Monday, July 27, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2011 (Bgn 6)


Kami pernah bertemu dengan orang-orang begini, kami dapat memahami, mengapa mereka tidak sanggup menahan godaan ketenaran dan keuntungan? Pelatihan dirinya cukup lumayan, tetapi akar kesusilaannya tidak tertanam secara mendalam.

Mengapa akar kesusilaan-nya tidak mendalam? Oleh karena bukan dibimbing sejak usia kecil, ketika dewasa barulah dibimbing, bukanlah sejak usia janin sudah dididik Ayahbunda-nya.

Setelah dewasa barulah dia membaca buku ajaran insan suci dan bijak, mengetahui tentang budaya warisan leluhur, kemudian mampu menceramahkannya dengan lumayan, kemampuan mengajarnya juga bagus, sayangnya dia tidak punya akar, makanya saat godaan ketenaran dan keuntungan terpampang di hadapannya, dia tidak sanggup menahan diri, kami bisa memakluminya.

Hari ini kalau kita mau mencari seorang sosok yang sejak kecil telah menerima pendidikan kesusilaan, satu pun tidak ada, cobalah pergi melanglang buana, juga takkan menemukannya.

Dari sini dapat diketahui, kita dapat membayangkannya, perubahan yang terjadi pada diri seseorang, bahkan dia sendiri pun tidak menyadarinya. Sebelum ketenaran dan keuntungan terpampang di hadapannya, dia sendiri juga tidak memahami dirinya sendiri.

Secara individu dikatakan akar kebajikan dan berkah kebajikan tidak mencukupi, secara umum dikatakan masyarakat tidak punya pahala. Dapat menghasilkan seorang insan suci dan bijak, maka merupakan pahala bagi masyarakat dan negara.

Sebaliknya bila masyarakat tidak punya pahala, maka takkan ada insan suci dan bijak yang muncul, juga takkan ada Buddha dan Bodhisattva yang muncul.

Maka itu, kami sangat ingin membantu generasi selanjutnya, membangkitkan kembali budaya warisan leluhur, melestarikan Dharma Sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2011

這些人我們遇到過,我們能了解,他為什麼受不了名利的誘惑?他的修學不錯,但是根不深。為什麼根不深?他根本那個根是後天培養的,不是父母從胎教裡頭教出來的。後天自己讀的這些古書,知道一點傳統文化,講得也不錯,教得也不錯,真的,他沒有根,所以擋不住外面名利的誘惑,我們理解。今天找一個從小接受倫理教育的人,一個都找不到,你走遍全世界找不到一個。由此就可知,我們就能想到,一個人的變數就非常大,連他自己都不知道。必須名利擺在面前真不動心,這個時候才知道,沒有現前的時候都不知道。這在個人來講,我們的善根福德不夠,對大眾來講,這社會大眾沒有福報。能出一個聖賢,社會的福報,國家民族的福報。眾生沒有福,就不會有這種人出現,不會有佛菩薩出現。所以,我們很想來幫助下一代。文化的復興、正法的久住。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一七集)  2011/5/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0417





 

Kami sangat ingin membantu generasi selanjutnya, membangkitkan kembali budaya warisan leluhur, melestarikan Dharma Sejati, minimal hasilnya baru tampak setelah tiga generasi berikutnya, kami dua generasi ini harus bersusah payah, membangun sarana pendidikan.

Ini juga ada pahalanya, seperti yang kita sebutkan sebelumnya, Jodoh. Kami melakukannya dengan serius, inilah jodoh pertama; jodoh kedua adalah apakah lingkungan tersebut mendukung upayamu atau tidak; jodoh ketiga adalah apakah kemampuan keuangan mendukungmu atau tidak, adakah pelajar serius yang datang belajar atau tidak.

Apabila si pelajar itu tujuannya untuk mengejar ketenaran dan keuntungan, maka takkan berhasil. Kalau dia datang untuk menjadi anggota Sangha, tetapi tujuannya demi mengejar ketenaran dan keuntungan, contoh begini sangatlah banyak.

Setelah tamat kuliah, dia datang menjadi anggota Sangha, ketika ditanya alasannya meninggalkan keduniawian, jawabannya cukup cerdas, ini merupakan profesi yang menjanjikan, ketenaran dan keuntungan dalam waktu sekejab saja sudah bisa direalisasikan.

Begitu ditahbiskan, begitu menerima sila jadi Bhiksu resmi, langsung jadi ketua vihara, apalagi kalau pintar berceramah, maka persembahan pun mengalir tanpa henti, vihara pun selesai dibangun, desain bak istana kaisar, megah dan agung.

Banyak orang yang berlomba-lomba datang meladeni, bak seorang kaisar, mantan teman-teman kuliahnya yang melihat kesuksesan-nya cuma bisa gigit jari.

Saya pernah melihat sosok begini. Dia melirik dengan jitu pada profesi ini, sekarang dia tinggal menikmati berkah, tetapi dia takkan lolos dari Hukum Karma.

Dia tidak menyadarinya, dia hanya melihat apa yang ada di depan matanya sekarang, tidak memikirkan akibat belakangan, bahkan terhadap Hukum Karma, dia tidak memercayainya. Benar-benar ada orang seperti ini, saya pernah melihatnya.

Andaikata bukan karena ajaran sutra, jalan yang ditunjukkan oleh guruku, tak pernah terpisahkan dari belajar ajaran sutra, ketika ketenaran dan keuntungan datang menggoda, barulah takkan tergoyahkan.

Sangat sulit, sungguh tidak mudah!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2011


 我們很想來幫助下一代。文化的復興、正法的久住總得三代以後,我們這個兩代的人非常辛苦,要營造培養的環境。這個也有福報,我們在前面講的,緣分。我們真正有心去做,這是第一個緣分有了;第二個緣分是客觀環境許不許可你,這第二個緣分;第三個緣分是有沒有財力來支持你,有沒有真正發心來學習的。那個學習的目標要是名聞利養,那就不會有成就。佛門裡面,出家的,真的是有為名聞利養出家的,很多。大學畢業,他出家了,你要問他為什麼出家?真聰明,這個行業好,名聞利養馬上就得到。一出家、一受戒,馬上就做住持,再要是能言善道,供養源源不斷而來,寺廟就蓋好了,富麗堂皇,清淨莊嚴。周邊伺候的人很多,像皇帝一樣,他的同學們到他那裡去都羨慕。我見過,我不是沒見過。看準了這個行業,現在是享受,可是因果逃不掉。他不知道,他只看眼前,沒有想到後果,甚至於因果他根本就不相信。確實有這些人,我這一生當中都經歷過。要不是這經教,老師指的這條路子,對經教鍥而不捨,沒有一天離開,這些名聞利養在這裡誘惑你,才能不動心。真難,真不容易!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一七集)  2011/5/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0417