia, maka itu disebut sebagai di dalam pintu Buddha segala permohonan pasti terkabul.

Tentunya bukan dengan cara bersujud dan berdoa di depan altar Buddha, yang begini takkan ada mukjizatnya, tidak ada gunanya, anda harus belajar ajaran Sutra. Sutra mengajarkan padamu, untuk menjadi kaya itu ada aturannya.

Bagaimana caranya? Dengan Amisa Dana (dana materi). Orang yang memiliki kekayaan berlimpah, itu dikarenakan pada masa kehidupan lampau selama kelahiran demi kelahiran suka berdana, barulah sekarang dia jadi hartawan, jadi bukan dengan cara menipu orang lain.

Kecerdasan dan kebijaksanaan diperoleh dari Dharma Dana, kesehatan dan umur panjang diperoleh dari Abhaya Dana (menghilangkan ketakutan di hati para makhluk, contohnya bervegetarian atau memberi nasehat kala dibutuhkan).

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


佛門當中,的確是殊勝,一般社會大眾都知道,「佛氏門中,有求必應」。我求發財,應不應?應。命裡沒有財?命裡沒有財求佛,佛教你發財了,那是真的不是假的;命裡沒有智慧,佛能幫助你開智慧;命裡沒有壽命,佛能幫助你長壽,有求必應。那在佛面前禱告禱告,這個不靈,這個沒用處,你得學經典,經典裡面有教你,生財有大道。用什麼方法?布施,財布施。那個人命中財富很多的,前世生生世世喜歡財布施,他才得這麼大的財富,不是坑人騙人來的,是歡歡喜喜布施他才得到的。聰明智慧的因是法布施,健康長壽的因是無畏布施。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八一集)  2011/4/22  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0381