Orang-orang yang mengikuti-ku dan berada di sampingku, terutama para anggota Sangha generasi Wu, apakah ada jaminan mereka semuanya memiliki pelatihan diri yang tulen, mempunyai etika moral? Saya tidak berani memastikannya.
Kalian belajar Ajaran Buddha hendaknya mengembangkan kebijaksanaan, insan yang bijaksana dalam mengamati orang lain adalah serupa dengan Konfusius, mendengar ucapan dan mengamati tindakannya (apakah selaras atau tidak).
Jadi janganlah mengira mereka itu orang dekatku, yang selalu berada bersama diriku, lantas anda jadikan mereka itu idola-mu, ini sudah jadi kepercayaan takhayul, anda ini sudah sembarangan mengidolakan orang lain, anda terjebak jangan salahkan diriku lho.
Saya selalu mengulangi pesan ini dengan sangat jelas, bukan cuma se-kali saja, dengarlah ucapannya dan amati perilaku-nya! Sudah bertahun-tahun kita belajar bersama-sama, lantas adakah yang berhasil? Ada, tetapi praktisi yang benar-benar meraih keberhasilan itu tidak pernah bertatap muka denganku.
Sedangkan praktisi yang pernah bertatap muka denganku ada dua orang, yakni Upasaka Hu dan Upasika Liu, dua sosok ini memiliki prestasi namun tidak berada di sampingku.
Sedangkan mereka yang belum pernah bertatap muka denganku, juga belum pernah menjalin komunikasi denganku, saya tahu ada orang begini, bahkan mungkin ada beberapa orang.
Tetapi yang berada di sekitarku, tak peduli anggota Sangha maupun umat awam, satupun tidak tampak (ada yang berhasil), makanya saya tidak berminat membangun Vihara.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Juni 2011
Catatan :
Upasika Han Ying atau Pengurus Han mendukung Master Chin Kung selama 30 tahun lamanya, Master Chin Kung sendiri tidak menerima murid, namun Upasika Han Ying mendesak Master Chin Kung untuk menerimanya, yakni para anggota Sangha generasi Wu.
跟在我身邊這些人,特別這些悟字輩的,這些人是不是有真修行、有道德?我不敢講。諸位學佛要學智慧,有智慧的人看人,像孔老夫子一樣,聽其言而觀其行。不要認為是在我身邊,那你就迷信、你就盲從了,你上當可不能怪我。我的話講得很清楚,不止講一遍,講很多遍了,聽其言而觀其行!這麼多年來,我們在一起學,有沒有真成就的?有,告訴你,真成就的人跟我沒見過面。現在見面只有兩個,告訴你,一個胡小林,一個劉素雲,這兩個真有成就,不在我身邊,都是在家居士。跟我沒有見面的,還沒有聯繫上的,我知道有,很可能還有幾個。但是在我身邊周圍的,無論在家出家我一個都沒看到,所以我對道場一點興趣都沒有。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三六集) 2011/6/4 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0436
Dengan hati yang tulus penduduk Alam Sukhavati memberi persembahan kepada para Buddha di sepuluh penjuru, “Dengan berbagai jenis benda persembahan yang paling berharga, menakjubkan dan terunggul”.
Lantas dari mana benda-benda persembahan ini mereka peroleh? Semua ini merupakan jelmaan dari hasil pelatihan diri mereka, kebijaksanaan, etika moral dan kemampuan gaib, inilah bentuk persembahan yang sesungguhnya, jadi bukan diperoleh dari luar, yang diambil dari luar adalah semu.
Penduduk Alam Sukhavati ketika berjelajah ke sepuluh penjuru akan memberi persembahan kepada para Buddha berupa barang-barang jelmaan dari pelatihan dirinya sendiri, bunga harum, dhvaja, pataka, chattra (mirip payung besar), tidak perlu didesain, juga tidak perlu melalui proses pembuatan, namun terwujud dari jasa kebajikan pelatihan diri, dengan ini guna mewujudkan benda persembahan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Juni 2011
Penjelasan Dhvaja dan Pataka :
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13Mei 2011 (Bgn 4)
誠敬心去拜佛,拜佛總得要送一點禮物,人情一樣,對佛恭敬也要送一點禮物,你看「奉獻種種珍貴微妙殊勝供品」,這供品就是禮物。他們這些禮物從哪裡來的?是他們自己智慧、德行、神通自然變現出來的,這是真正的奉獻,不是從外面取來的,外面取來是假的,那是不恭敬。所以我們對人送禮物,什麼東西是最恭敬的?當地出產的東西最恭敬的,到外面買的東西去送人是大不敬。表示什麼?你這個地方什麼都沒有,從外頭來的。這個要知道,再不好看是我當地出產的,這代表誠敬。所以菩薩是他自己修行的道力自然變現出來的,香花、幢幡、寶蓋這一類,不需要設計,也不需要製造,是自己真正修行功德的成就,用這個來做供品。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三六集) 2011/6/4 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0436
Di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” versi terjemahan Sanghavarman, disebutkan bahwa penduduk Alam Sukhavati berjelajah ke sepuluh penjuru sambil memberi persembahan kepada para Buddha, apa yang mereka persembahkan? Bunga, bunga-bunga ini merupakan hasil jelmaan dari jasa kebajikan yang dimiliki diri sendiri. Selain itu juga ada keharuman mustika, keharuman mustika ini juga diwujudkan dengan jasa kebajikan dari pelatihan diri sendiri.
Inilah yang disebut sebagai bentuk persembahan dari hasil pelatihan diri sendiri, seluruh benda persembahan jelmaan ini merupakan hasil dari pelatihan diri sendiri.
Serupa dengan Alam Sukhavati yang terwujud dari jasa kebajikan 48 tekad agung Buddha Amitabha. Kita juga dapat mengikrarkan 48 tekad agung, tetapi kenapa kita tidak dapat mewujudkan Alam Sukhavati? Oleh karena tekad yang kita ikrarkan tidak menghasilkan jasa kebajikan.
Lihatlah 48 tekad yang diikrarkan oleh Buddha Amitabha, berapa panjang waktu yang digunakanNya ? Melatih diri selama lima kalpa. 48 butir tekad, tiap butir tekadNya telah terwujud, maka dengan sendirinya Alam Sukhavati pun terbentuk.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Juni 2011
「如《魏譯》」,《無量壽經》魏譯就是康僧鎧翻譯的本子,「各齎天妙華,寶香無價衣等,是為財供養」,每個人奉獻的是什麼?是花,以花來供養,花都是變化出來的;寶香,寶香是自己修行功德所成就的。這個就叫以修行供養,修行的成果供養,一切變化都是自己修行的成果。就像極樂世界一樣,極樂世界怎麼來的?阿彌陀佛四十八願功德的成就。四十八願我們也能發,我們變不出極樂世界出來,我們雖發願沒功德。人家發了願,你看用多長的時間?五劫時間修行。四十八願願願都兌現了,所以極樂世界就自然成就。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三六集) 2011/6/4 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0436
Dalam sedetik ada 1600 triliun fenomena muncul dan lenyap, kecepatannya sangat tinggi, maka itu Bodhisattva setelah melihat kebenaran ini, melepaskan segala kemelekatan.
Dengan pengertian masa kini adalah takkan memiliki niat menguasai dan mengendalikan, melihat segala fenomena dan membiarkannya berlalu, takkan menghiraukannya. Mengapa demikian?
Dia takkan merintangi-mu, dia adalah semu, namun apabila anda melekat padanya, maka dia berubah jadi rintangan. Apa alasannya? Hatimu telah goyah.
Tak peduli fenomena apapun yang muncul di hadapanmu, yang paling baik adalah pikiranmu tak tergoyahkan, hatimu harus tenang dan kokoh. Terutama ketika bencana datang melanda, pikiranmu tetap tenang tak tergoyahkan, pendirian harus kokoh, maka bencana takkan jadi halangan bagimu.
Maka itu korban yang tewas dalam bencana adalah karena panik dan mati ketakutan, diri sendiri menakuti diri sendiri, bukanlah bencana yang mencelakaimu.
Terutama pasien yang divonis menderita Penyakit Kanker, sebanyak 99 persen adalah mati karena panik dan ketakutan. Jika anda memandangnya sebagai penyakit flu biasa, tidak menghiraukannya, beberapa hari lagi juga bisa sembuh.
Inilah yang disebut segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran. Yang paling bagus adalah dapat melepaskan segala kemelekatan, tidak memikirkan segala kerisauan lagi, di hati hanya ada lafalan Amituofo, maka ini merupakan keunggulan tiada bandingnya.
Mengapa kita harus melafal Amituofo? Guna menjadikan jasa kebajikan Buddha Amitabha dari melatih diri selama lima kalpa, sebagai jasa kebajikan diri sendiri, orang begini barulah disebut orang cerdas.
Buddha Amitabha sangat berlapang hati, takkan merasa keberatan memberikan padamu seluruh jasa kebajikanNya dari melatih diri selama lima kalpa.
Asalkan anda bersedia menerimanya, Buddha Amitabha dengan senang hati menganugerahkan kepadamu seluruh jasa kebajikanNya, hanya saja ditakutkan anda tidak bersedia menerima-nya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Juni 2011
以淨法眼,清凈的法眼,你看到了。知色性空,就是看到這一個微細念頭裡頭有色受想行識,它生滅太快,一秒鐘有一千六百兆的生滅,速度這麼快。所以菩薩看到,知道它的實相,對於這個現象亦不取著,他不取相、不執著。用我們現在的話來說,沒有控制的念頭、沒有佔有的念頭就是不取,看到這現象隨它去,不要去理它。為什麼?它不礙事,它是假的,它不是真的,它不礙事。你要是著相那就妨礙,為什麼?你動心了。無論什麼境界現前,最好是不動心,你自己心穩住。特別是災難現前,災難現前如果不動心,自己穩得住的話,災難對你一絲毫妨礙都沒有。所以災難當中死掉的是被嚇死的,自己嚇唬自己嚇死的,不是災難害你的。我講的話是真話,沉不住氣,嚇死了。特別現在害病,生癌症的,癌症的百分之九十九是被嚇死的。你要把它當作傷風感冒看,理都不理它,沒事,幾天就好了。這叫一切法從心想生,你什麼都不想的話,這是最高的,什麼念頭都沒有,全部放下,你再能念阿彌陀佛那更不得了,無比殊勝。念阿彌陀佛為什麼?把阿彌陀佛四十八願,五劫修行的功德變成自己的,這個人聰明。阿彌陀佛很大方,絕不會說:我修的你怎麼拿去?你要拿去,阿彌陀佛可歡迎、可喜歡了。你真有智慧,你看我修得這麼久,你真的一下就拿去了。他真肯布施,真肯給你,就怕你不要。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三六集) 2011/6/4 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0436