Thursday, March 19, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 April 2011 (Bgn 2)


Hati adalah Hati Buddha, bagaimanakah yang dimaksud dengan Hati Buddha? Dua butir pertama dari “Tiga Berkah Karma Suci” adalah akarnya, yakni berbakti pada Ayahbunda, menghormati guru”, inilah Hati Buddha.

Jika makna Ayahbunda diperluas, “Brahmajala Bodhisattva sila Sutra” menyebutkan, “Semua pria adalah Ayahku, seluruh wanita adalah Ibundaku”, bakti ini mencakup keseluruhan alam semesta.

Sama halnya pula dengan bakti pada Ayahbunda dan hormat pada guru, semua makhluk merupakan Tathagata, semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha, haruskah kita berbakti dan menghormatiNya?

Di dalam "Brahmajala Bodhisattva sila Sutra", Buddha Sakyamuni menyampaikan bahwa semua makhluk merupakan Ayahbunda diri sendiri di masa kehidupan lampau, para Buddha di masa kehidupan mendatang. Semua makhluk memiliki hubungan sedemikian rupa dengan diri kita, bolehkah kita tidak berbakti dan menghormatiNya?

Dengan memiliki sikap bakti dan hormat, barulah seluruh jasa kebajikan jadi sempurna, etika moral yang tak terhingga dan tanpa batas adalah berasal dan muncul dari bakti dan hormat, bakti dan hormat merupakan akar dan landasan agung, hal ini tidak boleh tidak dipahami.

Hari ini segala pelanggaran yang kita perbuat, karena telah mengabaikan bakti dan hormat. Umumnya dikatakan bahwa hati telah menjadi jahat, bukan lagi hati bakti, bukan lagi hati hormat, bukan lagi hati tulus.

Makanya dalam belajar ajaran insan suci dan bijak, belajar Ajaran Buddha selalu saja tidak sanggup menyelaminya, membaca Sutra tidak sanggup mencerna maknanya, mendengar ceramah sudah bertahun-tahun tapi masih juga tidak tercerahkan, penyebabnya terletak di sini, telah mengabaikan bakti dan hormat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 April 2011


心是佛心,佛是什麼心?淨業三福裡面前面兩句那是根,「孝養父母,奉事師長」,這就是佛的心。父母擴大了,師長的意思也擴大了,《菩薩戒經》裡面說,「一切男子是我父,一切女人是我母」,這個孝就遍法界虛空界。孝親如是,尊師亦如是,一切眾生皆是如來,一切眾生本來是佛,我們要不要尊敬、要不要孝敬?戒經上佛說,一切眾生都是自己的過去父母、未來諸佛。一切眾生跟我們就是這樣的關係,能不孝、能不敬嗎?真正有孝敬,所有一切功德就圓滿,無量無邊的德行都是從孝敬裡面生出來的,孝敬是大根大本,不能不知道。我們今天所犯的一切錯誤,確實把孝丟掉了,敬也沒有了。這一般講什麼?心壞了,不是孝心、不是敬心、不是真誠心。所以學聖賢之道、學佛菩薩總是格格不入,讀經多年不明其義,聽教多年不能開悟,原因都在此地,把孝敬丟掉了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七二集)  2011/4/12  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0372




 

Baik Dharma duniawi maupun Buddha Dharma, Guru Sesepuh dan praktisi senior juga mengajarkan pada kita supaya melatih diri dari akar atau landasannya, akar itu adalah “Tiga Berkah Karma Suci”, terdiri dari 11 butir.

Bukan hanya Aliran Sukhavati saja, bahkan keseluruhan Buddha Dharma juga berdiri di atas landasan ini, tanpa akar ini tentunya anda takkan mampu menguasai ajaran.

Terhadap orang lain, kita tidak memiliki hati Maitri Karuna, tidak memahami Sepuluh Kebajikan. Butir pertama dari “Tiga Berkah Karma Suci” mengajarkan pada kita supaya berbakti, namun kita tidak mengamalkannya. Makanya mengapa khalayak ramai menuduh kita adalah praktisi gadungan, hal ini bukan tidak beralasan, oleh karena anda tidak memiliki akar.

Berkah pertama merupakan akar dari Manusia dan Dewa, cobalah renungkan betapa pentingnya poin ini, tanpa mengamalkan akar ini maka anda tidak bisa menjadi manusia, oleh karena tidak memenuhi syarat jadi manusia.

Syarat menjadi manusia mesti memenuhi berkah pertama yakni : “Berbakti pada Ayahbunda, menghormati guru, berwelas asih tidak membunuh, mengamalkan Sepuluh Kebajikan”, inilah akar menjadi manusia, apabila anda sanggup mengamalkan empat butir ini maka anda takkan kehilangan wujud manusia.

Berkah kedua adalah akar Sravaka dan Pratyekabuddha, jika tidak sanggup mengamalkannya maka tidak punya harapan mencapai tingkatan kesucian.

Berkah ketiga adalah akar Mahayana. Sebelum mengamalkan berkah kedua, terlebih dulu mesti mengamalkan berkah pertama; sebelum mengamalkan berkah ketiga, terlebih dulu harus mengamalkan berkah kedua, setahap demi setahap meningkatkan kualitas batin.

Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa “Tiga Berkah Karma Suci merupakan landasan yang digunakan para Buddha dari tiga masa sehingga berhasil mencapai KeBuddhaan”.

Tiga masa maksudnya adalah masa lampau, masa sekarang, masa mendatang. Dengan perkataan lain, praktisi yang melatih diri mencapai KeBuddhaan di masa lampau, praktisi yang melatih diri mencapai KeBuddhaan di masa sekarang, praktisi yang melatih diri mencapai KeBuddhaan di masa mendatang, tidak boleh melanggar tiga berkah ini, jika melanggar tiga berkah ini berarti anda tidak memiliki landasan atau akar lagi, bagaimana mungkin anda bisa berhasil?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 April 2011

Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan :


世出世間法,祖師大德都教導我們要從根本修,根本就是淨業三福,三條十一句。不但是淨宗,整個佛法都建立在這個基礎上,我們沒有這個根,你當然學不會。我們對人沒有慈悲心,不懂得十善業,淨業三福頭一條教給我們的,一句都沒做到。所以多少人說我們學佛是假的不是真的,不是沒有道理,你沒有根。

  第一福是人天的根,你想想這個多重要,這個根沒有就不能做人。這一生僥倖得個人身,來生決定得不到,沒有具備做人的條件。做人的條件就是第一福,「孝養父母,奉事師長,慈心不殺,修十善業」,這做人的根,這四句做到你不失人身。第二條是二乘根,聲聞、緣覺,要做不到的話,聲聞、緣覺他得不到。第三條是大乘的根。第二條必定有第一條,第三條必定有前面兩條,他才能上得去,沒有前面兩條上不去。佛說得很清楚,這三條他老人家講,「三世諸佛淨業正因」,三世是過去、現在、未來,三世諸佛淨業正因。換句話說,過去修行成佛的、現在修行成佛的、未來修行成佛的都不能違背這三條,違背這三條你的根沒有了,你怎麼能成就?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七二集)  2011/4/12  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0372