Saturday, May 9, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2011 (Bgn 4)


Tubuh kasar ini saja mesti diikhlaskan, apalagi hal-hal lainnya, buat apa mendambakannya? Apapun jangan didambakan lagi. Di dalam hati hanya ada Buddha Amitabha, hanya ada Alam Sukhavati, mana mungkin ada alasan tidak terlahir ke Alam Sukhavati!

Di dalam sutra Mahayana, Buddha Sakyamuni selalu berkata, “Segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran”, hari ini yang saya pikirkan adalah Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, selain ini apapun tidak ada.

Setiap niat pikiran yang muncul hendaknya adalah membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, jangan lagi mendambakan dunia ini.

Tubuh fisik ini masih berada di dunia ini, maka hidup sehari melafal Amituofo sehari, inilah yang harus kita peragakan untuk diperlihatkan kepada orang banyak, melafal Amituofo mesti berkesinambungan, demikian pula belajar Ajaran Buddha juga mesti berkesinambungan.

Jika masih mendambakan dunia ini, masih melekat pada tubuh fisik ini, maka hanya bisa pasrah kembali berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, ini bukan lagi belajar Ajaran Buddha.

Hal ini tidak boleh tidak dipahami, jika tidak dipahami maka akan menyia-nyiakan satu masa kehidupan ini, pada satu masa kehidupan ini hanya bisa menjalin jodoh dengan Buddha Amitabha saja, tidak punya kesempatan terlahir ke Alam Sukhavati!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2011


身不要了,生活在世間所有的附屬品那更不相干,何必留戀它?什麼都不留戀。心裡只有阿彌陀佛、只有極樂世界,哪有不往生的道理!大乘經上佛常講,「一切法從心想生」,我今天心想就是阿彌陀佛、就是極樂世界,除這個之外什麼都沒有。確確實實是念念想求往生,不想住這個地方。這個身體還在這個地方,在一天呢?在一天就幹一天,就照我們自己這個幹法,這就是給大家做一個好榜樣,念佛要這樣念法,學佛要這樣學法,就沒錯。還貪戀世間、貪戀自身、貪戀身家,那就搞六道輪迴了,那不是學佛。這個道理不能不懂,不懂就誤了這一生,這一生跟阿彌陀佛結個緣,去不了!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九二集)  2011/5/3  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0392




 
 
Hal paling mendesak yang kita butuhkan hari ini, pada satu masa kehidupan ini setiap saat dan kapan saja saya bisa langsung terlahir ke Alam Sukhavati, begini barulah boleh.

Dengan demikian tidaklah sia-sia pada satu masa kehidupan ini kita datang ke dunia ini, pada satu masa kehidupan ini kita dapat bersua dengan Buddha Dharma, tidak sia-sia belajar Ajaran Buddha, tidak bersalah pada Buddha dan Bodhisattva, tidak bersalah pada diri sendiri, tidak bersalah pada Leluhur, tidak bersalah pada Ayahbunda.

Keberhasilan mesti diraih pada satu masa kehidupan ini, jangan menunda hingga pada masa kehidupan berikutnya. Juga mesti memiliki hati Maha Maitri Karuna, serupa dengan Buddha guna membantu para makhluk.

Kebijaksanaan itu harus suci, di dalamnya takkan bercampur dengan pikiran yang terpencar dan keraguan, andaikata masih mengandung keraguan, inilah yang disebut tidak suci.

Baik tindakan maupun ucapan juga harus suci, tidak boleh bercampur dengan niat mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, juga tidak boleh bercampur dengan tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur), dengan demikian tubuh dan mulut kita barulah suci.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2011


我們今天所迫切需要的,我這一生當中隨時隨刻都去得了,這才行。我們這一生當中沒有白來,這一生當中遇到佛法,沒有白學,對得起佛菩薩,對得起自己,對得起祖宗,對得起父母。成就決定在這一生,不能等到來生後世。也要有大慈悲心,像佛一樣幫助眾生。慧,慧要淨,淨就是什麼?裡面沒有夾雜、沒有懷疑,這個慧是淨慧,有懷疑、有夾雜就不淨。行,行是我們的造作,言語造作;梵行,梵是清淨。我們言語造作裡面,也不夾雜自私自利、也不夾雜七情五欲,我們身口就清淨。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九二集)  2011/5/3  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0392