Friday, April 10, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011 (Bgn 5)


Pada era sekarang ini, banyak prediksi tentang bencana yang beredar, bahkan sangat rumit, benar atau tidak, kita tidak perlu menghiraukannya, kuncinya sepenuhnya terletak pada diri sendiri.  

Saya hanya mendengar apa solusi untuk menghadapi bencana, jadi saya hanya perlu mengetahui satu poin ini. Alhasil segala informasi yang datang dari segala penjuru, semuanya menyuruh kita melafal Amituofo, melafal Amituofo dapat mengurai bencana. Bolehkah kita memercayainya? Tentu saja.

Di dalam “Yijiao Jing (Sutra yang berisi esensi ajaran Buddha Sakyamuni sebelum memasuki Parinirvana)”, Sang Buddha menyampaikan bahwa “Memfokuskan pikiran pada satu objek, tidak ada hal yang tidak teratasi”.

Jadi saya hanya perlu memusatkan perhatianku pada lafalan Amituofo, maka masalah pun teratasi. Meskipun dalam bencana ini, mungkin saja ajalku telah tiba, maka saya akan terlahir ke Alam Sukhavati, takkan jatuh ke alam lainnya.

Jika ajalku belum tiba, berarti saya memiliki misi, yakni menuntun para makhluk untuk terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu cara untuk mengatasi bencana, kuncinya terletak pada diri sendiri, bukan pada orang lain.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


現前這個時代,災難的信息傳播很多、很雜,是真是假可以不問它,不需要理它,關鍵完全操在自己。我聽這些信息,我不聽別的,我只聽的是什麼方法能夠應對這個災難,我只要知道這一點。結果四面八方來的信息,統統叫念佛,那念佛是我們的本行,我們現在就在念佛,念佛就能化解。能不能相信?能,確確實實能。《遺教經》裡面佛告訴我們,「制心一處,無事不辦」,我們在這個經前面念過,止心一處也是無事不辦。我只要把心安住在阿彌陀佛上,問題解決了。縱然這個災難上我應該去的,我到哪裡去?到極樂世界去,我不到別的地方去;不應該去的,那我就有使命,要帶一批人到極樂世界去。所以應對災難的問題,主權在自己,不在別人,這個道理不能不知道。這是真的,不是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八三集)  2011/4/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0383




 

Kita belajar Ajaran Buddha, tidak boleh sia-sia belajarnya. Apabila anda telah memahami kebenaran dan Hukum Sebab Akibat, maka anda takkan tergoyahkan lagi, dimana tempat yang berjodoh, ke sanalah kita menetap.

Kami menetap di dunia ini selain membaca Sutra dan melafal Amituofo, tidak ada hal lainnya lagi. Di sini (Hong Kong) kami menetap dan memberi ceramah, oleh karena di sini tidak ada rintangan.

Pendengar ceramah kami jumlahnya sangat banyak, setiap hari ceramah kami tersiar melalui jaringan internet, asalkan tiap hari dapat berbagi dan belajar bersama dengan praktisi sekalian, maka jodoh ini sudah sempurna, di manapun kami berada, bukanlah masalah.

Maka itu menumbuhkan keyakinan di hati umat merupakan hal yang sangat penting sekali! Saat menghadapi bencana, kita juga harus tetap teguh tak tergoyahkan, barulah orang lain percaya padamu.

Jika sebaliknya panik dan sibuk mencari tempat yang aman buat bersembunyi, maka orang lain jadi ragu pada dirimu, manalah mirip dengan seorang praktisi, kenapa sedikit keterampilan samadhi pun tidak dimiliki? Kalau begini maka sudah keliru.

Maka itu membangkitkan keyakinan harus dilanjutkan dengan membulatkan tekad, setelah membulatkan tekad harus dilanjutkan dengan pengamalan (melafal Amituofo), dengan demikian kita telah berhasil.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation


  我們學佛不能白學,你真把這些道理,性相、理事、因果都透徹了,你就如如不動,哪個地方有緣就到哪裡去住。我們住在這個世間沒事,除了誦經、念佛之外沒別的事。我們在此地讀經、分享、念佛沒有障礙,這就有緣,這就是極樂世界,這就是寶土。國外也有很多地方想邀我去,我沒有任何條件,只是天天可以講經,天天跟大家分享。我們同學、同參道友很多,每天都在網路、都在衛星電視,只要能夠跟全球各地的同修天天在一起分享、天天在一起學習,這個緣就殊勝,到哪裡都一樣。所以,敦聞者之信重要重要!我們也要表現如如不動,大家才更相信。還要找個地方去逃難,人家就不相信了,這哪裡是學佛的人,這麼一點定功都沒有?那就錯了。所以信,信接著要有願,願接著要有行,我們就成功了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八三集)  2011/4/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0383




 
 
Di dalam “Mahavaipulya mahasamghata Sutra”, Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa melafal Amituofo merupakan samadhi menakjubkan yang mendalam dan tertinggi tiada taranya.

Hanya dengan melafal sepatah Amituofo, sudah merupakan samadhi menakjubkan yang mendalam dan tertinggi tiada taranya, yang dapat menghapus kekotoran batin dan tabiatmu, maka itu anda harus tahu cara melafal yang benar.

Begitu kemelekatan muncul, langsung melafal Amituofo, seluruhnya dituangkan ke dalam sepatah Amituofo, kemelekatan jadi sirna. Begitu hati perbedaan muncul, langsung melafal Amituofo; begitu niat pikiran muncul, langsung melafal Amituofo, seluruhnya dituangkan ke dalam sepatah Amituofo.

Sampai pada akhirnya, kekotoran batin dan tabiat pun jadi reda, khayalan, perbedaan dan kemelekatan jadi sirna, yang tersisa hanyalah sepatah Amituofo, selamat, anda telah berhasil. Inilah yang dimaksud dengan samadhi.

Lantas apa hasilnya? Hasilnya adalah jiwa sejati yang suci, setara dan tercerahkan. Jadi melafal Amituofo dapat menemukan kembali jiwa sejati.

Tahapan yang pertama adalah tercapainya hati yang suci, saat itu keterampilan melatih diri anda tidak boleh goyah, tetap meneruskan melafal Amituofo berkesinambungan, hingga pada tahapan kedua hati yang setara itu muncul ke permukaan; anda melanjutkan lagi melafal Amituofo, sampai akhirnya tercapailah pencerahan agung, menemukan kembali jiwa sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


持名念佛,世尊在《大集經》裡面說得很清楚,他說念佛即是無上深妙禪,這佛說的。就念這一句阿彌陀佛,無上深妙禪,能把你的煩惱習氣統統念掉,所以你得會念。才有執著,阿彌陀佛,全歸阿彌陀佛,執著沒有了;才有分別,阿彌陀佛;才有起心動念,阿彌陀佛,全都歸到阿彌陀佛。到最後什麼都沒有了,起心動念、分別執著統統沒有了,只剩一句阿彌陀佛,你成功了。這就是禪,這就是定。效果是什麼?就是經題上的,清淨平等覺念出來了。清淨平等覺是自性,這個東西念出來就明心見性。它有淺深次第,首先清淨心現前,你的功夫不能改變,還是一直念下去,深到第二個階層,平等心現前;不改變,一直念下去,最後大徹大悟,明心見性。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八三集)  2011/4/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0383