Thursday, September 10, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011 (Bgn 6)

 

 

Tak peduli kondisi batin apapun yang muncul, ketika di benakmu timbul niat pikiran, tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur), bentuk-bentuk pikiran pun ikut bermunculan.

 

Dengan menggunakan sepatah Amituofo, seluruhnya dialihkan ke dalam lafalan Amituofo, menyapu bersih segala kekotoran batin dan tabiat. Ini disebut tahu cara melafal Amituofo dengan benar, ini disebut melatih diri dengan benar, ini pula disebut dengan tahu cara berdaya upaya dengan benar.  

 

Hendaknya memelihara kesucian tubuh dan pikiran, maka anda akan sehat dan panjang umur. Hati yang suci akan memunculkan kebijaksanaan takkan tumbuh kekotoran batin, barulah anda dapat menyelesaikan permasalahan.

 

Tak peduli itu adalah masalah pribadi, masalah keluarga, masalah perusahaan, masalah sosial, semuanya dapat diselesaikan dengan hati yang suci.

 

Sebaliknya jika tiap hari anda malah cemas, banyak beban pikiran, maka hal ini takkan dapat menyelesaikan masalah. Semakin besar urusan yang harus ditangani, hati harus kian suci dan jernih, jangan sampai timbul kerisauan, maka dalam perjalanan karirmu mana ada alasan tidak berhasil meraih kesuksesan!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

無論什麼境界現前的時候,你起心動念,動什麼?動七情五欲,已經生煩惱了。一句阿彌陀佛,統統歸到阿彌陀佛那裡去,把你那些煩惱習氣一掃而光。這叫真會念佛,這叫真修行,這叫真會用功。一定要保持身心清淨,你就健康長壽。清淨心生智慧不生煩惱,你才能解決問題。無論是你自己的問題、家庭問題,你們公司問題、社會問題,統統是清淨心真能解決。你每天憂愁、煩惱,那是決定不能解決的。愈是做大事,心愈要清淨,決定不生煩惱,你的事業哪有不成功的道理!

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487

 

 

 


Di dalam “Hui Shu” tercantum : “Bodhisattva belajar Dharma demi memberi manfaat bagi orang lain, Dharma yang diperoleh pasti akan disampaikan kepada orang lain. Demi semua makhluk, meskipun melalui kalpa yang tak terhingga juga tak kenal lelah”.

 

Ini merupakan ucapan dari Guru Sesepuh, untuk menjelaskan sepenggal  kalimat Sutra Usia Tanpa Batas (Bab 31 Jasa kebajikan Yang Sesungguhnya) yang berbunyi : “Membahas Dharma tak kenal jenuh, belajar Dharma tak kenal lelah”.

 

Bodhisattva belajar Dharma bukan untuk dirinya sendiri, namun demi orang banyak. Demi diri sendiri bisa timbul kemalasan. Jika demi para makhluk, maka tidak boleh malas, para makhluk sudah begitu merana, sehari saja anda tidak membantu mereka, maka mereka akan tambah menderita sehari.

 

Maka itu demi kepentingan para makhluk, ini merupakan sebuah kekuatan yang sangat kuat untuk memotivasi dirimu, anda harus giat belajar dan tidak boleh malas.

 

Lebih cepat sehari kebijaksanaan-ku dapat terbuka, lebih awal sehari saya bisa mencapai samadhi, maka para makhluk dapat berkurang menjalani penderitaan sehari.

 

Sebaliknya saya menunda sehari lebih lambat mencapai pencerahan, maka penderitaan yang dijalani para makhluk akan bertambah sehari.

 

Para makhluk yang dimaksudkan di sini mencakup Ayahbunda-ku, keluarga, kerabat dan sahabatku, tegakah hatiku?

 

Dari mana semangat Bodhisattva berasal? Dia tidak menginginkan ketenaran, juga tidak menghendaki keuntungan, apapun tidak diinginkanNya, lantas mengapa Dia bisa begitu rajin?

 

Inilah semangat demi memberi manfaat bagi semua makhluk, demi membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan. Maka itu apa yang dipelajarinya, apa yang diperolehnya, meskipun hanya secuil, dia juga akan bersukacita menyampaikannya kepada orang lain, istilah sekarang adalah sharing.  

 

Oleh karena dia berbuat demi kepentingan semua makhluk, maka itu selama kalpa yang tak terhingga, kurun waktu yang sedemikian panjangnya, dia selamanya takkan pernah merasa jenuh, juga tak kenal lelah.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2011

 

 

下面,「《會疏》曰:菩薩求法為利他故,所得法必為他說。為一切眾生,經無量劫而無疲倦」。這是祖師說的話,解釋這兩句經文,「論法無厭,求法不倦」。菩薩求法不是為自己,是為別人。為自己會懈怠、會懶惰,我不想學了,算了,休息休息。可是為眾生就不行,眾生那麼可憐那麼苦,你一天不幫助他,他就痛苦一天。所以為眾生,這是非常大的一個力量在推動你,你必須是精進不懈。我早一天開智慧,早一天得三昧,眾生就少受一天苦。我晚一天得到,眾生就多受一天苦。這個眾生裡頭,包括我的父母,包括我的親朋好友,能忍心嗎?菩薩這個精神從哪來的?他又不要名,又不要利,他什麼都不要,為什麼那麼精進?這說出來了,為利益眾生,為幫助苦難眾生。所以,他所學的、所得的,哪怕是一點點,他都會很歡喜為別人說,現在的話說跟大家共享,跟大家分享。因為他是為一切眾生,一切苦難眾生,一切六道眾生,所以經無量劫,這是講時間之長,他永遠不會疲厭,不會疲倦。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八七集)  2011/7/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0487