Wednesday, December 16, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 September 2011

 

 

Hari ini untuk menemukan seorang praktisi yang memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar adalah terlampau sulit sekali, pada era-ku ini saya bersua dengan tiga orang, waktu itu masih ada, saya bersua dengan Profesor Fang Dong-mei, Master Zhangjia dan Upasaka Li Bing-nan.

 

Tiga orang ini bukan saja memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar, bahkan juga melatih diri dengan cara yang benar, benar-benar dapat menjadi teladan kita, mereka ini adalah Kalyanamitra Sejati.

 

Mendekatkan diri dan berguru pada Kalyanamitra, janganlah takut menghadapi kesulitan, selama anda benar-benar berniat belajar padanya, janganlah menyerah pada rintangan.

 

Pada era seperti sekarang ini, apa yang disebut sebagai iri hati lalu merintangi, gangguan seperti ini pasti tidak bisa dihindari. Lantas bagaimana? Mesti bersabar, harus melatih Ksanti Paramita (kesabaran).

 

Apabila anda tidak sanggup bersabar, putus asa, tidak ingin belajar lagi, yah sudahlah, angkat kaki dan angkat koper, pindah ke Vihara lain saja! Kesempatan berharga pun raib!

 

Saya juga banyak bertemu dengan rintangan, tapi saya takkan meninggalkan guru. Mengapa demikian? Guru Li tidak pernah berkata secara langsung padaku, supaya saya angkat kaki, makanya saya bersikukuh takkan meninggalkan beliau.

 

Terkecuali kalau Guru Li yang bilang langsung padaku, supaya saya angkat kaki! Kalau sudah begini, saya ikhlas perginya, tetapi Guru Li tidak pernah menyuruh saya pergi, makanya siapapun yang memikirkan segala cara guna mengusirku, saya tetap bersikukuh takkan angkat kaki.

 

Jadi harus bersabar, harus sanggup menerima segala cobaan, poin ini lebih penting dari segalanya. Anda belajar di tempat ini, murid Guru Li sangat banyak, umatnya juga sangat banyak.

 

Guru Li meskipun adalah Upasaka, beliau mendirikan Asosiasi Lotus Taichung, ketika saya ikut dengannya, beliau telah mengelola Asosiasi Lotus satu dasawarsa lamanya.

 

Berapa jumlah anggota Asosiasi Lotus saat itu? 200 ribu orang, sungguh hebat sekali. Makanya di Taiwan, Guru Li memiliki pengaruh yang sungguh besar.

 

Bayangkan berada di antara sekian banyak orang, pasti ada orang yang tidak suka melihat kehadiranmu, menindas dirimu, jika anda tidak sanggup bersabar, sejak awal sudah angkat kaki, apapun tidak berhasil anda pelajari.

 

Tujuan saya datang ke sini adalah untuk belajar, maka harus belajar melatih kesabaran atau Ksanti Paramita, tak peduli mereka menggunakan cara apapun guna mendesakku pergi, saya sendiri juga sangat jelas, namun saya tetap bersikukuh tidak pergi, selama karir belajarku belum berhasil, saya takkan angkat kaki.

 

Waktu itu saya berkata pada beberapa orang sahabat baikku bahwa setelah karir belajarku berhasil, saya takkan kembali lagi ke Asosiasi Lotus. Sebaliknya sebelum karir belajarku berhasil, saya juga takkan pergi.

 

Saya menetap di Asosiasi Lotus hingga 10 tahun lamanya barulah beranjak pergi. Menghadapi beragam cobaan seperti yang dikatakan praktisi senior zaman dulu sebagai “Sesama profesi saling iri hati”, diantara murid-murid lainnya, ada yang iri padamu.

 

Diantara umat yang banyak jumlahnya, ada yang mendukungmu, melindungimu, namun ada pula yang iri hati dan berupaya merintangimu. Di sinilah pentingnya kita menjalin jodoh baik dan bersahabat dengan orang lain.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 September 2011

 

  在今天確實,找一個知見正的人很難很難,我這個年代碰到三個,那個時候還有,我遇到的是方東美教授、章嘉大師、李炳南老居士。這三個人不但是正知正見,還真修行,真正可以做我們的榜樣,這真善知識。親近善知識不怕苦,你真正想學,在現在這個時代,所謂嫉妒障礙決定不能避免。那怎麼樣?一定要修忍辱波羅蜜,你要不能忍,不學了,算了,別的地方去吧!你機會就失掉。我遇到的障礙就很多,我絕對不離開老師。為什麼?老師沒有叫我走,我決定不走。除非老師自己叫我,你去吧!那我只好走,老師沒有說這個話,任何人想什麼方法逼著我走,我都不會走。能忍辱,能受得了,這一點比什麼都重要。你在這個地方學,同學很多,信徒更多。李老師雖然是個在家人,他創辦這個蓮社,我跟他的時候,他的蓮社已經十年了。蓮友有多少人?有二十萬,真了不起。所以他在台灣有很大的影響力。你說這麼多人當中,有人瞧你不順眼,欺負你,你要是不能忍受,你就離開了,你什麼都學不到。我們是來學習的,來學習那就得學習忍辱波羅蜜,無論用什麼方法逼我,我自己也知道,我就是不走,我不學成我不會離開。那個時候有些好的朋友我說過了,跟他們講過,我說我學成之後,我不會再到台中來了。沒有學成,我絕不會離開。我在那裡住滿十年才離開。這些都是古大德早年就說過,叫「同行相忌」,同學們嫉妒你。信眾裡頭也有少數,有擁護你的,愛護你的,有嫉妒障礙的。所以這是說明求友的重要。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七四集)  2011/9/3  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0574

 

 

 


Di dalam “Yuanjue Jing” atau Sutra Penerangan Sempurna, di dalamnya ada dikemukakan bagaimana caranya supaya para makhluk dapat mengenali Kalyanamitra, anda berniat melatih diri, ingin mencari seorang kalyanamitra yang memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar.

 

Kita menekankan pada satu kalimat ini, bagaimana standar pengetahuan benar dan pandangan benar? Yakni ajaran sutra. Seorang Kalyanamitra memiliki pemikiran yang takkan bertentangan dengan ajaran sutra, ucapannya juga takkan bertolak belakang dengan ajaran sutra, inilah ciri praktisi yang memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar, ajaran sutra merupakan patokannya.

 

Bila apa yang dikatakannya, yang diajarkannya, ternyata berbeda dengan yang tercantum di dalam sutra, hendaknya kita berhati-hati dan meningkatkan mawas diri. Mengapa demikian?

 

Jika kita mengikutinya, lalu jatuh ke jalan sesat, pengetahuan sesat dan pandangan sesat, maka kita telah menderita kerugian besar, kita telah melakukan kesalahan besar. Jika sempat terinfeksi oleh ajaran sesat, maka lekaslah meninggalkan dan menjauhinya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 September 2011

 

《圓覺經》裡面特別是提出末世眾生求善知識,你真正想修行,要求一切正知見人。我們著重這一句,正知正見用什麼做標準?經典。他的思想不違背經典,他的言論不違背經典,這就是一個正知見人,經典是標準。如果他所講的、他所教的,跟經典不一樣,我們就要小心謹慎。為什麼?如果跟他走了,走上邪知邪見,我們就吃虧,我們就錯了。染上這個氣分,以後再回頭很麻煩。那怎麼辦?離開。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七四集)  2011/9/3  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0574