Friday, October 2, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2011 (Bgn 5)

 
Bodhisattva disebut sebagai “Yang penuh kebajikan”, ini merupakan gelar yang diberikan oleh umat Buddha Mahayana kepada Bodhisattva, merupakan sapaan hormat.
 
Insan yang penuh kebajikan takkan bermusuhan dengan orang lain, dengan perkataan lain, Bodhisattva takkan berseteru dengan orang lain, jika masih memiliki niat pikiran berseteru, maka dia bukanlah Bodhisattva.
 
Dia berseteru denganku, dia bukanlah Bodhisattva, sedangkan diriku takkan berseteru dengannya, saya telah belajar Ajaran Buddha makanya saya sudah mengerti, mana boleh berseteru dengan orang lain?
 
Segala bentuk konflik terjadi dikarenakan salah paham. Mengapa bisa salah paham? Kurangnya komunikasi, makanya gampang timbul salah paham. Jika jalinan komunikasi lancar, kedua belah pihak saling mengerti, menjadi sahabat akrab, bagaimana bisa timbul konflik?
 
Tanpa adanya jalinan komunikasi, maka semakin berprasangka semakin buruk, semakin berprasangka semakin keliru, sehingga timbul salah paham yang mendalam.
 
Kesalahpahaman ini ada pada pihaknya, tidak ada pada diriku sama sekali. Makanya saya tetap menghormati dirinya, setiap hari melimpahkan jasa kebajikan dari hasil belajar dan melatih diri kepada dirinya, melindungi dirinya secara diam-diam. Efektif!
 
Musibah besar yang menimpa dirinya berubah menjadi musibah kecil, musibah kecil berubah menjadi nihil, sungguh efektif. Lantas kapankah dia tahu berterima kasih? Setelah dia tercerahkan nanti barulah tahu berterima kasih.
 
Saat tersesat dia tidak tahu, walaupun demikian, tetap harus menjaganya. Jika tidak menjaganya, dia ditimpa musibah, apakah hati kita tega melihatnya merana? Tidak boleh begitu.
 
 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2011
 
 
菩薩稱仁者,稱仁者是我們中國佛門對菩薩的通稱,那是尊敬的稱呼。仁者下頭有無敵,敵就是冤對、對敵,無敵,沒有,沒有敵對的。換句話說,菩薩絕對沒有跟人對立的,有對立的心,對立的念頭,他不是菩薩,菩薩絕對沒有。他跟我對立,他是凡夫,他不知道。我現在不跟人對立,是我學佛明白了,我怎麼能跟人家對立?所有一切對立都產生於誤會。怎麼誤會?平常不往來,不往來就容易產生誤會。常常往來,常常交往,彼此都了解,好朋友了,怎麼會對立?不往來,愈猜愈訛,愈猜就愈錯,就造成很深的誤會。很深的誤會在那一邊,不在我這邊,我這邊完全沒有。所以我這邊恭敬他,我這邊是天天把修學的功德迴向給他,暗中保佑他。有效!他大的災難變成小的災難,小災難就化沒有了,真有效。他什麼時候會感恩?他覺悟了就感恩。迷的時候不知道,不知道,不能不照顧,要照顧到底。不照顧,他有災難,我們能忍心讓他受災難嗎?不可以。所以他不往來。
 
文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九一集)  2011/7/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0491
 
 
 
 
 
Manusia sekarang tidak berbakti pada Ayahbunda, tidak menghormati guru, sebaliknya kami mencetak foto-foto Ayahbunda dan guru kami dengan ukuran besar dan digantung di dalam studio ceramah dan di ruang kebaktian.
 
Hal ini serupa dengan sedang memancarkan cahaya, cahaya apa yang dipancarkan? Bakti pada Ayahbunda dan hormat pada guru, berharap semoga orang-orang yang masih berada dalam kegelapan dan kesesatan, segera sadar dan tercerahkan.  
 
Buddha Dharma bukanlah ajaran yang kaku, namun bersifat fleksibel, dalam menyebarluaskan Buddha Dharma mesti disesuaikan dengan kemampuan penerimaan masing-masing individu.
 
Hendaknya mengetahui dimana letak penyakit batin para makhluk, kemudian memberikan obat yang tepat sasaran, begitu diminum penyakit pun sembuh, inilah kontribusi yang diberikan Buddha Dharma kepada masyarakat, memberikan manfaat terunggul bagi semua makhluk.
 
Setelah membaca Sutra Usia Tanpa Batas dan memahaminya, kita harus dapat mengamalkannya. Hari ini dunia diliputi kekacauan, janganlah menyalahkan dirinya, salahkan saja diriku yang tidak mengamalkan ajaran dengan baik.
 
Bila setiap orang dapat melakukan introspeksi diri, maka dunia ini bisa terselamatkan, para makhluk juga dapat tertolong, bencana juga ikut mereda, jadi semua ini bukan ada pada orang lain, kuncinya ada pada diri sendiri.
 
Persoalan ini jika menyalahkan orang lain, maka takkan ada harapan terselamatkan lagi, hendaknya diri sendiri langsung memikul tanggung jawab ini, barulah Bumi punya harapan terselamatkan.
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2011
 
 
  現代的人不孝父母,不尊重老師,我們把父母、老師的照片放得大大的,掛在講堂,掛在佛堂。這是什麼?放光,放什麼光?孝親、尊師,希望把這些迷暗的人,讓他覺悟起來。佛法是活的,弘法要契機契理,要知道眾生病在什麼地方,應病與藥,藥到病除,這個佛法對社會、對眾生真有好處,真有利益。所以這些我們讀這個經一定要明瞭,要明瞭,我們要真做。今天這個世界這樣的亂,不要怪他,怪我沒有做好,人人都能夠反求諸己,這世界有救,眾生有救,災難也有救,不在別人,全在自己。這個事情推給別人,那就沒救了,自己直下承當就有救。
 
文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九一集)  2011/7/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0491
 
 
 
 

Yang dapat menumbuhkan pahala disebut ladang berkah. Di dalam “Sutra Sila Upasaka-Upasika”, disebutkan ada tiga jenis ladang berkah. Yang pertama adalah ladang berkah Ayahbunda dan guru.
 
Ayahbunda berbudi melahirkan dan membesarkan diriku, jiwa ragaku berasal dari Ayahbunda, jiwa kebijaksanaanku berasal dari guru, Ayahbunda dan guru telah berbudi pada diriku, inilah yang disebut sebagai “Ladang budi”.
 
Maka itu Ayahbunda patut diberi persembahan, guru juga patut diberi persembahan, mereka patut menerima persembahan dari diriku.
 
Yang kedua, “Ladang berkah jasa kebajikan”, ini adalah Tri Ratna, Buddha Dharma Sangha. Sekarang ada orang yang bilang, anggota Sangha ini tidak menaati sila, bahkan perilaku-nya tak sebanding lagi dengan orang awam, apakah kita masih patut memberinya persembahan? Patut. Apa alasannya?
 
Penampilannya masih merupakan anggota Sangha, kita menghormatinya sebagai Sangha Ratna. Dia melanggar sila, itu urusannya sendiri, bukan urusan saya.
 
Kita tidak boleh gara-gara beberapa orang melakukan kesalahan, lantas memvonis keseluruhan pintu Buddha, sikap begini sudah keliru. Andaikata dari 100 orang anggota Sangha, ada 99 yang tidak menaati ajaran, tetapi masih ada 1 orang yang menaati sila, maka ini sudah sangat lumayan.
 
Maka itu di dalam “Sepuluh Raja Tekad Agung Bodhisattva Samantabhadra”, butir pertamanya mengajarkan kita untuk “Bernamaskara menghormati para Buddha”, dalam hal ini tidak boleh ada perbedaan, jasa kebajikanNya sangat besar!
 
Dia tidak melihat Bhiksu itu sebagai Sangha, namun sebagai Buddha, semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha, lihatlah kemuliaan hati Bodhisattva Samantabhadra. Di dalam hatiNya memberikan persembahan kepada para Buddha. 
 
Jadi tak peduli itu adalah anggota Sangha yang benar-benar melatih diri atau tidak, namun dalam hatiku adalah memberi persembahan kepada Sangha, dengan demikian anda telah memperoleh berkah.  
 
Tidak boleh timbul hati perbedaan, tidak boleh timbul hati kemelekatan; jika masih membeda-bedakan dan melekat, anda telah merusak ladang berkah diri sendiri, orang lain tidak bisa merusaknya, kebenaran ini mesti dipahami.
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2011
 
 
 「《探玄記》曰:生我福故,名福田。」我的福,它能夠生長我的福報,這就是我的福田。「又《優婆塞戒經》明三福田」,我剛才說的。第一個,「報恩福田,父母師長也。」父母是生我之恩,身命得自於父母,慧命得自於老師,父母跟老師對我是有恩,這是恩田。所以父母是應供,老師也是應供,應該接受我供養,我們應該供養他。第二,「功德福田」,這是三寶,佛法僧。現在有人說,這個僧已經他不持戒了,甚至於行為還不如在家人,現個出家相,要不要供養?要。為什麼?他既然是這個形象,我們是恭敬三寶,他現的相是三寶之一,他自己破戒不如法,他的事情,不是我的事情。我們不能因為幾個人敗壞佛門,把整個佛門都把它放下,這是錯了。一百個出家人裡頭,九十九個不如法,還有一個真如法的,都不得了。所以普賢菩薩十大願王教我們「禮敬諸佛」,那是沒有分別的,他的功德大!他不是看作僧,他看到那個出家人是佛,一切眾生本來成佛,那還得了嗎?他心目當中是供佛。他不管他是真僧、假僧,我心目當中是供僧,你就得福。不可以起分別,不可以起執著;起分別執著,你自己把你自己的福田破壞了,別人破壞不了,這個道理要懂。
 
文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九一集)  2011/7/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0491